Pentingnya Peta Pikiran (Mind Map)

Gunakan software pembuat peta pikiran (misalnya: MindManager, iMindMap, FreeMind, ConceptDraw, dll) untuk membuat peta pikiran.

  • Software peta pikiran membantu untuk mewujudkan pikiran kita secara visual. Cara kerjanya meniru otak kita. Pada dasarnya otak menyimpan dan memproses informasi dalam bentuk visual – menggunakan asosiasi, ruang, warna, dan gambar. Software peta pikiran akan membantu kita untuk meningkatkan kreativitas dan daya pikir.
  • Lima cara untuk bekerja lebih efisien dengan software peta pikiran
  1. Meringkas semua pekerjaan kita. Petakan pekerjaan per hari, minggu, atau bulan dengan menulisnya menggunakan software peta pikiran.
  2. Meningkatkan kemampuan pemunculan ide.  Software peta pikiran meningkatkan kemampuan untuk menyalurkan ide segar dan inovatif dengan membantu mengatur ide kreatif yang mengalir. Software peta pikiran otomatis mengorganisir dan menstrukturkan ide kita sehingga tidak ada ide yang hilang.
  3. Menambah kecepatan belajar. Jangan menghabiskan waktu untuk membuat banyak catatan, gunakan software peta pikiran untuk membuat laporan atau untuk lulus ujian.
  4. Mengatur beban pekerjaan proyek yang kita tangani. Gunakan software peta pikiran untuk merencanakan dan mengatur semua proyek kita. Kita dapat menyimpan semua informasi proyek dan sumber daya dalam satu tempat sehingga kita bisa tetap fokus dan tetap terorganisir. KIta dapat membuat contoh peta pikiran untuk setiap proyek sehingga menghemat waktu kita dan rekan kerja kita.
  5. Memperoleh keputusan dengan cepat. Software peta pikiran membantu kita menggabungkan semua bagian otak (kiri untuk logika dan kanan untuk visual) untuk memperoleh solusi yang lebih cepat. Juga memberi daya pikir yang organik dan membangkitkan banyak kemampuan otomatis sehingga kita bisa berpikir kritis tentang situasi dan cepat memperoleh keputusan. Kita bisa menggunakan lebih sedikit waktu untuk berpikir dan memperoleh tambahan waktu untuk melakukan yang lain.

CONTOH

MARI MENCOBA

Johanis Rampisela

Pusat TIK UM

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.