Bagian PK Melahirkan Situs http://akademik.um.ac.id

Hari ini Senin, 14 September 2009, diadakan rapat mendadak (tanpa undangan) oleh Ibu Mimin Nurbintarti Kabag Pendidikan dan Evaluasi BAAKPSI UM. Peserta rapat adalah Bu Mimin, Pak Noor Farochi (Kasubag RS), Pak Sugiono (Kasubag Sarana Pendidikan), Pak Suyono (Kasubag Kerja Sama), Pak Dwi Waluyo (Kasubag Pendidikan dan Evaluasi,  dan saya (Ketua Divisi Perangkat Lunak Pusat TIK). Bu Mimin membuka rapat dengan menyampaikan gagasan dan pandangannya tentang perlunya Bagian Pendidikan dan Kerja Sama membuat situs karena sangat banyak informasi yang dimiliki oleh bagian ini: surat keputusan, aturan, pedoman, katalog, SOP, dan lain-lain. Memasukkan ke Internet akan memudahkan berbagai pihak untuk mengaksesnya dan mewujudkan UM untuk menjadi universitas kelas dunia (universitas yang selalu berbagi informasi). Saya kemudian menjelaskan tentang situs PK yang ditempatkan di http://akademik.um.ac.id. Saat mulai bersemangat menjelaskan, Pak Suyono menginterupsi, apakah boleh memanggil satu stafnya untuk ikut mendengarkan. Ijin diberikan oleh Bu Mimin dan sekalian semua kasubag diminta menyertakan satu stafnya. Peserta rapat bertambah empat orang lagi yaitu: Pak Arif, Pak Basuki, Pak …, dan Pak ….

Saya mencontohkan bagaimana mempublikasi satu surat keputusan dan kemudian menerbitkannya … wuzzz … wuzzz … wuzzz, copy, paste, upload, dan dalam 2 menit  sudah tampil di situs (bunyinya wuzz karena sekarang Internetnya lancar berhubung Facebook, dll sudah ditutup). Situs saat ini berisi 73 surat keputusan penting yang berkaitan dengan UM. Banyak yang bertanya, menyampaikan idenya, semua setuju segera dimulai, jangan banyak bicara yang penting kerja. Disepakati pengisian dimulai besok Selasa, 15 September 2009 pk 09.00-11.00, ada asisten untuk membantu, masing-masing bawa laptop lalu koneksi ke Internet, masukkan bahan, dan … terbitkan.

Salah satu hal penting yang dputuskan adalah akan dimasukkannya Daftar Hadir Kuliah, Daftar Tugas Mengajar, dan Daftar Nilai Akhir. Hai Webometrics, siap-siaplah menerima rich files yang sangat banyak dari Bagian PK.

Juga disepakati ada honornya, Bu Mimin memastikan bisa mencari jalan. Gagasan baru yang perlu dikembangkan di UM, berikan honor pada yang rajin bekerja, jangan sama rata, dengan cara seperti itu UM akan dipenuhi oleh mereka yang bekerja dengan giat karena mereka dihargai.

Saya usul Rp 2.000 per tulisan, orang-orang mengatakan kok murah sekali. Murah sekali??? Satu tulisan dipublikasi dalam waktu 2 menit. Satu hari ada 180 tulisan, berarti kerja 360 menit atau 6 jam per hari. Sebulan terima: 180 tulisan/hari * 25 hari/bulan x Rp 2.000/tulisan = Rp 9 juta/bulan … Lalu asisten + ruang kecil + laptop +akses Internet + order di  UM. Tiap hari olah raga jalan kaki selama dua jam ke unit-unit, ambil data, serahkan ke asisten. Akhir bulan: gaji asisten Rp 2,5 juta (kerja 6 jam per hari), biaya penyusutan Rp 1 juta (tiap 9 bulan ganti laptop Fujitsu), Rp 1,5 juta untuk operasional (sewa ruang+listrik+internet), masih ada uang olah raga Rp 3,5 juta (jalan kaki, sehat, dibayar lagi). Setiap 6 bulan bisa mengerjakan 27.000 halaman untuk UM, dan sekitar 5.000 file doc. Sangat lumayan untuk situs UM yang saat ini (berumur 1 tahun) memiliki 18.000 halaman dan 1.200 rich files.

Rapat yang sangat berkesan: tanpa basa-basi, singkat, padat, jelas, tingkat partisipasi tinggi, banyak yang dihasilkan, dan ada rencana tindak lanjut yang pasti. Bu Mimin dan stafnya sangat semangat, semoga tetap bersemangat mengurus situs, yang penting diisi, dan diisi. Saya sangat bahagia ikut mendampingi lahirnya sebuah karya untuk UM tercinta.

Malang, 14 September 2009

Johanis Rampisela (Ketua Divisi Perangkat Lunak Pusat TIK UM)

1 comment to Bagian PK Melahirkan Situs http://akademik.um.ac.id

  • laili

    pak saya gak bisa log in di siakad, saya gak pernah ganti pasword kok gagal log in

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.