PageRank situs web PT di Malang

Tujuh di antara perguruan tinggi-perguruan tinggi yang ada di Malang  yang telah mendaftar di Direktori Google. Fasilitas direktori ini akan membantu mesin pencari (search engine) yang bersangkutan, dalam hal ini Google, dalam melakukan crawling dan indexing maupun spiders terhadap situs yang terdaftar tersebut. Dari ketujuh situs web perguruan tinggi tersebut, situs UM menempati posisi 5 (lima) untuk kategori PageRank.

Periksa Direktori Google

Panel peringkat hijau adalah penilaian Google atas tingkat kepentingan halaman Web, seperti yang ditetapkan oleh teknologi PageRank berpaten milik Google dan berbagai faktor lainnya. Panel PageRank tersebut akan menjelaskan secara ringkas tentang pertimbangan Google terhadap halaman berkualitas tinggi yang patut diperiksa.

Secara tidak langsung Google PageRank akan mempengaruhi pemeringkatan sebuah situs web yang didasarkan pada pencarian oleh beberapa mesin pencari. Mengembangkan isi (konten) dari sebuah situs web harus dibarengi dengan optimisasi mesin pencari (search engine optimization) karena konten yang dimuat tidak langsung dikenali (diindeks) oleh suatu mesin pencari. Salah satu tugas Pusat TIK dalam pengembangan situs web UM adalah melakukan optimisasi mesin pencari yang dirujuk oleh Webometrics yaitu Google, Yahoo, Bing (Live Search), dan Exalead.

Salam,
Dr. Muladi
Kepala Pusat TIK

6 comments to PageRank situs web PT di Malang

  • Situs http://um.ac.id dulu digunakan oleh Universitas Malikussaleh, bukan Universitas Syiah Kuala.

    Rekaman tampilan terakhir Malikussaleh di um.ac.id dapat dilihat di Internet Archive Wayback Machine tanggal 7 April 2005 (http://web.archive.org/web/20050407134834/http://www.um.ac.id/). Pada tanggal 6 Desember 2007 sudah muncul tampilan bahwa domain um.ac.id sudah habis masa berlakunya (http://web.archive.org/web/20071206051237/http://www.um.ac.id/).

    Pemeriksaan domain di https://register.pandi.or.id/whois menghasilkan bahwa Universitas Malikussaleh sejak 6 Oktober 2006 mendaftarkan alamat http://unimal.ac.id. Hasil penelusuran ke situs http://unimal.ac.id menunjukkan bahwa situs Unimal dibangun mulai tahun 2007.

  • Muladi

    Sedikit koreksi. Diskusi Tim RIP TIK antara bulan Juli sampai Desember 2007 bukan 2008.

  • Muladi

    Benar apa yang disampaikan Pak Jo dan Pak Onni. Dalam beberapa kali diskusi dengan Tim Penyusun RIP TIK antara bulan Juli sampai Desember 2008, dibahas perlunya penggantian nama domain resmi UM. Domain saat itu malang.ac.id dianggap terlalu general, tidak menunjukkan jati diri UM secara langsung. Akhirnya disepakati oleh tim untuk mengganti ke domain baru yaitu um.ac.id dan akan diajukan kepada Pimpinan (dan bahkan Senat). Meskipun belum mendapat persetujuan, tim telah berupaya untuk mendapatkan domain tersebut. Penggantian ini tidak bisa serta merta dilakukan karena setelah dicek di PANDI, nama domain baru tersebut sudah dipakai (di-register) oleh Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Iseng-iseng pada awal Maret 2008 saya akses situsnya PANDI dan mencari domain um.ac.id dan ternyata masih KOSONG! Langsung saya diskusi dengan Pak Jo, alamat domain telah tersedia tetapi belum ada persetujuan dari Pimpinan dan status kami saat itu hanya sebagai tim adhoc saja. Akhirnya disepakati bahwa UM akan me-register um.ac.id dan menyerahkan urusan pendaftaran kepada Subag Sistem Informasi yang selama itu telah menangani alamat situs malang.ac.id. Dengan bantuan Pak Onni yang saat itu maka nama domain tersebut dapat di-register (dimiliki) oleh UM dan telah dijadikan alamat domain resmi.
    Begitulah sedikit cerita kilas baliknya. Kemajuan yang ada sekarang adalah buah hasil kerja kita semua dan mari kita tingkatkan terus capaian-capaian untuk memperoleh prestasi yang lebih prestisius.

    Terimakasih dan Selamat Bekerja,
    Muladi

  • Situs um.ac.id itu lahirnya juga karena bantuannya Pak Ony. Waktu itu saya minta tolong Pak Ony untuk mendaftarkan situs um.ac.id ke PANDI (2 April 2008) karena saya belum resmi ditugaskan (ditugaskan per 2 Juni 2008) sehingga tidak bisa mengurus surat yang diperlukan untuk pendaftaran. Perpanjangan April 2009 barusan inipun juga dibantu Pak Ony. Terima kasih.

  • Ony Herdianto

    Wah situs UM menjadi um.ac.id memang mengesankan, memang sebuah situs universitas sebesar Universitas Negeri Malang (UM) harus dikelola dengan serius dan dengan dukungan yang sepenuh hati, sekarang kita lihat hasilnya, mengagumkan!!!,… kerja keras Pak Muladi (Dr. Muladi, Kepala Pusat TIK) bersama jajarannya yang sangat terbuka memberikan peluang semua komponen (di UM) berkontribusi guna pengembangan situs UM yang baru sangat membanggakan.
    Sebagai alumni sekaligus sebagai staf administrasi di UM, melihat um.ac.id sekarang saya seperti melihat mimpi yang jadi kenyataan.
    Untuk Mas Agus, maaf saya koreksi sedikit saja,.. saya memang pengelola terakhir dari malang.ac.id sampai pada masa transisi, namun yang mendaftarkan domain malang.ac.id bukan saya (Registration Date : 06 February, 1998, waktu itu saya masih belum jadi staf Subag Sisitem Informasi BAAKPSI UM) silahkan cek di pandi.or.id, namun jika Anda whois di PANDI setelah tanggal 30 September 2009 mungkin datanya sudah tidak ada karena sudah expired, em … jangan khawatir saya telah meng-capture dan hasilnya lihat di http://archieve.strengthasia.com.
    Sedangkan untuk registrar um.ac.id silahkan whois sendiri.
    Untuk mengoreksi link yang ada di http://www.google.co.id/Top/World/Bahasa_Indonesia/Referensi/Pendidikan/Perguruan_Tinggi/Jawa_Timur/Malang/ , setahu saya tidak bisa kita lakukan kalau kita tidak menjadi editor dari Project Open Directory nya google dmoz (lengkapnya tentang dmoz lihat di http://en.wikipedia.org/wiki/Dmoz atau di http://www.dmoz.org/), terus terang sepertinya keren jadi editornya dmoz, silahkan meluangkan waktu jika Anda berminat.
    Terimakasih

  • Agus (Alumni UM)

    Linknya error. Setelah berhasil msk, kok malang.ac.id? Setahu saya itu alamat lama yang didaftarkan oleh Mas Ony (SI) yang dulu ngurus malang.ac.id. Pusat TIK jangan lupa bereskan linknya itu donk.

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.