Perlunya Perhatian Pemimpin Unit dalam Membangun Situs

Pengamatan dan pengalaman dalam membangun situs unit di UM.

  1. Situs Fakultas Sastra (http://sastra.um.ac.id). Sering kali kalau pagi hari saya bangun dan membuka situs UM maka saya menemukan tulisan baru dan komentar baru dari Prof. Dawud (Dekan FS). Prof . Dawud ini juga hadir pada saat Pusat TIK mengadakan pelatihan operator. Situs FS adalah situs yang tergolong sangat dirawat.
  2. Situs Kemahasiswaan (http://kemahasiswaan.um.ac.id). Berkali-kali ke Kemahasiswaan, awalnya menemui Pak Rochman tetapi jadwal kerjanya sangat padat, baru bicara sebentar sudah ada tugas lagi. Akhirnya saya mencoba ke Bu Fatmawati (Kabag Kemahsiswaan), berkali-kali, berbulan-bulan, beberapa program bantu harus dibuat dulu, Bu Fat juga banyak tugas. Setelah 10 bulan, saya terima SMS, Bu Fat mau membangun situs, ternyata setelah masuk ke situs-situs kemahasiswaan PT lainnya, Bu Fat merasa “kok cuma gitu ya … beritanya pada ketinggalan jaman dan kurang diurus, Kemahasiswaan UM harusnya bisa lebih baik dong”. Situs segera dikerjakan dan sampai saat ini dari perbincangan dengan tim situs Kemahasiwaan, Bu Fat selalu meminta agar segala sesuatunya di-web-kan. … nah kita memang perlu banyak orang yang “gila me-web-kan”.
  3. Situs Unit Arsip (http://arsip.um.ac.id). Pertama ngobrol dengan Pak Andoyo (Ka BAUK), Pak Andoyo memanggil Bu Sugiharti (Kasubag TU) dan … bentuk tim kecil, besok langsung kerja, … hanya dalam beberapa hari, bahan sudah disiapkan, dan situs sudah diisi (kisah lengkap). Kalau pemimpin sanggup memutuskan secara kilat maka kemajuan cepat tercapai.
  4. Situs Pendidikan dan Kerja Sama (http://akademik.um.ac.id). Sudah sering sekali bertemu dan ngobrol dengan Bu Mimin tentang perlunya situs, tetapi Beliau juga orang yang super sibuk, yang perlu ditandatangani saja sudah banyak sekali. Akhirnya setelah 6-7 bulan, tiba-tiba Bu Mimin mengatakan “bagaimana kalau nanti siang rapat, tidak pakai undangan tertulis, saya mau buat situs (kisah lengkap).
  5. Situs FMIPA (http://fmipa.um.ac.id). Suksesnya Situs Kemahasiswaan yang dibidani Bu Fat rupanya menginspirasi Pak Istamar Dekan FMIPA untuk bertekad membangun situs (kisah lengkap). Rapat awal sudah dilakukan dan menunggu langkah lebih lanjut untuk mengembangkan situs.

Berdasarkan hal di atas, saya menyimpulkan bahwa dukungan pemimpin unit adalah faktor penting untuk suksesnya pembangunan situs unit.

Malang, 26 September 2009

Johanis Rampisela (Ketua Divisi Perangkat Lunak Pusat TIK UM)

10 comments to Perlunya Perhatian Pemimpin Unit dalam Membangun Situs

  • Pak Imam Alfian, hari ini, tanggal 1 Oktober 2009 sudah lahir situs ULPBJ di http://lelang.um.ac.id. Selamat atas munculnya bayi baru yang diharapkan sakti seperti Pancasila. Tidak perlu ngiri lagi, Pak. Saya tunggu unit lain mana yang ngiri, tambah banyak yang ngiri, saya tambah senang, semua akan dibuatkan, situs UM semakin maju. Hari Senin tgl 5 Oktober 2009 pk 08.00 akan dilanjutkan dengan pelatihan pengisian situs. Terima kasih Pak.

  • Saya sangat salut dengan Fakultas Sastra. Gerakan untuk meng-upload artikel secara utuh akan sangat dihargai oleh pengunjung situs UM. Hal itu dikenal dengan istilah, yang awalnya saya dengar dari Pak Darmono (Kepala Perpustakaan UM), “COPYLEFT”. Memang perlu perintis untuk memulai hal ini di UM, saya berharap rintisan yang dimulai di Fakultas Sastra ini akan cepat diikuti oleh semua unit. “JANGAN PELIT, JANGAN TAKUT, BAGILAH ILMUMU, MAKA ILMUMU SEMAKIN BERKEMBANG”

  • Terima kasih Pak Muladi, Pak Jo, Pak Imam Khotib dan semua kru Pusat TIK atas bimbingan dan bantuan Bapak/Ibu kepada kami. Program kami adalah pengakses, pencipta, dan penyedia informasi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam minggu ini, kami meng-up load artikel Jurnal Bahasa dan Seni dalam wujud teks utuh, bukan hanya abstraknya. Jika respon pembaca baik, atas seizin penulisnya, karya ilmiah/artikel dosen FS UM juga akan kami up load dalam wujud teks utuh.
    Kami dukung penuh sejawat Pusat TIK yang gigih untuk menjadikan UM sebagai rujukan! Maju terus, pantang mundur!

  • benar sekali, pimpinan punya peran yang sangat signifikan untuk membangun web dan jika stafnya juga hobi dan semangat kerja tinggi untuk membangun web, pasti sinergi ini akan membuahkan hasil yang hebat.

  • @Imam Alfianto
    Paling lambat Jumat sudah siap Pak, yang penting diisi ya Pak.

  • Imam Alfianto

    Melihat tampilan situs unit kerja dan pengelolaannya, saya jadi ngiri. Kapan ULPBJ punya situs dan pengelola sendiri.

  • @ p. muladi : ndak keasikan kok pak, ini yang susah menyempatkan waktunya, mengingat kuliah masih jadi prioritas pertama. Merancang database dan pengumpulan data2 yang butuh waktu agak lama.

  • Muladi

    devid: jangan keasyikan scripting-nya, ntar lupa cara ngisi konten-nya 🙂

  • Tampilan elektro.um.ac.id sudah bagus. Halaman situs versi Yahoo: 16 halaman (Mat 480). Dokumen (pdf, doc, ppt) masih 0 (Mat 178). Inlink versi Yahoo 1 (Mat 14). Saran saya: perlu posting, perlu riching, dan perlu inlinking.

  • Hehehe… tunggu saja kedatangan Situs Teknik Elektro yang full version, pasti tidak akan kalah sedapnya dengan Situs Unit lainnya. Sekarang yang dipublish (http://elektro.um.ac.id) masih versi trial, versi full masih dalam proses pengerjaan. Kenapa lama? Soalnya tidak memakai cms wordpress, joomla, drupal, dll. Pembuatannya secara full scripting oleh P.Didik Dwi dibantu dengan saya, dan beberapa mahasiswa andalan lainnya…. don’t miss it!!!

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.