Perlunya Perhatian Pemimpin Unit dalam Membangun Situs

Pengamatan dan pengalaman dalam membangun situs unit di UM.

  1. Situs Fakultas Sastra (http://sastra.um.ac.id). Sering kali kalau pagi hari saya bangun dan membuka situs UM maka saya menemukan tulisan baru dan komentar baru dari Prof. Dawud (Dekan FS). Prof . Dawud ini juga hadir pada saat Pusat TIK mengadakan pelatihan operator. Situs FS adalah situs yang tergolong sangat dirawat.
  2. Situs Kemahasiswaan (http://kemahasiswaan.um.ac.id). Berkali-kali ke Kemahasiswaan, awalnya menemui Pak Rochman tetapi jadwal kerjanya sangat padat, baru bicara sebentar sudah ada tugas lagi. Akhirnya saya mencoba ke Bu Fatmawati (Kabag Kemahsiswaan), berkali-kali, berbulan-bulan, beberapa program bantu harus dibuat dulu, Bu Fat juga banyak tugas. Setelah 10 bulan, saya terima SMS, Bu Fat mau membangun situs, ternyata setelah masuk ke situs-situs kemahasiswaan PT lainnya, Bu Fat merasa “kok cuma gitu ya … beritanya pada ketinggalan jaman dan kurang diurus, Kemahasiswaan UM harusnya bisa lebih baik dong”. Situs segera dikerjakan dan sampai saat ini dari perbincangan dengan tim situs Kemahasiwaan, Bu Fat selalu meminta agar segala sesuatunya di-web-kan. … nah kita memang perlu banyak orang yang “gila me-web-kan”.
  3. Situs Unit Arsip (http://arsip.um.ac.id). Pertama ngobrol dengan Pak Andoyo (Ka BAUK), Pak Andoyo memanggil Bu Sugiharti (Kasubag TU) dan … bentuk tim kecil, besok langsung kerja, … hanya dalam beberapa hari, bahan sudah disiapkan, dan situs sudah diisi (kisah lengkap). Kalau pemimpin sanggup memutuskan secara kilat maka kemajuan cepat tercapai.
  4. Situs Pendidikan dan Kerja Sama (http://akademik.um.ac.id). Sudah sering sekali bertemu dan ngobrol dengan Bu Mimin tentang perlunya situs, tetapi Beliau juga orang yang super sibuk, yang perlu ditandatangani saja sudah banyak sekali. Akhirnya setelah 6-7 bulan, tiba-tiba Bu Mimin mengatakan “bagaimana kalau nanti siang rapat, tidak pakai undangan tertulis, saya mau buat situs (kisah lengkap).
  5. Situs FMIPA (http://fmipa.um.ac.id). Suksesnya Situs Kemahasiswaan yang dibidani Bu Fat rupanya menginspirasi Pak Istamar Dekan FMIPA untuk bertekad membangun situs (kisah lengkap). Rapat awal sudah dilakukan dan menunggu langkah lebih lanjut untuk mengembangkan situs.

Berdasarkan hal di atas, saya menyimpulkan bahwa dukungan pemimpin unit adalah faktor penting untuk suksesnya pembangunan situs unit.

Malang, 26 September 2009

Johanis Rampisela (Ketua Divisi Perangkat Lunak Pusat TIK UM)

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.