Tanggal 9-9-2009, Situs UM Versi 2.0 Diujicoba

Hari ini, Rabu, 9 September 2009, situs UM berganti wujud, versi 1.0 ke 2.0. Situs UM berbenah diri menghadapi Lustrum UM ke-11.  Situs versi baru ini dibangun berdasarkan masukan-masukan tentang kekuatan dan kelemahan situs sebelumnya. Juga diinspirasi oleh kunjungan ke situs perguruan tinggi yang merupakan 10 besar dunia versi Webometrics edisi 31 Juli 2009. Beberapa hal baru dalam situs UM:

  • BANNER sekarang dilandasi oleh warna kuning yaitu warna bendera UM.
  • Setiap kali diakses (direfresh) akan muncul FOTO PANJANG yang acak.
  • SAMBUTAN REKTOR sudah diperbarui.
  • AGENDA sekarang adalah acara hari ini dan yang akan datang, acara yang sudah lewat waktunya tidak ditampilkan.
  • Ada 3 BERITA utama ukuran yang lebih kecil.
  • Hanya beberapa gambar yang ditampilkan di halaman depan supaya CEPAT DIAKSES.
  • Foto panjang jika diklik maka akan tampil beberapa FOTO UM yang baru saja diambil dari ‘helikopter’ (ssst … baca tulisan “Foto UM dari Ketinggian”).
  • Rubrik-rubrik diusahakan ditata dengan TEMA SAMA.
  • Pengelompokan rubrik SUMBER DAYA, FASILITAS ONLINE, PUSAT INFORMASI, KOMUNITAS, dan HIBURAN ditata lebih baik.
  • Sebagian besar rubrik berisi  MATERI LOKAL UM, yang tidak lokal hanya “Software”, “Musik”, dan “Cara Hidup”.
  • Rubrik SUARA KITA merupakan lanjutan dari BLOG, dengan kategori yang ditata lebih baik.

Rubrik BERKARYA DAN TERUS BERKARYA (rubrik ini) adalah rubrik andalan dan rubrik eksperimen. Andalan karena rubrik ini akan mencatat semua KEMAJUAN UM; Eksperimen karena ini rubrik pertama di mana penulis akan dibayar sesuai kerjanya (Rp 2.000 per tulisan). Duitnya dari mana? Lihat kategori “Donatur Kita”. Indra keenam saya mengatakan bahwa rubrik ini akan banyak penggemarnya.

Terima kasih atas kerja keras Saudara Arrijal Nagara Yanottama (webmaster) yang membuat versi 2.0 ini.

Terima kasih kepada Saudari Anida Etikawati (alumni) yang telah berjalan kaki memutari kampus UM berkali-kali untuk mengambil foto. Terima kasih kepada Saudara Ismail Fahmi (Pusat TIK) yang telah memanjat menara 35 meter dan berdiri di atas atap lantai 5 gedung Indra Karya untuk mengambil foto. Terima kasih kepada Pak Rahardyas Bharata (Account Manager PT Telkom) yang telah memberi ijin untuk memanjat menara.

Terima kasih kepada semua pihak yang sudah memberi masukan.

Selamat menikmati perubahan, berubah adalah tanda dinamis, tanda kreatif, dan tanda kehidupan.

Malang, 8 September 2009

Johanis Rampisela (Ketua Divisi Perangkat Lunak Pusat TIK UM)

13 comments to Tanggal 9-9-2009, Situs UM Versi 2.0 Diujicoba

  • Kalau saya mengunjungi sebuah situs maka saya melihat apakah informasi yang saya cari itu ada, tulisannya baru, mudah mencari tulisan, menggunakan bahasa yang benar. Ibarat bertemu orang maka jangan lihat topi, baju, sepatu, atau gelarnya. Pelajari pandangan hidup, buah pikiran, hasil kerja, rintisan, dan kreativitasnya.

    Situs UM didesain dengan mengandalkan cara berpikir di atas. Kami tidak menggunakan teori dan pengukuran yang rumit, yang kami lakukan adalah setiap hari mempelajari komentar yang masuk, jika ada yang kami bisa kami lakukan … kami perbaiki.

    Untuk mengembangkan itu, beberapa hal telah dilakukan: (1) berkunjung ke unit-unit untuk mengajak membuat situs, (2) melayani dan membantu unit mengembangkan situsnya, (3) menyampaikan pada unit bahwa yang penting bukan tampilannya tapi isinya, (4) mengajak beberapa orang yang punya perhatian pada situs untuk bekerja sama.

  • dari tampilan lebih mudah dilihat, lebih rapi dan lebih elegan, hanya menurut saya lebih mudah membedakan tiap-tiap menu (seperti agenda, pelelangan, pengumuman..dl diberikan warna yang berbeda (pada hurufnya saja, agar lebih mudah pengunjung melihat point-point penting..)

    kalo masalah header yang kadang masih menampilkan yang versi lama, semisal sudah di clear recent..dll masih juga belum coba di super refresh, (CTRL + F5). thanks..

  • webmaster

    @esthi:
    Untuk beberapa materi memang kami hilangkan, seperti media online. Ada juga yang sekarang tidak ditampilkan di halaman depan tetapi berubah menjadi link seperti cara hidup,musik dll. Sedangkan fasilitas2 lainnya masih dalam proses.

    Terima kasih

  • esthi

    gmn nih tampilannya sih bagus,,tp kok isinya gak lengkap.lebih lengkap dan bagus yg versi 1. trus kok ga ada daftar dosennya???? kan susah mo liat NIP yg puanjang gak tau deh.

    mohon diperlengkap lagi yah…jangan hanya tampilannya aja yg bagus tp isinya jg kudu lebih bermutu lagi ^_^

  • obi

    gambarx yg lbih bgus lg….

  • Anonim

    Ada komentar/masukan bahwa versi 2.0 ini lebih banyak tulisan daripada gambar sehingga perlu waktu untuk membaca tulisan tersebut jika sedang bernavigasi.
    Perlu kita ketahui bersama bahwa salah satu aspek yang harus diperhatikan dalam mengembangan situs web adalah optimasi terhadap search engine. Sebuah situs web harus mudah dikenali, dijejaki, dan kemudian diindeks isinya oleh mesin pencari. Sehingga proses pencarian yang dilakukan dengan menggunakan mesin pencari tersebut dapat optimal yaitu ketika seluruh isi situs web sudah diindeks oleh mesin pencari yang bersangkutan. Optimasi terhadap search engine inilah yang dilakukan terhadap situs UM versi 1.0 dan kemudian diperbaiki dalam versi 2.0. Salah satu perbaikan yang dilakukan berdasarkan hasil optimasi search engine adalah mengurangi jumlah gambar yang ditayangkan. Pengurangan ini akan dapat meningkatkan kecepatan akses (halaman web dapat ditampilkan lebih cepat). Salah satu tool yang kami gunakan untuk optimasi adalah http://www.websiteoptimization.com.
    Demikian informasi yang perlu kami sampaikan dan terimakasih atas masukan dan kritiknya. Kami masih menunggu masukan dan kritikan yang lainnya untuk perbaikan versi baru ini sebelum diluncurkan.

    Dr. Muladi
    Kepala Pusat TIK

  • webmaster

    @nareswari:Bingungnya gmn??mungkin bisa menjadi masukan buat kami.Terima kasih

  • nareswari

    saya kok malah lebih bingung ya,,,
    walaupun nampak lebih simple tapi versi ini menurut saya lebih ribet dari versi sebelumnya

  • Gitu dong, itu baru UM yang sesungguhnya. Tolong kepada para pejabat Rektorat beserta Para Dekan itu sering membuka e-mailnya dong, dengarkan masukan2 dari para Alumni. Selamat berjuang, menuju UM yang lebih maju & bersaing dengan PT lainnya. Bravo UM-ku!

  • webmaster

    @michael:Terima kasih…

    @Devid PTI07:Coba browser anda cache nya dihapus, kemungkinan browser anda masih nangkap header yang lama. Header yang versi 2.0 ini warnanya kuning. Terima kasih

  • Selamat juga atas peluncurannya. Tapi sayang sy tidak dikabari, tapi tidak masalah karna sudah tau kemarin waktu nulis draft disini ada draft ttng web UM v.2.0 jadi mulai kemarin sy sudah memikirkan desain baru banner buat UM. Warnanya kuning ya? Hmm… Nevermind.

    Menu dropdownx kok aga gimana gitu ya? perlu diedit lagi tuh kayaknya js/css nya, soalnya waktu pertama masuk warna merahnya kontras sekali dengan warna disekitarnya trus klo sudah di klik warna merahnya hilang? ada penumpukan teks di header jg?. Sekilas desainnya mirip desain web elektro buatan saya. Hihihi… 🙂

    Semangat buat mas rijal!!! Bala bantuan akan segera datang… hehehe!!!

  • Selamat atas peluncuran web UM versi 2.0 🙂
    Lebih keren dari yang versi 1.0, semoga langkah yang baik ini dapat terus berlanjut.

    Salam,
    Michael

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.