[selesai] PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU: SELAYANG PANDANG

Tulisan Saudara Lucky berjudul PPG, Program Baru UM yang diposting di um.ac.id tanggal 12 Oktober 2009 mendapat tiga tanggapan. Saudara Lucky dan tiga orang pemberi komentar tampaknya perlu mendapatkan penjelasan lebih lanjut tentang PPG itu. Berikut saya tuliskan selayang pandang Program Pendidikan Profesi Guru. Semoga bermanfaat.

PROGRAM PENDIDIKAN AKADEMIK, PROFESI, DAN VOKASI

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, program pendidikan di pendidikan tinggi mencakup (1) pendidikan akademik (sarjana, magister, dan doktor), (2) pendidikan profesi/spesialis, dan (3) pendidikan vokasi (diploma). Pendidikan tinggi penyelenggara pendidikan tersebut dapat memberikan gelar akademik (sarjana, magister, dan doktor), gelar profesi/spesialis, dan gelar vokasi.

Berdasarkan rujukan tersebut, berikut gambaran ringkas tentang ketiga jenis progam pendidikan tersebut.

1. Pendidikan Akademik

Pendidikan akademik adalah sistem pendidikan  tinggi yang diarahkan pada penguasaan dan pengembangan disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni tertentu, yang mencakup program pendidikan sarjana, magister, dan doktor.  Lulusannya mendapatkan gelar akademik sarjana, magister, dan doktor.

Sebagai contoh, lulusan pendidikan akademik sarjana ekonomi bergelar S.E., sarjana kedokteran mendapat gelar S.Med., sarjana teknik mendapat gelar S.T., dan sarjana pendidikan bergelar S.Pd.; demikian juga gelar magisternya sesuai dengan bidang atau rumpun ilmu; sedangkan gelar pendidikan doktor sama, yakni Dr.

Lazimnya, pendidikan sarjana diarahkan untuk penerapan  ilmu, pendidikan magister diarahkan untuk pengembangan ilmu, dan pendidikan doktor diarahkan untuk penemuan ilmu.

2. Pendidikan Profesi

Pendidikan profesi adalah sistem pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana yang menyiapkan peserta didik untuk menguasai keahlian khusus. Lulusan pendidikan profesi mendapatkan gelar profesi.

Sebagai contoh, setelah bergelar S.E, seseorang menempuh pendidikan profesi Akuntan, maka dia bergelar S.E. Ak;  setelah bergelar S.Med., seseorang menempuh pendidikan profesi dokter, maka dia mendapat gelar dr. (dokter) dan seorang yang telah begelar profesi dokter (umum) melanjutkan ke program pendidikan  spesialis (PPDS), dia mendapat gelar spesialis tententu, misalnya, dr. Sp.M (spesialis Mata), dr. Sp.A (spesialis Anak), dr. SpKJ (spesialis Kesehatan Jiwa), dsb.

3. Pendidikan Vokasi

Pendidikan vokasi adalah sistem pendidikan tinggi yang diarahkan pada penguasaan keahlian terapan tertentu, yang mencakup program pendidikan diploma I, diploma II, diploma III, dan diploma IV. Lulusan pendidikan vokasi mendapatkan gelar vokasi, misalnya A.Ma (Ahli Madya), A.Md (Ahli Madya).

PENDIDIKAN PROFESI GURU

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, disebutkan bahwa  guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Profesional adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi.

Guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik. Kualifikasi akademik diperoleh melalui pendidikan tinggi program sarjana, atau program diploma empat. Kompetensi guru meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi. Sertifikat pendidik adalah bukti formal sebagai pengakuan yang diberikan kepada guru dan dosen sebagai tenaga profesional. Sertifikasi pendidik diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang memiliki program pengadaan tenaga kependidikan yang terakreditasi dan ditetapkan oleh Pemerintah.

Pendidikan Profesi Guru ditempuh melalui Sertifikasi Guru dalam Jabatan (Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor18 Tahun 2007); dan Program Pendidikan Profesi Guru Pra Jabatan (Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 8 Tahun 2009).

1. Sertifikasi Guru dalam Jabatan

Sertifikasi bagi guru dalam jabatan adalah proses pemberian sertifikat pendidik untuk guru dalam jabatan. Sertifikasi tersebut  dapat diikuti oleh guru yang telah memiliki kualifikasi akademik sarjana (S1) atau diploma empat (D-IV). Sertifikasi tersebut diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang menyelenggarakan program pengadaan tenaga kependidikan yang terakreditasi dan ditetapkan oleh Menteri Pendidikan Nasional.

Untuk memperoleh sertifkat pendidik, sertifikasi bagi guru dalam jabatan dilaksanakan melalui uji kompetensi. Uji kompetensi dilakukan dalam bentuk penilaian portofolio, yakni penilaian sekumpulan dokumen yang mendeskripsikan: (a) kualifikasi akademik, (b) pendidikan dan pelatihan; (c) pengalaman mengajar; (d) perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran; (e) penilaian dari atasan dan pengawas; (f) prestasi akademik; (g) karya pengembangan profesi; (h) keikutsertaan dalam forum ilmiah; (i) pengalaman organisasi di bidang kependidikan dan sosial; dan (j) penghargaan yang relevan dengan bidang pendidikan.

Guru yang lulus penilaian portofolio mendapatkan sertifikan pendidik, sedangkan yang tidak lulus penilaian portofolio dapat (a) melakukan kegiatan yang dapat melengkapi portofolio agar mencapai nilai lulus, atau (b) mengikuti pendidikan dan pelatihan profesi guru (PLPG) yang diakhiri dengan ujian.

Ujian PLPG mencakup kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Guru dalam jabatan yang lulus PLPG mendapat sertifikat pendidik.

Menteri Pendidikan Nasional menetapkan jumlah dan kuota peserta sertifikasi bagi guru dalam jabatan setiap tahun.

2. Pendidikan Profesi Guru Pra Jabatan

Pendidikan profesi adalah pendidikan tinggi setelah program sarjana yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus. Program Pendidikan Profesi Guru Pra Jabatan yang selanjutnya disebut dengan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S1 Kependidikan dan S1/D IV Non Kependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan standar nasional pendidikan sehingga dapat memperoleh sertifikat pendidik profesional pada pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Program PPG diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang memiliki lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) yang memenuhi persyaratan dan ditetapkan oleh Menteri Pendidikan Nasional.

Seleksi penerimaan peserta didik program PPG dilakukan oleh program studi/jurusan di bawah koordinasi LPTK penyelenggara. Hasil seleksi dilaporkan oleh LPTK penyelenggara kepada Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi. Kuota jumlah penerimaan peserta didik secara nasional ditetapkan Menteri Pendidikan Nasional.

Lulusan S1 Kependidikan dan S1/D IV Non Kependidikan yang tidak sesuai dengan program PPG yang akan diikuti, harus mengikuti program matrikulasi.

PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU YANG DISELENGGARAKAN UM

1. Sertifikasi Guru dalam Jabatan

Sejak tahun 2007 s.d. tahun 2009 ini, UM telah menyelenggarakan sertifikasi guru dalam jabatan. Secara operasional, sertifikasi guru itu diitangani oleh Panitia Sertifikasi Guru Rayon 15 UM yang berkantor di Gedung Sasana Budaya UM. Kegiatan yang diselenggarakan adalah penilaian portofolio para guru dan PLPG bagi guru yang belum lulus penilaian portofolio.

2. Program Pendidikan Profesi Guru Pra Jabatan

Pada tahun 2009 ini, UM beserta LPTK lain di Indonesia sedang menyusun proposal penyelenggaraan Program Pendidikan Profesi Guru (Program PPG). Sejumlah program studi yang mengajukan proposal telah divisitasi dan proposalnya telah direview pada bulan September 2009. Sampai dengan tulisan ini dibuat (20 Oktober 2009), hasil review itu belum diumumkan.

APA YANG PERLU DILAKUKAN MAHASISWA UM YANG INGIN IKUT PPG?

Program PPG diperuntukkan bagi LULUSAN sarjana kependidikan dan nonkependidikan yang memiliki bakat, minat, dan potensi untuk menjadi guru. Penyelenggara Program PPG adalah Lembaga Tenaga Kependidikan (LPTK) yang memenuhi syarat. Jumlah dan kuota ditentukan oleh Menteri Pendidikan Nasional.

Atas dasar itu, para mahasiswa yang saat ini belum lulus, tentu belum bisa ikut Program PPG ini. Artinya, bila ingin ikut Program PPG, harus lulus dulu. Lulusan S1 kependidikan yang linear dengan program PPG yang akan diikuti, langsung mengikuti “kurikulum” yang ditentukan sebesar 36—40 sks; sedangkan lulusan S1 kependidikan yang tidak “linear” atau S1/DIV nonkependidikan harus mengikuti matrikulasi lebih dahulu.

Malang, 18 Oktober 2009

Dawud

129 comments to [selesai] PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU: SELAYANG PANDANG

  • @UNTUK SEMUA
    SAMPAI DENGAN SAAT INI, JULI 2012, PPG UM BARU DISELENGGARAKAN UNTUK KELAS KERJA SAMA DENGAN PEMERINTAH PROVINSI/KAB/KOTA.
    UNTUK PROGRAM UMUM MASIH BELUM DIBUKA

  • Ikrom

    Saya mahasiswa jurusan kimia nonkependidikan kalau ingin ikut PPG apa hanya bisa untuk jadi guru kimia saja?apa bisa saya ikut PPG untuk PGSD?terima kasih

  • Zulfa

    Tlg saya diberitahukan kapan pendaftaran PPG 2012 di UM akan diselenggarakan?
    lalu jika belum mempunyai pengalaman mengajar apakah bisa mendaftar?
    berapa biaya PPG per semesternya?

  • anita

    saya bukan lulusan UM,tetapi ingin mengikuti program ppg prajabatan saya juga belum punya pengalaman mengajar ,bagaimana syarat,pendaftaran,dan biayanya?

  • andria

    mw tanya,universitas apa aj di makassar yang ada PPGnya…dan kapan pendaftarannnay dibuka,,tolong di infokan,,,makasih.

  • KAMSIYATI

    Saat ini saya mengajar TIK , Karna saya lulusan S1 Sistim Informasi.Dimanakah saya bisa mengikuti program PPG untuk mata pelajaran TIK. Saat ini saya berdomisili di Cepu Blora Jawa Tengah. Terima kasih atas infonya. Mohon balasanya ke email atau hp. 081390381976

  • andhika pandu

    Informasi kapan Pendaftaran PPG di UNM.Terima kasih

  • salam buat kita semua saya mau bertanya ni untuk masalah PPG untuk bagian keguruan dibidang usaha perjalanan wisata untuk tingkat SMK Pariwisata maupun tingkat dinas Pariwisata.

  • Wisha

    Kapan di buka pendaftaran PPG untuk tahun 2012?
    Saya membutuhkan informasi pendaftarannya, bila dimungkinkan mohon dapat dikirim via email, terima kasih

  • Wisha

    Kapan dibuka pendaftaran PPG untuk tahun 2012?

  • tyas

    mohon infonya kapan pendaftaran PPG tahun 2012 di UM..
    tolong kirim kan k email saya..

    email : yaz_okzpoenya@yahoo.co.id
    mksh dl sblum x..

  • sri wahyuni

    aslkm…salam kenal,di SULSEL PT pa saja yg menyelenggrakan PPG?mohon informasi pendaftarannya dan proses seleksi PPG?jika memungkinkan tlng di kirimkan k e-mail saya…terima kasih.

  • dian

    saya lulusan akuntansi non pendidikan tahun 2011, mohon informasinya apakah saya bisa menjadi guru?
    bagaimana prosedurnya untuk menjadi guru?
    apakah saya harus mengikuti program pendidikan profesi guru atau pendidikan profesi akuntansi? mohon penjelasannya melalu email saya dan Universitas mana saja yang menyelenggarakanya (Jateng/ jogjakarta). terima kasih

  • santi

    APA TIDAK ADA JALUR BEASISWA DI PPG UM?

  • aii

    saya butuh informasi pt penyelenggara ppg-pra jabatan di DIY. kira2 kapan pendaftaran di mulai? mohon balas ke email saya pak, terima kasih sebelumnya.

  • Naufal Arman

    Mohon Info PPG daerah semarang/magelang/jogja…

    email : nopal.armand@gmail.com

  • dewi

    1. Universitas mana saja di Jawa Tengah yang membuka PPG PGSD?
    2. Mohon infonya mengenai PPG PGSD yg akan dibuka, kapan pendaftarannya?
    2. Saya membutuhkan informasi pendaftaran, bila dimungkinkan mohon dapat dikirim via email, terima kasih.

  • EKO SATURYONO

    KITA SAMA-SAMA MENGETAHUI BAHWA PPG ADALAH PROGRAM PEMERINTAH UNTUK GURU NEGERI ATAU SWASTA. YANG MENJADI PERMASALAHAN ADALAH MENGAPA MASIH DIPERMASALAHKAN TENTANG PEMBEBASAN JABATAN SEMENTARA UNTUK GURU SMP/SMA YANG TENTUNYA SELAMA 2 SEMESTER MENEMPUH PPG. BAGI PNS, APA AKAN DICABUT TUNJANGAN FUNGSIONALNYA SELAMA KITA MENGIKUTI PPG ? DAN APAKAH SETELAH LULUS DARI PPG KITA DAPAT LANGSUNG IKUT SERTIFIKASI ? MOHON PENJELASAN. TERIMA KASIH. TTD EKO SATURYONO GURU SMPN 2 BANYUANYAR KAB. PROBOLINGGO JAWA TIMUR NO. HP. 081 252 940 451.

  • MONICA

    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas segala informasi yang Bapak/Ibu berikan. Saya mahasiswa lulusan S1 jurusan sejarah prodi pendidikan sejarah Universitas Negeri Malang angkatan tahun 2007 dan adkan diwisuda tangal 18. Saya mohon diberikan informasi (syarat,waktu pendaftaran,dan tempat) tentang PPG yang mungkin bisa diikuti oleh mahasiswa yang baru lulus. Terimakasih banyak atas informasi yang Bpak dan Ibu berikan.

  • Dwi

    mohon infonya kpn pendaftaran PPG??terima kasih

  • mohon infonya pendaftaran Pend.Gelar prof Guru di UM th ajaran 2011/2012 mulai dibuka tgl brp? terimakasih. mohon dikirim melalui email sya smooth.cha@gmail.com

  • Quido Iriyanan

    saya sekrang menempuh Program Profesi Guru dan Vokasi, tetapi saya belum tahu apakah nilai sertifikasi itu ada atau tidak? dan berapa standar nilainya yang diharapkan?, Mohon berikan infonya. terima kasih..

  • @ pak eko purnomo
    minta tolong info mengenai PPG ya pak, sy lulusan S1 MIPA fisika 2007, saat sangat berminat menjadi guru namun blm memiliki akta 4 dan katanya akta 4 sudah tdk berlaku lagi…mohon infonya….0881 8081 004

  • LULUK

    SAYA GTT DI SALAH SATU SMA NEGERI DI BOJONEGORO, TETAPI SAYA LULUSAN NON PENDIDIKAN DAN MENGAJAR TIK, SAYA MOHON INFORMASINYA UNIVERSITAS MANA SAJA YANG ADA PPG DI DAERAH BOJONEGORO? DAN BIAYANYA BERAPA? TERIMA KASIH, TOLONG KIRIMKAN VIA EMAIL

  • aminarti siti wahyuni

    Berdasarkan Pedoman Penyelenggaraan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Bagi Guru Dalam Jabatan tahun 2011, jadwal pelaksanaan Program PPG adalah sebagai berikut:
    1. Sosialisasi ke LPTK dan Dinas Pendidikan: Mei
    2. Rekrutmen peserta PPG:
    a.Pendaftaran oleh guru (online) dan pengiriman dokumen Pendaftaran ke Dinas Pendidikan: Juni
    b.Seleksi administrasi oleh Dinas Pendidikan: Juni minggu kedua — Juli minggu kedua
    c. Pengiriman hasil seleksi administrasi dan dokumen pendaftaran ke LPTK: Juli minggu ketiga
    d. Verifikasi dokumen pendaftaran dan seleksi akademik oleh LPTK: Juli minggu keempat– Agustus minggu pertama
    e. Penetapan dan pengumuman hasil seleksi akademik: Agustus minggu kedua.
    3. Pelaporan hasil rekrutmen ke Ditjen Dikti dan BPSDMP dan PMP: Agustus minggu kedua.
    4. Mulai pelaksanaan Program PPG: September.

    Biaya penyelenggaraan Program PPG pada dasarnya bersifat swadana dari peserta PPG,APBN,APBD prov/Kab/kota dan sumber lainnya yang tidak mengikat.
    Sedangkan rentang besaran biaya SPP peserta program PPG adalah 5-6 juta rupiah per semester atau 10-12 juta rupiah pertahun.

    Syarat peserta:
    1. Memiliki kualifikasi akademik minimal sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) dari program studi yang terakreditasi, kecuali program studi PGSD dan PGPAUD.
    2. Mengajar di satuan pendidikan di bawah binaan Kementrian Pendidikan Nasional.
    3. Guru PNS yang mengajar pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemda atau guru yang diperkerjakan (DPK) pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat.
    4. Guru bukan PNS yang berstatus Guru Tetap Yayasan (GTY) atau guru yang mengajar pada satuan pendidikan negeri yang memiliki SK dari Pemda.
    5. Memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).
    6. Memiliki masa kerja sebagai guru minimal 5 tahun.
    7. Bersedia mengikuti pendidikan sesuai dengan peraturan yang ada dan mendapatkan ijin belajar dari Kepala Sekolah dan Pemda.
    8. Memiliki surat keterangan berbadan sehat dari dokter.
    9. Memiliki surat keterangan bebas napza(narkotika,psikotropika,dan zat aditif lainnya) dari instansi yang berwenang.

  • elok

    terima kasih atas infonya…
    ada yang ingin saya tanyakan
    1. mulai kapan dibuka pendaftaran PPG BK di UM?
    2. bagaimana cara mendaftar (persyaratan) PPG BK di UM?
    terima kasih…saya tunggu balasannya

  • agus anggoro

    Sebelumnya terima kasih atas infonya…yang jadi pertanyaan saya:
    1) apakah UM bisa menerima lulusan dari kampus lain yang ingin daftar PPG di UM?
    2) saya jurusan teknik informatika murni, untuk program mstrikulasi butuh berapa lama?
    tolong penjelasannya pak, tolong kirim ke email maswibisono@gmail.com
    terima kasih sebelumnya

  • teta

    pendaftaran ppg di um 2011 kapan dimulai..?
    persyaratannya apa aja?tolong balas di email dong.. makasih…

  • Nicolas Purnanto

    kepada bapak Dawud.

    perkenalkan nama saya nicolas purnanto adi, saya lulusan Desain Komunikasi Visual. lulus pada februari 2010.

    yg saya tanyakan :
    1. perkiraan pembukaan PPG akan turun SK-nya?
    2. apakah dari lulusan DKV yang NON KEPENDIDIKAN bisa mengikuti PPG?
    3. matrikulasi untuk DKV apakah ada yang linier selama yang kita ketahui bahwa DKV masih satu bendera di bawah Seni.
    4. berapa waktu yang di butuhkan bagi sarjana non kependidikan tersebut untuk menempuh matrikulasi.
    5. apakah waktu tempuh untuk mahasiswa out put dari UM sama dengan mahasiswa out put dari PTN lainnya.

    sekedar informasi bahwa sarjana Desain komunikasi Visual sangat di butuhkan di kalangan SMP, SMK, dan SMA mengingat SDM di masing – masing instansi pendidik tersebut sangat minim.

    apakah ke depannya untuk prodi Desain Komunikasi Visual tidak ada jalur Kependidikan. kalaupun ada wacana seperti itu apakah ex DKV yang sudah lulus tidak ada dispensasi cara untuk menempuh agar bisa mengajar kecuali mengikuti jalur PPG

    terima kasih.

  • ayun

    jika ada info PPG di malang tolong infonya donk….tolong bls lewat email saya….terima kasih banyak

  • fajar

    makasih infonya..
    kapan d buka pendaftaran PPG d UM?
    saya jurusan kimia murni, ingin ngambil PPG gmn caranya?
    minta tolong d kirim k email saya
    fajrul_87@yahoo.com

  • ulva

    apakah UM masih ada program PPG ini?saya lulusan teknik kimia sekarang bkrja diperusahaan,tetapi saya merasa ingin sekali menjadi guru karena pendidikan didaerah yang saya tempati ini sangat minim sekali. mohon diinfokan ke email saya avlu_13@yahoo.com

  • dana

    Saya lulusan S1 jurusan akuntansi tahun 2009.
    Sekarang saya bekerja di perbankan swasta,tetapi saya sangat berminat sekali menjadi guru.
    Sedangkan sekarang akta IV sudah di gantikan PPG dalam jabatan.
    Bagaimana caranya saya bisa menjadi guru?
    Mohon bantuan dan sarannya.
    Makasih

  • eko purnomo s

    @Esty
    mbk esti dari semarang. salam kenal. semoga minat jadi guru segera terkabul. amin EKO PURNOMO 081 328 465 108

  • eko purnomo s

    @Amna
    saya eko purnomo, 34 tahun guru bahasa inggris di kota magelang. saya terus berusaha mengikuti berita PPG. mbk amna yang cantik, sepertinya apa yang menjadi opini anda salah karena pada kenyataanya program ppg akan diperuntukan bai SEMUA SARJANA BARU YANG BERMINAT JADI GURU DARI FAK. KEPENDIDIKAN DAN MURNI DENGAN SELEKSI YANG KETAT karena pemerintah ingin menjaring calon guru yang handal dari berbagai fakultas yang sesuai dengan program kerja pemerintah. tapi untuk tahun 2010-2014 PPG hanya dikhususkan bagi guru yang sudah berwiyata min 5 tahun, terdaftar di dinas kota/kab dengan bukti adanya NUPTK yang dikeluarkan dari kemendiknas. sedangkan untuk umum atau yang belum berwiyata, PPG akan dimulai tahun 2014. salam kenal dan semoga jdi guru profesional dengan melihat keanekaragaman latar belakang pendidikan sebagai subtansi memperkokoh profesionalisme guru. mari berjabat tangan dan saling berbagi tanpa rasa curiga. wasalam 081 328 465 108

  • eko purnomo s

    @Lina Herlinawati
    halo sahabat ? salam kenal. saya guru bahasa inggris di kota magelang. dan sedang giat mengamati rencana ppg. menurut info yang saya peroleh ppg tahun 2010-2014 haya dikhususkan bagi guru pns dan swasta (ppg dalam jabatan)yang sudah mengabdi minimal 5 tahun dan ber NUPTK. Sedangkan ppg prajabatan dimulai setelah tahun 2014. tapi ada kemungkinan peraturan bisa berubah-ubah. salam kenal hub.No hp: 081 328 465 108

  • Mohon klo dah di buka ppg di diy 2010,diinformasikan ke saya pak.saya ingin sekali menjadi guru pns/swasta dg pendidikan yg saya miliki.tks sbelumnya.evi enievi77@yahoo.com 08568235936

  • wahyu santoso

    simkuring lulusan FPOK UPI tahun 2009 ilmu keolahragaan…..S.Si… Alhamdulillah te aya akta iv tiasa ngajar……di swasta nu elite dei….. tapi simkuring hoyong daftar CPNS,saur na teh kedah aya akta iv….
    Mangga Mas Eko Di doakeun ku sadaya proposal PPG lancar. simkuring bade ngiring…..
    SALAM TI qUYT NU PANGGANTENG NA SANEGARA CIREBON DAN SEKITARNYA………AMINN………

  • Lani

    Kapan PPG untuk jurusan nonpendidikan dibuka? Mohon jawabannya dikirim via email (kalo memungkinkan). Trims…

  • rifa

    tolong info kpn PPG pendaftaran PPG d buka dan dmn daftarnya ? tlg bls k email sy. TQ

  • Lina Herlinawati

    saya lulusan sarjana komputer, ingin mengikuti program ppg tolong info kapan pendaftran dan persyaratanya?universitas mana saja yang mengadakan program ppg ini? terimakasih

  • septy

    saya telah lulus sebagai SE khussunya jurusan akuntansi,, saat ini saya msih bkerja di perusahaan swasta.. namun saya berniat mnjadi guru sekolah menengah (SMA/SMK).. saya baca dlm blog,katanya akta 4 dah gag da ya?? diganti program profesi?? jadi bgmna cara nya agar saya mnjadi guru,, universitas UNJ apakh mlksnkan untk guru sekolah menengah?? berapa lama dan bgmna caranya?? bsa didinfokan jg,,karena saya ingin mnjadi guru PNS bgmna tahap dan pelaksanaannya???
    terimakasih..

  • bayu

    saat ini saya nengajar di sd banyuwangi. say sudah s1 PGSD. saya ingin mendaftar kuliah ppg, kira2 kpan ribuka pendaftaran untuk tahun 2010?

  • dedy

    saya sangat ingin mengikuti PPG, tp ada beberapa pertanyaan yang ingin saya mengerti sebelum saya masuk dalam PPG tersebut:
    1. kapan pendaftaran PPG dimulai?
    2. kira2 berapa biaya untuk pendaftaran dan registrasi lain2?
    3. apakah PPG bisa dijamin/dipakai, sedangkan akhir2 ini ada isu bahwa akta 4 tidak dipakai lagi untuk taun2 ke depan?
    4. di atas tertulis”APA YANG PERLU DILAKUKAN MAHASISWA UM YANG INGIN IKUT PPG?”apakah lulusan Universitas lain bisa mengikuti PPG tersebut?

    begitu saja dari saya…terima kasih

  • Vini Silvina

    Kapan informasi tentang PPG diumumkan? terutama tentan pembiayaan dan syarat peserta PPG, Mohon informasi selengkapnya.terimakasih

  • tommy herlambang

    saya GTT smk pariwisata di jember dan lulusan DIV Pariwisata ingin mengikuti program PPG penganti akta IV, tapi informasi kapan dibuka pendaftarannya masih belum jelas.yang saya tanyakan :
    1. lembaga pendidikan / unversitas mana saja yang diizinkan membuka PPG?apakah di UNEJ ato IKIp PGRI jember juga dibuka PPG?
    2. Berapa lama pendidikannya ?
    3. Berapa biayanya ?
    4. Apa keistimewaan PPg selain untuk kualitas dan profesionalisme guru ?

  • novihana

    makasi infonya pdawud…
    saya tertarik pogram ppg, SE non kepnddkan..
    jika ada info pendaftaran dan kampus penyelenggr ppg,mohon kirim infonya ke email saya..
    thanks

  • Maria ulfah

    Maria ulfah, guru kimia MA AL-IRSYAD di HAURGEULIS-INDRAMAYU. ingin mengikuti program ppg di upi, kira-kira berapa biayanya?

  • Maria ulfah

    Saya maria ulfah, guru MA di indramayu. Ingin mengikuti program PPG UPI KIMIA. Tp kira-kira berapa yah biayanya..?

  • agusfaat

    Saya alumni s1 nonkependikan ingin melanjutkan menjadi guru bahasa inggris. Tolong informasinya tentang PPG.
    1. Universitas universitas yang membuka PPG di jakarta
    2. kapan pendaftarannya dan persyartannya.
    Mohon informasinya di kirim melalui email.
    Terima kasih.

  • syafitri

    salam kenal, saya fitri lulusan S1 sarjana ekonomi di salah satu sekolah tinggi di jakarta, mohon info apabila pendafaran PPG telah di buka lewat email, terimakasih sebelumnya…

  • sarwo

    Terus lulusan FKIP /kpendidikan yang tlah dibekali pedagogik, mtodologi mengajar,evluasi engajar, administrasi pendidikan, administrasi sekolah , apa belum layak dikatakan sbagai guru profesional ?KoK terus ikut PPG ? apa bedanya dengan sarjana akademik ( non kependidikan ) yang nekad ikut ngajar sebagai guru ?

  • Dwi Haryanto

    Saya menyambut baik adanya program PPG sebagai pengganti Akta VI. saya adalah lulusan Bahasa dan Sastra Arab UIN Sunan Kalijaga dan belum bersertifikat mengajar/ tidak memiliki akta IV. mohon kami di beri informasi pelaksanaan PPG dan tempatnya di mana ? yang sesuai dengan profesi saya sebagai pengajar SDIT sekarang, domisili saya di Wonogiri. Sekali lagi mohon infonya dan disampaikan via email saya. trimakasih

  • Usep Hidayat

    Fadholi :

    saya lulusan s1 teknik informatika yang bergelar S.Kom dan sekarang mengajar TIK di MAN, mohon dikasih tahu universitas mana yang sudah buka PPG khususnya di Jawa Timur? . . tolong kirim lewat e-mail saya. terimakasih

    @danan

  • Fadholi

    saya lulusan s1 teknik informatika yang bergelar S.Kom dan sekarang mengajar TIK di MAN, mohon dikasih tahu universitas mana yang sudah buka PPG khususnya di Jawa Timur? . . tolong kirim lewat e-mail saya. terimakasih

  • danan

    saya lulusan s1 teknik informatika, mohon dikasih tahu universitas mana yang sudah buka PPG khususnya di jakarta . . tolong kirim lewat e-mail saya. terimakasih

  • elis nurjanah

    saya guru pkn di tasikmalaya, saya ingin mengikuti pendidikan propesi guru tahun 2010 ini, mohon informasi pendaftarannya di wilayah tasikmalaya dan universitas mana yang menyelenggarakan untuk wilayah yang dekat dengan tasik. terimakasih

  • hileni dwi indriyani

    saya guru sd dengan kualifikasi s1 hukum,karena mengajar di sd maka saya kuliah d2 pgsd lulus tahun 2006,apakah saya perlu ikut ppg ataukah saya harus kuliah lagi s1 pgsdnya pak/tolong infonya…

  • adi setiawan

    saya adi setiawan mahasiswa pendidikan bahasa di fkip unej jember yang mau lulus ….tlong beri tau kisaran biaya PPG di email saya……

  • sule

    olong informasinya ,universitas mana saja yg sudah membuka program profesi guru..?

  • yani abraham

    keliatanya program PPG ini masih nanggung…… infonya pun masih simpang siur dan ndak jelas. takutnya nanti hanya menghasilkan sesuatu yang ndak jelas juga……
    tolong kalu bisa diberitahukan UNIVERSITAS MANA SAJA YANG BERHAK MENYELENGGARAKAN PPG

  • Rizal Arif Purnomo

    Saya lulusan S1 Elektro yang ingin menjadi guru. Mohon di informasikan pendaftaran PPG tahun 2010 di UNESA dan di UM. Trima kasih

  • Rizal

    Saya lulusan S1 Elektro, saya ingin jadi guru. Mohon informasinya tentang pendaftaran PPG di Unesa atau di UM. Trima kasih

  • rosiqin

    SAYA sekarang mengajar SMK, lulusan S1 non kependidikan. mohon info PPGnya untuk di UNY dan di UAD jurusan TI. MATUR NUWUN….. :)

  • rosiqin

    Terima kasih atas infonya di atas. Saya mau tanya : PPG di UNY dan di UAD dimulai kapan? and apakah ada jurusan untuk TI. MATUR NUWUN….. : )

  • yanti

    Saat ini saya mengajar dismk sebagai guru produktif RPL,,kapan ya pendaftaran profesi guru di UNY dan UNES akan dibuka lagi?,,mohon infonya, bila dimungkinkan tlong kirim via email,terima kasih

  • ANGGAR

    ass. pak saya sangat tertarik mengikuti Program profesi Guru, Saya sarjana sains (non kependidikan). Mohon apabila ada informasi mengenai syarat, biaya, dan juga pelaksaannya mohon dikirim ke email saya.
    Terima kasih.

  • iva dwi kristanti, alumni

    Asalalmuaikum,saya mau menanyakan kapan ppg akan dibuka di UM secara resmi?kalau mendaftar apa saja persyaratanya,dimana dan biayanya berapa? bagaimana sisten penyeleksiannya?jika sudah ada pengumuman secara resmi mohon saya diberitahu,serta pesyaratan dan dimana mendaftarnya, bila memungkinkan dapat dikirim lewat via email saya karena saya membutuhkan informasi tersebut,terima kasih

  • shoumy

    saya lulusan S1 MIPA. saya membutuhkan info mengenai kapan pendaftaran PPG dimulai? Mohon infonya dikirim via email.
    terima kasih.

  • lingga

    kapan mulai pendaftaran PPG di unimed? ada enggak di Batam?

  • rizqi

    rizqi, sarjana tek.infokom. Tolong di e-mail kan kalau PPG dah mulai aktif,

    trims (^^)

  • @Wibisono Sukmo Wardhono
    mas kalo sudah mendapat informasi PPG mohon saya juga dikabari ya mas…kalao berkenan kirim ke email saya kus_one@yahoo.co.id…terimakasih

  • shinta A.W

    ass. pak saya sangat tertarik mengikuti Program profesi Guru, Saya sarjana sains (non kependidikan). Mohon apabila ada informasi mengenai syarat, biaya, dan juga pelaksaannya mohon dikirim ke email saya.

    Terima kasih.

  • farda-uma

    Say mohon informasi tentang program profesi guru karena saya ingin sekali mengikuti program tersebut. Mohon dijelaskan mengenai prosedur, waktu, tempat pelaksanaannya. Terima kasih banyak.

  • Saya sampaikan dengan hormat bahwa persetujuan proposal penyelenggaran PPG, sampai dengan akhir Februai 2010 ini belum turun. Karena itu, universitas penyelenggara, pendaftaran, dan pelaksanaan belum dapat diinformasikan. Jika sudah ada informasi, dalam web ini akan diumumkan.
    Sebagai gambaran umum, semua universitas negeri yang juga LPTK (antara lain: UM, UNESA, UNESS, UNY, UPI, UNJ, UNIMED, UNP, UNDHIKSA, UNM, UNIMA) mengusulkan proposal sebagai penyelenggara PPG.
    (Jawaban ini untuk menjawab tanggapan, komentar, dan pertanyaan dari Inayah, Holid Ahmad, Rosalia, Syaiful, Sigit, Parluhutan, Riskhi, Lailatul Hikmah, Esty, Pertiwi Setiyoadji, Vivin Herdiyati, Anissa, Lina, Lintang Ayu, Myristika, Rahmat, Illon).
    Terima kasih.
    Malang, 25 Februari 2010
    Dawud

  • inayah

    Saya alumni s1 nonkependikan ingin melanjutkan menjadi guru. Tolong informasinya tentang PPG.
    1. Universitas yang membuka PPG
    2. kpan pendaftarannya dan persyartannya.
    Mohon informasinya di kirim melalui email.
    Terima kasih.

  • Holid Ahmad

    Saya adalah mahasiswa UNISBANK Semarang ambil TI S1, Oktober 2010 insya Allah lulus, saya ingin mengabdi menjadi guru di kabupaten saya di lahirkan ‘ Banjarnegara ‘di jawa tengah universitas yang mebuka PPG itu di mana aja, mohon informasinya.bila berkaenan kirimkan jawaban via email,sebelumnya terimakasih banyak.

  • @budi setyawati
    Ibu Budi Setyawati: Anda bisa daftar ke PPs UM Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia (S2), meskipun zaman itu Anda ambil jalur nonskripsi. Kami tunggu.
    Malang, 23 Februari 2010
    Dawud (Dekan FS UM)

  • raodlah el farah

    saya lulusan psikologi UM thn lalu, dan sekarang mengajar sebagi guru BK. apakah saya bisa mengikuti program ini. dan saya mohon informasinya di UM. terima kasih

  • rosalia

    saya lulusan s1 pend.bahasa inggris unesa tahun ini. Mau tanya tentang informasi mengenai ppg, apakah untuk jurusan bhs inggris ada da dari universitas lain bs msk di um? dmn saya bs medapatkan info lebih lanjut, mohon bila mungkin dikirimkan info ke email saya.

  • budi setyawati

    saya alumni IKIP Malang, lulus tahun 1998, Jurusan pendidikan bahasa dan Sastra Indonesia dan daerah, saya dari blitar, sekarang kerja di SMPN 2 Sutojayan. Pak mohon info sya ingin melanjutkan ke PPS, apa bisa ya, saya dulu lulus tanpa Skripsi. terimakasih sebelumnya.

  • Syaiful
    Sleman
    Alumni mahasiswa UNY.
    mau tanya pak, saya lulusan 2009 non kependidikan (Sastra Indonesia). saya belum jelas mengenai PPG, apakah kami sarjana nonkependidikan boleh mengambil PPG disemua PT penyelenggara PPG, dengar2 yang boleh ambil PPG itu hanya untuk kalangan guru dan para sarjana Akta IV.
    saya masih bingung, mohon penjelasan kampus mana saja di seluruh INdonesia penyelenggaara PPG saat ini?
    terimakasih

  • sigit winanto

    saya sigit sarjana Fisika Uns solo.. jika ingin mendapatkan Profesi guru bagaimana caranya, trus Prosedurnya gimana? balas ke Email saya.. terima kasih

  • Heny

    Saya seorang mahasiswa matematika MIPA yang sebentar lagi lulus.Saya ingin tau universitas mana di surabaya yang membuka PPG?Pendaftarannya dibuka kapan?Tolong infonya dikirim ke email saya.Terima kasih.

  • mohon info PPG persyaratan dan dimana saja penyelengara PPG Jabodetabek, trima kasih.

  • riskhi

    apakah yang dari universitas lain tidak bisa daftar?

  • riskhi

    kapan PPG untuk s1 PGSD dibuka?

  • lailatul hikmah

    saya baru lulus S1 dan mau daftar program profesi di UM, kira-kira kapan pendaftarannya di buka?????? trim’s

  • riska

    saya riska, seorang mhsiswa di um.
    saya sgt tertarik dgan khdiran ppg ini, krn dpt mmbrikn peluang bgi kmi yg
    bkan jrusn pendidikn dpt mjdi guru. kalau bleh tw kpn d UM dbka PPG d FE,
    brp lm wktu yg dbtuhkn dan biaya yg dklwrkn.
    terimakash sblmnya, mhon jwbnnya dkrim via email..

  • maulinia

    Nama : Maulinia
    Status : belum bekerja
    Assalamualaikum, bpk sya mohon dikirim informasi ppg ke email saya, karena saya dengar ppg untuk mipa sudah dibuka bulan januari 2010 ini, terima kasih..

  • Esty

    terima kasih sekali sudah publish mengenai PPG, sy sangat tertarik dengan program PPG karena bagi lulusan dari universitas non pendidikan ini sangat membantu, mohon informasikan universitas mana di SMG yg ada program PPG (linknya) beserta syarat2 yg harus di siapkan, biaya pendidikan dan lama studi. mohon dibalas melalui email, trimakasih untuk balasannya…..

    Esty
    Alumni – Semarang

  • Pertiwi setio aji

    Saya lulusan S1 Non pendidikan,kpn pndaftaran PPG dibuka?dan dilampung,diuniversitas mana saja?tlg bls via email.trimksh

  • vivin herdianti

    Saya berminat untuk mengikuti program PPG.Tolong informasinya mengenai kpan pendaftarannya dan universitas mana saja d surabaya yang menyelenggarakan program tersebut.Mohon balas ke email saya.Terima kasih.

  • Annisa

    Saya mahasiswa S1 dari Bandung. Mohon info untuk PPG di Bandung.
    Kira-kira butuh berapa tahun untuk mengikuti PPG?
    Biayanya berapa untuk jurusan bahasa?
    Saya membutuhkan informasi pendaftaran. Bila memungkinkan mohon dapat dikirim via email. Terima kasih banyak atas infonya.

  • lina

    pak tolong kirimin nama universitas yg membuka ppg tuk 2010 ini yang di jakarta.thanks

  • lintang ayu

    Saya sangat berminat untuk mengikuti program PPG. Apa syarat nya & berapa lama pendidikan nya, Di yogyakarta dimana saya bisa mendaftar ? mhn balas via Email
    Terimakasih sebelumnya

  • Amna

    Saya sangat menyambut baik kebijakan pemerintah menyelenggarakan pendidikan profesi guru, namun ketika melihat PPG dengan pendidikan profesi untuk selain guru seperti yang dijelaskan diatas, saya melihatnya ada diskrininasi (mohon maaf kalau pemahaman saya salah). Mengapa kalau profesi dokter hanya diperuntukkan bagi sarjana kedokteran, namun untuk profesi guru boleh diikuti mereka yang tidak hanya sarjana kependidikan tetapi juga yang non kependidikan. Kasihan mereka yang sudah susah payah kuliah di kependidikan ternyata peluang kerja mereka bisa direbut oleh orang lain. Saya lebih setuju kalau profesi guru diberlakukan layaknya profesi dokter yang hanya boleh diikuti oleh sarjana kedokteran. Mohon tanggapannya. Terimakasih

    Amna
    Mahasiswa

  • catur

    Tulisan Pak Dawud sangat berbobot, dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan. Trim’s Pak Dawud.

  • Myristica

    saya Lulusan kependidikan UM…saya sudah dpt kabar katanya PPG UM muLai januari 2010 dg biaya awaL 6,5juta pa tu benar???…tp kok sampai sekarang beLUm d posting d web???saya minta informasi lengkapnya kLo bisa via emaiL..terima kasih…

  • rahmat,solo

    Saya Rahmat Sarwoko,karyawan di solo…saya tertarik untuk ikut program ppg..tolong saya dikasih tahu via email, universitas mana saja di Jateng khususnya di Solo yang membuka program ppg. terima kasih

  • rahmat,solo

    Tolong bangaet mas, saya dikasih tau via email, universitas mana yang buka program ppg di jateng khususnya solo? kapan dan syaratnya apa saja…?!

  • Illona

    ok, saya Alfillona, status sedang tidak bekerja…tinggal di bogor….Tolong info via email….universitas apa aja yang buka PPG di Jabodetabek ya….mksh banyak seblmnya yah!

  • Illona

    Tolong info via email….universitas apa aja yang buka PPG di Jabodetabek ya….mksh banyak seblmnya yah!

  • @m.muttaqin
    Sampai sekarang, belum turun pengumuman tentang kelolosan proposal perguruan tinggi yang mengusulkan sebagai penyelenggara PPG. Yang jelas, semua PTN eks IKIP mengusulkan sebagai penyelenggara PPG. Dengan demikian, di Jawa Timur PTN yang jelas mengusulkan adalah UM dan UNESA; Jawa Tengah & DIY adalah UNES dan UNY; Jakarta adalah UNJ, dan Bandung UPI. Di samping, PTN juga ada sejumlah PTS yang memiliki FKIP juga mengusulkan. Mohon bersabar, jika sudah turuan keputusannya, di web ini akan diumumkan juga, insya-Allah. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

  • @yuni phe
    Berdasarkan Undang-Undang Guru dan Dosen, kualifikasi akademik minimal dosen adalah master/magister (S2). Dua tahun terakhir ini, lowongan PNS-dosen dengan kualifikasi ijasah S2 pada beberapa program studi, banyak yang tidak terpenuhi kuotanya. Dengan demikian, jika Anda ingin menjadi dosen, minimal Anda harus berijasah S2. Terima kasih.

  • m.muttaqin

    1. Universitas mana saja di Jawa Timur yang membuka PPG?
    2. Mohon infonya mengenai PPG yg akan dibuka, kapan pendaftarannya?
    2. Saya membutuhkan informasi pendaftaran, bila dimungkinkan mohon dapat dikirim via email, terima kasih

  • yuni phe

    ASSLAMUALAIKUMM,,pak,,saya mahasiswa UM (non kpendidikan)yang belum lulus,mau tanya,menurut bapak,lebih baik mana mengikuti program PPG dahulu atau program S2,,karena saya ingin menjadi dosen???mOhon jwbanya terimasih.

  • Maymay

    Saya jg s1 kimia mipa yg ingin ikut PPG.di jakarta univ mana aj yg buka ppg?gmn crany?kirim k email sy ya

  • Yoseph

    saya lulusan s1 psikologi,jika saya ingin mnjadi guru BP/BK apakah bisa dg ikut PPG?PPG di univ mana aja d surabaya/sidoarjo?brp lama pendidikany&kpn pak mulai di bk pndaftrnya?mohon infonya di kirim ke email saya.trims

  • Jika sudah ada informasi tentang pelaksanaan PPG, UM akan mengumumkannya: waktu pelaksanaan, biaya, dan lain-lain. Mohon sabar menunggu informasi lebih lanjut. Terima kasih.

  • Dian

    Saya adalah lulusan S1 MIPA Kimia (non kependidikan) dan ingin mengikuti program ini untuk menjadi guru mapel Kimia. Mohon informasi selengkapnya ttg pendaftaran dan biaya pendidikan. Dan apakah saya harus mengikuti matrikulasi?
    Mohon dapat dikirim via email. Terima kasih.

  • dona

    kira-kira berapa biayanya ya pak?

  • Heri Purnomo

    Terima kasih informasinya,
    1. Universitas mana saja di Jawa Timur yang membuka PPG?
    2. Mohon infonya mengenai PPG yg akan dibuka, kapan pendaftarannya?
    2. Saya membutuhkan informasi pendaftaran, bila dimungkinkan mohon dapat dikirim via email atau menyertakan link, terima kasih

  • Heri Purnomo

    Mohon beri info universitas mana yang menyelengrakan PPG dan bagaimana prosedurnya jika saya sudah sebagai PNS

  • Ani

    Mohon informasinya tentang universitas mana saja yang membuka program PPG. Terimakasih.

  • rudi cahyono

    saya mau segera ikut PPG. mohon info nya di kirim ke email saya. trims

  • HANDY

    Sebagai calon guru yang ingin profesional di bidang pilihan saya tentu saya senang mendengar kabar PPG, akan tetapi saya sarankan agar masyarakat diberi kemudahan untuk mengakses kurikulum yang akan di jalankan pada PPG, lebih khusus untuk PPKn, terima kasih !

  • pak universitas mana aja yg membuka PPG dijateng dan jatim.pendaftaranya kapan ya???tolong dibalas….

  • mahsun

    kapan pendaftaran PPG, apa saja syaratnya, kuliahnya bagaimana??? terima kasih.

  • Nur farida

    Saya mnta info syarat PPG & kpn pelaksanaannya, bs tdk kalo blm punya pengalaman mengajar. Tolong dibalas ke e-mail saya. Terima kasih

  • Yeni

    Terima kasih informasinya,
    1. Universitas mana saja di Jawa Timur yang membuka PPG?
    2. Mohon infonya mengenai PPG yg akan dibuka, kapan pendaftarannya?
    2. Saya membutuhkan informasi pendaftaran, bila dimungkinkan mohon dapat dikirim via email atau menyertakan link, terima kasih

  • Nunung Widyanto

    mohon infonya mengenai PPG yg akan dibuka, kapan dan Univ. di Jakarta mana aja yang menyelenggarakan PPG?.. serta biaya.
    dan juga mohon info detail mengenai matrikulasi.
    mohon bisa di email info2nya, terima kasih

  • imas

    saya guru yang mengajar TIK sehari-hari, jurusan saya sebenarnya matematika, tetapi sekarang saya sedang menempuh kuliah jurusan Teknik informatika untuk menyesuaikan dengan yang saya ajar setiap harinya itu, tapi belum lulus, dan dalam sertifikasi guru tahun ini saya ikut yang matematika dan dinyatakan lulus PLPG. sebenarnya manakah yang harus saya ikuti matematika atau TIK? terimakasih

  • Novita Dinasti

    Kapan dibuka pendaftaran PPG?
    Kalau transfer dari kampus lain jurusan non kependidikan masih menempuh brapa tahun?
    trimakasih…..

  • saya mau segera ikut PPG. mohon info nya di kirim ke email saya. trims

  • Arif mustaqim

    Untuk matrikulasi membutuhkan waktu beberapa bulan.

  • sukma

    Terima kasih untuk infonya…
    Alhamdulillah sekali karena UM menjadi salah satu universitas yang membuka PPG,,,

  • Wibisono Sukmo Wardhono

    Terima kasih informasinya, saat ini saya mengajar di tingkat SMA untuk mapel TIK, saya ingin mengikuti program ini, saya membutuhkan informasi pendaftaran, bila dimungkinkan mohon dapat dikirim via email atau menyertakan link, terima kasih

  • Imam Kh

    Wah tambah wawsan ninc kami pak Dawud, terima kasih.

Aturan Rubrik

Sampaikan pendapat/ide/saran/layanan/kegiatan tentang UM yang sesuai dengan Aturan Rubrik

Komentar Terbaru

  • [selesai] BAKAL CALON REKTOR (40)
    • Mega Suryawati: Mencari seorang pemimpin yang tepat tidaklah mudah, kewajiban kita sebagai anak bangsa adalah berusaha memilih pemimpin yang terbaik dari yang baik di segala level kepemimpinan,...
    • Iis Dahlia: Pada saat ini banyak yang telah membicarakan mengenai pergantian rektor baru di Universitas Negeri Malang. Masing-masing mahasiswa mempunyai kriteria tersendiri mengenai rektor baru...
    • ERNIE PURWANTI: Menanggapi perubahan rektor Universitas Negeri Malang (UM) saat ini, seharusnya pemimpin dan kepemimpinan yang baik yaitu: 1. Sebagai pengatur, pengarah aktivitas organisasi untuk...
    • Anis Latifatul Badriyah: Pemimpin adalah seseorang yang dipercaya dan memiliki wewenang untuk mengatur suatu organisasi tertentu berdasarkan hasil pemilihan para anggota organisasi. Sedangkan...
    • Bachtiar Zakariah: perubahan dalam suatu organisasi tidak dapat di pisahkan dari peranan seorang pemimpin. menanggapi hal itu, um yang dalam waktu dekat ini menyelenggarakan pemilihan rektor, saya...
    • Bayu Candra Eka P: Berbicara tentang bagaimana cara orang memimpin di dalam suatu organisasi memang berbeda-beda. Begitu juga dengan para anggota di dalam organisasi yang mempunyai persepsi dan...
    • Kholifatul Mahmudah: Perubahan pemimpin akan memberikan dampak yang besar bagi organisasi. Begitu pula dengan pergantian Rektor Universitas Negeri Malang (UM), yang diharapkan dapat melakukan...
    • Alfaraby: Jika ditanya ‘apakah termasuk yang meminta/mengusulkan diri dalam pencalonan ini?’ tidak, mereka dicalonkan setelah Senat UM melakukan rapat khusus. terlepas dari hal...
    • Dwi Rahmah Hidayati: Derasnya pembicaraan tentang pergantian kepemimpinan di tingkat universitas, yakni melalui pemilihan rektor UM yang baru, menggelitik saya untuk turut menyuarakan...
    • Mediana Wahyu P: comment REKTOR: Dalam suatu universitas/perguruan tinggi, nama “Rektor” sudah tidak asing lagi didengar, karena rektor merupakan organ suatu universitas. Universitas...
    • Dinar Adi Meda: Rektor yang baru pasti mempunyai visi dan misi. Dan diharapkan yang belum di jalankan dijalan kan lagi. Dan yang lebih penting bisa membawa Universitas Negeri Malang lebih maju...
    • dina ni'matul: Mahasiswa berkualitas adalah mahasiswa yang memiliki kecerdasan intelektual yang tinggi, pengetahuan yang luas, mampu mengontrol emosional, memiliki spiritual dan sosial yang tinggi....
    • Moch. Arensyah AP: Sebuah Universitas yang besar membutuhkan pemimpin yang berjiwa besar pula. Salah satunya Universitas Negeri Malang (UM) ini. UM membutuhkan pemimpin yang berjiwa besar, disiplin...
    • Fadilla Weka Y: Kemajuan suatu lembaga tergantung pada peran seorang pemimpin yang ada di dalamnya. Seorang pemimpin harus mampu menjalankan visi dan misinya dengan penuh tanggung jawab untuk...
    • Sagita Dwi: Tugas seorang pemimpin memanglah berat, karena mempunyai tanggung jawab yang besar untuk membawa organisasi yang dipimpinnya menuju ke arah yang lebih baik. Seorang pemimpin diharapkan...
    • Wulanda: Setiap lembaga pendidikan membutuhkan agen perubahan atau seorang pemimpin yang mampu membawa organisasioanal, khususnya pada perguruan tinggi Universitas Negeri Malang (UM). Berhasil...
    • Venny Elana TF: Seorang pemimpin dalam suatu lembaga pendidikan tentunya sangat berperan besar untuk kemajuan lembaga pendidikannya. Untuk memilih seorang rektor sebagai pemimpin sebuah...
    • Siska Agustina: Dalam sebuah lembaga pendidikan pergantian pemimpin merupakan perubahan yang besar karena hal tersebut menentukan berlangsungnya program yang ada di lembaga pendidikan tersebut...
    • Ufifatul Ilma: Universitas ataupun Perguruan Tinggi merupakan suatu tempat untuk menuntut ilmu setelah masa SMA, berkualitas atau tidaknya suatu universitas terletak pada bagaimana seorang rektor...
    • Dwi Ratna Mayang: Kepemimpinan didalam suatu organisasi sangatlah penting bahkan bisa dikatakan pemimpin adalah inti dari suatu organisasi. Di dalam kenyataannya tidak semua orang yang menduduki...
    • Nur Shofia Maya Sofa: Pergantian Rektor merupakan suatu perubahan yang besar.Rektor yang terpilih diharapkan dapat membawa UM untuk lebih baik lagi dari sebelumnya. dengan harapan agar UM dapat...
    • ekowahyus: Kalo sudah banyak yang mengulas tentang syarat pemimpin dan harapan terhadap pemimpin, sekarang kembali ke diri kita masing-masing, seluruh tenaga akademik, tenaga kependidikan,...
    • Nur Azizia: Saya harap Rektor UM selanjutnya dipimpin oleh seorang yang jujur, adil, baik, dan cerdas. Seorang pemimpin yang adil, indikasinya adalah selalu menegakkan supremasi hukum; memandang...
    • Faiqotul Izzatin Ni'mah: Rektor sebagai pimpinan tertinggi di Universitas Negeri Malang (UM) diharapkan mampu membawa perubahan yang positif dan signifikan bagi seluruh sivitas akademika dalam...
    • Thoriq Ardyawan: Pergantian Rektor Universitas Negeri Malang (UM) merupakan perubahan skala besar dalam struktur organisasi. Pergantian pemimpin ini juga memberikan harapan baru pada seluruh...
    • Ayu Linda Puspita: Saya tertarik dengan pernyataan Drew Faust yang merupakan Rektor atau presiden Universitas Harward, Faust mengatakan “Pendidikan adalah mesin yang membuat demokrasi Amerika...
    • Ngainun Naja: Memimpin merupakan tugas, amanat, dan tanggungjawab yang sangat berat untuk seorang pemimpin. Apalagi memimpin sebuah lembaga yang besar, dan sudah dikenal dikhalayak umum tentu...
    • Rakhmawati Indriani: Kualitas dari lembaga pendidikan sangat dipengaruhi oleh kepemimpinan Rektor di dalamnya. Untuk mewujudkan lembaga pendidikan yang unggul dan berkualitas, maka diharapkan...
    • Aisyah Amini: sebagai Mahasiswa, saya berharap untuk kedepannya. UM sebagai universitas yang saat ini unggul dalam mencetak tenaga pendidik profesional, dapat dipimpin oleh seorang rektor yang...
    • Lia Dwi Kristanti: Menjadi seorang pemimpin bukanlah suatu hal mudah, karena selain tanggung jawab yang berat, seorang pemimpin sejati harus memiliki tiga kompetensi dasar yang menjadikan seorang...
    • Fitria Anike WIdyawati: Calon Rektor UM ke depannya harus bisa menerapkan kepemimpinan visioner dengan kriteria yaitu: 1. Berwawasan ke masa depan Pemimpin yang mempunyai pandangan yang jelas...
    • FITRIANI HAVIVAH: Nilai keunggulan suatu lembaga pendidikan tinggi sangat bergantung pada kepemimpinan visioner yang harus ada pada jiwa seorang Rektor. Hal tersebut jika dikaitkan dengan visi UM...
    • Cerita Lucu: Saya sependapat seperti mas andrew “Siapapun itu semoga yang terbaik. Yang terpilih memang layak untuk memimpin bukan karena sebuah intrik politik. Rektor yang mengerti kebutuhan...
    • Andrey: Siapapun itu semoga yang terbaik. Yang terpilih memang layak untuk memimpin bukan karena sebuah intrik politik. Rektor yang mengerti kebutuhan kampus bukan karena nyari fulus. Rektor yang...
    • Achmad Supriyanto: Universitas Negeri Malang (UM) adalah lembaga penyelenggara pendidikan tinggi yang seharusnya bercirikan antara lain religius, ilmiah, edukatif, dan selalu menggunakan pendekatan...
    • Noor Farochi: Betul pak @ekowahyus… utamanya pada poin 2. semakna dengan maksud tulisan saya
    • budiarto: semua yang disampaikan diatas, saya sangat setuju sekali. Rektor seperti apa yang harus jadi Rektor ? adalah Rektor yang tidak lagi menjadi bagian dari golongan-golongan tertentu,...
    • ekowahyus: Menurut saya…. 1. Memang betul, prinsip tidak memberikan jabatan kepada yang meminta adalah pedoman karena boleh jadi MEMINTA karena mengharapkan sesuatu. 2. Konteks PILREK dengan...
    • mujahidin akbar: Rektor mendatang harus berorientasi melayani, meninggalkan kepentingan-kepentingan golongan dalam merumuskan kebijakan yang dapat menguntungkan bersama. Dalam mengemban tugas...
    • andriyan: Menurut saya bakal calon Rektor harus memenuhi kriteria: 1.Beriman dan Beramal Shaleh 2.Niat yang Lurus 3.Tidak Meminta Jabatan 4.Berpegang pada Hukum Allah 5.Memutuskan Perkara Dengan...
  • Mengapa wanita mudah kesurupan? (5)
    • satrio: klo ada yg blg bhw “siapa pun yg mengaku melihat arwah itu dusta”, mk ia telah mendustakan nabi saw yg melihat arwah d siksa dlm kubur lalu memberi pelepah kurma d atas kubur...
  • KHUTBAH JUM’AT: PEWARTA (1)
    • suhartono: Alhamdulillah tidak meleset apa yang disampaikan Pak Dawud,memang zaman sekarangpun tetap marak jangankan yang masih terhitung muda usianya bahkan yang tuapun bila berjalan tak cukup...
  • Dwi Cahyono: Masa Lalu Sebagai Pengalaman Baru (10)
    • Yudi Widodo: Mas Dwi, karena keterbatasan ilmuwan untuk memahami artefak masa lalu, sehingga muncul katagori prasejarah tatkala sandi & simbol tidak dapat difahami sebagai tulisan untuk...
  • Kekacauan Dunia Terjemahan (7)
    • Arul: Kalo untuk universitas Negeri Malang diterjemahkan The state University of Malang, karena Malang adalah nama dari sebuah kota dimana universitas tersebut berada,biasanya diterjemahkan seperti...
  • BAHASA AREMA YANG HAMPIR PUNAH (25)
    • tri wahyu: Salut buat ebes Djoko. menurut saya sekarang ini memang sudah sedikit kera ngalam yang memakai boso walikan. Memang perlu untuk segera dilestarikan, atau kalo perlu dibuatkan kamus boso...
  • Variabel pada Fotografi (1)
    • Lintas Fakta: informasi yang sangat berguna bagi kami yang photographer
  • LEMBUTKAN HATI DI USIA KRITIS (2)
    • kurniawan: ia benar kita harus permaaantap tiang agama,,,!
    • jasmine: usia kritis sebaiknya perbanyak ibadah , lebih baik kl dari usia muda, krn kita tak tahu umur kita :)
  • PERBEDAAN PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF (5)
    • Djarot: Puyeng ah… Gak ada bedanya tuh. Kadang-kadang dalam deskriptif juga memerlukan analisa data kualitatif. Ada yang lebih sederhana?
  • Hymne Universitas Negeri Malang (3)
    • Tiyayu Hanit: buat download mp3 mars dan hymne um dimana ya min? apa versi mp3nya belum ada ?