Nilai dari dosen dan KHS on-line, sudah saatnya?

Setiap akhir semester, kantor pusat selalu padat dengan antrian mahasiswa yang ingin segera melihat nilai hasil perjuangannya selama belajar pada semester tersebut.  Kepadatan ini mungkin bisa diantisipasi dengan diberikan kemudahan kepada para mahasiswa untuk bisa mencetak sendiri KHS tersebut secara on-line.

Masalah klasik yang selalu muncul pasti ada, yaitu tidak seluruh nilai matakuliah yang diprogram mahasiswa bisa keluar pada saat itu karena terlambatnya dosen program studi menyerahkan Daftar Nilai Akhir (DNA) tersebut.  Dengan demikian mahasiswa nantinya bisa dua, tiga atau beberapakali cetak sampai nilai seluruhnya lengkap atau mungkin bisa melihat dulu di layar apa masih ada nilai kosong untuk dipertimbangkan cetak atau tidak.

Dari hal tersebut di atas, sudah saatnya perlu juga dipikirkan kalau para dosen melakukan  entry nilai matakuliah secara on-line saja yang nantinya langsung mengisi KHS mahasiswanya yang memprogram matakuliah itu.  Selanjutnya para dosen matakuliah mencetak Daftar Nilai Akhir (DNA) matakuliah sesuai daftar mahasiswa yang memprogram dan membubuhkan tandatangan untuk diserahkan ke BAAK sebagai dokumen.

Dengan demikian mahasiswa akan dapat dengan mudah untuk mengetahui nilai tersebut dari mana, di mana, dan kapan saja.  Yang tidak kalah penting pada KHS mahasiswa adalah ada informasi batas masa studi dicantumkan sebagai catatan pada KHS sebelum habis masa studi berakhir sehingga tidak terkesan “krasan”  sebagai mahasiswa UM

9 comments to Nilai dari dosen dan KHS on-line, sudah saatnya?

  • Noor Farochi

    @Johanis Rampisela
    Lho…. kabarnya dananya ada pak? hanya mungkin masalah waktu saja ya?….kok nggak cair-cair

  • Rencananya hanya mahasiswa dengan IPK rendah yang diharuskan konsultasi. KRS online masih menunggu kesiapan server dan pendanaan. Kalau didanai Bu Mimin, Bagian Pendidikan dan Kerjasama, seperti Pendaftaran Online, mungkin besok sudah jalan hehehe (cuma guyon Bu).

  • Noor Farochi

    @Johanis Rampisela
    Berarti ada juga kemungkinan “konsultasi dengan dosen PA dan memprogram matakuliah” online juga ya pak?

  • KHS ONLINE SUDAH ADA, lihat tulisan “Akses KHS Online via Internet Sudah Ada” (http://berkarya.um.ac.id/2009/10/akses-khs-online-via-internet-sudah-ada/).

    PEMBERITAHUAN TENTANG BATAS MASA STUDI AKAN KAMI TAMBAHKAN SESUAI IDE PAK NOOR FAROCHI.

  • @mistaram
    Dosen tidak dibuatkan e-mail tetapi harus mendaftar sendiri. Rencananya dosen akan mengisi nilai via intranet atau melalui Internet (dengan pengamanan khusus). Masih menunggu pengembangan hardware.

  • paling mantab kalo emang bisa terwujud … jadi mahasiswa juga nyaman, ga harus bergerombol, para pegawai juga ga panik karena yg dihadapi hanya komputer (benda mati)…

  • nur aini a. malik

    4s (sy sgt stuju sekali). alhamdulillah kalau um bisa khs-an online. mudah2an um mkn berjaya amieen….

  • Imam Kh

    Pemanfaatan Teknologi Informasi di jaman sekarang ini memang merupakan tuntutan yang tinggi. Perguruan Tinggi yang tidak memanfaatkan TI akan ketinggalan dengan PT yang lainnya. Dengan menggunakan TI dimungkinkan pelayanan prima kepada masyarakat akan tercapai dengan didukung oleh SDM yang memadai baik dari segi sikap, keterampilan, kemamuan untuk bekerja keras dalam meningkatkan kinerja unit/lembaga. Usulan layanan administrasi secara online sudah digulirkan ole berbagai pihak, untuk menghindari kebosanan dan kejenuhan antrian yang panjang karena masih menggunakan layanan manual. Satu lagi yang saya usulkan agar layanan herregristasi secara manual juga dapat ditingkatkan menjadi layanan regristrasi secara online oleh mahasiswa, sehingga mahasiswa bisa melakukannya dimana saja, kapan saja (tentu sesuai dengan jadwal). Sehingga hal ini akan mengurangi barisnya mahasuiswa ketika akan melakukan Registrasi. Memang TI tentu tidak bisa menjamin semua pekerjaan bisa selesai 100%, namun dengan kehadiran TI dalam membantu persoalan ini akan mengurangi hal-hal yang disebutkan di atas. Jika memang sudah menggunakan pola TI ternyata masih ada persoalan tentu kita sebagai pelayan tetap akan mengatasinya. Semoga.

  • UM adalah perguruan tinggi berbasis IT. Ayo galakkan, dan para Dosen wajib menyerahkan nilai melalui e-mail, dan nilai dapat dipublikasikan, sehingga semua siswa yang akan mengakses nilai tidak sulit lagi. E-mail semua dosen sudah dibuatkan, yang belum diketahui adalah password masing-masing. Mari kita galakkan, dan dilaksanakan. Setuju.
    mistaram@punyakreasi.com

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.