Untung Rugi Ikut Ormawa

Mahasiswa atau mahasiswi merupakan sebutan seseorang ketika dia menginjak bangku kuliah. Mahasiswa tidak lepas dari kampus, kost, kuliah, dan organisasi. Nah ada penjelasan dikit dari ke-4 keterangan diatas:
Kampus          : Tempat mahasiswa menuntut ilmu sesuai dengan jurusannya
Kost                 : Tempat hidup sementara bagi mahasiswa yang kuliah di luar daerah
Kuliah             : Kegiatan belajar bersama dosen di kampus
Organisasi     : Perkumpulan dari beberapa mahasiswa yang memiliki visi dan misi tertentu.

Yang akan dibahas sekarang adalah tentang organisasi dan kuliah yang dijalani oleh mahasiswa. Tiap jurusan di seluruh universitas di Indonesia pasti ada yang namanya organisasi kampus (baik keluarga mahasiswa, himpunan mahasiswa, atau yang lainnya ).
Apa jadinya apabila seorang mahasiswa mengikuti organisasi, apakah nilai-nilai kuliahnya terabaikan? Atau malah menjadi motivasi untuk meningkatkan nilai-nilai kuliah? Semua itu sebenarnya tergantung dari mahasiswa yang menjalaninya sendiri. Berikut adalah beberapa keuntungan mengikut suatu organisasi kampus bagi mahasiswa:

  • Banyak teman yang bisa membantu kita baik dalam kehidupan pribadi maupun tentang masalah di kampus (kuliah, praktikum, laporan, dll).
  • Belajar menjadi seorang pemimpin. Dalam organisasi baik dalam posisi apapun kita bisa mengambil pelajaran tentang kepemimpinan yang dapat digunakan dalam bekerja.
  • Banyak acara yang bisa diikuti. BEM / KM / HM / lainnya pasti akan mengadakan acara yang berkaitan dengan kampus, berupa seminar, pelatihan, lomba, dan yang lainnya. Kita bisa mengikuti acara tersebut dengan gratis walaupun sebagai panitia. Dan pasti akan banyak undangan dari organisasi lain atau bahkan universitas lain untuk menghadiri acara tertentu, yang pastinya gratis.
  • Sering makan-makan dan kumpul bersama teman-teman. Yang satu ini tidak perlu ditanyakan lagi karena tiap ada acara pasti akan ada pembubaran panitia.
  • Lebih banyak pengalaman dan wawasan.

Selain keuntungan mengikuti organisasi, pasti ada kerugiannya di antaranya adalah:

  • Ketika ada rapat mendadak bisa mengganggu kegiatan pribadi kita, misal baru tidur, istirahat, bahkan bisa jadi kuliah juga terganggu.
  • Dalam mengadakan acara yang jelas capek dan menguras waktu kita.
  • Efek dari semua itu kita jadi kurang belajar dan yang pasti nilai bisa menurun.

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.