KRS VIA INTERNET UNTUK SEMUA FAKULTAS

Sebenarnya rencana awal, KRS online hanya untuk FIK dan FIS, tetapi pagi ini (Senin 25 Jan 2010), melihat beban server yang sangat tinggi karena banyaknya fakultas yang serempak KRS-an maka diputuskan untuk

membuka KRS via Internet untuk semua fakultas.

Dengan demikian diharapkan waktu pengisian KRS menjadi lebih panjang (karena melalui Internet berarti bisa 24 jam).

Semester depan diharapkan jurusan bisa menyajikan jadwal lebih awal sehingga setelah mahasiswa membayar di bank dan nilai dimasukkan maka mahasiswa bisa KRS via Internet dan tidak ada antrian panjang seperti hari ini (25 Jan 2010).

Malang, 25 Januari 2010

Johanis Rampisela (Ketua Divisi Perangkat Lunak Pusat TIK)

68 comments to KRS VIA INTERNET UNTUK SEMUA FAKULTAS

  • tata yhank

    tata_mahasiswi_universitas islam indragiri_TBH
    saya stuju bgt dengan pengisian KRS ni mll via internet untuk smw fakultas_jd kita bisa dengan mudah dan cpat u/ pngrsnnya..tdk hrs pke acra antry-antry lg..
    ok..

  • AFFAN L P :

    KRS Online via Internet bisa digunakan untuk modifikasi. Kemungkinan fakultas mempunyai pertimbangan tertentu untuk menutup modifikasi melalui Internet. Kami akan mendiskusikan hal ini dengan fakultas.
    Teriima kasih atas dukungannya terhadap KRS Via Internet dan mohon maaf atas hal ini.

  • AFFAN L P

    saya mahsswa dr FE 2008 sangat menghargai atas usaha UM yg telah membuat KRS online. Tetapi mengapa untuk urusan modifikasi KRS tidak d buat online sekalian??

    Karena ini sangat merepotkan mahsswa, Seperti yg terjadi pada tgl 28-01-2010. Akibat cara modifikasi yg msh lama terjadi antrian sangat panjang dan juga tidak bisa d pastikan apakah modifikasi tersebut berhasil apa tidak krn kurngny informasi.

    Ditambah lagi dengan banyak HILANGNYA KRS yg telah d susun serta PERUBAHAN nama matkul yg secara tiba2 tanpa pemberitahuan lebih dulu, sehingga hasil KRS yg dpt dilihat melalui online(siakad) berbeda dgn KRS yg sudah d print hanya dlm wktu 1 malam…

  • @novita mutia
    Boleh ditambah selama KRS via Internet masih dibuka, kalau sudah ditutup (fakultas tertentu), melalui fakultas.

  • novita mutia

    @Johanis Rampisela
    aku novita maba dri jurusan pkn,, aku msh bingung dengan sistem KRS krena msh baru,, hri ini saja nilai terkhir bru kluar dan semua pada kelabakn buat ngtur jdwal.. ditmbah lgi ada yg mw menambah sks,, apa boleh nambah sks semntra lewat on line,, bru hri senin minta ttd PA dan memperbaharui KRS?

  • fa'ul

    @Hardian fajar sodiq s1 pendidikan seni rupa 2007
    Di catatan kami, Matakuliah Strategi Pembelajaran Seni sudah masuk DNA-nya per 25/01/2010.
    Kami mencari nama Hardian fajar sodiq kok tidak ada ya?
    Jika ada kesulitan hubungi kami (Staf Subag pendidikan FS).
    Fa’ul, staf Subag pendidikan, FS.

  • firman

    Sebenarnya saya sangat senang dengan diadakannya KRS secara onlien.Tapi disini saya meminta perhatian dari para penanggung jawab KRS online, khususnya di fakultas mipa.Jujur saya kecewa,karena setelah saya menentukan secara online KRS saya,ternyata setelah saya buka kembali ada beberapa mata kuliah saya yang hilang di KRS,dan katanya itu di delet, dan pa saya harus membuat KRS baru??saya sudah 2 kali mata kuliah saya di delet.(seumpama karena ada mahasiswa yang tau pasword saya,itu g mungkin,karena saya sudah mengganti pasword saya berulang kali).trus gmana nasib KRS saya yang jadi amburadul ini……

  • Ferril Irham M :

    Terima kasih atas dukungannya, mudah-mudahan semester depan lebih baik lagi.

  • @Ray Sandy SEtiawan
    Udah direaisasikan mas Ray….Jam 07.00 udah Onlan pakai hotspot…trus jam 10.00 online

  • Ray Sandy SEtiawan

    Wah…mantap klo bsa cpet2 direalisasikan KRS Online tuk smua fakultas.. klo bsa akses internetanny ditambah biar mkin sip.. Qt dukung dmi kmajuan kampus UM Tercinta..

  • Wah dua jempol untuk pusat TIK UM atas KRS online. Salut

  • Nilai strategi pembelajaran seni sebagian kelas saya belum masuk ke DNA, sehingga menyebabkan kami tidak bisa menambah mata kuliah.mohon tanggapannya.

  • KRS online memang sudah mempermudah, tapi kenapa banyak nilai yang belumjg keluar.padahal jadwal regristrasi sudah sejak hari senin.ta[i sampai sekarang belum keluar.
    ( Hardian fajar sodiq s1 pendidikan seni rupa 2007 ) nilai strategi pembelajaran belum keluar

  • @Fuad noor heza
    Segera menemui Kasubag RS untuk menyelesaikan masalah.

  • Fuad noor heza

    @Fuad noor heza
    La terus bagaimana saya bisa mendapatkan KRS saya??

  • Fuad noor heza

    Aku fuad dari fakultas ilmu keolahragaan.
    Kemarin saya sudah registrasi pada tanggal 12 segala sesuatunya sudah saya penuhi dari pembayaran hingga stempel KTR & KTM saya,tapi kenapa melalui Online mengenai KRS saya disebutkan bahwa saya belum registrasi semester genap sehingga, hingga sampai saat ini saya belum menerima pembagian KRS.Bagaimana cara mengatasinya??

  • Rabu, 27 Januari 2010 pukul 15.10 informasi tentang KRS sebagai berikut:
    1. Sudah 20.058 mahasiswa mengikuti registrasi administrasi.
    2. Sudah 17.477 mahasiswa mengisi KRS (87,1%).
    3. Sebanyak 6.385 (36,5%) mahasiswa sudah memanfaatkan Internet untuk mengisi KRS.

    KAMIS ADALAH HARI TERAKHIR KRS ONLINE UNTUK SEMUA FAKULTAS. MODIFIKASI KRS MASIH BISA HARI JUMAT DI FAKULTAS MASING-MASING.

  • alfiloes mareta :
    Terima kasih atas dukungannya.
    Sosialisasi memang masih kurang karena keputusan untuk memperluas dari 2 fakultas menjadi seluruh fakultas dilakukan secara cepat dengan melihat kebutuhan (baca tulisan di atas).

    Sosialisasi untuk semester depan akan dibuat lebih baik lagi.

  • alfiloes mareta

    mareta mahasiswi akuntansi 2008

    setuju,dan alhamdulillah walaupun sudah cukup ketinggalan akhirnya um online juga..
    tapi sosialisasinya sepertinya masih kurang untuk di kampus,bahwa kita sudah bisa khs atopun krs online.jadi mohon sosialisasinya dari pihak universitas,pamflet,pengumuman atau apalah,karena tidak semua mahasisawa membuka website,dan yang sering buka pun ga selalu setiap hari buka.

  • @NoorFarochi

    Proses KRS Online yang berjalan sekarang sepenuhnya tunduk pada aturan yang ada yaitu hanya bisa jika sudah registrasi.

    Kalau persoalan bisa bayar di bank atau tidak masih harus menunggu sistem yang lebih canggih lagi.

  • Noor Farochi

    Berbagai tanggapan positif dari banyak pihak dengan adanya KRS online via internet, semoga pelaksanaan administrasi akademik semakin bertambah lancar dengan dukungan Pusat TIK.
    Untuk yang akan datang perlu adanya perhatian dengan status mahasiswa ybs sebelum proses KRS dilaksanakan. Hal ini untuk menghindari masalah jangan sampai mahasiswa yang bukan berstatus mahasiswa aktif bisa melaksanakan KRS-an. Contoh kasus:
    Ada orangtua mahasiswa yang setiap semester yang selalu membayar SPP melalui bank untuk anaknya tersebut. Tetapi si anak ternyata statusnya tidak jelas, tidak terdaftar karena tidak registrasi administrasi dan juga tidak memproses Cuti Kuliah.
    Dari hal itu barangkali yang bisa membayar di bank dan yang bisa memproses KRS hanya yang pada semester sebelumnya adalah yang terdaftar sebagai mahasiswa aktif saja. Dengan demikian tidak akan merugikan orangtua mahasiswa seperti tersebut di atas.

  • wahed

    Arsa :
    Sampai dengan hari ini, krs online hanya mengijinkan mengambil matakuliah dalam satu jurusan. Besok hari kamis 28 Januari 2010 akan dibuka untuk lintas jurusan dalam satu fakultas.

  • Arsa

    KRS via internetnya sip bgt. Tapi agak percuma kalo tidak bisa ambil matakuliah lintas jurusan, karena sajian matakuliah yg saya butuhkan, dijurusan saya tdk ada. Ini menyusahkan, khususnya untuk mahasiswa semester akhir yg butuh matakuliah trtentu,tp tdk di sajikan di jurusan terkait, padahal di jurusan lain disajikan. Mohon dipertimbangkan.

  • @dwi rahayu
    Kami memantau KRS Online tadi malam dan ribuan mahasiswa berhasil login. Silahkan ke Pusat TIK (Gedung G1) menemui Pak Suryono untuk menyelesaikan masalah Sdri.

  • dwi rahayu

    Saya dwi rahayu mau menanyakan semenjak tadi malam ak kok gak bisa login yah ?? Jawabannya login gagal. Padahal saya sudah mengetik passwor dan I’d sy dengan benar. Trma kasih

  • @Zulfikar
    Terima kasih atas dukungannya.

  • Zulfikar

    F. Zulfikar, S1 Pendidikan Bahasa Inggris 2006

    Terima kasih untuk tim yang telah merealisasikan KRS Online ini. Sungguh sangat meringankan beban mahasiswa karena mereka bisa lebih cepat melihat sajian dan jadwal mata kuliah via internet, sekaligus modifikasi KRS-nya.

    Memuaskan, untuk sebuah langkah awal. Semoga tanggapan positif dari semua pihak dapat memacu tim Divisi Perangkat Lunak Pusat TIK ke depan untuk meningkatkan kualitas KRS Online ini, baik dalam fungsi maupun tampilan.

  • Eny Erawati

    @Eny Erawati
    sudah bisa pak … terima kasih …
    saya log out dan login, datanya tetap ada. terima kasih.

  • Fikry al imam

    Aku fikry dari teknik sipil 2009 . , .
    Tambah siip ae rek saiki . , .

  • @Eny Erawati
    Kami sudah menelepon Sdri Eny Erawati, kami mohon maaf karena adanya gangguan tersebut. Silahkan mencoba lagi, jangan kapok karena kita memang sedang membangun sistem. Kemungkinan hal itu bisa terjadi pada beberapa mahasiswa. Kami sedang mempelajari penyebabnya.

  • Eny Erawati

    Eny Erawati DKV 2009

    melihat pengumuman di sertas merah di papan jadwal, bahwa KRS bisa online utk semua fak semua jurusan, saya senang bukan kepalang.
    semalaman saya menyusun jadwal meski harus nyerah pada batasan sistem IP karena ada 2 MK dengan nilai yang belum keluar. tapi saya sudah menyusun jadwal dengan hati-hati, semalaman.
    paginya saya bangun, dan membuka KRS on line saya. ternyata, …
    Kembali seperti SEMULA.

    MK yang saya hapus masih ada, MK yang saya mau tak ada bekasnya …

    melangkah gontai.
    semoga besok pak Jo bisa membuatnya on line.
    saya tidak sanggup dengan berdesak-desakannya pak …

  • @Agus Setiawan
    Program memang terus diperbaiki, jangan takut, kalau ada memang ada yang ganda nanti kami pelajari dan hapus.

  • Agus Setiawan

    Kok sering error ya? Gimana nih? Takutnya ada kesalahan teknis yang menyebabkan masuk pada mata kuliah yang tidak dikehendaki gara-gara mata kuliah tiba-tiba menjadi rangkap dengan sendirinya.

  • @dawud
    Terima kasih atas dukungannya, Pak. Mudah-mudahan kepenasihatan bisa segera disesuaikan dengan perkembangan baru.

  • Terima kasih Pak Jo dan semua kawan di Pusat TIK UM. Selamat dan Salut atas kerja kawan-kawan semua. Saya jadi bernolstalgia atas tulisan saya di situs ini, di kolom Suara Kita, tanggal 29/9/2009 berjudul KRS-an via Internet: Mengapa Tidak? yang mendapat komentar dukungan 20 komentator.
    Saat itu, Pak Jo berjanji baru bisa merealisasikannya semester gasal 2010/2011 yang akan datang. Alhamdulillah, ternyata dapat direalisasikan lebih awal. Saya apresiasi keberanian mengambil langkah cepat dan akurat seperti ini. Sekalipun mungkin masih ada gangguan, bahkan mungkin tabrakan dengan aturan lain, misalnya, aturan tentang ke-PA-an.
    Aturan ke-PA-an harus dimodifikasi. Mahasiswa yang capaian sks dan IP semester sebelumnya berkategori baik (tidak bermasalah) tentu tidak perlu “bertemu” dengan dosen PA. Hanya mahasiswa yang capaian sks dan IP semester sebelumnya tidak memenuhi syarat sajalah yang di-“blokir”, tidak bisa KRS-an langsung via internet alias harus berkonsultasi dengan dosen PA-nya. Dengan demikian, PA betul-betul fungsional sekaligus efisien.
    Pemikiran tersebut akan saya bawa ke RAPIM UM saat membahas “revisi” Pedoman Pendidikan UM 2010 nanti. Insya-Allah.
    Terima kasih.
    Malang, 26 Januari 2010
    Dawud
    Dekan FS UM

  • @Kalando Herlantas
    Mestinya sudah “maen” sejak kemarin (25 jan 2010). terima kasih atas dukungannya.

  • Kalando Herlantas

    ok, di tunggu tanggal maennya.

  • Asti :

    uhhh kami juga ikut “ceneng” dengan komentar dan semangatnya

  • Asti

    uhhh cenengnya UM berkembang IT nya jadi pas KRS g perlu ngantri dan Khs bisa dilihat kapan aja. Makin sip aja deh buat UM semagat ya. mahasiswi fakultas ekonomi angkt ’07.

  • arie akbar nugroho

    ok lah klo begitu, perkembangan yg cukup bagus bos…akhirnya bs bangga jg jd mahasiswa UM!maju terus UM

  • cuz jerman :
    RENCANANYA MEMANG MAU KRS VIA INTERNET DIUJICOBA UNTUK FIS DAN FIK SAJA, SAMPAI TADI PAGI PUKUL 10.00 CUKUP LANCAR. SEBALIKNYA KRS VIA INTRANET SANGAT LAMBAT KARENA TINGGINYA BEBAN SERVER. ATAS DASAR ITULAH KEMUDIAN DIBUKA KRS VIA INTERNET UNTUK SEMUA MAHASISWA.

    “Kalau dimulai hari ini ada yang mensyukuri dan ada yang mengatakan kenapa tidak kemarin.
    Kalau dimulai semester ini ada yang mendukung dan ada yang mengatakan kenapa tidak dari semester lalu.
    Kalau pakai sistem ini ada yang mendukung dan ada yang mengatakan kenapa tidak sistem itu.”
    Begitulah kampus ini, berbeda-beda tetapi tetap satu: WARGA UM TERCINTA. Kami yang melayani harus membuat keputusan apa yang terbaik untuk UM dan menanggung resikonya.

  • cuz jerman

    huuu…gak dari kmaren ajah…jadi q tadi gak perlu antri bapak2 admin…!!!
    untungnya ada warnet…jd g perlu balik pulang bwt ol diruma*

  • onisan aqil :
    TERIMA KASIH ATAS DUKUNGANNYA. Selamat menikmati liburan yang lebih panjang.

  • onisan aqil

    trimakasih
    jadi g usah repot2 ke malang buat KRS-an
    enjoy 4 holiday

  • yudithia d.p :
    MOHON MAAF, KRS VIA INTERNET BELUM BERLAKU UNTUK PROGRAM PASCASARJANA.

  • saya yudith, mahasiswa PPS PLS UM 2009,
    apakah KRS Online ni juga berlaku untuk program magister? karena kebetulan saya masih ada keperluan di luar kota..mohon keterangannya
    terima kasih sebelumnya

  • yanse distorsif :
    TERIMA KASIH ATAS DUKUNGANNYA. SAJIAN MATAKULIAH ADALAH TANGGUNG JAWAB JURUSAN, HARAP DIBICARAKAN KE JURUSAN.

  • yanse distorsif

    Saya yanse dr FIS.
    sbagai angktan ’09, tntunya sya merasa msih ragu bila d’hadapkn dgn modif KRS sperti ini. Tapi, stelah mngetahui adany launching KRS ini, sya jd mrasa lega krna kbetulan msh dLuar daerah.

    Namun, yg mmbkin sya heran skrng, knpa kc bnyk sajian matkuL trprogram yg kpasitasnya msh sngat mnim?
    dampaknya skrng, bnyk tmen2 yg sling brebut kelas dan lebh mngedepankn ego mreka msing2..

  • Yoyok Adisetio Laksono

    @Ophy.

    Anda bisa konsultasi dengan Kajur agar dibuatkan offering baru, atau penambahan kapasitas kelas jika memungkinkan.

  • maschoy :
    SAJIAN MENJADI TANGGUNG JAWAB JURUSAN. HARAP SAMPAIKAN KE JURUSAN.

  • maschoy

    pak tolong sajian matkul FE S1manajemen segera di lengkapi, dan tolong segera diperbaiki karena kode dosennya semua jadi 4134

  • ophy :
    TERIMA KASIH ATAS DUKUNGANNYA. SOAL PEMBATASAN JUMLAH PESERTA HARAP DIBICARAKAN DENGAN JURUSAN.

  • ophy

    Ophy dari BIO 2006

    saya sangat senang sekali karena bisa diluar kampus. tetapi yang saya sesalkan bihak jurusan membatasi jumlah mahasiswa untuk mengambil matakuliah yang akan terprogram. trus gmana nasip teman2 kita yang ndak dapat matakuliah apakah harus cuti padahal sudah bayar.

  • Yoyok Adisetio Laksono :
    Keterlibatan dosen pembimbing dalam KRS online harus didefinisikan kembali, sudah saya sampaikan ke beberapa dekan dan ke Bu Mimin (Kabag PK). Saya cenderung agar pembimbing tetap diperlukan jika mahasiswa ingin menambah sks.
    Terima kasih atas usulnya. Saya memilih untuk tidak mengembangkan sistem yang bersandar pada keputusan rektor, tetapi memilih untuk mengembangkan sistem yang bisa diterima oleh penggunanya dan kemudian berkembang atas permintaan penggunanya.

  • Yoyok Adisetio Laksono

    Pak Jo, saya usul agar dalam sistem KRS online dosen pembimbing juga dilibatkan yang tugasnya adalah memiliki hak menyetujui atau menolak matakuliah yang diambil mhs bimbingannya. Dengan full online maka mahasiswa tidak perlu menguber-uber dosen PA.

    Namun untuk hal ini cukup berat dalam pelaksanaannya karena harus mengubah perilaku dosen yang mungkin sebagian masih gaptekit. Tetapi kalau sudah diputuskan dan didukung oleh Rektor saya yakin akan berjalan dengan baik.

  • Manikta :
    SEMESTER SELANJUTNYA JUGA VIA INTERNET. LANJUTKAN … !!!

  • Manikta

    Saya nikta dari FMIPA
    Lanjutkan membuka KRS via internet untuk semua fakultas, dengan begini kan mahasiswa tidak perlu mengantri di ruangan sempit untuk memodif KRS jadi nyaman dech sekarang. Tetapi jangan cuman buat semester ini saja yach buat semester selanjutnya juga KRS via intenet. ^_^

  • fiza :
    TERIMA KASIH ATAS DUKUNGANNYA.

  • fiza

    setuju sekali!! selain itu juga lebih hemat waktu

  • Kaka Rizqa M.A :
    TERIMA KASIH ATAS DUKUNGANNYA. YA SILAHKAN DICETAK DAN IKUTI PROSES YANG DITETAPKAN FAKULTAS.

  • Kaka Rizqa M.A

    saya Kaka dari FIP/TEP 2009
    ,saya sangat setuju sekali dengan pengadaan KRS via Internet untuk semua Fakultas,
    mengingat banyaknya mahasiswa yang berasal dari luar daerah,

    KRS online ini bgmana cara validasinya?

    (apakah saya print dulu lalu saya berikan ke dosen pembimbing saya ?)

  • mega :
    Jika mhs banyak mengisi KRS melalui Internet maka waktu KRS menjadi 3-4 kali lebih panjang dari biasanya, mudah-mudahan untuk FE “lemot”-nya bisa berkurang.

  • mega

    terus?semester ini untuk FE apa masih tetap lemot kayak semester kemaren???

  • Rizqi Adnamazida :
    TERIMA KASIH ATAS DUKUNGANNYA dan SELAMAT MENGGUNAKAN KRS via Internet

  • Rizqi Adnamazida

    aku adna dari Sastra Inggris 2008
    setuju banget deh klo bisa membuka KRS via Internet untuk semua fakultas ,,
    betapa tidak nyamannya ketika harus antri di ruangan yg kecil untuk bisa memodif krs dan jadwal kuliah

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.