Layanan Validasi Pembayaran SPP Ditingkatkan

Belajar dari layanan validasi pembayaran SPP semester lalu yang kurang memuaskan, Subag DRK mengusahakan peningkatan layanan sebagai berikut:

  • Membeli 2 buah barcode scanner untuk membaca NIM dari kartu mahasiswa. Hasilnya kecepatan melayani per mahasiswa menjadi jauh lebih cepat.
  • Mengevaluasi antrian yang terjadi pada hari Jumat 8 Januari 2010 dan mengatur antrian sebagai berikut:
    • Membuka dua loket dan setiap loket melayani 2 mahasiswa sekaligus.
    • Membuat ruang kosong antara mahasiswa yang sedang dilayani di loket dengan mahasiswa belum dilayani kira-kira 1 meter.
    • Mahasiswa yang belum dilayani diatur dalam 2 antrian.
    • Arah antrian diatur dengan menggunakan garis, tanda panah, dan tulisan (laminating) yang ditempelkan di lantai.
    • Membuka loket ke tiga (tanpa barcode scanner) jika antrian sangat panjang.
    • Menggunakan pengeras suara dan 3 satpam untuk mengatur agar antrian tertib, menjaga pintu masuk, dan menjaga pintu keluar.
  • Sejak hari Rabu 13 Januari 2010 ditambahkan kursi lipat sebanyak 80 buah agar mahasiswa bisa antri sambil duduk.
  • Mulai hari Jumat 15 Januari 2010 ditambahkan tenda diĀ  samping gedung untuk menjaga agar mahasiswa tidak kepanasan/kehujanan.

loketsatpam

Hasil pengamatan hari Selasa, Rabu, dan Kamis menunjukkan bahwa:

  1. Semua hasil verifikasi langsung dimasukkan ke basis data sehingga tidak ada kendala sewaktu mahasiswa ke Subag RS. Semester lalu, banyak yang tidak dimasukkan sehingga mahasiswa ditolak di Subag Registrasi dan kembali ke Subag DRK dan semakin menambah antrian.
  2. Jumlah mahasiswa yang dilayani adalah sekitar 1.500 per hari dan antrian sudah berakhir sebelum pk 14.00. Semester lalu, loket terpaksa ditutup pk 15.30 walaupun masih ada antrian.
  3. Petugas bekerja dalam suasana yang sangat tenang dan cukup banyak mahasiswa yang melontarkan komentar “tumben kok cepat ya“.
    Semester yang akan datang, rencananya layanan ini ditiadakan, mahasiswa membayar di bank dan setelah itu melanjutkan dengan pengisian KRS. Jadi tidak perlu lagi ke Subag DRK dan Subag RS.
    Saat ini sedang dipersiapkan kesepakatan dengan pihak penyedia jasa. Untuk semua kemudahan itu direncanakan ada biaya administrasi Rp 2.500. Mudah-mudahan mahasiswa dan semua pihak bisa mengerti dan mendukung hal ini.

    Malang, 14 Januari 2010

    Johanis Rampisela (Ketua Divisi Perangkat Lunak Pusat TIK UM)

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.