Ormawa Tidak Punya Blog? Bukan Jamannya

Pada hari Rabu, 3 Maret 2010 sore hari, saya diberi kesempatan oleh Bu Fatmawati (Kabag Kemahasiswaan) untuk berbicara di Workshop Kesekretariatan Ormawa. Dalam kesempatan tersebut, saya menyampaikan:

  • Ormawa (organisasi kemahasiswaan) perlu berpartisipasi dalam UM Community (forum dan blog) atau membuat blog dalam website um.ac.id.
  • Manfaatkan blog sebagai tempat mengarsipkan dokumen ormawa.
  • Blog yang dibuat di luar website um.ac.id tidak akan menambah indikator size (salah satu indikator yang diperhitungkan dalam pemeringkatan Webometrics).

Awalnya tanggapan ormawa sepi-sepi saja, mungkin mereka sudah lelah karena acara tersebut adalah acara yang terakhir. Ternyata banyak ormawa yang belum punya blog sehingga saya berkata:

“Ormawa tidak punya blog? Bukan jamannya”.

Wah, kata-kata itu sangat mujarab … menyentuh perasaan pengurus ormawa … banyak yang spontan bertepuk tangan dan pada pesan blog. Pengurus ormawa pandai berargumentasi, berikut ini beberapa pernyataan ormawa dan tanggapan saya:

  • “Tidak usah mendaftar satu-satu, semua ormawa wajib punya blog …”
    • Perlu komitmen dan semangat setiap ormawa sehingga blognya nanti diurus. Saya tidak mau membuat banyak blog tetapi isinya kosong.
  • ” Karena teman-teman sudah banyak yang pesan maka kami juga ikut pesan blog …
    • Tidak perlu ikut-ikutan temannya, yang penting niat Saudara sendiri.
  • ” Saya menghimbau teman-teman untuk membuat blog …”
    • Tidak usah menghimbau temannya, yang penting Sdr buat blog dan dirawat maka itu akan menjadi daya tarik bagi temannya.

Akhirnya, banyak ormawa yang mendaftar berdasarkan kemauannya sendiri, yaitu:

  1. ipri.um.ac.id
  2. german.um.ac.id
  3. menwa.um.ac.id
  4. lpbd.um.ac.id
  5. bdm.um.ac.id
  6. ksr-pmi.um.ac.id
  7. samin.um.ac.id
  8. stk-ak.um.ac.id
  9. kopma.um.ac.id
  10. jonggringsalaka.um.ac.id
  11. ukmp.um.ac.id,
  12. imakris.um.ac.id
  13. himafo.um.ac.id
  14. teater-hampa.um.ac.id
  15. mpm.um.ac.id
  16. ips-nurharias.um.ac.id
  17. ikk.um.ac.id.

Saya sangat senang, “jualan laku” dalam satu kali menjual, terima kasih kepada Bu Fatmawati.  Saya teringat “kenangan indah” September-Oktober 2008, saya dan Sdr Arrijal (webmaster) berputar-putar mendatangi hampir semua ormawa, yang berminat hanya 1-2 dan pada akhirnya tidak diurus dan mati. Pada akhir acara saya menyampaikan pada ormawa agar merawat blognya, kalau tidak dirawat … saya akan mengunjungi ormawanya … mereka semua tertawa.

BERKARYA dan terus berkarya …

Malang, 4 Maret 2010

Johanis Rampisela (Ketua Divisi Perangkat Lunak)

Komentar ditutup.

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.