Popularitas Website UM Meningkat: Alexa 49.564

Pada hari Rabu, 3 Maret 2010 pukul 19.20, website UM mencatat prestasi baru yaitu peringkat 49.564 versi Alexa. Ini berarti UM masuk dalam 50.000 website yang paling populer di dunia versi Alexa.

alexa-2010-03-03

Alexa (http://alexa.com) adalah sistem pemeringkatan terhadap semua situs di dunia maya berdasarkan pada rata-rata banyaknya kunjungan per hari dan jumlah halaman yang dilihat per hari selama 3 bulan terakhir. Peringkat Alexa diperbarui setiap hari.

Faktor-faktor apakah yang membuat peringkat Alexa UM semakin baik?

Faktor pertama adalah semakin banyaknya “pengunjung setia“, yaitu mereka yang dengan setia menjadikan website UM sebagai “kekasihnya”. Pagi, siang, sore, dan malam selalu menengok website UM, mulai banyak yang memberi komentar dan masih lebih banyak lagi yang belum memberi komentar tetapi mengikuti semua berita yang ada. Tanpa adanya orang-orang seperti ini, semua berita yang ditulis tidak ada artinya, terima kasih kepada para pengunjung setia.

Faktor kedua adalah semakin banyaknya “layanan online” yang diterapkan oleh jajaran BAAKPSI yang dikomandani oleh Pak Amin Sidiq, Bu Mimin Nurbintarti, Pak Dwi, dan Pak Noor Farochi. Sepanjang tahun 2009 dan awal 2010 diterapkan KHS Online, KRS Online, dan Pendaftaran Mahasiswa Baru Online. Jajaran BAAKPSI mungkin terinspirasi oleh lagu Online yang dinyanyikan Saykoji (hehehe…)

siang malam ku selalu, menatap layar terpaku
untuk on line on line, on line on line
jari dan keyboard beradu
pasang earphone dengar lagu
aku on line online
on line on line


Pendaftaran mahasiswa baru online adalah faktor penyumbang terbesar dari kenaikan peringkat Alexa. Mudah-mudahan fasilitas online terus-menerus dikembangkan.

Malang, 3 Maret 2010

Johanis Rampisela (Ketua Divisi Perangkat Lunak)

Komentar ditutup.

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.