Berkah Dibalik Terganggunya Website UM

Rabu, 31 Maret 2010 pukul 01.31 website UM dinonaktifkan oleh pengelola webhosting. Mereka menyatakan website UM sudah beberapa kali diserang virus dan diminta untuk segera pindah. Saya segera mengontak Webmaster Arrijal untuk mendiskusikan hal tersebut, dilanjutkan dengan menghubungi penanggung jawab server lokal UM yaitu Sdr Iwan. Semua sepakat untuk pindah ke server lokal UM.

Mulai pukul 06.30, SMS pemberitahuan adanya gangguan dikirim ke para pemimpin UM. Setelah itu mulailah proses pemindahan server. Kebetulan sekali bahwa Webmaster tidak bisa membantu secara langsung proses ini karena sedang menunggui sang isteri melahirkan. Kadang-kadang jika diperlukan konsultasi yang panjang maka kami terpaksa berdiskusi di rumah sakit bersalin.  Malamnya, muncul lagi gangguan yang tidak terduga, jaringan Internet (dari ASTINET) di UM tidak bisa dipakai mengakses server luar negeri, sangat lambat bahkan putus. Kami mencoba menghubungi PT Telkom, ternyata serta optik di Jambi ada yang putus karena kena ekskavator (digunakan untuk mengeruk tanah akibat longsor). Kami menunggu sampai pukul 23.00 dan Internet belum bisa diakses, subuh pukul 01.00 baru ada kabar bahwa Internet bisa digunakan.

Kamis pagi mulai bekerja lagi tetapi jaringan Internet masih lambat. Sore harinya, halaman utama, Berkarya, dan Suara Kita sudah bisa diakses walaupun belum sempurna. Hari Sabtu digunakan untuk mengusahakan pemindahan email, sayang sekali jaringan Internet tetap lambat. Mudah-mudahan dalam 2-3 hari ke depan semua bisa normal kembali.

Pemindahan website UM ke server lokal sebenarnya direncanakan tahun 2011. Selama ini proses pemindahan sudah berjalan, sudah banyak blog yang ditempatkan di server lokal. Sehubungan dengan kejadian “diusir” maka pemindahan ke server lokal dipercepat.  Nantinya akses ke website UM dari dalam UM akan jauh lebih cepat karena tidak perlu melalui Internet. Selain itu, kemampuan sumber daya manusia tentu akan meningkat karena banyaknya masalah yang harus dihadapi. Inilah berkah dibalik terganggunya website UM.

Mohon maaf kepada semua pihak yang terganggu oleh pemindahan ke server lokal. Mudah-mudahan bisa secepatnya normal kembali.

Malang, 5 April 2010

Johanis Rampisela (Ketua Divisi Perangkat Lunak)

30 comments to Berkah Dibalik Terganggunya Website UM

  • @Dedi Mukhlas, dulu UM menyewa server luar negeri, sudah membayar untuk 2 tahun tetapi karena sering dihack maka segera disuruh pindah.

  • Dedi Mukhlas

    Maaf kalau boleh tau kata “diusir” itu maksudnya? UM mengunakan server luar negeri? Atau gimana? Mohon penjelasan…

  • tri hapsari

    tri hapsari dosen mat fmipa

    trimakasih, saya sudah dapat menggunakan email um lagi. terima kasih banyak

  • michael :@Johanis Rampisela
    Tampilan baru Webmail UM lebih mantap. Tampaknya data belum dipindahkan, semoga sesuai dengan rencana awal (17 April 2010)
    Salam,Michael(Alumnus FS UM)

    Maaf ternyata setelah saya baca tulisan di bawah sudah tertera tulisan:
    Pengumuman
    1. Migrasi email tidak memungkinkan data email lama untuk dimasukkan ke webmail baru
    2. Silahkan mengakses email lama disini
    3. Silahkan forward data email yang dianggap penting, tetap ke alamat email UM anda
    4. Batas waktu forward email 30 Mei 2010, setelah itu data webmail lama kami hapus

    Btw, sekalian usul: bagaimana kalau di setiap email yang dikirim diselipi iklan untuk mengunjungi UM Community (mirip Yahoo, dll)

  • @Johanis Rampisela

    Tampilan baru Webmail UM lebih mantap. 🙂
    Tampaknya data belum dipindahkan, semoga sesuai dengan rencana awal (17 April 2010)

    Salam,
    Michael
    (Alumnus FS UM)

  • @mahasiswa UM
    Menanggapi keluhan Anda (mahasiswa UM – alangkah eloknya jika Anda menunjukkan identitas diri) tentang layanan perpustakaan UM, untuk itu perlu kami jelaskan sebagai berikut:
    1. Situs perpustakaan um http://library.um.ac.id berada dibawah domain http://um.ac.id. Jika domain mengalami gangungan seperti beberapa waktu lalu maka situs subdomain dibawahnya juga mengalami ganggungan termasuk situs perpustakaan. Seringnya situs perpustakaan mengalami disconnect sudah kami sampaikan ke PTIK sebagai pengelola situs UM.
    2. Tentang jam layanan, perpustakaan selalu berpedoman pada jam layanan yang telah kami sepakati yaitu buka jam 07.30 sd. 18.30. Keterlambatan jam buka seperti yang anda maksudkan mungkin pada waktu itu ada upacara bendera (tgl 17 Maret 2010) bagi seluruh pegawai UM termasuk staf perpustakaan, sehingga jam layanan perpustakaan baru dimulai jam 08.30.
    3. Adanya pemadaman listrik oleh PLN (beberapa kali pernah kami alami) berdampak pada perpustakaan tutup sebelum jam layanan berakhir (jam 18.30). Kami belum mempunyai fasilitas genset untuk mengatasi gangguan listrik padam di lingkungan perpustakaan.

    Demikian untuk diketahui. Kami sangat berterima kasih atas kritik dan masukannya sebagai bahan evaluasi kami untuk perbaikan layanan perpustakaan

    Darmono
    Kepala Perpustakaan

  • @Dr. Listyorini
    Kalau email Ibu berakhiran @um.ac.id maka email tersebut sudah berfungsi sejak tanggal 5 April. Jika berbasis subdomain (@biologi.um.ac.id) maka akan aktif Sabtu 17 April.

    Soal webmail mengandung worm dan Trojan, hal itu memang sulit dipastikan Bu, karena pada saat Ibu menyampaikan hal tersebut maka email-email yang lain masih berfungsi dengan baik tanpa kena blokir. Virus yang menyerang website UM ada pada directory tertentu saja dalam website, tidak berkaitan dengan worm dan Trojan. Demikian penjelasannya Bu, bukan soal tidak menganggap pendapat Ibu.

    Untuk semua ketidaknyamanan yang dialami oleh Ibu dan warga UM, kami mohon maaf, dan kami berusaha sekuat tenaga untuk memulihkannya.

    Johanis Rampisela (Ketua Divisi Perangkat Lunak)

  • @putut
    Bersabar beberapa hari lagi Mas Putut, badai pasti berlalu (sesuai judul bukunya Marga T). Teman-teman dari Divisi Perangkat Lunak, Divisi Infrastruktur, dan dibantu oleh tenaga ahli dari luar sudah bekerja terus-menerus dalam segala keterbatasan yang ada. Mudah-mudahan email subdomain bisa segera selesai.

    Nantinya semuanya harus memasukkan lengkap (pakai um.ac.id).

    Terima kasih.

    Johanis Rampisela (Ketua Divisi Perangkat Lunak)

  • @darmawan
    Perkiraan Sabtu 17 April 2010, email subdomain sudah bisa digunakan lagi. Email pada subdomain adalah bagian yang paling sulit jika mengadakan perpindahan server. Mohon maaf baru bisa menjawab pertanyaan Pak Darmawan karena baru memperoleh solusinya dari tenaga ahli.

    Johanis Rampisela (Ketua Divisi Perangkat)

  • @darmawan

    Idem juga, pak jo, gimana ya, kalo kasusnya seperti ini?
    ada beberapa dosen yg menggunakan subdomain dalam pembuatan emailnya, dan satu lagi jika tidak menyertakan “tanpa akhiran @um.ac.id” jika ada nama yang sama seperti apa ya jadinya, tapi semoga saja cepat teratasi masalah ini.

  • @Dr. Listyorini
    Ibu bisa akses webmail UM di http://webmail.um.ac.id

    Terima kasih.
    Salam,
    Michael
    (Alumnus FS UM)

  • Dr. Listyorini

    sudah lama saya beritahukan kalau webmail UM diblokir sama Norton Internet Security karena ada worm & trojan, tapi ya kalau saya yang bicara ga dianggep.
    trus sekarang email um bagaimana mengaksesnya? padahal sedang menunggu hari2 akhir pengumuman international seminar dan saya terlanjur memakai email UM tuk komunikasi akademik.

    Dr. D. Listyorini
    Jurs. Biologi FMIPA UM

  • mahasiswa UM

    website UM dan Perpus UM sangat buruk, sering trouble & disconnect, gitu kok di bangga-banggain. pelayanan di perpusnya juga sangat buruk, saya jadi malas ke perpus karena orangnya sangat tidak ramah & ketus pd para peminjam. petugas perpusnya juga malas-malas, harusnya buka jam 7.30 tapi kenyataanya jam 8.30 baru di buka, waktu tutupnya juga masih di korupsi yang seharusnya jam 18.30 jadi jam 17.00. saya sebagai mahasiswa UM sangat tidak bangga dengan kebobrokan pelayanan di UM.

  • darmawan

    webmail UM sudah bisa digunakan, cukup dengan memasukkan nama pengguna, tanpa akhiran @um.ac.id. Bagaimana yang menggunakan subdomain? Misalnya info@psg15.um.ac.id? Apa yang harus diisikan?
    terima kasih.

  • Pak JO Thank’s a lot with your help…. I can open it now my email normally again

  • Cak Imam

    Terima kasih kepada PUSTIK atas kerja kerasnya untuk menormalkan website UM. Saran saja, apabila ada gangguan mohon diinformasikan secara luas. Paling tidak kepada unit-unit pengguna. Seperti ULP ini yang harus mengumumkan pelelangan dan berkorespondensi lewat web site um, kondisi tersebut sangat rawan sanggah yang bisa berimplikasi hukum, sehingga kita bisa mengalihkan ke media bantu yang lain. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih.

  • Novika PS

    SEMANGAT untuk Pak Johanis Rampisela!!!

  • @Johanis Rampisela
    Setuju Pak, gitu donk Sdr Adi, harus bijaksana…^_^

  • @michael
    Ya, sudah dipindahkan semua. Khusus Suara Kita, sekalian diubah subdomainnya dari http://blog.um.ac.id menjadi http://suara.um.ac.id.

    Soal opac.library.um.ac.id dan mulok.um.ac.id yang belum bisa diakses, akan kami periksa, mestinya berkaitan dengan pemindahan ini. Terima kasih atas informasinya.

    Soal “domain .tk sudah memberikan fasilitas pengubahan NS”, itu karena Mas Michael-nya yang pintar menelusuri informasi di dunia maya. Yang menelurkan ide itu adalah Sdr. Sandra Irawan (Iwan).

    Terima kasih atas perhatiannya.

    Johanis Rampisela (Ketua Divisi Perangkat Lunak)

  • Ternyata sudah dipindahkan semua ya? Saya kira hanya blog (= suara kita) saja yang dipindah karena pada Minggu dini hari saya akses alamat sudah pindah ke suara.um.ac.id bukan blog.um.ac.id lagi.

    Senyampang saya ingat, beberapa link di library.um.ac.id seperti opac.library.um.ac.id dan mulok.library.um.ac.id tidak dapat diakses, entah ada hubungannya dengan “gangguan” ini atau tidak.

    Satu lagi berkah bagi saya dengan adanya tulisan Pak Jo ini, saya jadi mengetahui bahwa domain .tk sudah memberikan fasilitas pengubahan NS. 🙂

    Salam,
    Michael
    (Alumnus FS UM)

  • @darmawan
    Rabu (31/3) s.d. Minggu (4/4), kami benar-benar kekurangan tenaga, terutama karena Webmaster Arrijal sedang mendampingi isteri menanti kelahiran putera pertama sehingga tidak sempat menghubungi Pak Darmawan. Mohon maaf dan terima kasih atas perhatiannya.

    Johanis Rampisela (Ketua Divisi Perangkat Lunak)

  • darmawan

    Sayangnya, tidak ada publikasi yang cukup bagi semua pengguna situs ini. ke pejabat mungkin ya, ke yang di bawah? Minimal ada tulisan di halaman muka um.ac.id bahwa koneksi terganggu atau apalah. Saya tahunya setelah SMS mas Rijal.
    Sangat mengganggu sebenarnya atas kejadian ini.

  • @fatma
    Terima kasih Bu atas dukungannya.

  • Saya yakin Pak Jo beserta krunya sudah bekerja maksimal dalam mengatasi “gangguan” ini. Sebaiknya kita berikan dukungan kepada TIK untuk membenahinya dan lebih waspada agar kejadian serupa tidak terulang. Yah..kalau sudah kejadian..bisa dibilang musibah..kita ambil hikmahnya saja dan waspada selalu…

  • @adi
    Sikap menerima dan mengambil hal positif dari semua peristiwa termasuk BENCANA perlu dilakukan agar manusia tidak kehilangan harapan dan tidak larut dalam bencana tersebut.

  • adi

    bagi sebagian orang mungkin ini dianggap sebagai berkah… bisa saja bagi sebagian orang yang lain ini adalah BENCANA …

  • @dahlia
    Website terganggu karena serangan virus sebenarnya adalah hal yang biasa (ibarat pertarungan maling dan polisi). Yang menjadi tidak biasa adalah karena website UM diminta untuk segera pindah sehingga mengakibatkan kesibukan yang luar biasa. Juga ditambah lagi oleh terjadinya gangguan pada jaringan Internet akibat bencana longsor.

    MOHON MAAF KEPADA BU DAHLIA ATAS GANGGUAN INI.

    Johanis Rampisela (Ketua Divisi Perangkat Lunak)

  • dahlia

    wah …. berabe pak…. webemail saya alamat um ga bisa buka sangat merugikan saya…. karena saya go international… ada banyak email dariLN yang ga bisa saya buka padahal saya memperkenalkan web um di LN dan sdh tersambung wah… kalo tergagaggu terus runyam pak…. yang bonafit dong… malu2in dan memprihatinkan dan merugikan…. mohon perhatian kalo ga tutup aja…..sekalian…..

  • @Rachman MPI
    Baik Pak Rochman, urusan “lemot buanget” biasanya berkaitan dengan infrastruktur, nanti saya laporkan ke Pak Heru Wahyu (Ketua Divisi Infrastruktur dan SDM), Pesawat 468 dan tekan Ekstensi 22 (Ketua), atau 24 (Staf).

    Johanis Rampisela (Ketua Divisi Perangkat Lunak)

  • Lapor Pak Johanes, jaringan internet di MPI kok lemot buanget. Bisa minta tolong di cek?

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.