Berkah Dibalik Terganggunya Website UM

Rabu, 31 Maret 2010 pukul 01.31 website UM dinonaktifkan oleh pengelola webhosting. Mereka menyatakan website UM sudah beberapa kali diserang virus dan diminta untuk segera pindah. Saya segera mengontak Webmaster Arrijal untuk mendiskusikan hal tersebut, dilanjutkan dengan menghubungi penanggung jawab server lokal UM yaitu Sdr Iwan. Semua sepakat untuk pindah ke server lokal UM.

Mulai pukul 06.30, SMS pemberitahuan adanya gangguan dikirim ke para pemimpin UM. Setelah itu mulailah proses pemindahan server. Kebetulan sekali bahwa Webmaster tidak bisa membantu secara langsung proses ini karena sedang menunggui sang isteri melahirkan. Kadang-kadang jika diperlukan konsultasi yang panjang maka kami terpaksa berdiskusi di rumah sakit bersalin.  Malamnya, muncul lagi gangguan yang tidak terduga, jaringan Internet (dari ASTINET) di UM tidak bisa dipakai mengakses server luar negeri, sangat lambat bahkan putus. Kami mencoba menghubungi PT Telkom, ternyata serta optik di Jambi ada yang putus karena kena ekskavator (digunakan untuk mengeruk tanah akibat longsor). Kami menunggu sampai pukul 23.00 dan Internet belum bisa diakses, subuh pukul 01.00 baru ada kabar bahwa Internet bisa digunakan.

Kamis pagi mulai bekerja lagi tetapi jaringan Internet masih lambat. Sore harinya, halaman utama, Berkarya, dan Suara Kita sudah bisa diakses walaupun belum sempurna. Hari Sabtu digunakan untuk mengusahakan pemindahan email, sayang sekali jaringan Internet tetap lambat. Mudah-mudahan dalam 2-3 hari ke depan semua bisa normal kembali.

Pemindahan website UM ke server lokal sebenarnya direncanakan tahun 2011. Selama ini proses pemindahan sudah berjalan, sudah banyak blog yang ditempatkan di server lokal. Sehubungan dengan kejadian “diusir” maka pemindahan ke server lokal dipercepat.  Nantinya akses ke website UM dari dalam UM akan jauh lebih cepat karena tidak perlu melalui Internet. Selain itu, kemampuan sumber daya manusia tentu akan meningkat karena banyaknya masalah yang harus dihadapi. Inilah berkah dibalik terganggunya website UM.

Mohon maaf kepada semua pihak yang terganggu oleh pemindahan ke server lokal. Mudah-mudahan bisa secepatnya normal kembali.

Malang, 5 April 2010

Johanis Rampisela (Ketua Divisi Perangkat Lunak)

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.