Membuat Situs Jejaring Sosial Internal di um.ac.id, Mengapa Tidak?

Dewasa ini, kita hidup di era teknologi informasi. Era teknologi Informasi adalah era dimana informasi dapat diakses dan dibagi dengan mudah. Sebagai ilustrasinya, seseorang dengan mudah dapat membagi informasi melalui e-mail, blog dan situs jejaring sosial seperti facebook, twitter, friendster, dsb.

Universitas Negeri Malang, sebagai salah satu Universitas Negeri di Indonesia, selayaknya mengikut trend yang berkembang dalam pendistibusian informasi. Untuk itulah, saya mengusulkan kepada pengelola um.ac.id untuk membuat jejaring sosial internal di um.ac.id. Situs jejaring sosial internal bertujuan untuk mempermudah distribusi informasi.

Berdasarkan pengamatan saya, mayoritas mahasiswa di UM mempunyai akun di situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Friendster dsb. Ini adalah sebuah peluang yang harus dimanfaatkan. Trend yang bisa dimanfaatkan untuk pendistribusian informasi.

Dalam situs jejaring sosial di um.ac.id, anggota tentunya dapat membuat dan menerima status, menulis sebuah artikel, membuat forum, mempromosikan bisnis yang sedang di rintis, sosialisai kegiatan mahasiswa dan berbagai macam kegiatan akademik lainnya. Tentunya, tidak ada aplikasi yang kontraproduktif dengan kegiatan akademik.

Implementasi dari jejaring sosial internal um.ac.id dapat digabung dengan siakad.um.ac.id. Untuk log-in di jejaring sosial internal um.ac.id, dapat digunakan NIM (nomor induk mahasiswa). Mungkin pada awalnya, diuji cobakan pada angkatan 2010, baru diberlakukan kepada seluruh mahasiswa aktif UM.

Nama jejaring sosial tersebut bisa bermacam-macam, misal, JUM (jejaring UM), SNUM (Social Networks UM) dan umacid (dari um.ac.id). Bagaimana menurut anda?

Ferril Irham Muzaki

Fakultas Sastra

Universitas Negeri Malang

Komentar ditutup.

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.