Istana Wakil Rakyat

Ferril Irham M

Universitas Negeri Malang

Alkisah seorang bijak mengingatkan seorang raja yang sedang membangun istana barunya untuk lebih mengutamakan rakyatnya yang kelaparan. Karena merasa tersinggung, raja itu menggantungnya. Menjelang dieksekusi, orang bijak itu berteriak, “Hai Raja, ketahuilah bahwa istana barumu tidak kaubawa ke liang lahat. Yang kaubawa adalah amal kebaikanmu. Ingatlah, masih banyak rakyatmu yang beratap langit beralas bumi.”

Masyarakat disibukkan oleh berita hangat rencana pembangunan istana DPR yang baru. Suara warga di warung-warung kecil kebanyakan tidak setuju. Masih banyak rakyat kecil yang tidak punya rumah dan kebutuhan mendesak akan jalan yang nyaman.

Adalah suatu hal yang kontraproduktif, ketika wakil rakyat membangun istana megah sementara rakyat masih kesulitan membeli rumah. Harga rumah di Kota Malang dan sekitarnya sudah tidak terjangkau oleh warga kebanyakan.

Kebutuhan akan transportasi seperti jalan yang nyaman merupakan kebutuhan yang mendesak. Seperti yang diketahui oleh umum, pertambahan laju kendaraan begitu pesat. Contoh sederhananya, tiap hari jalan di Kota Malang semakin padat. Bukti kedua, sepeda motor model baru berseliweran di mana-mana hanya seminggu setelah diiklankan. Padahal, jalan di Kota Malang ukurannya tetap. Amat jarang diadakan perluasan jalan. Yang ada hanyalah perbaikan dan perluasan jalan beberapa meter.

Merupakan sebuah keniscayaan, para wakil rakyat yang berhati nurani, untuk lebih mengutamakan membangun jalan daripada membangun istana baru. Sudah saatnya wakil rakyat betul-betul mewakili rakyat. Para wakil rakyat haruslah ingat, jabatan di dunia ini amanah, akan dimintai pertanggungjawabannya oleh Sang Pencipta. Di liang lahat nanti, yang menjadi pembela adalah amal kebaikan, membangun jalan dan perumahan rakyat, bukan istana baru.

Sumber: http://www.surya.co.id/2010/09/06/istana-wakil-rakyat.html

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.