Gangguan koneksi Internet

Salam,

Koneksi Internet di Kampus UM telah mengalami gangguan serius mulai hari Senin tanggal 4 Oktober 2010 dan berangsur mulai normal sejak hari Jum’at tanggal 8 Oktober 2010 meskipun masih terdapat hal-hal yang mengganggu aktifitas akses. Kejadian ini bukan karena serangan atau gangguan dari luar namun disebabkan oleh kegiatan pemindahan koneksi Internet dari satu produk ke produk lain dari ISP yang sama. Sebelumnya UM menggunakan produk Astinet dan kemudian berpindah ke produk IP Transit sesuai dengan kontrak tender pengadaan koneksi Internet. Kegiatan ini telah kami sampaikan ke segenap Pimpinan UM, Pimpinan Fakultas, Pimpinan Lembaga, Pimpinan Biro, dan Pimpinan UPT untuk disosialisasikan lebih lanjut ke jajaran di bawahnya. Namun demikian jika sosialisasi yang terjadi belum merata, kami memohon maaf.

Perlu kami jelaskan sedikit berkaitan dengan perubahan penggunaan produk dari Astinet ke IP Transit dari sisi pengguna (informasi produk ini bukan bagian dari pemasaran ISP tetapi untuk menjelaskan manfaat yang dibutuhkan). Pertama, pengguna Astinet akan diberikan alamat IP (identitas komputer dalam jaringan komputer) oleh ISP berupa IP yang telah diregister atas nama ISP tersebut. Sehingga identitas pengguna Astinet adalah identitas dari ISP tersebut (bisa dicek melalui www.whois,net). Identitas ini penting berkaitan dengan kecepatan akses yakni berkaitan dengan pencarian jalur terpendek/tercepat untuk menemukan sebuah host atau server dalam jaringan. Kedua, pengguna Astinet tidak dapat mengatur besarnya bandwidth koneksi ke luar negeri dan ke dalam negeri karena langganan bandwidth Astinet sudah ditetapkan dengan rasio tertentu antara koneksi ke luar negeri dan ke dalam negeri (misal 1:1, 1:2, dst. UM menggunakan 1:1 yaitu koneksi ke luar negeri sama dengan ke dalam negeri). Karakteristik pengguna Internet di UM (berdasarkan alamat IP yang diakses) menunjukkan bahwa  jumlah akses ke luar negeri tidak sama dengan jumlah akses ke dalam negeri dalam kurun waktu yang sama. Hal yang sama juga terjadi di beberapa perguruan tinggi yang lain sehingga perlu mengatur besarnya bandwidth koneksi ke luar negeri dan bandwidth ke dalam negeri ketika akan menggadakan langganan Internet tiap tahunnya.

Pusat TIK melalui pengadaan koneksi Internet tahun telah memprogramkan untuk berpindah layanan IP Transit pada bulan Juli 2010. Namun karena proses pengajuan alamat IP dan AS Number yang memakan waktu hingga 3 bulan maka kegiatan pemindahan baru dapat dilaksanakan pada bulan September-Oktober disamping bulan Juli-Agustus terdapat banyak sekali kegiatan yang didukung oleh koneksi Internet. Kegiatan ini telah dimulai dengan menyiapkan perangkat jaringan untuk gateway yang meliputi router, firewall, DNS, dan Core Switch. Persiapan yang telah dibuat dengan baik ini ternyata masih menghadapai kendala ketika diimplementasikan terutama berkaitan dengan pihak-pihak luar yang berkaitan dengan koneksi Internet UM, misal APJII, IIX Admin, APNIC, dan lain-lain. Kendala ini sudah kami antisipasi namun dampaknya ternyata lebih besar dari yang kami duga sehingga gangguan yang terjadi cukup fatal akibatnya terhadap kegiatan akses Internet dari seluruh jaringan di UM. Oleh karena itu sekali lagi kami mohon maaf atas ketidaknyamanan atas layanan yang kami sediakan dan mudah-mudahan dapat normal kembali sebelum hari Jum’at tanggal 15 Oktober 2010.

Terimakasih,

Hormat kami,

Dr. Muladi, Kepala Pusat TIK

19 comments to Gangguan koneksi Internet

  • Aditya Tri R.

    saya bingung dngb Sikad sya sudah membayar SPP di bank BRI tanggal 31-12-10 tapi status sya masih blm byar. Pdhak sya juga sudah ngurus ke Subbag DRK hri jumat dan katanya di cek sudah masuk lunas tinggal tunggu dri Siakad!! tapi smapi skarang masih ditulis blm byar!!! apa sya harus bolak-balik malang jombang??!!! mhon dengan sangat ditanggapi

  • eny erawati

    october … november … sekarang sudah desember,
    yang saya tahu, kami di E8 sangat sulit mengakses internet, google saja sulit. dan bukan cuma di lab komputernya, tapi dari laptop kamipun susah.
    kalaupun terbuka sedetik, detik berikutnya mati (atau halt-lah), atau kalaupun terbuka, hanya page yang ringan ringan.
    kebutuhan harian kami kan searching image yang besar besar.
    kalau di E7 lab, sepertinya baik baik saja.
    Saya kok agak khawatir apa yg akan terjadi saat registrasi nanti.
    waduh …

  • udah ganti aja Telkom dengan ISP lain. problem melulu nih Telkom, Speedy aja juga sering problem.

  • Noor Farochi

    Yang paling susah, pekerjaan ini jadi terhambat karena mau ambil data saja sulitnya bukan main bahkan sering nggak bisa masuk. Padahal untuk saat ini pengambilan data untuk penerbitan Buku Statistik Mahasiswa belum dapat 50% nya disebabkan seringkali kesulitan masuk.
    Menurut saya semestinya data administrasi akademik itu di BAAKPSI juga ada, sehinggga untuk keperluam pengambilan data menjadi lebih mudah, belum lagi kalau ada permintaan dari dosen atau mahasiswa untuk data penelitian, kami jadi repot untuk melayaninya.

    Noor Farochi
    Subag Registrasi dan Statistik

  • @fa’ul: kita sudah mengundang beberapa ahli dan kolega dari berbagai pihak diantaranya dari Cisco, APJII, UB, UMM, dan dari tim Telkom sendiri mulai dari Malang sampai Jakarta.
    @Prof Ipung: kita sudah putuskan untuk sementara kembali ke layanan lama yang ternyata update DNS-nya sangat lambat. Sehingga seringkali situs UM tidak dikenali ketika diakses dari luar jaringan Telkom.
    @all: terimakasih masukannya.

    Salam,
    Muladi

  • ipung yuwono

    mengapa ya webmail UM (alamat nama@um.ac.id) sering tidak dapat dibuka?
    trims.
    ipung yuwono

  • Farhan

    Hari ini Jum’at Nopember 2010 jam 07:00, akses internet UM TELAH kembali normal seperti sediakala. Semoga kalau siang hari tidak drop kecepatannya. Terimakasih UM.

  • Sudah sekian waktu terjadi gangguan internet di kampus UM, padahal kita semua tahu bahwa internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi civitas akademik UM.
    Situs FS dan beberapa sub domain dari UM juga bermasalah.
    Tidak ada salahnya mendatangkan ahli tentang hal ini, saya tidak bermaksud merendahkan pihak manapun, tapi sudah seharusnya dari kita bisa memilah mana yang lebih dipreoritaskan.
    Sambil mendampingi para ahlinya menyelesaikan masalah ini, kita (tenaga IT UM) juga bisa berguru pada mereka sehingga masalah ini tidak berlarut-larut.
    Kita tidak boleh menutup mata bahwa “di atas langit ada langit”.
    Saya rasa “Trial and error” juga bukan pilihan yang tepat saat ini.

    Fa’ul, FS-UM

  • apakah prpindhan itu smakin mnguntungkan um ato tdk, dilihat dari lamanya kneksi intrnet yg troble/….

  • Baru tahu klo ada gangguan, cuz emang kemarin semat error wifinya, tapi nggak nyangka klo ada maintenance…
    Moga speednya bisa makin yahoood!!!

  • Syukurlah WiFi nya kembali lancar 🙂 ^_^

  • Agus N

    saya pikir tidak jadi masalah yang terlalu besar yang penting koneksi tetap berjalan…dan di harapkan setelah pemindahan ini koneksi internet UM jadi lebih baik…Amien
    seperti kata orang bijak tidak apa2 “mundur satu langkah untuk maju tiga langkah…”
    Semangat Buat Pusat TIK UM dan sukses selalu…
    ^_^

  • Di tempat saya, situs game.um.ac.id masih dapat diakses.

    Memang hampir semua subdomain di bawah um.ac.id, loading menjadi lambat akhir-akhir ini, sehingga seringkali tidak dapat diakses bila koneksi internet sedang lambat.

    ISP saya: Telkomspeedy 1 Mbps (shared)

  • Farhan

    Kenapa game.um.ac.id sekarang menjadi TIDAK dapat di akses, apakah ada kaitan dengan masalah diatas?? Terimakasih.

    ERROR
    The requested URL could not be retrieved
    While trying to retrieve the URL: http://game.um.ac.id/
    The following error was encountered:
    Access Denied.
    Access control configuration prevents your request from being allowed at this time. Please contact your service provider if you feel this is incorrect.
    Your cache administrator is webmaster.

  • Noor Farochi

    Semoga untuk sementara juga nggak ada yang minta jumlah data mhs

    Subag Registrasi & Statistik

  • Semoga cepat selesai pak…, mengingat mahasiswa sangat membutuhkan informasi cepat dr internet dlm mendukung pembelajaran.

    thanks
    adhi-dkv

  • Terima kasih informasinya.
    Tapi yang penting bagi saya adalah kejelasan untuk normal kembali. Yang terjadi biarlah terjadi, yang penting solusinya.
    Misalnya kejelasan untuk selesai masalah ini adalah pada tanggal …. bulan …., sehingga ketika ada yang bertanya saya selaku penanggung jawab infrastruktur di Fakultas Sastra bisa memberikan jawaban dan solusi tentang masalah internet di tempat kami.
    Semoga dalam waktu dekat bisa selesai.

    Fa’ul, Fakultas Sastra.

  • @darmawan: Terimakasih pak, kami perhatikan dan akan akomodasi masukannya.

  • darmawan

    Sebaiknya untuk gangguan yang bisa diprediksi seperti ini (ketika ada pemindahan akan terjadi gangguan), ada pemberitahuan juga via website beberapa saat sebelumnya. Karena pengumuman tertulis sungguh tidak efektif karena tidak banyak yang tahu.

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.