[selesai] IDE: Gunakan Air Organik demi Kesehatan Warga UM

Warga UM perlu mempertimbangkan kembali air kemasan yang disediakan untuk keperluan kegiatan/rapat/unit/pribadi. Jangan dipengaruhi iklan, kebiasaan yang ada, atau pendapat umum; pertimbangkan informasi berikut ini:

  1. Air minum adalah air yang digunakan untuk konsumsi manusia. Menurut departemen kesehatan, syarat-syarat air minum adalah tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna, tidak mengandung mikroorganisme yang berbahaya, dan tidak mengandung logam berat. Air minum adalah air yang melalui proses pengolahan ataupun tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum (Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 907 Tahun 2002). Walaupun air dari sumber alam dapat diminum oleh manusia, terdapat risiko bahwa air ini telah tercemar oleh bakteri (misalnya Escherichia coli) atau zat-zat berbahaya. Bakteri dapat dibunuh dengan memasak air hingga 100 °C, namun banyak zat berbahaya, terutama logam, yang tidak dapat dihilangkan dengan cara ini. Umumnya air mengandung mineral anorganik. Mineral anorganik tersebut antara lain Ferrum, Merkuri, dan Aluminium. Air yang sama sekali tidak mengandung unsur kimia lain selain H2O (air) itu sendiri disebut air organik. Untuk mengukur kadar mineral digunakan TDS meter (Total Dissolved Solids meter), yaitu alat untuk mengukur total zat padat yang terlarut dalam zat cair. Satuan yang digunakan adalah ppm (part per million), 1 ppm artinya ada 1 miligram zat padat terlarut dalam setiap 1 liter air. Semakin besar TDS air berarti semakin banyak mineral anorganik yang terdapat di dalamnya. Air organik mempunyai TDS 0 ppm. Kategori air: > 100 ppm: bukan air minum, 10 – 100 ppm: air minum, 1 – 10 ppm: air murni, 0 ppm: air organik. (SUMBER http://id.wikipedia.org/wiki/Air_minum)
  2. Apakah tubuh manusia memerlukan mineral anorganik? TIDAK. Tubuh manusia hanya dapat menyerap mineral organik yang terdapat pada makanan, misalnya sayur, buah, dan daging. Tubuh manusia memiliki mekanisme pembuangan mineral anorganik, tetapi kemampuannya terbatas. Apabila batasnya terlampaui, maka sisanya akan tertimbun dalam tubuh dan akan menimbulkan penyakit seperti batu ginjal, batu empedu, katarak, penyumbatan pembuluh darah. Minum air organik akan mencegah tertimbunnya mineral anorganik. (SUMBER http://www.frequencyrising.com/water_distilled.htm)
  3. Hasil pengukuran TDS air oleh KSU Pointer (SUMBER http://ksupointer.com/2010/konsumsi-air-organik)
  • TDS dari air sumur di daerah Sedati, Sidoarjo (15 km dari Lumpur Lapindo) adalah 1.002 ppm.
  • TDS dari beberapa air terjun dan sumber air di daerah Malang adalah 23-117 ppm.
  • TDS dari NEWater (air produksi pemerintah Singapura) adalah 15 ppm.
  • TDS dari beberapa merek air minum, air isi ulang, air PDAM, dan air sumur di daerah Malang.

Saran: Minumlah air yang TDS-nya rendah demi kesehatan.

Telepon untuk memperoleh:

  1. Oxygendw: ?
  2. Ammind/Ars: UD. Sumber Makmur, Jl. Danau Belayan I E3/B 15 Sawojajar, telepon 0341-719187.
  3. Super RO Asli: 0816-550-128, 0341-7015808
  4. Maaqo: ?
  5. Multi Healthy Water: 0815-5588-9194
  6. E-Water: ?
  7. Tombo Ati: ?
  8. Cleo: 0341-5470800, toko/supermarket

Malang, 21 Oktober 2010

Johanis Rampisela

35 comments to [selesai] IDE: Gunakan Air Organik demi Kesehatan Warga UM

  • Noor Farochi

    @Ujang Rahmat
    Pak Johannis Rampisela sudah meninggal dunia (kalau tidak salah) pada hari Sabtu tanggal 9 Juni 2012 saat dalam upaya kesembuhan dari sakitnya. Tulisan ini ditulis pada saat mendiang masih sehat.
    Demikian harap maklum.

  • Salam sejahtera selalu untuk semua…
    Khusus buat pa Johanis…mau nanya nih…di tempat sy air gunung nya memiliki tds 7ppm, selain untuk dijadikan air minum apakah manfaat lain dari air yg ber tds rendah itu, contoh apakah untuk digunakan ke tanaman/perikanan hasilnya akan lebih baik pula? tolong pencerahannya..terima-kasih
    Salam sukses

  • indrA

    hehehe,, kakek nenek saya dulu minumnya pake KENDI ( tempat air minum yg terbuat dari tanah liat ) ya ampe usia 90th.masaknya aja pake kayu bakar hehehehe… ga usah kwatir. haus ya minum aja syukur-syukur dengan ucapan DOA biar jadi berkat di dlm tubuh. yang penting air bukan air keras dech .. ( BAHAYA BGT )YG BIKIN PENYAKIT ORANG JAMAN SEKARANG BANYAK PIKIRAN JADI MUDAH STREES makannya hiduplah dg motto PYTP ( PO YO TAK PIKIR )

  • @ Aki,
    Saya membuka rujukan Sdr yaitu http://www.epa.gov/acidrain/education/site_students/phscale.html tetapi tidak menemukan rujukan WHO yang Sdr maksudnkan.

    Saya tidak berkiblat ke Singapura tentang kadar ppm tetapi merujuk ke http://id.wikipedia.org/wiki/Air_minum seperti yang tercantum di tulisan.

  • Aki

    Kandungan mineral
    ———————————–
    Tidak seperti air mineral yang umum dijumpai, air Zamzam in memang unik mengandung elemen-elemen alamiah sebesar 2000 mg perliter. Biasanya air mineral alamiah (hard carbonated water) tidak akan lebih dari 260 mg per liter. Elemen-elemen kimiawi yang terkandng dalam air Zamzam dapat dikelompokkan menjadi
    Yang pertama, positive ions seperti misal sodium (250 mg per litre), calcium (200 mg per litre), potassium (20 mg per litre), dan magnesium (50 mg per litre).
    Kedua, negative ions misalnya sulphur (372 mg per litre), bicarbonates (366 mg per litre), nitrat (273 mg per litre), phosphat (0.25 mg per litre) and ammonia (6 mg per litre).

    Kandungan-kandungan elemen-elemen kimiawi inilah yang menjadikan rasa dari air Zamzam sangat khas dan dipercaya dapat memberikan khasiat khusus. Air yang sudah siap saji yang bertebaran disekitar Masjidil Haram dan Masjid Nabawi di Madinah merupakan air yang sudah diproses sehingga sangat aman dan segar diminum, ada yang sudah didinginkan dan ada yang sejuk (hangat). Namun konon prosesnya higienisasi ini tidak menggunakan proses kimiawi untuk menghindari perubahan rasa dan kandungan air ini.

    Dari Ibnu Abbas RA, bahwasannya Nabi Muhammad SAW, bersabda tentang air zam zam yang artinya sebagai berikut “ Sebaik-baiknya air dipermukaan bumi ialah air zam zam, padanya terdapat makanan yang menyegarkan dan padanya terdapat penawar bagi penyakit”.

    Kehadiran air zam zam tidak terlepas dari keajaiban yang dipertontonkan oleh Allah SWT, sebagai mukjizat kepada umat manusia melalui Nabi Ismail dan Ibunya Siti Hajjar, dan banyak sekali keistimewaannya, bahwa Allah memang bermaksud menyediakan sumber air ditengah-tengah gunung batu dan padang pasir yang gersang, hal ini sebagai konsekwensi atas perintahnya kepada Nabi Ibrahim AS, guna mengundang sebanyak-banyaknya umat manusia ke Baitullah.

    KEISTIMEWAAN AIR ZAM ZAM :

    1. Meminum Air zam zam menjadi satu amalan ibadah, dengan niat mengikuti anjuran Rasulullah.
    2. Diriwayatkan oleh Abdullah ibnu Abbas, Aku pernah menyiapkan air zam zam untuk Rasulullah, kemudian beliau meminumnya sambil berdiri.
    3. Makruh hukumnya apabila dipergunakan untuk mencucu najis, atau dipakai untuk membersihkan hadast besar.
    4. Disunahkan membawa air zamzam pulang ke negerinya bagi jamaah “penunai rukun Islam ke lima) yang memang berasal dari luar Negara Arab, dan Rasullulullah adalah orang pertama yang membawanya keluar kota Mekkah, yaitu ke Madinah.
    5. Mata Airnya tidak pernah kering, meskipun berjuta-juta umat manusia meminumnya setiap hari terutama pada musim ibadah “H”, bahkan sekarang dengan peralatan canggih, orang yang di Masjid Nabawi (Madinah) yg berjarak 450 Km dari Mekah meminum air zam zam setiap saat.
    6. Pada waktu Rasululullah akan melakukan Sa’I, beliau meminum air zam zam sampai kenyang, kemudian menyiram kepalaNya dengan air zam zam.
    7. Banyak orang mengguyur dan membasahi kain (baju) ihram, kemudian direntang tanpa diperas agar kering sendiri, dan akan dipakai sebagai ‘Kafan” ( pembungkus mayat) kalau meninggal nanti.

    KEUTAMAAN AIR ZAM ZAM :

    1. Air Surga (maa’ul-Jannah), artinya air yang penuh berkah dan manfaat, seperti air surga.
    2. Nikmat Allah, salah satunya nikmat Allah bagi para Jamaah haji yang langsung dapat merasakan nikmatnya air ditengah-tengah padang pasir.
    3. Pencuci Kalbu, Air Pencuci Kalbu Nabi Muhammad SAW, ketika Malaikat Jibril membasuh hati Muhammad dengan air zam zam.
    4. Penuh Berkah, Karena Rasulullah SAW sering meminumnya dan tangannya yang penuh berkah dicelupkannya ke sumur zam zam.
    5. Mengenyangkan, Air yang mengenyangkan dan menghilangkan dahaga.
    6. Obat penyakit, Air penyembuh penyakit, baik penyakit jiea, batin atau jasmani dan Rasulullah menyebutnya “ mengobati penyakit” dan banyak kisah dan riwayat, sebagai bukti kebenaran hadist diatas.
    7. Abadi, Tidak akan kering hingga hari Kiamat, karena ia menjadi bukti keagungan dan kebenaran Allah.

    DAFTAR PERBANDINGAN UNSUR KIMIA:

    Antara air ZAM ZAM ( Mg/l ) ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,dan air MINERAL

    * Klorida (cl) 159,75 ,………………………………………Mine ral : 30
    * Sulfat (SO24) 140 ,…………………………………………M ineral : 27
    * Nitrat (NO3) – ,…………………………………………. …..Mineral : 15
    * Nitrit (NO2) 0,045 ,………………………………………..Mi neral : –
    * Bikarbonat (HCO3) 398,22,………………………………Mineral : 32
    * Flour (F) – ,…………………………………………. ………..Mineral : 0,7
    * Besi (Fe) tak terdeteksi ,…………………………………..Mineral : 0
    * Mangan (Mn) 0,014 ……………………………………….Mine ral : –
    * Natrium (Na) 318,0 ,……………………………………….Min eral : 20
    * Kalium (Ca) 182,2 ………………………………………….. Mineral : 3
    * Zat Padat Terlarut (TDS) 858 , …………………………..Mineral : 170
    * Magnesium (Mg) 6,86 ………………………………………Miner al : 5
    * Zat Organik 2,79 -………………………………………….. .Mineral : –
    * Jumlah Mikro Organisme (TPK) 38 kolom/ml -…….Mineral : –
    * PH 7,3 ………………………………………….. ……………..Mineral : 7,2

  • Aki

    Mungkin kita beda pendapat menurut keterangan WHO buka http://www.epa.gov/acidrain/education/site_students/phscale.html atau http://www.safewater.org
    Pak Johanis anda menganut pemahaman orang yang tinggal di lingkuan yang air nya mengandung garam tinggi sehingga filter yang digunakan jenis RO atau penyulingan, kita jangan menyesatkan orang untuk konsumsi air bersih.
    Air Zam-zam saja itu punya TDS 134 ppm dan terbukti air yang di akui oleh who air yang paling sempurna dan tercantum dalam kitab suci.
    anda berkiblat ke singapura yang di kelilingi oleh laut dan sedikit sekali air tawar wajar mereka mengatakan TDS 0 s/d 100 ppm karena mereka menggunakan Ro atau penyulingan. itu air yang tidak sempurna kandungan meneralnya

  • To All

    Saya punya kenalan dengan teman yang bekerja di perusahaan pengadaan pemurni air minum berbasis reverse osmosis Bio Hexagonal. Yang beralamat di Jalan Tlogoagung 46 Tlogomas Malang. Jika berminat silahkan hubungi 08523003534

  • EKO

    BARARTI GELAS BERMAGNET YANG BIASA DIJUAL DIMULTI LEVEL ITU BISA MENGURANGI TDS PAK????

  • @Eko
    Kandungan mineral anorganik dalam air dapat dikurangi atau dihilangkan dengan menggunakan penyaringan (misalnya dengan metode reverse osmosis) atau dengan penyulingan (misalnya destilasi).

  • eeko

    @ JOHANiS…sangat menarik jika membahasas kenyataan kesehatan modern…
    saya ingin tanya…apa tds yang tekandung di dalam air bisa dikurangi atau bahkan di netralisir pak??

  • biar aman n nyaman..konsumsi air mineral bermerk, jgn isi ulang,.klo nyuling sndiri malah kmahalen..

  • @Totok Setiawan
    Usul yang baik. Setuju.

  • Totok Setiawan

    @ Bpk. Johanis Rampisela : terima kasih tanggapannya pak, kalo di bandingkan sama rokok, minuman bersoda saya kira masyarakat sudah tau bahwa kebanykan minuman soft drink itu tidak bagus, rokok pun begitu, sudah ada tulisan peringatan pemeintahnya merokok dapat menyebabkan…dst, krn ada peringatan pemerintah maka untuk rokok keputusan ada di konsumen masing2 mau ngerokok atau tidak ya pak..nah seharusnya air yg kurang layak minum jg ada peringatan pemerintah nya ya pak, misal peringatan bahwa air kemasan ini TDS > 100 jd kurang layak minum..hiii..makasi

  • Judaz

    Numpang Usul

    alangkah baiknya dUM memiliki tempat minum air gratis rendah TDS. seperti tempat2 dLuar negeri yang memiliki tempat minum air gratis ditempat-tempat umum. bukankah untuk kesehatan bersama bisa dUsahakan

    dan dengan kegiatan ini juga dapat membantu mahasiswa untuk menekan biaya pembelian air minum yang kl dikalkulasi dapat menghemat = 6,67% (estimasi kebutuhan minum 2L/hari) dari pengeluaran air minum mahasiswa tiap bulan

    trimakasih
    mahasiswa TE-UM

  • @Totok Setiawan
    Ada dua pendapat yaitu (A) mineral dari air TIDAK DAPAT diserap oleh tubuh manusia, (B) mineral dari air DAPAT diserap oleh tubuh manusia. Awalnya saya belum bisa memutuskan saya mengikuti “aliran” yang mana. Sekitar 2 tahun lalu saya memutuskan untuk mengikuti aliran (A) yaitu MINERAL DARI AIR TIDAK DAPAT diserap oleh tubuh manusia dengan beberapa pertimbangan di bawah ini.

    1. Saya merasa lebih sehat setelah bertahun-tahun menggunakan air rendah TDS.

    2. Tumbuh-tumbuhan hidup dari tanah dan air. Manusia dan hewan hidup dari tumbuh-tumbuhan. Ini saya artikan bahwa tumbuh-tumbuhan yang bisa mengolah mineral dalam air dan tanah (mineral anorganik) menjadi mineral yang bisa diserap manusia/hewan (mineral organik).

    3. Ada standar di Wikipedia yang menerapkan 0-100 ppm yang layak diminum.

    4. Pemerintah Singapura dengan tokoh utama LEE KUAN YEW membuat air kemasan NEWater. Singaoura dan LEE KUAN YEW sangat memperhatikan kesehatan warganya. TDS dari NEWater adalah 15 ppm. Hal ini ikut mendorong saya memutuskan bahwa air rendah TDS adalah baik bagi kesehatan.

    5. Hasil uji lapangan terhadap air dari sumber air menunjukkan TDS yang rendah sedangkan air sumur sangat tinggi TDS-nya. Ini memberi keyakinan bahwa air yang baik adalah air yang rendah TDS-nya.

    6. Beberapa tahun ini berkembang bisnis air rendah TDS dan semakin banyak pemakainya. Hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak yg percaya bahwa air rendah TDS baik bagi kesehatan.

    7. Kenyataan di lapangan bahwa air minum yang tinggi TDS-nya masih sangat banyak dikonsumsi atau tidak dilarang, itu bergantung pada banyak faktor, misalnya kebijakan pemerintah, iklan, tingkat pendidikan, dan belum adanya riset berskala besar tentang hal ini. Bukankah rokok yang begitu membahayakan juga masih beredar? Bukankah soft drink yang juga tidak baik untuk kesehatan juga masih luas beredar? Bukankah perusahaan yang membuat rokok tertentu juga berskala internasional dan pindah dari Amerika ke Indonesia? Di sisi lain lihat juga bahwa negara maju sudah sangat membatasi rokok dan berusaha mengedukasi masyarakat untuk meninggalkan rokok. Perhatikan juga bahwa mereka yang berpendidikan tinggi dan memperhatikan kesehatan sudah mengusahakan makanan sehat dan meninggalkan rokok, soft drink, goreng-gorengan, dan kopi. Kelebihan berat badan tidak lagi menjadi lambang kemakmuran dan kebanggaan tetapi menjadi lambang penyakit. Mungkin beberapa tahun lagi maka masalah air minum ini juga akan mendapat perhatian yang lebih serius.

    Keputusan terakhir, semua bergantung pada aliran mana yang akan Sdr ikuti.

    Terima kasih.

    Johanis Rampisela

  • Totok Setiawan

    @bpk. johanis Rampisela : terima kasih pak tanggapannya,berati kesimpulannya aqua tidak layak minum ya??( wah gawat ni, harus segera ganti, hee), bagaimana dengan pendapat bahwa air yg banyak mengandung mineral itu bagus?? ( aqua dr hasil pengukuran kadar mineralnya banyak) pagi hari ini tgl.30 oktober 2010, di TV one ada membahas tentang air minum yg baik, dimana air minum yg baik tersebut adalah bersumber dari pegunungan vulkanik, karena pada pegunungan vulkanik airnya mengandung mineral yg di butuhkan tubuh, sedang air yg bersumber bukan dari pegunungan vukalnik bisa jadi mengandung mineral yg tidak dibutuhkan oleh tubuh ( apakah aqua dr pegunungan vulkanik??)..dan sepertinya acara tersebut di sponsori oleh aqua, karena iklan yg di tayangkan berupa iklan dari aqua..nah kalo memank aqua kurang layak di konsumsi karena TDS nya > 100, knapa pemerintah khusunya dep. kesehatan diam saja ya?? ( bertanya-tanya??) apakah krena faktor komersilnya ya…dan kita tau bahwa aqua jg telah bekerja sama dengan danone yg mana adalah perusahaan internasional..masa perusahaan se besar aqua tidak melakukan penelitian bahwa ternyata air mereka bukan tergolong air minum karena TDS nya > 100…mohon pencerahannya pak..
    best regards

  • @Totok Setiawan
    Yang dimaksud Aqua dalam tulisan tersebut adalah air bermerek Aqua yang Saudara minum.

    Saya mencoba melacak di nsf.org (website National Sanitation Foundation) dengan kode produsen Aqua yaitu Tirta (PT Tirta Investama) tetapi saya tidak menemukannya. Pada blog tertentu ada informasi bahwa AQUA pernah memperoleh sertifikat Good Manufacturing Pratices atau Cara Produksi yang baik dari NSF. Jadi perlu diperhatikan sertifikat apa yang diperoleh.

    Saya mengukur TDS-nya dengan TDS meter pada gambar di atas dan memperoleh bahwa kadar mineralnya adalah 133 ppm. Menurut yang tertulis di Wikipedia, jika TDS air > 100 ppm maka digolongkan BUKAN AIR MINUM.

  • Farhan

    @dhamar
    Saya rasa tanggapan Anda keluar dari topik.

  • Totok Setiawan

    numpang komen : dari daftar tabel di atas saya liat Aqua (apakah yg di maksud air mineral dalam kemasan merk Aqua ya??) dengan TDS 133 di golongkan sebagai Bukan Air Minum karena mempunyai TDS 133 ppm ( > 100 ppm ). padahal saya juga komsumsi merk Aqua. Nah saya pernah dengar bahwa Aqua telah mendapat sertifikat dari NSF (www.nsf.org/)kalo tidak salah di botol aqua ada kode nsf nya (kata temen sih, saya belum perhatikan botol aqua nya,heee).mohon informasinya bapak bapak yang lebih mengerti, apakah benar aqua tergolong bukan air minum, sedangkan aqua telah mendapat sertifikat dr NSF..apabila yang di maksud di tabel bukan merk Aqua yg sangat terkenal di pasaran paling tidak infonya di harapkan bisa bermanfaat..terima kasih
    best regards

  • dhamar

    Air sangat dibutuhkan oleh manusia, tetapi air juga mengancam kehidupan manusia didunia, mencari sumber air sulit tetapi mengatasi banjir di Indonesia lebih sulit, bahkan belum ada pakar-pakar air yang dapat mengatasi banjir ? hal ini bukan masalah di Indonesia saja, bahkan seluruh Dunia ? kenapa hal ini terjadi ? Apakah Hanya Universitas tertentu saja yang ada jurusan pengairan, sehingga masalah air yang mengalir dengan derasnya belum ada yang memikirkan ? lapindo juga apakah belum ada perguruan tinggi yang mengkonsentrasikan mengatasi air dan Lapindo ? Sebenarnya jawabanya gampang Masalah Alam harus dilawan dengan Alam, jangan sampai masalah Alam di lawan dengan kemampuan fikir manusia semata.

  • Noor Farochi

    @Rudi Irawanto
    Bagaimana dg FMIPA? kan sudah pernah bikin.

  • Untuk saran saja, dari pada ribut berfikir konsumtif, mengapa kita kita tidak berfikir produktif. UM memiliki banyak ahli di bidang tersebut, ada ahli biologi, ada ahli kimia,da ahli marketing, ada ahli kemasan. Mengapa kita tidak buat air kemasan sendiri saja. Ketika kami ke salah satu PTN di SBY selalu disuguhi air minum made in PTN tersebut. Mengapa UM tidak buat air minum yang aman dan layak jual saja. Saya kira kita mampu dari pada beli punya orang yang masih diragukan keamananya..

  • @Prawoto
    Saya belum pernah mengukur TDS air yang menetes dari AC. Air tersebut tidak disarankan untuk diminum karena kemungkinan besar tidak bebas kuman.

  • Prawoto

    Pak Johanis apa pernah mengukur TDS air tetesan/embun AC. Air tetesan/embun AC itu tergolong jenis apa ya. Apa bisa diminum? Tq

  • Agus N

    wah…terima kasih buat infonya…
    jadi selama ini ternyata kita telah “salah kaprah”(kata orang jawa) kalau begitu…hehehe…agak sulit mungkin kalau ingin menerapkannya di kalangan mahasiswa yang notabene harus pandai2 meminimalisisir pengeluaran…tapi kesehatan memanglah tidak murah…jadi tidak ada salahnya jika publikasinya lebih di perluas dengan hal yang lebih riel misal dengan menempatankan sebagian produk2 tersebut di kantin2,lama2 mahasiswa juga akan terbiasa…tidak perlu banyak tapi cukup buat pengenalan saja…baru jika sudah memasyarakat lebih meningkat lagi,saya sangat setuju dan mendukung akan hal ini…
    Terima Kasih

    ^_^

  • Harga Oxygendw: 6.000/botol.
    Sayangnya, produk air organik ini didistribusikan dengan sistem Multi Level Marketing. Coba kalau didistribusikan langsung ke konsumen melalui toko/agen mungkin harganya bisa ditekan.

    Sumber: Hasil Penelusuran di Internet.

  • Anida

    Ammind galon Rp. 10.500,- (isi ulang)
    Ars gelas Rp. 16.000,- (1 dos isi 48 gelas × 250 ml)
    Super RO Asli galon Rp 11.000,- (isi ulang)
    Super RO Asli gelas Rp. 17.500,- (1 dos isi 48 gelas × 250 ml)

  • Noor Farochi

    @Johanis Rampisela
    Cleo galon Rp. 10.500,- (isi Ulang 19 liter)
    Cleo gelas Rp. 17.000,- (1 dos isi 48×250 ml)

  • @Noor Farochi
    Ya, ada tetapi belum lengkap. Sekiranya ada yang bisa menambahkan maka semakin baik. Terima kasih atas info Cleo-nya. Cleo memang masuk kategori “AIR MINUM”, kalau bisa sekalian harganya Pak Noor.

  • Noor Farochi

    Informasi agen yang bisa dihubungi tersebut di atas sangat membantu untuk siapa saja yang berminat, terimakasih. Kami di lingkungan PK BAAKPSI sementara ini menggunakan Cleo sebagai air minum sehari-hari (Cleo Pusat: 0341-713202 dan Sales: 0341-9440455).

    Subag Registrasi & Statistik BAAKPSI

  • @fa’ul
    Akhir tahun 2008, saya beli sekitar Rp 350 ribu. Sekarang saya cek di desalite.indonetwork.co.id harganya Rp 150 ribu.

    Yang penting diusahakan adalah air yang diminum setiap hari di rumah dan di kantor. Saya menggunakan air rendah TDS (Ammind gallon) di rumah dan menggunakan air rendah TDS (ARS gelas) di ruang kerja saya di Pusat TIK.

  • Terima kasih infonya, sangat membantu.
    Sepertinya saya harus beli TDS-meter kalau mau meminum air.

  • @Prawoto
    Sesuai kategori air, sebaiknya meminum air yang memiliki TDS lebih kecil dari 100 ppm. Beberapa sudah tercantum di tabel, tentu saja masih ada yang lain.

  • Prawoto

    Jadinya ngeri ya beli air dalam kemasan. Terus kita harusnya minum air apa ya?

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.