IDE KRS (2): Perbanyak Server Siakad

Pada saat-saat puncak ada sejumlah keluhan karena sulit untuk masuk ke halaman http://siakad.um.ac.id. Hal ini bisa disebabkan karena dua hal yaitu

  • Pemakaian bandwidth untuk akses ke server sudah penuh atau
  • Server siakad tidak sanggup menangani tingginya akses.

Solusi untuk bandwidth sudah dituliskan dalam Ide KRS Online (1): Bandwidth Internet.

Untuk hal kedua, Sdr Arrijal (Administrator Web) menyarankan untuk membuat load balancing server siakad.

Yang dimaksud adalah membuat beberapa server siakad dan masuknya tetap melalui satu alamat yaitu siakad.um.ac.id tetapi sewaktu masuk diatur sehingga beban akses terbagi rata melalui  server-server  siakad. Diusulkan agar ada total 4 server siakad yang difungsikan pada saat KRS dan setelah itu dikembalikan ke satu server saja.

Mulai hari Selasa (11 Januari 2011), kami  sudah mencoba menambah 2 server siakad walaupun bukan dengan teknik load balancing. Pintu aksesnya berbeda sehingga ada 3 yaitu siakad.um.ac.id, siakad2.um.ac.id, dan siakad3.um.ac.id. Hanya saja tidak banyak mahasiswa yang mengetahui atau memanfaatkan hal ini.

Mudah-mudahan semester depan hal ini bisa menambah kecepatan dan kemudahan sewaktu mengakses siakad.

.

Malang, 14 Januari 2011

Johanis Rampisela (Ketua Divisi Perangkat Lunak)

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.