[JAWAPOS – Alumnus] Meminimalkan Kerawanan Pangan

GEJALA kerawanan pangan di Indonesia saat ini mulai muncul. Harga kebutuhan pokok, terutama beras, melambung. Kerawanan pangan tersebut, menurut pemerintah, disebabkan menurunnya produktivitas akibat perubahan iklim. Untuk mengantisipasi kerawanan pangan, pemerintah akan mengimpor beras.

Pemerintah seharusnya berintrospeksi. Apakah hanya perubahan iklim yang menurunkan produksi pangan? Mestinya pemerintah dapat mencegah pembangunan perumahan di tanah produktif seperti persawahan. Saat ini banyak sawah di pinggiran kota mulai hilang akibat dibangunnya perumahan-perumahan elite.

Apabila banyak lahan persawahan dijadikan perumahan, produktivitas pangan di Indonesia pun pasti menurun. Dengan mencegah pembangunan perumahan di atas tanah yang produktif untuk pertanian, pemerintah diharapkan dapat meminimalkan terjadinya kerawanan pangan. (*)

ARIF PRIYO HIDAYA, alumnus PLS UM

[GAGASAN] Jumat, 21 Januari 2011 halaman 4.

1 comment to [JAWAPOS – Alumnus] Meminimalkan Kerawanan Pangan

  • djoko rahardjo

    ALIH FUNGSI LAHAN PERTANIAN (PERSAWAHAN)
    Pengalaman kami berempat (saya, Drs. Mujihartono, Drs. Mugianto, S.E., M.M., Drs. Achmad Dardiri, M.Pd) saat mengurus “izin prinsip” bagi Perum Warga IKIP Tegalgondo Asri di Kantor Bappeda Kab. Malang 20 tahun yang lalu, untuk mengetahui lahan pertanian tersebut apakah boleh/tidak boleh dibangun perumahan ternyata “sulit”. Saat itu belum ada gambar Rencana Umum Tata Ruang Kecamatan (RUTRC). Secara nasional sebetulnya sudah ada Rencana Umum Tata Ruang Nasional(RUTRN) sampai dengan Rencana Umum Tata Ruang Daerah/Kabupaten). Mungkin kami dari koperasi dianggap tidak “bonafit” tetapi bagi “para cukong tanah” tidaklah sulit. Yang penting ada fulus untuk membuka dokumen yang diperlukan. Peralihan fungsi lahan pertanian menjadi perumahan itu melalui “proses yang cukup panjang dan sulit”, harus melalui rapat antara pemerintah dengan DPR. Apakah sekarang peraturannya masih seperti itu? Mungkin para pembaca lebih mengetahui kondisi saat ini.

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.