Internet UM 2011: Campuran atau Terpisah?

PENGERTIAN

Layanan internet pada dasarnya terdiri dari dua macam yaitu layanan internet CAMPURAN dan layanan internet TERPISAH.

CAMPURAN berarti bandwidthnya merupakan gabungan bandwidth internasional dan bandwidth domestik. Jika menyewa 32 Mbps campuran berarti suatu waktu bisa memakai sampai 32 Mbps internasional dan 0 Mpbs domestik atau sebaliknya.

TERPISAH berarti bandwidth untuk internasional sudah ditetapkan misalnya 24 Mbps dan domestik 8 Mbps. Angka tersebut merupakan bandwidth yang disediakan untuk setiap akses.

LAYANAN INTERNET MANAKAH YANG DIPERLUKAN UM?

Faktor utama yang harus diperhitungkan adalah apakah layanan internet tersebut bisa melayani kebutuhan PENDAFTARAN ONLINE dan KRS ONLINE.

Gambar Pemakaian Bandwidth KRS Online

Pada saat PENDAFTARAN ONLINE 2010  data menunjukkan bahwa akses ke server  UM sampai dengan 16 Mbps dan pada saat KRS ONLINE 2011 akses ke server UM sampai dengan 35,66 Mbps (lihat Gambar di atas). Akses dari mana, internasional atau domestik? Boleh dikatakan 100% dari domestik. Ini berarti UM perlu menyediakan akses domestik sekitar 36 Mbps. Pada semester I tahun 2010, UM menyewa bandwidth 24 Mbps CAMPURAN dan pada semester II tahun 2010 menyewa bandwidth 32 Mbps CAMPURAN.

Apa yang terjadi jika UM di tahun 2011 menggunakan layanan terpisah 24 Mbps internasional dan 8 Mbps domestik?

  1. Itu berarti kebutuhan nyata Pendaftaran Online 16 Mbps domestik yang sebelumnya dilayani dengan 24 Mbps, malah hanya dilayani dengan 8 Mbps domestik di tahun 2011.
  2. Lebih parah lagi kebutuhan KRS Online 35,66 Mbps domestik yang sebelumnya dilayani dengan 32 Mbps, malah hanya dilayani dengan 8 Mbps domestik di tahun 2011.

Tentu pendaftar dan mahasiswa akan sangat kecewa karena sangat kesulitan mengakses server UM.

Ada yang menyatakan bahwa secara teoritis layanan yang terbaik adalah layanan terpisah. Saya sendiri berpendapat bahwa yang terbaik adalah yang sesuai dengan kondisi di lapangan dan kebutuhan UM.

REKOMENDASI: Jika UM menyewa 32 Mbps maka sewa 32 Mbps CAMPURAN.

PIMPINAN UM akan membuat keputusan yang tepat tentang pengadaan LAYANAN INTERNET UM  jika memperoleh data yang benar, penjelasan yang jujur, serta rekomendasi yang tepat dari pelaksana teknis. Mudah-mudahan data, penjelasan, dan rekomendasi di atas dapat dipertimbangkan demi kelancaran layanan online di Universitas Negeri Malang yang tercinta.

.

.

Malang, 22 Januari 2011

Johanis Rampisela

Ketua Divisi Perangkat Lunak

6 comments to Internet UM 2011: Campuran atau Terpisah?

  • @michael

    Sampai dengan saat ini, rencana pengadaan layanan internet adalah sebesar 32 Mbps. Memperhatikan bahwa server UM memerlukan minimum 36 Mbps pada saat KRS maka belum memungkinkan untuk dialokasikan menjadi melayani website dan layanan internet warga UM.

  • michael

    Apakah bandwidth yang dialokasikan untuk website dan untuk layanan internet warga UM jadi dipisah?

  • @Jauharul Fuady

    1. Yang melakukan Pendaftaran Online adalah siswa-siswa yang umumnya belum pernah menginjakkan kaki di kampus UM dan belum tahu cara mengakses internet di kampus UM. Tentu akan lebih mudah jika mengakses pendaftaran online dari rumah/warnet terdekat melalui internet.

    2. Desain Pembayaran Biaya Pendidikan dan KRS Online adalah membuat mahasiswa bisa melakukan pembayaran dan mengisi KRS dari kampung halamannya. Dengan demikian tidak ada gunanya menyediakan fasilitas akses melalui intranet.

  • Jauharul Fuady

    Apakah mungkin kebutuhan Pendaftaran Online dan KRS Online dilayani secara intranet? Sehingga Pendaftaran/KRS dapat dilakukan dari lokal jaringan UM, tanpa melalui internet (di-bypass lewat proxy gitu?).

  • Noor Farochi

    Jangan melihat “siapa yang berkata” tapi “lihatlah makna dan kebenaran” dari apa yang dikatakannya.

  • Realistis saja, Pak Jo.
    Pertama, pemangku kepentingan UM terbesar saat ini–dan prediksi saya sampai dengan dua dekade ke depan–adalah warga domestik nusantara ini. Kedua, apa pun pengembangan fasilitas UM harus diperuntukkan bagi peningkatan layanan prima kepada pemangku kepentingan tersebut.
    Jadi, pilihan yang dikemukakan Pak Jo, yakni layanan internet campuran yang memiliki keluwesan penggunaan domestik-internasional–menurut saya–merupakan pilihan yang realistis, tepat, dan peduli pada pemangku kepentingan UM.

    Dawud
    Dekan FS UM

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.