Pembenahan software “jadul”

Cara baru telah dimulai dalam proses administrasi akademik, mahasiswa sesudah memenuhi kewajibannya membayar Biaya Pendidikan bisa langsung periksa status pembayaran dan registrasi di http://siakad.um.ac.id.  Satu langkah maju telah dimulai, mudah-mudahan langkah maju ini tidak hanya berjalan di satu sisi saja.

Masih banyak hal yang perlu dibenahi di software “jadul” layanan administrasi akademik yang saat ini masih digunakan petugas administrasi, bahkan mungkin perlu untuk diganti, karena kabarnya “Source” dari software tsb tidak ada.  Misalnya:

  1. Dalam pembuatan SPMK masih tercetak sebutan setengah semester pada status kuliah mahasiswa, contoh: 4,5 smt, enam setengah smt, dst.  Masalah: ketika Surat Pernyataan Masih Kuliah tersebut dicetak, dikoreksi data-data yang berkaitan, diparaf untuk selanjutnya dimintakan tandatangan pimpinan.  Pimpinan tidak menghendaki adanya sebutan setengah semester tersebut padahal itu ‘ulah’ software, petugas tidak bisa berbuat untuk menghilangkannya.  Akhirnya diputuskan untuk mengetik ulang secara manual Surat Pernyataan Masih Kuliah yang sudah dicetak terlebih dulu ==> layanan pada mahasiswa angkatan 2009 dan sebelumnya jadi lebih lambat.
  2. Masih dilakukannya secara semi-manual pencarian data calon mahasiswa / pendaftar (jumlah & keketatan persaingan), data mahasiswa yang diterima, data mahasiswa yang melakukan her-registrasi setiap semester, dan data lulusan (jumlah dan IPK).  Pencarian data cara manual tersebut biasanya dilakukan melayani permintaan jurusan untuk data standar borang yang dikeluarkan oleh BAN-PT
  3. Software belum mendeteksi data masukan dan status mahasiswa, sehingga :
  • ada beberapa mahasiswa yang habis masa studinya masih tetap bisa lolos dinyatakan registrasi administrtasi dan registrasi akademik (lolos di PA, Jurusan), ini karena dasar yang dipakai adalah mahasiswa yg semester sebelumnya registrasi administrasi, bukan status asal masukannya.
  • Ada dapat perpanjangan studi tetapi tidak bisa diproses karena ybs sudah dinyatakan registrasi administrasi lebih dulu.
  • ada kemungkinan lolosnya mahasiswa masukan NonSLTA mengambil program gelar ganda yang aturannya hanya untuk mahasiswa masukan SLTA.  Sementara filter pertama telah lolos dari pengamatan PD.I yang menandatangani pengantar pendaftar program gelar ganda sedangkan dari daftar tersebut petugas registrasi tidak bisa mengetahui masing-masing mahasiswa inputnya dari mana, karena hanya tercantum nim, nama, dan program studi saja.

dst.

Hal tersebut masih dari sisi subag registrasi dan statistic, belum termasuk yang dari subag pendidikan dan evaluasi.

Noor Farochi

Subag Registrasi dan Statistik BAAKPSI

7 comments to Pembenahan software “jadul”

  • dsatyananda

    Pelibatan mahasiswa dalam kegiatan semacam ini sebenarnya sudah umum di beberapa perguruan tinggi. Mahasiswa bisa menyalurkan kemampuannya, bisa mendapat akses Internet gratis, mungkin juga bisa mendapat sedikit uang saku. Itu juga penting sebagai modal mereka dalam mencari pekerjaan setelah lulus.
    Tinggal bagaimana pihak yang memberi order saja dalam memberikan batasan, mana yang bisa mana yang tidak, dan sejauh mana keterlibatannya.

  • Saya setuju dengan ide pembenahan software “jadul”. Silahkan Pak Noor mengembangkan proposalnya, kami siap melaksanakan teknisnya.

    Johanis Rampisela (Ketua Divisi Perangkat Lunak)

  • FMIPA/Matematika/2009

    Ide melibatkan mahasiswa dalam pembenahan software jadul sepertinya cukup bagus.

    Beberapa alasannya karena mahasiswa:
    – berpikiran terbuka
    – mudah menerima ilmu baru (dibidang IT)
    – cenderung bebas, tidak punya ikatan tertentu (seperti pekerjaan)
    – masih punya banyak waktu luang
    – keingintahuan cukup tinggi
    – tidak segan untuk belajar
    – daya imajinasi yang kuat dan ide baru yang cemerlang
    – merekalah yang akan meneruskan karya-karya para seniornya (juga merupakan penerus bangsa)
    – dan yang terpenting, mengerti secara langsung problematika dan keinginan lapangan
    (dikutip dari salah satu presentasi di blankonf #1)

    Source software yang tidak ada

    Kedepan mungkin pembuatan software akademik tersebut bisa di open source-kan. Sehingga memungkinkan adanya kolaborasi bersama. Bugs juga lebih memungkinkan untuk ditangani dengan cepat.

    Kalau memang sudah ada proyek open source serupa, kita bisa memanfaatkannya dan mengadaptasikannya dengan keadaan dan kebutuhan di UM. Tapi kalau belum ada, kita bisa jadi yang pertama yang membuatnya. Selain itu, dengan meng-open source-kan aplikasi ini, kita juga bisa membantu banyak institusi lain yang masih belum memiliki sistem akademik berbasis IT. Misalnya di Sekolah-Sekolah Menengah atau Universitas lain.

    Maaf sebelumnya bila ada pendapat yang salah

    Terima kasih

    ———————————–
    dalam semangat berbagi dan berkarya
    ———————————–
    ramadhan

  • Noor Farochi

    @ David H
    Kabarnya di UMM mahasiswa ikut juga menangani IT termasuk keamanan ITnya juga, mungkin sesama mahasiswa IT bisa “ngangsu kawruh” kesana

  • Iya Pak Noor, saya sempet tercengang melihat status lama studi di SPMK saya = 7,5 semester. Terdengar menggelikan ditelinga.

    Sistem Informasi di UM memang perlu dibenahi, tapi tidak mudah mengingat desain Databasenya yang rumit dimana tidak cukup hanya memenuhi aturan normalisasi 3. Banyaknya “Bug” disana-sini di software “jadul” UM sering menggerakkan hati saya dan beberapa teman saya untuk ikut membenahinya (dari sisi software). Sudah pernah sih ditawari P. Muladi untuk mengembangkan Sistem Informasinya, tapi waktu itu kita masih belum berani melangkah karena belum mendapat ilmu database versi advance (baru diambil semester 8 ini).. Mungkin setelah lulus jika masih mendapat tawaran dari P. Muladi ato dari siapapun, boleh juga. ^_^

    Mahasiswa
    S1 Pendidikan Teknik Informatika 2007.

  • Terimaksih atas kemajuan dan kemudahan dalam proses akademik,,,,

  • W0nk Ndes0

    maju terus UM qt tercinta!!!

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.