Mahasiswa PPL yang Tidak Patut Ditiru

Jujur saja, saat menulis ini saya dalam keadaan emosi dan kecewa. Betapa tidak, karena seorang adik mahasiswa dari sebuah universitas swasta di Banyuwangi yang tengah PPL (Praktek Pengalaman Lapangan/praktek mengajar) di tempat kerja saya melakukan tindakan di luar etika yang sungguh tidak pantas dilakukan oleh seorang calon guru!

Di sekolah (SMP) tempat saya mengajar tengah diadakan lomba Mading. Seluruh Kelas pun sibuk mempersiapkan Mading untuk lomba tersebut. Sepulang sekolah, bahkan sampai sore mereka bertahan di sekolah untuk mengerjakan Mading.

Kemarin pun begitu, pukul 3 sore sekolah masih ramai. Tampak seorang mahasiswa PPL (kebetulan dia Ketua tim PPL) datang ke sekolah. Saya pikir akan membantu anak-anak. Eh, ternyata adik mahasiswa tersebut malah mojok dengan seorang siswi di dalam masjid sekolah, di samping mimbar khotbah.

Ya, saya tahulah, saya pun pernah menjadi mahasiswa. Saya dulu PPL di sebuah SMA yang usia murid-muridnya hanya terpaut 4 tahun di bawah saya. Pastilah ada kemungkinan ketertarikan, dari siswa ke guru PPL atau sebaliknya. Tetapi setidaknya pikiran jernih dan etika tetap dikedepankan, mengingat mahasiswa tersebut membutuhkan kerjasama dan bantuan dari pihak sekolah. tidak hanya itu, PPL adalah ajang berlatih, baik berlatih dalam kegiatan mengajar maupun berlatih pengendalian emosi berinteraksi dengan murid.

Kembali ke kejadian di sekolah. Yang dilakukan oleh adik mahasiswa tersebut dengan siswi saya adalah berpelukan dan berciuman. DI DALAM MASJID SEKOLAH.

Kontan saja teman-teman guru yang memergoki adegan tersebut marah dan menegur mereka berdua. Sungguh kami kecewa terhadap adik mahasiswa tersebut. Padahal saat itu di sekolah sedang ramai, banyak murid. Kalau memang tidak bisa membendung gairah, apakah tidak ada tempat lain selain di sekolah? Di dalam Masjid pula!! Duh, geleng-geleng kepala saya atas kejadian ini.

Kalau (calon) guru saja seperti itu, mau diarahkan ke mana murid-muridnya?

Tolong jangan ditiru!
Salam Hangat…
Hidup Dunia Pendidikan!

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.