Kenalilah Isyarat atau Tanda-tanda ini!

Kenalilah Isyarat atau Tanda-tanda ini!

 

Oleh Djoko Rahardjo*)

 

1.   Bila langit mendung putih tebal dan merata, itu pertanda akan turun hujan lebat dan berlangsung lama.

2.   Bila Anda mendaki puncak gunung ada awan putih yang melingkari  kerucut puncak gunung seperti cincin, itu pertanda akan turun badai.

3.   Bila menjelang magrib atau subuh ada suara anjing merintih panjang, tiba-tiba bulu kuduk  Anda berdiri, hati (perasaan) berdesir, dan badan terasa dingin sekali, itu pertanda makhluk “jin” akan melewati tempat Anda berada.

4.   Bila di suatu tempat (rumah atau warung) ada tulisan “ada” atau “sate ada”, itu pertanda pemilik tempat,  menjual “daging anjing” atau “sate daging anjing”.

5.   Bila di terminal bus atau di dalam bus kota, ada dua orang atau lebih melipat “krah bajunya” kearah dalam, itu pertanda “dilarang menyopet sesama pencopet”.

6.   Bila tengah malam di jalan raya ada rombongan mobil yang membunyikan klakson/bel dengan suara berulang-ulang, itu pertanda perlu waspada karena mobil ke-1 (penunjuk jalan), mobil ke-2 (eksekutor) yang mengangkat ban depan mobil ke-3 (mobil curian), dan mobil ke-4 melaju dengan “zig-zag” bertugas menghalangi kendaraan lain yang akan menyalip. Sebaiknya Anda harus minggir sebab kalau tidak,  resikonya “ditabrak” atau “ditembak”.

7.   Bila di dermaga pelabuhan “kapal barang” terdengar suara bel berbunyi panjang (aba-aba kapal akan berangkat),  padahal jadwal pemberangkatan  kapal “masih lama”, di dalam kapal terlihat masih longgar, sementara itu truk-truk yang bermuatan penuh masih banyak yang belum terangkut, itu pertanda “nakhoda kapal” minta kepada” para sopir truk” untuk segera mengumpulkan “uang urunan/angpao”.

8.   Bila isteri Anda “belum mandi” tetapi sudah kelihatan “cantik”, matanya berbinar-binar, pipinya merah merona, tubuhnya berbau khas (wangi walaupun tidak memakai parfum), berbicaranya  manja dan “sedikit puitis”, gerakan tubuhnya kelihatan “erotis”, itu pertanda sel telur “sudah masak dan siap untuk dibuahi”.

9.   Bila Anda menjumpai orang yang memakai “kopiah hitam” di Kantor Subbag Sarana Pendidikan UM dan memandangi laptop dengan serius, itu pertanda “saya (penulis)” sedang asyik bekerja.

10. Bila ada orang yang memakai “kopiah hitam” pulang dari sholat di Masjid Al-Hikmah UM dengan “berjalan menunduk sambil berdoa”, itu pertanda seseorang sedang kesulitan ekonomi karena gajinya habis/ludes dipotong oleh KPRI UM untuk mengangsur rumah (harap dimaklumi ybs. akan pensiun pada bulan April tahun 2014 tetapi belum mempunyai rumah). Dia selalu berdoa” Ya Allah,  Ya… Tuhan kami, berilah saya tambahan rezeki yang barokah agar dapat membeli beras dan sembako yang lainnya”.  Kira-kira orang itu siapa? Kalau Anda tahu pasti akan tertawa, ha…ha…ha….

 

*) Staf Subbag Sarana Pendidikan BAAKPSI UM

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.