Kontribusi Subdomain UM per 7 Mei 2011

PENDAHULUAN

LCWCU UM (http://lcwcu.um.ac.id) meneliti kontribusi subdomain yang ada di website UM. Indikator yang diukur adalah indikator yang diperhitungkan dalam pemeringkatan Webometrics. Nilai juga dihitung dengan metodologi Webometrics.

HASIL PENGUKURAN

Klik gambar untuk memperbesar.


KESIMPULAN

  1. Subdomain yang “BERKEMBANG” adalah subdomain yang diperhatikan secara langsung oleh pimpinan tertinggi unit kerja atau sukarelawan.
  2. Banyak subdomain yang “PINGSAN” karena tidak diisi dengan informasi terbaru.
  3. Subdomain Community yang punya kontribusi sangat besar, sedang “SAKIT” karena security server ditembus oleh peretas (hacker).
  4. Subdomain BLOGS yang punya kontribusi nomor satu (8.000 rich files), sudah “MATI” karena security server ditembus oleh peretas, semua file dihapus, dan sistem backup tidak berfungsi.
  5. Beberapa sukarelawan “MUNDUR” karena tidak ada dukungan.

 

PENUTUP

UM mempunyai sejarah yang baik dalam pemeringkatan Webometrics yaitu sejak Juli 2009 – Januari 2011 dengan pencapaian peringkat Dunia: 2791, 1256, 1744, 1018 dan peringkat Indonesia: 13, 6, 12, 10. Tinggal sedikit lagi, UM akan berhasil masuk 1.000 besar dunia.

Walaupun ada pihak yang tidak antusias dengan pencapaian pemeringkatan Webometrics, LCWCU berpendapat bahwa UM perlu memberi perhatian pada pemeringkatan ini. Ini salah satu pemeringkatan perguruan tinggi dunia yang sudah mulai mendapat kepercayaan. Selain itu, prestasi UM dalam pemeringkatan lainnya belum sebaik di pemeringkatan Webometrics. Jangan sampai terjadi

Mengharap burung terbang tinggi, punai di tangan dilepaskan.

Mari kita kembangkan subdomain yang berada di um.ac.id.

Malang, 7 Mei 2011

Johanis Rampisela (Peneliti LCWCU)

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.