Penerapan Teknologi Anti-spam di Komentar Berkarya

Sejak bulan Desember 2010, Berkarya mulai dibanjiri dengan spam komentar. Spam komentar adalah komentar yang dikirim secara otomatis menggunakan mesin untuk mempromosikan sesuatu. Spam komentar di Berkarya rata-rata 100 buah setiap hari. Komentar-komentar yang diduga spam akan otomatis digolongkan spam oleh Berkarya. Ada fasilitas untuk membuang semua komentar spam sekaligus tetapi redaksi kuatir menggunakan fasilitas ini karena biasanya ada juga komentar berguna yang kebetulan digolongkan spam. Akibatnya, redaksi perlu waktu tambahan untuk memeriksa 100 komentar setiap hari.

Atas dasar pertimbangan tersebut maka mulai 1 Mei 2011 diterapkan teknologi anti-spam yaitu CAPTCHA. Teknologi ini mengharuskan komentator mengisi angka atau huruf yang diletakkan bersama gambar pengacau. Hal ini untuk memastikan bahwa pengisi komentator adalah manusia, bukan mesin.


  • Sebagai contoh, gambar di atas menunjukkan angka atau huruf S4DD. Komentator harus mengisikannya pada kotak yang berisi kode captcha (boleh tidak kapital).
  • Jika huruf atau angka tidak jelas bisa menekan gambar speaker untuk mendengar ejaannya.
  • Jika ingin mengganti huruf atau angka maka tekan tombol refresh (di bawah gambar speaker) untuk memunculkan huruf atau angka yang ada.
  • Setelah mengisi ini barulah komentar bisa dikirim (submit).

Teknologi CAPTCHA (Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart) sudah ada sejak tahun 2000. Baru diterapkan di Berkarya karena sudah diperlukan. Selamat menggunakan.

 

Malang, 8 Mei 2011

Johanis Rampisela (Ketua Divisi Perangkat Lunak)

Komentar ditutup.

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.