Eksis Tidak Harus dengan Facebook

Ferril Irham Muzaki Fs-UM

 

Ada sebuah jargon yang menggema di kalangan pecinta facebook.com, untuk menjadi seorang yang eksis, setiap orang perlu mempunyai akun Facebook dan kalau perlu update status secara tetap. Pertanyaannya apa iya? Saya dulu berpendapat senada dengan jargon di atas, namun setelah berpikir secara dalam, saya mulai mempertanyakan jargon tersebut. Setelah berbagi ide dengan seorang anggota komunitas berkarya.um.ac.id, saya berani menyimpulkan, seseorang akan lebih eksis tanpa facebook. Ada 3 alasan mendasar yang menjadi alasan saya berpendapat demikian:

  1. Ruang gerak Facebook sangat terbatas. Sudah menjadi rahasia umum, Facebook memiliki batasan dalam menulis status, kurang lebih 420 karakter. Kalau sudah begini, ide yang disampaikan akan terbatas. Blog gratis seperti blogger.com dan wordpress.com memiliki ruang yang lebih bahkan nyaris tidak terbatas. Untuk orang-orang yang ingin menuangkan gagasan jelas ada nilai plus menggunakan blog, meskipun gratis.
  2. Facebook terkesan hanya untuk main-main. Siapapun bisa membuat akun Facebook dan membagikan apapun yang ada di dalam pikiran pemilik akun. Sayangnya, karena mudahnya dicari melalui fitur cari dan begitu mudahnya memberi komentar, malah-malah menurunkan nilai jual dari sebuah “status” facebook. Status facebook yang kesannya main-main seperti “lagi sedih.com” dengan mudah mendapat tanggapan. Dalam blog, status seperti itu jelas-jelas tidak akan mendapat tanggapan. Tulisan di blog menuntut kreativitas  dan intelektualitas. Isi-isi blog yang main-main jelas tidak akan mendapat perhatian.
  3. Facebook sulit untuk dimoderasi. Memang betul, Facebook adalah media jejaring komunikasi yang mudah dan efisien dalam berkomunikasi. Namun, perlu dicatat, Facebook memiliki kelemahan, setiap komentar langsung dimuat tanpa moderasi. Jelas ini membahayakan pemilik status, apalagi jika status mereka dikomentari dengan komentar yang merujuk pada SARA (suku, agama dan ras). Kalau sudah begini, malah akan menjadi harimau bagi pemilik status, menurut UU ITE.

Dengan argumen-argumen di atas, saya memutuskan untuk mengambil langkah berpindah dunia, dari dunia Facebook ke dunia blog. Silahkan bagi yang tidak setuju, menanggapi dengan menulis komentar di forum yang disediakan.

4 comments to Eksis Tidak Harus dengan Facebook

  • faiz mahfudin

    gag semuanya eksis harus pakek blackberry,
    pakek sony ericcson w200pun juga bisa eksis…

  • Franisca

    mo ngeksis, ngeksis aja bro. . .dunia maya “eksis”, dunia nyata pun harus lebih “ngeksis” 😀

  • Kenapa facebook harus dikambing hitamkan? Kegiatan blogging dan berkomunikasi melalui jejaring sosial adalah kegiatan yang hampir sama tapi berbeda. Jejaring sosial dibuat sedemikian rupa dengan fitur-fitur yang berbeda satu sama lainnya, jika anda ingin menuangkan ide dalam bentuk paragraph, media yang paling pas memang blogging. Tapi kalau anda ingin menyampaikan pesan singkat untuk didengarkan orang banyak, jejaring sosial adalah pilihan yang tepat. Terlepas apakah ide/pesan yang disampaikan itu main-main atau serius itu terserah kepada pengguna, sistem tidak bisa disalahkan karena hal tersebut. Kegiatan blogging juga bisa hanya untuk “main-main” saja, seperti sekedar menulis satu kalimat lalu dipublish, membuat artikel COPAS untuk meningkatkan jumlah pengunjung, dll.

    Blog dan jejaring sosial adalah salah satu Social Media dengan arsitektur yang berbeda. Jika anda ingin “eksis”, salah besar jika hanya memanfaatkan Facebook saja atau blogging saja. Forum seperti kaskus, dan bergabung dengan berbagai jenis jejaring sosial itu perlu jika anda ingin “eksis”. Dengan teknologi web 2.0 saat ini, anda juga dapat melakukan sinergi semua kegiatan blogging, jejaring sosial, forum, menjadi satu yang biasa kita kenal dengan “share”. Tapi akan lebih eksis lagi kalau Anda tidak sekedar eksis di dunia maya, tapi eksis pula di dunia nyata. Contohnya: mengikuti berbagai jenis kegiatan organisasi, berdagang atau bahkan berprestasi.

    Devid Haryalesmana W.
    S1 Pendidikan Teknik Informatika 2007

  • irvan

    eksis lagi kalo pake Blackberry
    bisa online kemana-mana…
    bisa facebook kemana-mana
    bisa nge-blog kemana-mana

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.