Webometrics Juli 2011: UM Peringkat 6 Indonesia

Hasil pemeringkatan Webometrics 30 Juli 2011: Universitas Negeri Malang (UM) menempati peringkat 6 Indonesia (dari 351 ), 32 Asia Tenggara (dari 1.008), dan 1.218 Dunia (dari 19.266). Sejarah UM dalam peringkat Webometrics sebagai berikut.

 

Prestasi ini bisa dicapai berkat kerja sama banyak pihak yang memberikan perhatian kepada Website UM. Beberapa pihak yang rajin mengisi website UM, antara lain: Humas, Perpustakaan, Kemahasiswaan, PSI, PK, FS, PPs, FIS, FMIPA, FIK, PSG15, Musik (diurus oleh Ismail Fahmi), LCWCU (diurus oleh Anida Etikawati). Banyak juga pribadi-pribadi yang bekerja di belakang layar yang dikenal dengan nama Pasukan Webometrics UM yang ikut membangun prestasi Webometrics UM.

Sejak Juli 2009 – Juli 2011, saya ditugaskan dan juga merasa terpanggil untuk mengawal peringkat Webometrics UM berkaitan dengan penugasan sebagai Ketua Divisi Perangkat Lunak. Saya berharap, setelah saya mundur  (per 11 Juli 2011) maka ada orang yang bertugas mengawal peringkat Webometrics UM. Tanpa pengawalan serius, peringkat UM akan merosot drastis (tidak masuk 13 besar) , tertinggal dari dua Arema lainnya yang sedang menanjak prestasinya yaitu UMM (dari peringkat 18 menjadi 8 ) dan UB (dari peringkat 29 menjadi 15). Dengan pengawalan, UM akan berada di posisi 10 besar atau bahkan menorehkan prestasi baru yaitu masuk 5 besar Indonesia.

Berikut ini peringkat lengkap perguruan tinggi Indonesia yang masuk peringkat 12.000 dunia. Perguruan tinggi yang diblok ungu adalah perguruan tinggi yang pernah mengikuti Lokakarya Nasional Webometrics yang diselenggarakan oleh Learning Center for World Class University (LCWCU) UM tahun 2010 atau 2011.

Malang, 30 Juli 2011

Johanis Rampisela

Peneliti Webometrics  dan Mantan Ketua Divisi Perangkat Lunak UM (2 Juni 2008 – 11 Juli 2011)

12 comments to Webometrics Juli 2011: UM Peringkat 6 Indonesia

  • Keren,..

    Semangat buat UM!!

  • Selamat buat UM,..

    Semoga bisa berjaya,..
    Amiin,..

  • @dewi,TEP yang berhasil masuk peringkat Webometrics adalah TEP UNESA (bukan TEP UM) alamatnya tp.ac.id.

    TEP UM juga masih menggunakan domain sendiri yaitu tep.ac.id.

    Memang sebaiknya semua prodi merupakan subdomain dari domain perguruan tingginya.

    Johanis Rampisela
    Peneliti Webometrics

  • saya setuju jika TEP seharusnya masuk ke domain kampus UM..

  • Johanis Rampisela

    Sebaiknya prodi bergabung pada domain universitas karena Webometrics adalah pemeringkatan perguruan tinggi (bukan prodi).

  • TEP

    Selamat untuk UM, selamat untuk TEP ..satu satunya web tingkat prodi yg menembus webometrics

  • Selamat untuk UM, semoga semakin JAYA.
    Untuk Pak Jo, Ibu Nida, dkk …. LUAR BIASA

  • awe

    Alhamdullilah…semoga webometrics UM tetap berjaya..dan lebih di tingkatkan lagi…dan sedikit saran sistem keamanannya lebih di tingkatkan…
    terima kasih…

  • Alhamdulillaaah 🙂 selamat untuk UM, akhirnya bisa bertengger kembali di posisi 6… semoga kedepannya bisa masuk tiga besar… amiinn ya rabbaal aaalamin………

  • ARA

    Prestasi yang membanggakan.

    Semoga di kesempatan berikutnya Universitas Negeri Malang mampu menembus lima besar atau bahkan tiga besar peringkat Webometrics di Indonesia.

    Sukses selalu untuk Pasukan Webometrics UM.

  • Alhamdulillah…ikut merasa bangga ketika UM kembali menaikkan bendera ke posisi 6 Indonesia. prestasi agung ini tentunya karena kerja keras dan pengawalan yang kuat serta cermat oleh Pak Jo, pasukan Webometrics, dan jajaran yang lain.
    Selamat atas prestasi ini Pak Jo.
    Selamat untuk UM tercinta.

  • Nike

    Selamat atas prestasi UM dalam menempati peringkat 6 Indonesia pada Webometrics Juli 2011. Semoga berikutnya UM dapat mempertahankan prestasi bahkan bisa menaikkan posisi lebih baik lagi.

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.