Plus minus MOdif KRS bagi mahasiswa

Menjelang pendaftaran KRS di awal perkuliahan, hampir seluruh mahasiswa disibukkan dengan kegiatan ini. Mereka akan sibuk melihat jadwal dan dosen mata kuliah yang akan ditempuh. Memang, UM sekarang menerapkan proses pendaftaran KRS atau yang lebih mudah disebut dengan KRSan, dengan cara online. Cara ini sangat efisien karena mahasiswa bisa ber-KRS-an di manapun, yang penting mereka terkoneksi dengan internet. Tidak seperti dulu yang harus mengantri di depan lab.komputer fakultas masing-masing.

Hal yang tak mungkin terpisahkan dari KRS-an adalah MOdif KRS. Sebenarnya, setiap mahasiswa sudah mendapatkan jatah mata kuliah, dosen, sekaligus jadwalnya. Akan tetapi, berbagai macam faktor membuat mereka harus melakukan modif.

Modif KRS adalah hal yang lumrah bagi mahasiswa. Dengan cara ini, mahasiswa bisa mengubah dosen sekaligus jadwal yang telah dijatahkan kepadanya. Selain bertujuan untuk mendapatkan dosen yang “mudah”, mereka juga mencari jadwal kuliah yang pas dan sesuai dengan keinginan.¬†Proses modif memang jalan yang bagus untuk memberikan kebebasan pada mahasiswa untuk menentukan konsep kuliah yang terbaik bagi diri mereka. Dengan adanya modif ¬†ini, diharapkan para mahasiswa bisa mendapatkan yang terbaik bagi proses perkuliahan.

Di satu sisi, layanan modif KRS memang harus diberikan kepada mahasiswa. Akan tetapi, layanan ini pun memiliki efek negatif kepada mahasiswa yaitu mengganggu kestabilan kelas. Banyaknya mahasiswa yang modif membuat kelas yang semula sudah kondusif, menjadi terganggu. Kelas yang baik adalah kelas yang berisi orang-orang dengan keterkaitan psikologis yang baik. adanya orang-orang baru membuat suasana kelas menjadi canggung dan aneh. Hal ini tentu akan berdampak pada proses perkuliahan yang menuntut mahasiswa untuk bersatu padu menghadapi tugas perkuliahan. padahal, Sudah hal yang lumrah jika manusia bisa nyaman bekerjasama dengan orang yang mereka kenal.

Modif KRS memang tak bisa dihilangkan. Pihak kampus pun pasti memiliki berbagai pertimbangan saat memutuskan untuk memberikan layanan ini kepada mahasiswa. Yang terpenting adalah, tetap berusaha meningkatkan layanan kampus demi terciptanya masa depan yang lebih baik.

 

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.