Plus minus MOdif KRS bagi mahasiswa

Menjelang pendaftaran KRS di awal perkuliahan, hampir seluruh mahasiswa disibukkan dengan kegiatan ini. Mereka akan sibuk melihat jadwal dan dosen mata kuliah yang akan ditempuh. Memang, UM sekarang menerapkan proses pendaftaran KRS atau yang lebih mudah disebut dengan KRSan, dengan cara online. Cara ini sangat efisien karena mahasiswa bisa ber-KRS-an di manapun, yang penting mereka terkoneksi dengan internet. Tidak seperti dulu yang harus mengantri di depan lab.komputer fakultas masing-masing.

Hal yang tak mungkin terpisahkan dari KRS-an adalah MOdif KRS. Sebenarnya, setiap mahasiswa sudah mendapatkan jatah mata kuliah, dosen, sekaligus jadwalnya. Akan tetapi, berbagai macam faktor membuat mereka harus melakukan modif.

Modif KRS adalah hal yang lumrah bagi mahasiswa. Dengan cara ini, mahasiswa bisa mengubah dosen sekaligus jadwal yang telah dijatahkan kepadanya. Selain bertujuan untuk mendapatkan dosen yang “mudah”, mereka juga mencari jadwal kuliah yang pas dan sesuai dengan keinginan.¬†Proses modif memang jalan yang bagus untuk memberikan kebebasan pada mahasiswa untuk menentukan konsep kuliah yang terbaik bagi diri mereka. Dengan adanya modif ¬†ini, diharapkan para mahasiswa bisa mendapatkan yang terbaik bagi proses perkuliahan.

Di satu sisi, layanan modif KRS memang harus diberikan kepada mahasiswa. Akan tetapi, layanan ini pun memiliki efek negatif kepada mahasiswa yaitu mengganggu kestabilan kelas. Banyaknya mahasiswa yang modif membuat kelas yang semula sudah kondusif, menjadi terganggu. Kelas yang baik adalah kelas yang berisi orang-orang dengan keterkaitan psikologis yang baik. adanya orang-orang baru membuat suasana kelas menjadi canggung dan aneh. Hal ini tentu akan berdampak pada proses perkuliahan yang menuntut mahasiswa untuk bersatu padu menghadapi tugas perkuliahan. padahal, Sudah hal yang lumrah jika manusia bisa nyaman bekerjasama dengan orang yang mereka kenal.

Modif KRS memang tak bisa dihilangkan. Pihak kampus pun pasti memiliki berbagai pertimbangan saat memutuskan untuk memberikan layanan ini kepada mahasiswa. Yang terpenting adalah, tetap berusaha meningkatkan layanan kampus demi terciptanya masa depan yang lebih baik.

 

4 comments to Plus minus MOdif KRS bagi mahasiswa

  • Bolank

    Perubahan pasti membawa dampak, baik positif dan dipastikan juga ada hal yang negatif.

    Modif KRS hal yang lumrah dan wajar di setiap perguruan tinggi, tidak hanya di UM saja. Tapi tingkat layanan, efektivitas, dan tepat sasarannya yang masih perlu ditingkatkan perbaikannya, juga tidak terlepas dari hal yang negatif yang mestinya terus diminimalisir.

    Saya sepertinya kurang setuju dg efek negatif “mengganggu kestabilan kelas” karena sebagai mahasiswa nantinya kita juga dituntut terjun ke dunia yang lebih serba baru. Tapi ada hal yang saya garis bawahi dari pengalaman pribadi di awal-awal adanya KRS online.
    Hal yang sangat saya rasakan waktu itu adalah hukum rimba, siapa cepat dia dapat. Hal ini mungkin tidak begitu berdampak bagi mahasiswa pada umumnya, pengalaman itu merupakan awal dari keterlambatan dan keterlambatan saya dalam menyelesaikan masa studi. Betapa tidak, bagi saya yang waktu itu harus terlambat registrasi, nyaris tidak mendapatkan jatah matakuliah satupun di kelas saya sendiri. Semua matakuliah yang seharusnya menjadi “jatah” saya sudah penuh terisi oleh kelas-kelas yang lain. Dan adakah keadilan waktu itu, dan jawaban waktu itu adalah TIDAK. Saya terpaksa hanya mendapat jatah SKS separuh dari total sks yang dapat saya tempuh karena jadwal yang bersamaan.
    Ini adalah pengalamanku beberapa tahun yang lalu, semoga bisa dijadikan masukan untuk perbaikan dimasa mendatang, dan tidak ada lg mahasiswa yang harus bernasib seperti saya.

    Salam

  • Satrya

    Saya setuju dengan saudara Ferril Irham, kadang kita tak bisa selamanya dengan teman-teman kita. Suatu saat pasti kita akan menemui orang-orang yang baru dengan karakteristik berbeda. Inilah seninya…

  • Akbar A

    Asslm wr. wb.
    Saya hanya ingin memberikan masukan untuk KRS UM. Selama ini saya masih belum bisa benar2 merasakan manfaat dari KRS tersebut, sebab dalam pengambilan mata kuliah kelasnya terlalu dibatasi, sehingga banyak mahasiswa tidak mendapatkan kelas. Seharusnya apabila ada mahasiswa yang tidak kebagian kelas atau mahasiswa yang akan mengambil matakuliah tetapi kelasnya telah penuh, diberikan kelas baru.
    Sebab masih banyak mahasiswa yang ingin melakukan pengulangan atau perbaikan nilai matakuliah selalu terbentur masalah keterbatasan kelas. Padahal hal tersebut dapat menghambat kelulusan mahasiswa.
    Terima kasih
    Wassslm wr.wb.

  • Ferril Irham Muzaki

    Wah… saya kurang setuju poin efek negatif. Menurut saya justru itu efek positif… karena kita dalam dunia pekerjaan harus mampu bekerja sama dengan setiap orang

    Ferril Irham

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.