Prediksi 10 Besar Webometrics Indonesia Januari 2012

Pemeringkatan Webometrics berdasarkan pada (1) isi dan (2) keterkenalan website. Isi diukur berdasarkan jumlah size, rich files, dan scholar. Keterkenalan diukur berdasarkan indikator visibility. Pemeringkatan sudah dilakukan sejak tahun 2004 dan diumumkan setiap bulan Januari dan Juli. Berikut ini prediksi untuk pemeringkatan Januari 2012.

Yang berpotensi masuk 10 besar perguruan tinggi Indonesia pemeringkatan Webometrics Januari 2012

  • 10 Perguruan tinggi yang masuk 10 besar pemeringkatan Webometrics Juli 2011: 1-UI, 2-ITB, 3-UGM, 4-Gunadarma, 5-IPB, 6-UM, 7-Petra, 8-UMM, 9-ITS, 10-Undip.
  • 3 Perguruan tinggi yang termasuk 10 besar pemeringkatan Webometrics Januari 2011: 11-Unand (Januari: 8), 12-UNS (Januari: 16), 13-Unair (Januari: 4).
  • 3 Perguruan tinggi yang punya perhatian dan sedang menambah indikator Webometrics dan memahami metode pemeringkatannya: 15-UB, 16-UMY, 23-Unpad.

Total ada 16 perguruan tinggi yang berpeluang masuk 10 besar. Analisis berdasarkan kombinasi (1) jumlah indikator 21 Agustus 2012, (2) akselerasi, (3) tekad pimpinan universitas/tim Webometrics menghasilkan prediksi sebagai berikut.

  • 1-UI, 2-ITB

UI meraih  nilai sedikit lebih tinggi dari ITB sehingga menempati peringkat 1.

  • 3-Gunadarma, 4-UGM

Gunadarma meraih nilai sedikit lebih tinggi dari UGM. Gunadarma sangat kuat nilai rich files sedangkan UGM justru sangat lemah di rich files.

  • 5-IPB

IPB memahami metode pemeringkatan Webometrics (alumni Lokakarya Nasional Webometrics  LCWCU UM April 2010 ) dan mantap pada peringkat 5. Nilai IPB agak jauh di bawah UGM dan agak jauh di atas UM.

  • 6-UM, 7-UMM, 8-UB

UM diprediksi pada peringkat 6 (sebelumnya 6) karena menguat rich files-nya.

UMM diprediksi pada peringkat 7 (sebelumnya 8 ) karena menguat scholarnya.

UB diprediksi pada peringkat 8 (sebelumnya 15) karena (1) memahami metode pemeringkatan Webometrics (alumni Lokakarya Nasional Webometrics  LCWCU UM Maret 2011 ), (2) sudah meloncat dari peringkat 29 menjadi 15, (3) masih melakukan akselerasi indikator Webometrics, dan (4) masih punya banyak dokumen yang belum dipublikasikan.

Selisih nilai ke-3 perguruan tinggi asal Malang ini cukup kecil sehingga sangat mungkin peringkat dalam 1-2 bulan mendatang berubah menjadi 6-UB, 7-UMM, dan 8-UM. Hal ini dimungkinkan karena UB sedang berprestasi dan UM sedang menurun tanpa pengawal.

  • 9-ITS, 10-Unand

ITS (sebelumnya 9) dan Unand (sebelumnya 11) dipredikasi stabil pada peringkat 9-10 karena perbedaan nilai yang cukup besar dengan atas atau bawahnya.

 

Unpad diprediksi akan menjadi bintang baru dalam 10 besar dan akan menyisip pada peringkat 7 (sebelumnya  23) karena (1) memahami metode pemeringkatan Webometrics (alumni Lokakarya Nasional Webometrics LCWCU UM Maret 2011), (2) Komitmen Rektor/PR/Direktur DCistem/Perpustakaan dan dukungan dana yang kuat, (3) Mengundang peneliti Webometrics LCWCU UM selama 2 minggu di Unpad untuk melakukan audit indikator Webometrics, (4) Hasil kerja dalam bulan Agustus 2012 sudah berhasil menaikkan peringkatnya dari 23 menjadi 20.

Prediksi ini masih akan diperbaiki lagi sesuai perkembangan indikator masing-masig perguruan tinggi.

 

Malang, 21 Agustus 2011

Johanis Rampisela

Peneliti Webometrics LCWCU UM

15 comments to Prediksi 10 Besar Webometrics Indonesia Januari 2012

  • @IVAN UAJY,
    Perhitungan sementara untuk khusus PT Yogyakarta: UGM, UII, UMY, UNY, UAJY. Maaf saya tidak menghitung sampai 10 besar Yogyakarta.

  • @Jonk
    G-Factor adalah link yang berasal dari perguruan tinggi yang termasuk 1000 besar dunia versi webometrics. Sebelumnya bisa dihitung dengan menggunakan perintah tertentu pada Yahoo Site Explorer.

    Sejal Yahoo diambil alih oleh Bing, maka fasilitas Yahoo Site Explorer untuk menghitung inlink menjadi tidak berfungsi. Sampai saat ini belum ada pengumuman dari Webometrics tentang perhitungan inlink.

  • Siang pak Johanis. Mau nanya kalo 10 besar peringkat Webometris untuk wilayah Yogyakarta bagaimana ya prediksinya. Terima Kasih

  • jonk

    Pak Johanis, untuk pengukuran webometrics Januari 2011 ada tambahan G-Factor. Itu bagaimana menghitungnya? Oia, untuk site explorer yahoo juga tak coba gak bisa (malam ini). Padahal sebelumnya bisa. Apa ada perubahan juga?

    Terima kasih

  • Menurut saya.. dari poin2 tersebut UM cuma kurang tambahan Dana deh? Bagaimana dengan yang lain?

  • @Agus Wiratmaka,
    Webometrics akan mengambil data sejak 1-15 Januari 2012 dan mengumumkan hasil di akhir Januari atau awal Februari 2012.

  • Agus WIratmaka

    membaca pengumuman di Web Webometrics ada perubahan dalam elemen penilaian.

    Kira-kira kalau penilaiannya Januari 2012, kapa sih tim Webometrics mengambil data untuk penilaian? APakah mulai desember ini?

  • inf

    ayooooooooooo semangat IPB ^o^

  • Johanis Rampisela

    @zia,
    Pemeringkatan THE-QS hanya berlangsung 2004-2009, setelah itu sudah tidak ada lagi karena pecah menjadi pemeringkatan QS dan pemeringkatan THE. Pemeringkatan THE-QS menarik biaya pendaftaran (US$ 10 ribu), biaya tahunan (US$ 5 ribu), dan menerima pemasangan iklan di websitenya. Jumlah peserta sangat terbatas karena besarnya biaya pendaftaran dan biaya tahunan. Banyak pihak yang menyoroti sisi komersial dari pemeringkatan ini.

    Pemeringkatan Webometrics berlangsung sejak 2004 sampai sekarang. Tidak ada biaya pendaftaran, tidak ada biaya tahunan, dan tidak menerima iklan di websitenya. Metodologi pemeringkatannya terus ditingkatkan dan sudah melibatkan 19.403 perguruan tinggi dunia.

  • zia

    kayaknya g begitu bergengsi rangking itu..
    yang di akui dunia kan THE QS…
    paling kampus UI, ITB, UGM, UB, ITS , UNAIR, IPB itu2 aja yang masuk UM??? kapan

  • @hamdani
    UIN Malang diprediksi naik ke peringkat 20 (Juli 2011: peringkat 27).
    UIN Malang rupanya bekerja terus menguatkan indikator Webometricsnya. Saya masih teringat saat seminar Webometrics di UIN Malang. Semangat dan keinginan Pak Imam Suprayogo (Rektor UIN Malang) untuk menjadi peringkat satu-dua Webomtrics di antara perguruan tinggi negeri agama Islam Indonesia. Masih teringat dnegan Pak Mudjia, Pak Sugeng, dan Pak Amin. Semangat untuk UIN Malang.

  • hamdani

    Yth Pak Johanis Rampisela, mohon prediksinya untuk peringkat Webometrics UIN Maulana Malik Ibrahim Malang untuk januari 2012, terimakasih

  • berapa persen pengaruh web fakultas dan jurusan serta unit yang ada dibawah web induk UM dalam pemeringkatan ini. dan mungkin perlu di sosialisasikan ke fakultas serta unit yang lain untuk bisa membantu web induk um, pak jo . trims

  • Yth. Pak Darmono,
    Seperti yang saya tuliskan di atas, pada saat pengukuran (21 Agustus 2011) UM memang masih peringkat 6. Selisihnya dengan UMM dan UB sangat kecil, sehingga ada kemungkinan UB akan meloncat ke peringkat 6 dan UMM tetap diperingkat 7. Kemungkinan ini bisa terkadi karena UB sudah berencana untuk mengaudit indikator Webometricsnya setelah Lebaran.

    Selain itu, Unpad juga melakukan pembenahan yang sangat serius dalam indikator Webometricsnya. Unpad sangat berpotensi untuk menyisip ke peringkat 7, walaupun pada pemeringkatan lalu berada di posisi 23. Mengapa demikian? Dalam perhitungan LCWCU, saat ini (perhitungan 24 Agustus 2011) UNpad sudah berada pada peringkat 16. Unpad meloncat 7 peringkat hanya dalam waktu 1 bulan. Jika Unpad menyisip maka UM akan tergeser ke posisi 9. Itulah kemungkinan yang sangat mungkin terjadi.

    Setelah meneliti penurunan drastis peringkat Scholar akibat perubahan metode perhitungan, saya mendukung pendapat Pak Darmono bahwa perlu strategi baru untuk meningkatkan scholar. Berbagai pihak yang peduli Webometrics perlu berunding untuk itu, saya usul agar Perpustakaan memprakarsai hal ini dengan mengundang pihak terkait, misalnya TPBJ, Kabag PSI, LCWCU, dll.

    Mudah-mudahan ide yang disampaikan Pak Darmono dapat diwujudkan sehingga UM bisa tetap di peringkat 6 atau naik ke peringkat 5. UM harus berusaha agar tidak mundur ke peringkat 9.

  • Pak Johanis Rampisela prediksi Anda tentang peringkat Webometrics untuk PT Indonesia yang Anda lakukan sebelumnya cukup akurat. Semoga prediksi Anda untuk peringkat Webometrics Januari 2012 juga akurat. Sesuai dengan prediksi Anda, semoga UM tetap bisa masuk di peringkat 6 Indonesia. Dari prediksi Anda kali ini, yang perlu dicermati dan diperhitungkan adalah UMM yang saat ini berada pada peringkat 8 Indonesia. Sangat mungkin pada pemeringkatan Webometrics Januari 2012 UMM menyalip UM. Kenapa demikian? Dari hasil peringkat Juli 2011, UMM unggul dari UM dalam aspek rich files dan sholar. Untuk peringkat Juli 2011, scholar UM merosot tajam, dari peringkat 83 (Januari 2011) terjun bebas ke peringkat 1673 (Juli 2011). Merosotnya ini karena ada perubahan perhitungan untuk scholar pada pemeringkatan Juli 2011. Kita perlu strategi untuk meningkatkan peringkat scholar kita, agar peringkat Webometrics UM untuk Januari 2012 paling tidak tetap bisa dipertahankan pada peringkat 6 Indonesia, atau akan dipacu untuk bisa masuk 5 besar Indonesia?.

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.