DIBUKA PENDAFTARAN S1-KKT dan PROGRAM SM-3T

Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan wilayah yang luas dan secara geofgrafis maupun sosiokultural sangat heterogen. Pada beberapa wilayah, penyelenggaraan pendidikan masih terdapat berbagai permasalahan, terutama pada daerah yang tergolong terdepan, terluar, dan tertinggal (daerah 3T). Terdepan adalah daerah sekitar perbatasan dengan wilayah Negara, Terluar adalah daerah terpencil; Tertinggal adalah daerah dengan kwalitas pendidikan yang masih rendah.
Sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, peningkatan mutu pendidikan di daerah 3T perlu dikelola secara khusus dan sungguh-sungguh, agar daerah 3T dapat segera maju bersama sejajar dengan daerah lain. Hal ini menjadi perhatian khusus Kementerian Pendidikan Nasional, mengingat daerah 3T memiliki peran strategis dalam memperkokoh ketahanan nasional dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Universitas Negeri Malang adalah termasuk lembaga LPTK penyelenggara Program S1 Kependidikan dengan Kewenangan Tambahan (S1-KKT) dan Program Sarjana Mendidik di Daerah 3T (SM-3T).
Program S1-KKT bertujuan untuk menghasilkan guru atau calon guru yang memiliki keunggulan dalam kompetensi sebagai guru professional dengan kewenangan tambahan mengajar mata pelajaran di luar kewenangan utama.
Syarat peserta program S1-KKT (A) mahasiswa S1 kependidikan yang telah menyelesaikan seluruh mata kuliah kewenangan utama selain skripsi dan sedang menulis skripsi, (B) lulusan S1 kependidikan yang belum menjadi guru (belum memiliki NUPTK, (C) guru S1 bersertifikan pendidik tetapi mismatch atau tidak dapat memenuhi kewajiban mengajar min.24 jam.
Program SM-3T bertujuan (1) membantu daerah 3T dalam mengatasi permasalahan pendidikan terutama kekurangan tenaga pendidik. (2) memberikan pemgalaman pengabdian kepada sarjana pendidikan sehingga terbentuk sikap professional, cinta tanah air, bela Negara, dan bertanggungjawab terhadap kemajuan bangsa. (3) mempersiapkan calon pendidik professional sebelum mengikuti Program Pendidikan Profesi Guru (PPG).
Maju bersama mencerdaskan Indonesia melalui program SM-3T di daerah 3T selama satu tahun untuk mengatasi permasalahan kekurangan tenaga pendidik dengan pembiayaan dari pemerintah pusat dan sekaligus pembekalan untuk penyiapan guru professional.
Tujuan daerah 3T:
Kab. Manggarai – NTT, Kab. Manggarai Timur – NTT.
Lulusan Program Studi Yang Dibutuhkan:
S1 Bimbingan dan Konseling, S1 Pend. Fisika, S1 Pendidikan Teknik Informatika,
S1 Pend. Guru SD, S1 Pend. Kimia, S1 Pend. Guru PAUD, S1 Pend. Biologi,
S1 Pend. Bahasa Inggris, S1 Pend. Bahasa Indonesia, S1 Pend. Jasmani dan Kesehatan, S1 Pend. Ekonomi, S1 Pendidikan Pancasila dan Kn,
S1 Pendidikan Geografi,S1 Pend. Matematika, S1 Pendidikan Sejarah, S1 Pend. Seni Tari dan Musik.

Cara Pendaftaran ada di http://um.ac.id

Malang, 12 Oktober 2011

Komentar ditutup.

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.