Khutbah Jumat Dekan FS UM di Awal Tahun 1433 Hijriah

Di Zaman ini banyak orang yang kurang peduli pada penyiapan kebutuhan hidup bagi generasi yang akan datang. Banyak pemimpin yang berbuat hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup “jangka pendek”. Begitulah kira-kira inti khutbah Jumat Prof. Dr. H. Daud, M.Pd, Dekan Fakultas Sastra UM pada tanggal 8 Muharam 1433 Hijriah (2 November 2011) di Masjid Al Hikmah UM.

Lebih jauh beliau menyontohkan, pembangunan di UM yang berupa gedung, taman dan lain-lain hasilnya akan dapat dinikmati 5 sampai 10 tahun ke depan. Penulis sependapat dengan beliau. Memang pemikiran yang bersifat futuristik ( wawasan ke depan) seringkali mendapat reaksi yang begitu kuat. Reaksi tersebut terkadang bernada “sumbang”. Sebagian dari keluarga kita masih belum “tanggap ing sasmito” atau belum tanggap akan isyarat perubahan zaman.

Pernah suatu ketika penulis berbincang-bincang dengan Prof. Dr. Djoko Saryono, M.Pd (Dosen Jurusan Sastra Indonesia FS UM) bahwa sebagian warga kita masih belum berubah pola pikirnya (mindsetnya). Sambil berkelakar beliau mengumpamakan pola pikir sebagian mereka seperti makanan “universitas rasa IKIP”. Penulis juga merasakan resep masakan tersebut. Apakah para pembaca juga merasakan resep universitas rasa IKIP? Mari kita dukung program Rektor UM untuk segera merubah mindset tersebut. Setuju…?!

Malang, 5 November 2011
Djoko Rahardjo, Subag Sardik BAAKPSI UM

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.