Mampukah “Kerja Gila” UPT Perpustakaan Mempertahankan Peringkat Webometrics UM?

Sejak Juli 2009 sampai dengan Juli 2011, UM berhasil meraih peringkat 6 sampai 13 di Indonesia. Prestasi selengkapnya  sebagai berikut.

Rencananya 31 Januari 2012, pemeringkatan Webometrics akan mengumumkan edisi Januari 2012. Bagaimanakah peluang UM dalam edisi ini?

Pemeringkatan kali ini sungguh sangat sulit diukur. Hal ini disebabkan karena beberapa hal yaitu:

  1. Pengukur indikator inlink yaitu Yahoo Inlink sudah ditiadakan oleh Yahoo sedangkan pihak Webometrics belum mengumumkan pengukur penggantinya.
  2. Pihak Webometrics juga pernah mengumumkan akan menggunakan Bing untuk mengukur inlink dan rich files tetapi hasil pengamatan saya menunjukkan hasil pengukuran yang tidak meyakinkan.
  3. Peran Google Scholar menjadi semakin kecil karena adanya subindikator Scimago Institutions Rankings (SIR) yang memiliki bobot yang sama.

Kondisi UM

  1. Sejumlah subdomain seperti berkarya, suara, sastra, kemahasiswaan, fe, dll masih tetap berjalan dengan normal.
  2. Ada sejumlah subdomain yang mati yang akan sangat mengurangi jumlah file. Subdomain yang berpengaruh antara lain: musik, software, blogs, dan buku.
  3. Ada sejumlah subdomain (misalnya blogs) yang pernah diserang hacker sehingga puluhan ribu file menjadi hilang.
  4. Ada kemungkinan hilangnya sejumlah besar inlink karena matinya sejumlah subdomain sehingga inlink kehilangan tautannya.
  5. Secara diam-diam Perpustakaan UM bekerja keras untuk mengatasi hal tersebut dengan menambahkan 200 ribu file pdf, 150 ribu file ps, dan 600 ribu file doc. Mudah-mudahan Pak Darmono sebagai Kepala Perpustakaan sanggup mencarikan uang lelah bagi teman-teman di Perpustakaan yang sudah demikian banyak sumbangannya.
  6. Sayangnya jumlah file ppt merosot drastis. Perpustakaan sudah mencoba menambah file jenis ini tetapi sayangnya masih ada kendala teknis pada servernya sehingga hasilnya masih kacau. Sebelumnya UM telah mengkoleksi sampai dengan 10 ribuan file dan sekarang merosot ke jumlah yang sangat kecil yaitu 207. Hal ini disebabkan matinya sejumlah domain dan serangan hacker yang menghapus file.
  7. Pusat TIK telah berusaha mengembangkan blog.um.ac.id tetapi sumbangannya masih sangat kecil yaitu 18 ribu size dari 1,5 juta size yang sudah dimiliki UM.

PREDIKSI

UM kemungkinan besar akan turun minimum 2 peringkat karena (1) meroketnya UMM, (2) karena turunnya ppt dan kehilangan inlink.

Mungkin untuk pertama kalinya dalam sejarah Webometrics UM, kita dengan tulus hati mengangkat dua jempol untuk Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) karena berhasil melampaui UM dan mungkin masuk ke dalam 5 besar Indonesia.

Ada sejumlah teman yang sangat pesimis dan kuatir UM terlempar di luar sepuluh besar. Saya mencoba menenangkan mereka bahwa masih ada harapan mengingat “kerja gila pahlawan tanpa tanda jasa dengan sumbangan ratusan ribu file”.

Walaupun demikian sesungguhnya saya cemas mengamati pengelolaan informasi website UM yang tanpa visi. Pengelolaan informasi website UM seharusnya dibangun dengan kerja sama banyak pihak, keterbukaan menerima kritik, dan kemauan melakukan perbaikan, bukan dibangun berdasarkan monopoli, ketertutupan, dan kediktatoran. Mudah-mudahan hal ini bisa segera diperbaiki.

Kita tunggu tanggal 31 Januari 2012, bersabarlah.

.

Malang, 28 Januari 2012

Johanis Rampisela (Dosen UM)

 

 

 

13 comments to Mampukah “Kerja Gila” UPT Perpustakaan Mempertahankan Peringkat Webometrics UM?

  • @Pak Eddy Nurmanto, Direktur DCISTEM (Development Center of Information and System Technology for Education and Management) Universitas Padjadjaran, semoga Juli 2012 Unpad sudah masuk 15 besar bahkan 10 besar. Berjuang terus, Pak.

  • @Pak Karman (Kepala UPT Pusat Komputer Universitas Tarumanagara), semoga pada periode mendatang semakin maju, Pak.

  • Analisa Pak Johanis jadi acuan kami. Terima kasih Pak Johanis.

  • Darmono

    Prof. Daud terima kasih atas perhatiannya.

  • @DARMONO
    Kasus lama terulang … layanan pengadaan untuk urusan penting LEMOT … Berapa harganya Pak Darmono? Sekitar 35 jutaan? Bagaimana kalau tetap alami kesulitan, usulkan saja via Fakultas Sastra? Kami siap bantu, Pak!

  • Eddy Nurmanto

    Analisa Pak Johanis memang selalu tajam. Unpad sangat terbantu atas semua analisis dan kritik yang diberikan. Tanpa Pak Johanis akan sulit bagi kami untuk maju dengan baik. Keberagaman yang ada di universitas memang kendala terberat untuk kita menyamakan irama berlari. Tapi dengan keinginan untuk maju saya yakin kita pasti bisa.

    Terima kasih Pak Johanis, semoga cepat pulih dan LCWCU bisa berjalan kembali. We still need you Pak.

    -dito-

  • Salam hormat dan salut atas kerja keras mitra kerja di UPT Perpustakaan. Sebagai orang bertaqwa kembalikan semua ke Yang Di Atas.

    Yang perlu diminta perhatiannya adalah kepedulian jajaran pimpinan teras UM di tingkat PR (1, 2, dan 4). jangan hanya diam saja. Jangan takut berisisiatif mendukung semangat kerja bawahan. Hanya masalah server dan alokasi biaya yang tidak besar saja mengapa tidak bisa mengkordinasikannya untuk mengatasi masalah ini.

    Jangan ada lagi tenege kompeten seperti Pak Jo yang mati dan surut langkah (walau Pak Jo tidak surut dan mati langkah, tetapi masih terus melangkah).

  • UM peringkat 16 Indonesia untuk Webometrics Januari 2012. Peringkat UMM masih di bawah UM.

    [16] 1705 Universitas Negeri Malang
    [19] 1768 Universitas Muhammadiyah Malang
    [24] 1999 Brawijaya University

    Walaupun turun, tapi setidaknya untuk kampus di Malang, kita masih di posisi atas.

  • ustadz Fuad

    pemeringkatannya jadi tanggal 31 ? kok belum juga?

  • @Yth. Pak Darmono,
    Saya sangat menghargai kerja “setengah gila” UPT Perpustakaan, tanpa hal itu, tak tahulah UM akan berada di posisi berapa.

    Memang UM melakukan langkah “ANEH”, pemeringkatan dianggap tanggung jawab setiap unit tetapi kalau berhasil maka akan tampillah para pahlawan yang sebelumnya tidur. Seharusnya memang ada komandan dan tim yang merencanakan strategi, melakukan koordinasi, dan pemantauan.

    UM ibaratnya sedang tidur sedangkan perguruan tinggi lain di Malang melakukan langkah nyata atau malah sudah berlari. Sebagai contoh, Rektor UB membentuk UNIT PEMERINGKATAN INTERNASIONAL untuk menjadi komandan pemeringkatan. Unit tersebut kemudian mengadakan lomba blog untuk unit dan dosen dengan hadiah yang menarik.

    Masa-masa indah yang kita alami bersama dalam Pasukan Webometrics yang berusaha membangun fondasi yang kuat sudah berakhir. Jika tidak dirawat dengan baik maka suatu waktu fondasi yang kuat inipun akan runtuh.

  • Yth. Pak Dawud,
    Saya memang prihatin dengan pengembangan Sistem Informasi di UM. Sesuai tugas pokok dan fungsi maka yang seharusnya memegang pengelolaan ISI website (termasuk BERKARYA dan SUARA KITA) adalah SUBAG SISTEM INFORMASI dan/atau HUMAS.

    Saat ini BERKARYA dan SUARA KITA dipegang oleh PUSAT TIK. Sayang sekali PUSAT TIK lebih menggunakan OTOT dari OTAK. Tulisan dan komentar yang mengkritik PUSAT TIK langsung dihapus. Seharusnya tulisan dijawab dengan tulisan. Ada tulisan/komentar saya yang sampai dihapus 5 kali. Setiap kali dihapus, saya terbitkan lagi. Saya bertekad untuk melawan kediktatoran tersebut.

    Saya sebagai salah satu pendiri SUARA KITA dan BERKARYA sangat sedih melihat penyalahgunaan yang saat ini terjadi dan berharap agar ada perubahan dalam pengelolaan sistem informasi di website. Mudah-mudahan suara rakyat dapat didengarkan oleh pihak yang berwenang.

  • Darmono

    Pak Jo bukan “kerja gila” yang dilakukan teman-teman perpustakaan, tetapi kerja setengah gila … he he. Sekarang tidak ada lagi koordinasi antar unit tentang bagaimana strategi UM dalam mengawal peringkat Webometrics seperti yang pernah kita lakukan dulu bersama tim Webometrics UM. Padahal metodologi pemeringkatan Webometrics tahun 2011 agak BERBEDA dengan metodologi pemeringkatan Januari tahun 2012. Saat ini nampaknya masing-masing unit berjalan sendiri-sendiri termasuk perpustakaan. Dengan segala keterbatasan peralatan yang kami miliki, Perpustakaan tetap bekerja sesuai dengan tupoksi kami. Perpustakaan sangat berterima kasih seandainya ada tambahan server untuk mengatasi keterbatasan tadi, namun usulan pengadaan server dan perangkat pendukung yang kami ajukan tahun lalu sampai saat ini belum terealisasi. Mungkin dengan peralatan yang lebih baik, Perpustakaan dapat berkontribusi secara lebih maksimal dalam dalam pemeringkatan Webometrics UM. Kita semua mencintai UM… Semoga UM tetap jaya…

    Salam

  • Kita tunggu hasilnya, Pak Jo. Hati kecil saya sih sudah tidak punya harapan apalagi do’a untuk peringkat webometrik UM. Alasannya, secara faktual,sejak Pak Jo “disingkirkan” dan mundur, tidak ada lagi kreasi dan inovasi pengelolaan untuk peningkatan pemeringkatan web dengan segala versinya …

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.