[SELESAI] PENERIMAAN MAHASISWA BARU UM TAHUN 2012

 

KLIK GAMBAR 2 KALI UNTUK MEMPERBESAR.

 

284 comments to [SELESAI] PENERIMAAN MAHASISWA BARU UM TAHUN 2012

  • @UNTUK SEMUA
    (1) KUOTA SMPDS TIDAK BISA DIKETAHUI SEKARANG KARENA JUGA BERGANTUNG PADA MABA YANG REGISTRASI MELALUI JALUR SEBELUMNYA.
    (2) PELAKSANAAN TES SMPDS DILAKSANAKAN DI UNIVERSITAS NEGERI MALANG.
    (3) SAMPAI SAAT INI, KUOTA BIDIK MISI TERNYATA BELUM ADA UNTUK JALUR SMPDS.

  • Reni Amelia

    Assalammualaikum,

    Bpk/Ibu Yth,
    Saya mau tanya, untuk lokasi ujian SPMDS dimana ya? karena tidak tercantum di dalam informasi yang ada, apakah di kampus UM atau ada juga yg dilaksanakan di jkt?tks, saya tunggu jwbnnya.

    Wassalammualaikum

  • FRENA

    Kuota nya SMPDS 2012 – 2013
    bisa dilihat dimanaa..???
    khusus Fak. FIK kalau bisaa..
    dijawaab segeraa yaaa… :-)
    terima kasih

  • mw tanya, kuota SMPDS dari Bidik Misi berapa ya?
    mohon rincinnya….
    terimakasih

  • indri

    prosedur pendaftaran SPMDS gmna ya??
    terus kalau mau lihat biaya pendidikannya dimana??

  • Erik Prambd

    saya mendaftar di SMPDS UM kenapa terjadi kesalahan di KAP dan PIN ?
    mohon solusinya…..
    thank

  • Rina Agustina

    Assalamualaikum Wr.WB

    Permisi Pak numpang tanya,
    Saya ingin sekali berkuliah di UM mengambil Jurusan Pendidikan Fisika.
    Kalau boleh tahu tinggal berapa kuota Pendidikan Fifika dan Fisika Murni di UM pada jalur Mandiri trakhir (SPMDS) ini Pak?
    Terimakasih.

  • saya angkatan lulus 2010 bisa ikut SMPDSpa tidak ya ?

  • apakah du awal masuk ada biaya lain selain UKT?? kalau ada kira2 berapa ya??

  • Ishmy Aulia

    Kuota PGSD di Jalur SMPDS ada berapa ya? terimakasih

  • dwi

    jadwal untuk jalur mandiri belum ada ya ??
    kalo ujian keterampilannya bersamaan bagaimana ?? tolong di reply makasii

  • Apakah biaya UKT itu d bayar setiap per semester juga???

  • della

    saya mau tanya kuota bidik misi di UM tinggal berapa persen ya?

  • Mengenai PKPT, apakah atribut, kelengkapan, peraturan dan informasi terkait akn disampaikan di Website? Mohon penjelasannya. Terimakasih

  • nia

    kalau maba xg d trima d jalur undangan mandiri utul rnmptn it kalau membayar uang UKT dan regristrasi adminhstrasi apa menggunakan kartu SNMPTN jga sama sama seperti yg di tqima di jalur SNMPTN??

  • kalau di matematika dan pendidikan matematika bagaimana bu? peluangnya berapa besar?

  • @yudha
    Prodi Pendidikan Teknik Informatika merupakan prodi yang paling ketat di FT karena jumlah peminatnya sangat banyak. Keketatan persaingan tahun lalu 3%, yang artinya diantara 100 orang peminat diambil 3 orang saja.

  • Yudha

    saya mau tanya kira2 utk pend teknik informatika jalur mandiri apakah peluang diterimanya besar? berapa orang yg nantinya diterima?

  • nia

    maaf sya mau tny,,
    sya khan di trima jalur undangan mandiri yg brdasarkan UTUL snmptn,dan regristrasi mulai tgal 12,13,16,,apa bisa kalau tgal 11 sya lalukan transfer uang UKT dan regristrasi administrai secara online,???apa harus nunggu dtgal 12????

  • jefry

    APA YG DI MAKSUD DG “BAWA DOKUMEN” PADA BARIS PENDAFTARAN ULANG YANG DI TERIMA?
    MOHON PENJELASANYA DOKUMEN APA SAJA ITU.

  • sari

    saya sdh melihat di tata cara pendaftaran seleksi mandiri SMPDS,,saya sdh baca kalau yang tidak di terima d jalur bidik misi undangan maupun tulis nomor KAP dan PIN masih bisa di gunakan untuk daftar bidik misi mandiri
    setelah saya coba tapi tidak bisa,,bagaimana caranya??

  • jefry

    ma’af sebelumnya,
    apa saja persyaratan lengkap yang harus di bawa saat daftar ulang, untuk jalur sleksi mandiri berdasarkan nilai ujian tulis SNMPTN?
    Mohon jawabanya secepatnya.

  • oghey

    permisii, bole tanya ?
    ujian mandiri yang tes keterampilan buat teknik informatika dan sipil di UM apa ya ?? boleh tau ga ?? makasii :)

  • permisi,mau tanya, apakah peluang diterimanya melalui jalur mandiri besar? terutama pada fakultas mipa(matematika dan pendidikan matematika)?
    serta apa benar jika um mentiadakan uang gedung, meskipun pada jalur mandiri?

  • della

    permisi, saya peserta bidik misi yang tidak lolos snmptn tulis, dan saya ingin mendaftar di jalur SMPDS, kalau memang nomer KAP dan PIN saya masih bisa untuk mendaftar di SMPDS tapi kenapa tidak bisa dipakai untuk mendaftar?
    mohon jawabannya. trimakasih

  • Rezkyka

    saya ketrima di jalur mandiri berdasarkan nilai ujian tulis SNMPTN.
    mau tanya,nanti pada saat regristasi di Gedung Sasana Budaya tanggal 12 itu saya membawa persyaratan apa saja?
    mohon jawabannya..terimakasih!

  • Yoga Perdana

    Bu mau tanya, kan yang pengumuman seleksi mandiri jalur undangan berdasarkan utul untuk bidikmisi kan tidak ada.
    Apakah yang mengikuti BIDIKMISI masih bisa mengikuti SMPDS.?

    Terima kasih

  • @andre p
    prodi tata boga dan tata busana masuk bidang IPS.

  • @yudha
    Tidak akan dibedakan antara maba yang diterima melalui jalur seleksi SNMPTN maupun institusi/mandiri.
    Kuota maba dari jalur seleksi institusi/mandiri aturannya lebih kecil dari jalur seleksi SNMPTN.

  • dhamang p

    oh iya iya saya mengerti :)
    terima kasih atas infonya, bu..

  • @dhamang p
    Karena SNMPTN jalur ujian tulis pilihannya hanya untuk program studi yang jenjang sarjana. Tidak mungkin saat Anda mendaftar SNMPTN ujian tulis dapat memilih prodi Game Animasi yang jenjang Diploma 3.

  • dhamang p

    Permisi..saya mau tanya,
    untuk seleksi mandiri jalur undangan berdasarkan utul kenapa hanya untuk program sarjana saja? kenapa dalam brosur informasi di atas tidak disebutkan kalau hanya untuk program sarjana saja?
    untuk calon mahasiswa yang mengambil program diploma tidak ada kesempatan? kebetulan saya mengambil D3 Game Animasi

    mohon informasi secepatnya, terima kasih banyak sebelumnya..

  • @Rifi
    Silahkan Anda lihat di halaman depan website UM pada pengumuman.

  • Yudha

    assalamualaikum wr.wb
    saya mau tanya mahasiswa yg lulus lewat jalur snmptn sama lewat jalur mandiri apa ada bedanya? misalnya kelas mungkin?
    dan kira2 kuota untuk mahasiswa jalur SMPDS yg diterima berapa ya? khususnya untuk pend teknik informatika, apakah lebih besar?
    terimakasih
    wassalamualiakum wr.wb

  • mungkin aja nanti jam 20.00

  • RIFI

    Ma’af saya ingin bertanya tentang jalur mandiri undangan yang berdasarkan nilai SNMPTN , pengumumannya dilihat dimana? di web nya UM kah? trimakasih

  • ass. wr. wb. saya mau nanya katnya hari ini pengumuman hasil seleksi yang tidak lolos snmptn tulis 2012, tpi koq gk da kapan ya bu????
    wass. wr. wb

  • assalamualaikum..
    saya mau tanya, pengumuman hasil seleksi mandiri berdasarkan utul SNMPTN 2012 bisa di lihat dimana dan jam berapa?
    mohon infonya yang lengkap.. terima kasih :)

  • nurida asmoro

    Dear Bpk/Ibu
    Pimpinan Universitas Malang,

    Dengan hormat,

    Sehubungan dengan rencana akan diumumkan pada hari ini untuk seleksi mandiri berdasarkan hasil nilai SNMPTN (bagi yang tidak diterima di SNMPTN) seperti pada point E rencana penerimaan mahasiswa baru,

    Sampai saat ini kami belum bisa melihat pengumuman tersebut di web UM

    Demikian mohon sekiranya memberikan informasi kapan kami bisa akses pengumuman tersebut mengingat hal ini sangat penting bagi kelanjutan kuliah kami.

    Terima kasih atas perhatian yang diberikan

    Nur asmoro

  • vivi

    maaf sebelumnya pengumuman undangan mandiri kok belum ada sampai saat ini ya.. jam berapa sebenarnya?

  • rencya

    permisii…..
    mau tanya,,
    pngumuman bagi siswa yg ditrima diUM lwat jlur mengundang bagi siswa yg tdk ditrima snmptn itu kpaan ya???
    ktax skg,,
    tp kok gk da infox???
    mkci..please reply!!!

  • della

    mau tanya, kalo peserta bidik misi yang gak lulus snmptn tes tulis dan ingin mendaftar di bidik misi jalur mandiri apa menggunakan no. KAP dan PIN yang sama waktu digunakan untuk mendaftar snmptn tes tulis?

  • Pauline

    Mohon infonya, katanya pengumuman penerimaan lewat jalur mandiri di umumkan tgl 9 juli, tp koq blum ada yach? saya telp katanya dari tgl 9 smpe 16 juli itu untuk pendaftaran seleksi mandiri? jadi bingung…

  • Permisi mau tanya, pengumuman jalur seleksi mandiri berdasarkan nilai ujian snmptn tulis tahun 2012 ini bisa dilihat dimana? terima kasih

  • Dyah ayu

    sampai sekarang kok belum ada pengumuman hasil seleksi mandiri berdasar nilai ujian tulis??
    untuk melihatnya saya harus melihat di mana??

  • yudha

    pengumuman hasil seleksi mandiri berdasarkan nilai ujian tulis snmptn mana ini? kok belum di upload ><

  • atika

    Permisi mau tanya, pengumuman jalur seleksi mandiri berdasarkan nilai ujian snmptn tulis tahun 2012 ini bisa dilihat dimana?
    Terima kasih sebelumnya..

  • Cecil Lutfa .T

    untuk biaya masuk jalur mandiri berapa ya?
    terus buat UM jangan nrima jalur belakang dong.. hehe

  • ayung

    maaf mau tanya. jam berapa ya pengumuman untuk utul SNMPTN seleksi mandiri? kok di web belum keluar
    terimakasih

  • ainur rofiq

    mohon maaf mau tanya ntuk pengumuman hasil seleksi jalur undangan institusi (mandiri) UM berdasarkan nilai ujian tulis SNMPTN bs dlhat dman?
    trmkasih.

  • dian novita

    ass..
    saya mau tanya, pengumuman hasil seleksi mandiri berdasarkan utul SNMPTN bisa di lihat dimana dan jam berapa?
    mohon jawabannya dan terima kasih..

  • fiRda nissha

    pengumuman jalur mandiri lwat nilai utuL SNMPTN jam berapa ya di umumkan ??

  • Khomariyati

    Jalur mandiri di umumkan di website ini apa di UM ny ???

  • virga

    seleksi mandiri : berdasarkan nilai ujian snmptn kok belum di umumkan ?

  • atika

    maaf, saya mau tanya untuk seleksi jalur mandiri berdasarkan ujian tulis snmptn itu bisa di liat jam berapa ya ? terimakasih

  • Chindya rizta

    saya mau tanya,saat snmptn saya memilih um jurusan bp (bimbingan konseling),apa ada peluang saya bisa masuk jalur mandiri um berdasarkan nilai snmptn?
    mohon jawabannya.

    terima kasih :D

  • Chindya rizta

    Pak,saya mau tanya soal seleksi jalur mandiri berdasarkan nilai ujian tulis snmptn,itu pengumumannya apa saya harus ke um ato saya bisa bisa liat di web um…
    mohon jawabanya sangat di harapkan.
    terima kasih.

  • Rizky

    Seleksi mandiri berdasarkan nilai ujuan tulis SNMPTN di unggah jam berapa?

  • arinda

    pendaftaran jalur mandiri kapan ya ?

  • noviendra

    oh begitu, pengumumannya itu bagaimana ya bu ya ? apa besok (tgl 9) itu langsung di umumkan siapa2 saja yang masuk kriteria ?

  • kalau d frmulir BM dlu tk trtera mngikuti ujian mandiri gmna?? apakah um mentoleris itu?? apa harus mnta rekom k skolah dlu?? mksh

  • ria

    Bu, saya mau tanya soal jalur mandiri undangan (berdasarkan nilai snmptn tulis) yang pengumumannya tanggal 9 juli 2012, itu bagaimana ya ? dapat di lihat dimana ?
    terimakasih…

  • kevin

    pengumuman seleksi mandiri berdasarkan peringkat nilai yang diperolehnya pada ujian tulis snmptn tanggal 9 nanti lihatnya dimana?
    terimakasih

  • akira

    permisi,saya ikut snmptn tulis di ptn lain tapi tdk lolos,kira2 saya bisa ikut jalur mandiri um berdasarkan nilai snmptn atau tidak ?
    terimakasih

  • saya mau tanya no rekening UM berapa?
    karena saya bingung mau bayar online tapi gatau no. rekeningnya.
    terima kasih sebelumnya

  • nova lukitawati

    saya mau tnya
    apabila pada wktu snmptn jalur tulis tidak masuk itu otomatis masuk di jalur mandiri / institusi gk ya ??
    pada wktu tes snmptn jalur tulis saya ambil fisika
    trima kasih.

  • permisi.. saya mau tanya bagaimana cara mendaftar SMPDS? terus berapa biaya uang gedung atau biaya daftar ulangnya jika diterima jalur SMPDS? apakah hanya membayar UKT saja??? terimakasih…

  • dian novita

    seleksi mandiri berdasarkan nilai ujian snmptn itu gimana??,, apa harus daftar dulu?? lalu saya bisa lihat ranking hasil ujian snmptnnya dimana?

  • ria

    permisi.. saya mau tanya bagaimana cara mendaftar SMPDS? terus berapa biaya uang gedung atau biaya daftar ulangnya jika diterima jalur SMPDS? apakah hanya membayar UKT saja???
    terimakasih sebelumnya.. :-)

  • zie

    Mau tanya tentang yg kode E itu lihat nya gimana
    mgkin ada webnya
    saya masih tidak mengerti
    mohon di jelaskan.
    terima kasih.

  • Andhika P

    Mau tanya, sewaktu membayar SPP Online di bank apa saja yang harus disertakan selain UKT yang harus dibayar? dan nomor rekening rektor UM berapa ya? Mohon maaf dan terimakasih sebelumnya ..

  • andre p

    terima kasih infonya

    untuk prodi tata boga dan tata busana trmsuk ips / ipa?

  • @andre p
    Dibuka tanggal 9 Juli 2012.

  • andre p

    maaf mw tnya
    pndftran SMPDS skrng blum dbuka?

  • @lhy
    Tidak perlu mendaftar dan membayar biaya ujian, otomatis terdaftar sebagai peserta seleksi jika saat SNMPTN ujian tulis Anda memilih prodi di UM.

  • @noviendra
    Berlaku untuk peserta ujian tulis SNMTN yang memilih prodi di UM dan tidak diterima. Otomatis menjadi peserta seleksi jalur seleksi institusi tanpa perlu mendaftar lagi dan gratis/tidak perlu membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah).

  • @lia veronika
    Bisa, peserta ujian tidak dibatasi tahun lulus.

  • lia veronica

    ass,
    saya mau tanya?
    untuk lulusan thn 2011 apa masih boleh mengikuti SMPDS?

  • @franky
    Ikut ujian program IPS.

  • noviendra

    mau tanya soal jalur mnadiri undangan (berdasarkan nilai snmptn tulis) yang pengumumannya tanggal 9 juli 2012, itu bagaimana ya ? mohon kejelasan dan tata caranya
    terimaksih :)

  • franky

    .saya mau tanya, saya jurusan IPA ingin ambil jurusan MANEJEMEN bisa langsung ikut tes progam IPS apa HARUS ikut progam IPC..? mhon jawabannnya

  • susi

    Maaf,,
    UKT untuk mahasiswa yang diterima melalui program mandiri dan reguler apa sama?
    Terima kasih

  • lhy

    mau tanya..
    yang seleksi berdasarkan hasil utul itu kita mesti daftar ke um nya atau gimana?

  • lihat rincian spp dan total biaya untuk fakultas manajemen S1 lihatnya dimana?

  • yohana rafiqah

    di seleksi mandiri berdasarkan nilai ujian tulis untuk pend. kimia kira” kuotanya berapa?

  • amalia

    permisi saya mau tanya..
    kalau lulusan SMA tahun 2009 apa masih bisa ikut jalur mandiri SMPDS?
    terimakasih

  • dani

    ass,bu saya mau tanya,untuk berjaga-jaga kalau tidak lolos snmptn tulis itu seandainya ikut jalur mandiri apa harus mendaftarkan nomor peserta snmptn?atau nanti sudah otomatis jadi peserta jalur mandiri.
    kemarin saya tes tulisnya ambil prodi dan tempat di UM bu,
    terimakasih,mohon jawabnya

  • @kurnia hardi
    Silahkan Anda baca pengumuman Seleksi Institusi Program Sarjana dan Diploma di halaman depan website UM.

  • @mad puji-yakusa
    Pin dan KAP bidikmisi bisa digunakan untuk mendaftar jalur seleksi institusi di UM, tehnis penggunaannya akan diumumkan pada tanggal 9 Juli 2012.

  • Haryanto

    Klo yang jalur mandiri lewat undangan berdasarkan nilai hasil snmptn tulis yg diumumkan tgl 9 Juli 2012, kriterianya berdasarkan apa Bu?

  • kurnia hardi

    Mau tanya
    1. Apa saja yg dbutuhkan wktu pndaftran smpds?
    2. Apa saja yg dbutuhkan wktu registrasi bila diterima smpds?

  • assalamualaikum, maaf saya nderek tanglet juga.
    berhubung saya sangat membutuhkan beasiswa, jadi saya ingin mengikuti beasiswa bidik misi.
    dan saya sudah membaca panduan BIDIK MISI, katany, selain untuk jalur undangan dan SNMPTN,
    bidik misi juga bisa diajukan untuk tes mandiri dan sesuai ketentuan masing-masing universitas.
    Nah, itu tata caranya bagaimana ya? apakah menggunakan KAP lama apa dengan mengumpulkan berkas2? apa bgmana?
    terimakasih sekali atas atensi dan jawabannya.
    salambigar11@gmail.com
    nuwun

  • @nissa
    Berupa wawancara untuk mengukur minat, bakat, penampilan, potensi sebagai guru SD.

  • @ainun
    Anda memperoleh kesempatan untuk memilih dua program studi, bisa program Sarjana atau Diploma kedua-duanya atau variasi dari keduanya.

  • nissa

    ujian ketrampilan untuk PGSD itu seperti apa ?
    mohon dijelaskan ..
    terima kasih ..

  • ainun

    untuk jalur smpds nantinya akan masuk sarjana apa diploma?

  • @della
    Benar UM akan mengadakan penerimaan maba jalur seleksi institusi program dipilima dan sarjana pada tanggal 9 Juli–18 Juli 2012. Informasi lengkap dapat Anda lihat di halaman depan website UM pada pengumuman.
    mengenai dokumen apa saja yang akan dibawa saat registrasi kalau Anda diterima menjadi maba UM jalur SNMPTN ujian tulis nanti pada tanggal 7 Juli 2012 akan ada pengumumannya.

  • della

    apakah benar, akan ada bidik misi jalur mandiri?
    jika ditrima di snmptn tulis, dokumen apa saja yang harus dibawa ketika daftar ulang?

  • kurnia hardi

    Maaf mau tanya lagi,
    Klo ijasah pket c nya belom keluar, masih berupa surat keterangan lulus ujian paket c bisa atau tidak bu?
    Trimakasih

  • Noor Farochi

    @den
    Ada
    Baca di kolom pengumuman baris ketiga atau KLIK di sini.

  • den

    assss…
    mau tanya mandiri um yang tes tulis ada apa tidak

  • @kurnia hadi
    Anda bisa mengikuti seleksi jalur institusi program diploma dan sarjana dengan menggunakan ijasah Paket C dan tidak ada pembatasan tahun lulus.

  • kurnia hardi

    Slmat sore
    Saya mau tanya, untuk mengikuti tes di um apa bisa menggunakan sertifikat paket c?
    Trimakasih

  • @yudha
    Ya betul, membayar UKT untuk semester I/Ganjil tahun akademik 2012/2013.

  • @firda
    Di website um.ac.id

  • @ainun
    @rismianti
    Pengumuman sudah dapat Anda lihat di web UM halaman depan pada pengumuman.

  • @erin
    Tidak benar, Anda boleh mendaftar walau sudah diterima di SNMPTN. Apakah kalau keduanya diterima dan Anda jalani keduanya, pilihan ada pada Anda.

  • rismianti

    pilihan jurusan yang bisa diambil untuk jalur mandiri 2 bisa dilihat di alamat apa ya ?

  • ainun

    tanggal berapa diunggahnya pengumuman tentang pendaftaran smpds? dan diunggah dimana? dan dimana saya dapat melihat pengumuman calon mahasiswa yang diterima lewat jalur mandiri berdasarkan nilai snmptn?

  • erin

    kak,, tanya… apakah untuk mengikuti ujian mandiri ini syaratnya harus tidak boleh ketrima di PTN manapun saat SNMPTN tulis?? misal ketrima d plihan kedua pas snmptn,, apakah masih boleh ikut kak? trimakasiih :)

  • Firda

    Assalamu’alaikum.
    saya kemarin ikut ujian SNMPTN tulis (semoga lolos). di webnya UM ada penjelasan seleksi mandiri jalur snmptn yg hasilnya d umumkan pda tgl 9 juli 2012, itu lihat pengumumannya dimna? webnya UM apa SNMPTN?
    terima kasih.
    Wassalam :)

  • Yudha

    ketika daftar ulang yg membayar spp di bank BRI itu yg untuk 1 semester itu ya?

  • @yudha
    Ya silahkan mendaftar SMPDS. Pengumuman yang memuat secara rinci persyaratan SMPDS akan diunggah di website UM tanggal 27 Juni 2012. Untuk SMPDS tidak ada IPC.
    Pilihan bidang IPA atau IPS tidak ada kaitannya dengan saat SNMPTN, jadi boleh saja Anda pindah bidang.

  • @linda
    Bisa, peserta jalur SMPDS tidak dibatasi tahun lulus.

  • Yudha

    assalamualaikum wr.wb
    saya mau tanya kalau misalnya saya tdk lolos ujian tulis snmptn dan tidak lolos juga sebagai peserta jalur undangan melalui nilai ujian tulis SNMPTN yang hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 9 Juli 2012 apakah saya harus ikut SMPDS? dan kira2 apa saja yg diujikan dlm ujian tulis SMPDS? apakah di SMPDS hanya ada pilihan IPA/IPS dan tdk ada IPC? ujian keterampilannya untuk jurusan apa saja? dan saya mau tanya kalau misal pd waktu tes tulis snmptn saya ambil ips tapi waktu SMPDS saya ambil ipa apakah boleh?
    terimakasih jawabannya
    wassalamualaikum wr.wb

  • LINDA

    saya lulusan tahun 2011, apakah saya bisa mengikuti jalur SMPDS???
    mohon penjelasannya, terima kasih

  • @nissa
    SMPDS adalahjalur seleksi maba UM tahun 2012 yang diselenggarakan secara mandiri. Informasi secara rinci dapat Anda lihat pada pengumuman yang akan diunggah menjelang masa pendaftaran.
    Kalau Anda berminat memilih progaram studi PGSD, maka pin yang Anda beli untuk IPS.

  • nissa

    selamat pagi ,
    mohon informasi tentang tes SMPDS ,
    seperti apakah itu ? apakah sama seperti tes SNMPTN tulis ?
    untuk masuk FIP (PGSD) saya harus memilih IPA/IPS/IPC ?
    terima kasih ..

  • @unya
    Biaya pendidikan mahasiswa jalur SPAJ sesuai dengan UKT yang tertera di pengumuman penerimaan maba SPAJ 2012. Tidak ada biaya tambahan yang lainnya.
    Anda bisa memilih prodi pendidikan akuntansi, kalau ingin informasi lengkap tentang matakuliah yang diakui silahkan Anda kontak langsung ke FE UM untuk berkonsultasi sebelum menentukan pilihan prodi yang tepat.

  • @yuyun
    @Ainun
    Pengumuman penerimaan SMPDS akan diunggah jelang pendaftaran tgl 9 Juli 2012.
    Secara tehnis tata cara pendaftarannya sama dengan tahun 2011.
    Untuk menjadi peserta SMPDS tentu harus mendaftar dan selanjutnya mengikuti ujian tulis dan ujian keterampilan/tes khusus sesuai jadwal yang ditentukan.

  • Ainun

    Bu, apakah jalur mandiri yang berdasarkan nilai snmptn tulis maupun yang smpds nantinya peluang diterimanya di um lebih besar daripada jalur snmptn tulisnya sendiri ?

  • unya

    mata kul yg pernah diambil:Sist infor bisnis,pajak(adm-praktek),bisnis internasional,menej.opr.bisnis,bud.perusahaan,pemasaran,ekonomi,akuntansi( pengantar-akuntansi biaya)analisa keuangan,statistik,ekport import,kewirausahaan,manajemen sdm,dll
    berdasarkan mata kuliah diatas saya bisa tidak mengambil program SPAJ jurusan pendidikan akuntansi?atau apa sebaiknya jurusan yang sekiranya tidak terlalu banyak mengambil sks?
    mohon info secepatnya,,
    mengenai biaya spaj gimana?sama dengan program lain atau dikenakan biaya yang lain?trims.

  • unya

    maf mau tanya,aku dari D III administrasi bisnis unpad,kalo mau spaj ambil jurusan pendidikan akuntansi bisa ga ya?

  • Ainun

    mohon tanya, jika seumpama wktu pengumuman snmptn tulis trnyata gak diterima di um, apakah jika ingin ikut jalur smpds um daftar kembali? bagaimana tata caranya?
    apakah jalur smpds ini juga melalui jalur tes?
    mohon jawabannya
    terimakasih….

  • Yuyun

    assalamu’alaikum.
    untuk jalur mandiri ujian tulis pengunguman resminya kira2 kapan dan dimana? prosedur pendaftaran dan administrasi lainnya sama tidak dengan tahun2 kemarin? terimakasih.

  • HayuLeona

    Mohon informasi untuk tgl pendaftaran PPG 2012/2013. terima kasih

  • @ozii
    Kalau Anda mendaftar untuk mengikuti Seleksi Mandiri Program Sarjana dan Diploma yang dibuka pada tanggal 9 Juli 2012, Anda bisa memilih prodi yang ditawarkan sesuai keinginan Anda maksimal 2 prodi.

  • ozii

    mau tanya . itu jalur mandiri untuk yang tidak ikut snmptn bisa milih jurusan sesuai yg di ingin kan apa tidak ??

  • aminarti siti wahyuni

    @Mila lisbowabi
    @Mutiara
    @Desnat
    Kalau Anda peserta SNMPTN jalur ujian tulis dan memilih prodi di UM maka secara otomatis Anda akan terdaftar menjadi peserta jalur undangan melalui nilai ujian tulis SNMPTN. Hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 9 Juli 2012 di website UM.
    Tidak semua peserta SNMPTN ujian tulis yang memilih prodi di UM akan diterima, akan diseleksi berdasarkan nilai yang diperoleh saat ujian tulis.
    Tidak ada proses pendaftaran dan tidak dipungut biaya pendaftaran.
    Kalau tidak diterima baru mendaftar SMPDS dengan memebeli pin di bank BRI terdekat, biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000, pendaftaran mulai tgl 9 Juli 2012.

  • selamat siang bu , mau bertanya ..
    pendaftaran yang melalui nilai SNMPTN lalu dijaring kembali itu gimana prosedurnya ?
    trus kalo program smpds itu apa ?
    trimakasih

  • mutiara

    saya mau tanya , kan saya ikut ujian snmptn tulis .
    seumpama ikut jalur mandiri berdasarkan nilai ujian tulis itu apa selalu ketrima di UM ? terimakasih :)

  • sy mau tanya,,, apa bedanya SNMPTN tulis dengan seleksi mandiri berdasarkan nilai SNMPTN tulis?? apa ada pendaftaran lagi untuk mengikuti seleksi mandiri berdasarkan nilai SNMPTN tulis??
    trimakasih atas responnya…

  • aminarti siti wahyuni

    @agus
    Persyaratan untuk mendaftar SPAJ antara lain adalah lulusan D3 non kependidikan/kependidikan dapat memilih prodi S1 kependidikan, jadi secara prinsip Anda memenuhi syarat untuk memilih prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro. Persiapkan diri Anda untuk mengikuti tes potendi bidang studi dan/atau wawancara. Semoga sukses!!!

  • AGUS

    SAYA ALIMNI D3 POLTEK PERKAPALAN MAU LINTAS JALUR KE S1 ELEKTRO BISA APA NGAK ? COZ DULU DIPOLTEK KAPAL JG MADA SKS YANG MEMPELAJARI ELEKTRONIKA ARUS KUAT MAUPUN ARUS LEMAH…MAKASH BANYAK ATAS INFORMASI SBLM……..

  • aminarti siti wahyuni

    @agus
    Silahkan Anda baca pengumuman pendaftaran online jalur seleksi program alih jenjang (SPAJ) semester genap 2012/2013 di halaman depan website UM. Untuk diketahui UM tidak membuka prodi S1 Pendidikan Perkapalan.

  • AGUS

    SELAMT SORE PAK SY MAU TANYA UNTUK LINTAS JALUR D3 KE S 1 PROSEDURNYA GMN ,SYA DL ALUMNI PPNS-ITS JURUSAN LISTRIK KAPAL ,APA BISA LINTAS JALUR ?? SOALNYA SY INGIN MENGAJAR KE SMK…TRIM’S

  • aminarti siti wahyuni

    @rizky
    Tidak ada biaya yang dipungut untuk pendaftaran Seleksi Mandiri jalur undangan berdasarkan nilai ujian tulis SNMPTN. Kalau Anda saat mengikuti SNMPTN jalur ujian tulis memilih prodi di UM maka otomatis Anda menjadi peserta.
    UM mengundang peserta yang tidak lulus ujian SNMPTN untuk diterima di UM (sesuai pilihannya) berdasarkan peringkat nilai yang diperoleh pada ujian tulis SNMPTN (tanpa pendaftaran dan tes lagi).
    Hasil seleksi akan diumumkan tanggal 9 Juli 2012. Jadi jangan membeli pin SMPDS sebelum Anda melihat pengumuman hasil seleksi.

  • rizky

    permisi, saya mau tanya…. untuk seleksi berdasarkan nilai snmptn apakah ada biaya pendaftarannya ? dan bagaimana alur pendaftarannya. terima kasih

  • aminarti siti wahyuni

    @lindakrist
    Bisa, tetapi Anda harus membeli formulir IPA dan mengikuti ujian bidang IPA

    @Atik I
    Bisa, tidak ada batasan tahun kelulusan untuk mengikuti Seleksi Mandiri UM

  • Mohon kejelasannya, apakah lulusan 2011 bisa ikut ujian mandiri SMPDS

  • lindakrist

    saya dr jur.ips ingin memilih pendidikan teknik informatika, apakah bisa?

  • eka noviana

    maaf bu mau tanya. untuk pengumuman penerimaan maba jalur mandiri berdasarkan prestasi khusus bisa dilihat dimana? di web nya um kok blm ada. trmksh

  • firda

    assalamualaikum. Saya mau bertanya beberapa hal. Untuk tgl 12 nanti, yg dilegalisir rapor semester berapa ?
    Lalu, bagaimana kalau misalnya ijazah asli sudah ada, namun blum bisa dilegalisir ? Karena ijazah asli saya baru keluar hari Senin.
    Mohon bantuannya. Terimakasih

  • Aaamiiiin…. terima kasih banyak bu atas semua penjelasannya, ini merupakan kabar gembira bagi orang tua saya..
    bu.. mau tanya lagi.. ketika registrasi ulang lewat online ada kolom nilai..nah itu nilai yang gimana bu yang di isi??

  • aminarti siti wahyuni

    @hasis
    Silahkan Anda baca di website UM halaman depan jadwal seleksi maba UM yang masih bisa Anda ikuti. Beberapa jalur sudah ditutup masa pendaftarannya, bahkan sudah diumumkan hasil seleksinya.
    Prodi seni yang ada di UM adalah pendidikan seni tari dan musik, pendidikan seni rupa, desain komunikasi visual, dan game animasi.

  • pendaftaran unt mahasiswa baru 2012 kpn y d bka dan tutpnya /
    trus sy ingn mengambl seni apa juga ada d UM ini ?
    dan syartnya apa saja ? trima ksh.

  • aminarti siti wahyuni

    @nilna el maghfy
    Ya biaya pendidikan maba UM 2012 jauh lebih ringan dari tahun2 lalu, Anda cukup membayar UKT sesuai yang tertera di pengumuman untuk prodi Anda.
    Selamat menjadi maba UM semoga sukses selalu.

  • riski bastian

    Mohon informasinya kapan diadakanya penerimaan mahasiswa baru program alih jenjang um 2012/2013?

  • oohh… Alhamdulillah..berarti tahun ini lebih ringan dari tahun kemarin… jika sudah berada disana tidak dikenai biaya apapun kan???? seperti uang gedung dll…

  • aminarti siti wahyuni

    @Dian Novita
    SNMPTN adalah seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri yang merupakan satu-satunya pola seleksi penerimaan calon mahasiswa baru program sarjana yang dilaksanakan secara bersama oleh 61 PTN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakn secara serentak. SNMPTN dilaksanakan melalui jalur undangan dan ujian tulis.

    SMPDS adalah seleksi masuk program diploma dan sarjana yang merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan secara mandiri oleh Universitas Negeri Malang. Dengan pola ketentuan dan jadwal yang ditentukan sendiri oleh Universitas Negeri Malang. SMPDS dilaksanakan melalui jalur undangan dan ujian tulis.

  • aminarti siti wahyuni

    @nilna el maghfy
    Ya betul seperti yang tercantum pada pengumuman tanggal 6 Juni 2012, besarnya antara Rp 1.500.000–Rp 2.000.000

  • dian novita

    saya mau tanya..
    bedanya seleksi mandiri:jalur ujian tulis (seleksi masuk program diploma dan sarjana-SMPDS) dengan snmptn jlur ujian tulis??
    mohon jawabannya
    terimakasih…

  • Assalamu’aliakum… bu mau tanya..
    Berapa total pembayaran registrasi mahasiswa baru yang lolos SNMPTN 2012 jalur undangan?? Apakah seperti yang terlampir dalam pengumuman tanggal 6 juni 2012 kmrn, yang tandatangani oleh
    a.n. Rektor
    Wakil Rektor I,
    Prof. Dr. H. Hendyat Soetopo, M.Pd
    NIP 195410061980031001

    mohon penjelasanya…! Terimakasih

  • Rezkyka D

    Oh….terimakasih informasinya bu….:-)

  • @rezkyka D
    Tidak sama dengan SNMPTN, tidak hanya prodi olahraga dan seni tetapi beberapa prodi yang lain juga. Daftar prodi yang mengadakan uji keterampilan/tes khusus dapat Anda lihat nanti secara lengkap di Pengumuman Penerimaan Maba Jalur Seleksi Masuk Program Diploma dan Sarjana (SMPDS) UM tahun 2012/2013. Pengumuman akan diunggah di website UM sekitar minggu ketiga bulan Juni 2012.

  • Rezkyka D

    Ow begitu apa itu diperuntukkan bagi program studi bidang ilmu seni dan keolahragaan saja bu?
    seperti pada snmptn jalur ujian tulis yg akan datang itu?

  • @rezkyka D
    Ya betul hanya beberapa prodi tertentu saja yang mewajibkan peserta mengikuti uji keterampilan/tes khusus.

  • Noor Farochi

    @Choirul

      Bisa pakai Surat Keterangan Lulus yang ada fotonya beserta Daftar Nilai yang telah diperoleh.
  • Choirul

    mau tanya, sya calon mahasiswa yg kmaren lolos Jalur undangan,
    ijasah dan SKHU belum keluar / belum ada. yang ada hanya SKHU sementara,
    apa itu dapat menggantikan sementara Ijasah dan SKHU saat pendafteran ulang?
    mohon penjelasannya ibu/bpk, trimakasih

  • Rezkyka D

    bu saya mau tanya,pada seleksi mandiri jalur ujian tulis (SELEKSI MASUK PROGRAM DIPLOMA DAN SARJANA-SMPDS) itu kan ada tes ketrampilannya.itu apa hanya di peruntukkan untuk prodi tertentu saja?terimaksih….

  • aminarti siti wahyuni

    @dany sangputra
    Jangan putus asa, Anda masih punya kesempatan berjuang melalui SNMPTN jalur ujian tulis, dan Seleksi Mandiri Program Sarjana dan Diploma.
    Semangat!!!!!!

  • Dany Sangputra

    Rupanya saia blum bruntung masuk di ” The Learning University ” jalur Undanga…

  • @rezkyka
    Ya hanya melalui seleksi mandiri jalur undangan berdasarkan prestasi khusus saja.

  • Rezkyka

    Wah sayang sekali ya :-(
    kalau ada susulan dan bisa ikut wawancara besuk pasti saya akan kesana.lalu jalur apa lagi yg dpt ditempuh oleh calon maba yang mempunyai sertifikat kejuaraan propinsi?apa jalurnya hanya mandiri berdasarkan prestasi khusus itu saja?

  • @rezkyka D
    Sayang sekali pendaftaran sudah ditutup pada tanggal 31 Mei 2012, dan Anda tidak bisa lagi menyusul karena bagi peserta yang mendaftar dengan sertifikat peraih kejuaraan extrakurikuler wajib mengikuti tes khusus berupa wawancara pada tanggal 5 Juni 2012. Selanjutnya hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 11 Juni 2012.

  • @ego akbari
    Setelah membeli pin di bank BRI langkah selanjutnya adalah membuka website UM, pendaftaran secara online dapat diakses mulai tanggal 9 Juli 2012.

  • Rezkyka D

    Bu mau tanya,sebelumnya sy minta maaf,sy mempunyai sertifikat juara 1 tingkat nasiaonal dalam bidang extrakulikuler.
    Apakah sy masih bisa mengikuti jalur mandiri berdasarkan prestasi khusus itu?
    apakah tidak ada pendaftaran susulan untuk jalur itu ?
    soalnya sy baru tau tadi pagi saat membuka website UM ada jalur seperti itu.
    sekali lagi sy mohon maaf!
    jawaban ibu sangat sy tunggu.terimakasih!

  • ego akbarani

    untuk seleksi mandiri, ujian tes terulis SMPDS,setelah registrasi di bank alur berikutnya gimana???

  • aminarti siti wahyuni

    @metha_d’santos
    Pendaftaran Seleksi Mandiri Program Diploma dan Sarjana tanggal 9 Juli–18 Juli 2012. Biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000, dibayarkan di Bank BRI terdekat di kota Anda.

  • metha_d'santoz

    Jalur mandiri nya kapan ya??

  • @gita
    UM mengadakan seleksi mandiri melalui jalur undangan dan jalur ujian tulis. Jadwalnya dapat Anda lihat di web UM pada halaman depan.

  • gita

    um ngadain jalur mandiri 1 atau 2 g’?
    mohon d blz. mksh
    . ↖(^▽^)↗

  • @septhi
    Sudah diumumkan tanggal 27 Mei 2012, silahkan Anda lihat di web UM halaman depan kalau Anda memilih prodi di UM.

  • septhi

    kapan ya pengumuman bidik misi??
    dan bagaimana cara liat pengumumannya?
    trima kasih

  • @ayu
    Ya boleh saja, tetapi saat ujian Anda tidak dapat berada di dua tempat ujian secara bersamaan kan? Jadi sebaiknya mulai sekarang Anda putuskan untuk menggunakan PIN yang mana? Kalau Anda mampu membeli formulir dan mampu membiayai biaya pendidikan secara mandiri ya tentu tidak perlu mendaftarkan diri melalui beasiswa bidikmisi, berikan kesempatan kepada teman kita yang kurang beruntung dari segi ekonomi dan lebih membutuhkan untuk mendapatkan beasiswa bidikmisi.

  • ayu

    KAlau sudah punya pin bidik misi dan pin snmptn apakah boleh di daftarkan keduanya?

  • zainul fanan

    Pengumuman BIDIKMISInya di mana?

  • @nixie devina
    Selamat atas keberhasilan Anda diterima menjadi maba UM tahun 2012 melalui SNMPTN jalur undangan, sukses selalu!
    Anda dapat melakukan pembayaran secara online di bank BNI/BRI/BTN pada tanggal 7–12 Juni 2012, sedangkan besarnya biaya pendidikan baru dapat dilihat di website UM pada tanggal 6 Juni 2012.

  • Nixie Devina

    caranya daftar ulang yang diterima jalur undangan gimana bu? di tulisannya yg pertama kok ditulis bayar spp online? untuk tahu berapa biayanya dimana?

  • @fitria rinda h
    Tata caranya dapat diunduh dari laman http://download.snmptn.ac.id

  • @suarta
    Diumumkan pada tanggal 9 Juli 2012.

  • fitria rinda h

    selamat siang
    saya mau tanya ketentuan potonya,bagaimana yaa,,

  • SUARTHA

    KAPAN TANGGAL DAN TEMPAT SELEKSI MANDIRI BERDASARKAN NILAI UJIAN TULIS SNMPTN

  • SUARTHA

    KAPAN TANGGAL DAN TEMPAT UNDANGAN UNTUK SELEKSI MANDIRI: BERDASARKAN NILAI UJIAN TULIS SNMPTN

  • eka noviana

    mohon maaf pak, mau tanya. untuk pendftaran prestasi khusus, yang SKHU sma SKKB yang asli nya dari skolah blm jadi krna pengumuman msh tgl 26 Mei. lalu apakah bisa pakai yang SKKB/ SKHU smentara?

  • Noor Farochi

    @septi
    Hanya bisa mendaftar melalui Seleksi Jalur Mandiri. Pendaftaran mulai tanggal 9 s.d. 18 Jul 2012
    INFO LENGKAP DAPAT ANDA BACA DI HALAMAN MUKA WEB INI: KLIK Jalur Seleksi Mahasiswa Baru 2012.

  • septi

    selamat malam….
    gini saya mau tanya, saya lulusan tahun 2009, apakah saya masih punya kesempatan mendaftar di UM? Kalau masih bisa, jalur apa yang harus saya pilih? terimakasih sebelumnya…
    mohon balasanya

  • @mersy_d.love
    Pendaftaran Jalur seleksi mandiri dilaksanakan online.
    Sedangkan untuk persyaratan bidikmisi silahkan Anda lihat di laman bidikmisi.dikti.go.id

  • @felik i d
    Kalau Anda peserta bidik misi tidak perlu membeli PIN lagi untuk mengikuti SNMPTN jalur ujian tulis. Tapi kalau bukan maka Anda harus membeli PIN lagi di Bank Mandiri.

  • mersy_d. love

    Salam admin.. kalau jalur mandiri pendaftarannya apa online juga dan harus punya pin dan kap ?? terus persyaratannya untuk ikut bidik misi apa aja

  • felix i.d

    kalau yang ikut snmptn undangan, perlu lagi gak buat bayar untuk daftar snmptn tertulis?thx

  • fakultas apa yang trdaftar beasiswa……

  • Jadi cara pendaftaran snmptn bidikmisi hanya melalui internet, tanpa melakukan pendaftaran di UM? Kemudian apa saja persyaratannya?

  • Noor Farochi

    @della
    Pendaftaran secara online (jalur Ujian Tertulis) dilayani mulai tanggal 10 s.d. 31 Mei 2012

  • della

    saya sudsh punya KAP dan PIN, langkah selanjutnya saya harus bagaimana?
    dan kenapa ujian.snmptn.ac.id kok tidak bisa di akses?

  • eka noviana

    Mohon maaf untuk kartu Tanda Bukti Pendaftaran dapat kami unduh atau kami peroleh dari mana? apa bisa kami unduh secara online?

  • @wulan
    Selama memenuhi persyaratan Anda boleh memilih prodi di UM, yaitu Anda lulusan tahun 2011 yang bukan penerima bidikmisi, memiliki potensi akademik memadai, yaitu masuk dalam 30 % terbaik di sekolah (semester 5 dan 6) yang dinyatakan dengan surat rekomendasi Kepala Sekolah/Madrasah atau Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Selain itu Anda juga memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di UM, dan tidak buta warna bagi pilihan prodi tertentu.

  • wulan

    lulusan 2011 boleh mengikuti/mengajukan Bidik Misi..
    apa berarti di UM sendiri untuk lulusan 2011 yang ingin mengikuti snmptn ujian tulis dengan Bidik Misi diperbolehkan? terima kasih.

  • @della
    Pendaftaran SNMPTN jalur ujian tulis secara online tanggal 10 Mei 2012 pukul 08.00 WIB s.d. 31 Mei 2012 pukul 22.00 WIB.

  • della

    daftar ikut bidik misi jalur ujian tulis itu lewat online atau langsung ke UM?
    dan daftarnya tanggal berapa?

  • @eka noviana
    Peserta Seleksi Mandiri Jalur Undangan Berdasarkan Prestasi Khusus menyerahkan berkas ke kantor Subag Registrasi dan Statistik, gdng A3 lantai 1 pada tanggal 22–31 Mei 2012, berupa:
    1. Surat keterangan dari Kepala Dinas Pendidikan prov. Jatim atau Dinas Pendidikan kota/kab. Jatim yang menerangkan bahwa calon berperingkat I,II,III nilai Unas SMA dan MA tingkat prov. Jatim: atau berperingkat I nilai Unas SMA dan MA tingkat kota/kab. seprov.Jatim (asli dan fotocopi sebanyak 2 lembar yang disahkan oleh Kepala Sekolah); atau
    2. Sertifikat/piagam sebagai juara I/II minimal tingkat prov. dalam bidang olahraga, seni,olimpiade bidang studi, atau prestasi extra-kurikuler (asli dan fotocopi sebanyak 2 lembar yang disahkan oleh Kepala Sekolah).
    3. Fotokopi kartu Tanda Bukti Pendaftaran yang telah ditandatangani oleh calon peserta.
    4. STTB asli dan fotocopy sebanyak 2 lembar yang disahkan oleh Kepala Sekolah.
    5. STK/SKHU asli dan fotokopi sebanyak 2 lembar yang disahkan oleh Kepala Sekolah.
    6. Surat hasil pemeriksaan kesehatan (asli)dari puskesmas/dokter pemerintah yang menyatakan bahwa calon tidak buta warna bagi yang memilih prodi tertentu

  • @jay
    Sebaiknya menunggu pengumuman tgl 28 Mei 2012, karena KAP dan PIN bidikmisi yang Anda gunakan saat mendaftar SNMPTN jalur undangan apa sudah bisa dipakai lagi saat mendaftar SNMPTN jalur ujian tulis sebelum pengumuman.

  • mae_irm

    mohon informasinya..
    kpan pendaftaran 3T tahun 2012/2013 di um??
    dan kpn dibukanya PPG 2012/2013 di UM??
    trimakasih

  • eka noviana

    mohon penjelasan tentang persyaratan administrasi untuk yang jelur prestasi khususnya. berkas-berkas apa saja yang perlu kami kumpulkan pada tanggal 22-31 mei? terimaksih.

  • nur aini

    mohon informasi, kpan pendaftaran PPG 2012/2013 dibuka?terima kasih

  • jay

    apa boleh mendaftar snmptn jalur tulis sebelum ada pengumuman penerimaan mahasiswa jalur snmptn undangan bidik misi?

  • @anisah
    Ketentuannya memang demikian, yang dapat mengikuti seleksi penerimaan maba UM tahun 2012 jalur prestasi khusus adalah siswa SMA/MA/SMK tahun 2012 yang memiliki bakat, kemampuan, dan memenangkan kejuaraan minimal tingkat provinsi I/II dalam bidang olahraga,seni,olimpiade bidang studi,atau prestasi ektrakurukuler lainnya untuk dapat dipertimbangkan diterima pada program sudi yang diminati, dan dibebaskan dari biaya pendaftaran.

  • Anisah

    pendaftaran jalur prestasi khusus apa hanya yang emndapat peringkat 1 dan 2 tingkat provinsi,
    kalau saya hanya mempunyai lomba tingkat provinsi juara 3 apa tidak bisa mengikuti program tersebut ?

  • @AL-FIAN
    Untuk prodi Psikologi di UM masuk kelompok ujian IPS, dengan jadwal ujian hari Selasa 12 Juni 2012: Tes potensi akademik dan dilanjutkan dengan Tes bidang studi dasar, hari Rabu 13 Juni 2012: Tes bidang studi IPS.

  • AL-FIAN

    salam sejahtera.
    mau tanya tentang tes ujian tulis SNMPTN,

    kalau dari siswa SMK dan mau ambil jurusan lain, misal ambil jurusan PSIKOLOGI itu daftar nya harus IPA,IPS atau IPC..?
    dan ikut tes yang Tes Potensi Akademik dan Tes Bidang Studi Dasar atau yang Tes Bidang Studi IPA dan Tes Bidang Studi IPS..?

    trimakasih.

  • @maniz
    Kalau Anda peserta SNMPTN jalur Undangan melalui program Bidikmisi, maka kalau Anda ingin mengikuti SNMPTN jalur ujian tulis maka KAP dan PIN calon peserta BBM yang telah Anda miliki bisa digunakan untuk mendaftar tanpa membayar biaya pendaftaran, dan apabila nantinya Anda diterima maka Anda akan memperoleh beasiswa Bidikmisi.

  • maniz

    SNMPTN tulis ? bagaimana kalau sdh diterima apakah sama dg snmptn undangan kuliah tdk ada biaya sm sekali ..& tiap bln qt dksih biaya hidup ..

  • @rubiah
    Untuk masing2 PTN mengeluarkan ketentuan sendiri.
    Kalau nantinya Anda diterima sebagai maba UM program beasiswa bidik misi maka berkas yang harus dipersiapkan dan dibawa ke UM saat registrasi administrasi adalah:
    1. Kartu Tanda peserta SNMPTN.
    2. Fotokopi ijasah dan SKHU yang telah dilegalisir
    3. Raport asli dan fotokopi yang telah dilegalisir
    4. Fotokopi akta kelahiran/akta kenal lahir
    5. Fotokopi Kartu Susunan Keluarga
    6. Surat hasil pemeriksaan kesehatan asli dari puskesmas/dokter pemerintah yang menyatakan calon tidak buta warna bagi yang diterima pada prodi tertentu
    7. Struk gaji/penghasilan orang tua dari instansi pemerintah /swasta atau surat keterangan penghasilan dari kepala desa bagi orang tua yang tidak bekerja (asli dan fotokopi)
    8. Kartu Keluarga Miskin (gakin) atau Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari kepala desa/lurah/pejabat yang berwenang (asli dan fotokopi)
    9. Rekening listrik,telepon rumah 2 bulan terakhir (asli dan fotokopi)
    10. Bukti pembayaran PBB dari orangtua (asli dan fotokopi)
    11. Print out biodata maba UM
    12. Surat pernyataan mahasiswa UM (SPM),format disediakan petugas.

  • rubiah

    untuk progam bidik misi persyaratan apa saja yang perlu di siapkan? tolong untuk di jelaskan?

  • @aris maulana
    Kalau Anda peserta bidikmisi SNMPTN jalur undangan, maka KAP dan PIN yang telah Anda miliki dapat digunakan lagi untuk mendaftar SNMPTN jalur ujian tulis tanpa harus membayar biaya ujian. PIN tersebut dapat digunakan kembali sebagai pengganti pembayaran biaya pendaftaran.

  • bagaimana mekanisme jalur undangan berdaarkan prestasi khusus? uang bagian C. siswa-siswi sma-smk atau sederajat yg menang lomba di tingkat provinsi? apakah pelu mengirim berkas atau langsung ikut ujian tertulis pada tanggal 5 juni 2012?? mohon penjelasannya.

  • aris maulana

    BAGAIMANA CARA BIDIK MISI JALUR TULIS ???

  • @fitriana
    Tidak perlu mengirimkan berkas ke UM.

  • fitriana

    salam,
    saya mau bertanya,
    setelah mendaftar lewat jalur bidik misi dan SNMPTN undangan dengan pilihan PTN nya UM,apakah masih perlu mengirimkan berkas2 tertentu ke UM?
    mohon penjelasannya
    terima kasih

  • @yeni
    Peserta yang dinyatakan memenuhi persyaratan pasti sudah memperoleh Kode akses Pendaftaran (KAP) dan PIN untuk mendaftar/mengisi biodata, kalau Anda sudah berhasil mencetak kartu pendaftaran maka Anda sudak terdaftar menjadi peserta.

  • yeni ulaika

    mohon penjelasannya, kapan pengumuman bagi peserta yang diterima ikut jalur bidik misi?
    bagaimana agar tahu kalau sudah terdaftar atau belum.?

  • @puri
    Biaya sama dengan jalur mandiri, masing-masing prodi berbeda, silahkan Anda lihat di halaman depan web UM klik brosur UM.

  • Puri

    Mohon informasi,,,untuk penerimaan mhasiswa jalur SPAJ,,biayanya berapa ya???
    Untuk uang gedung dan per semesternya.
    Terimakasih.

  • @elfani azzahra
    Seleksi maba UM tahun 2012 jalur mandiri dapat diikuti oleh peserta yang telah lulus ujian nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara dan tidak ada pembatasan tahun lulus.

  • elfani_azzahra

    maaf saya ingin kejelasannya…
    apakah lulusan 2010 bisa mengikuti ‘seleksi mandiri UM jalur ujian tulis’??
    mohon untuk di beri jawaban dan kejelasannya…
    terimakasih

  • @fahmy Imaniar
    Mekanisme seleksi SNMPTN jalur undangan dilakukan dalam dua tahap, yaitu:
    1. Tahap pertama, siswa pelamar akan diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi (pilihan 1 & 2) pada PTN pilihan pertama.
    2. Tahap kedua, apabila siswa pelamar tidak terpilih pada PTN pilihan pertama, maka akan didikutkan pada seleksi tahap kedua di PTN pilihan kedua berdasarkan urutan pilihan program studi (pilihan 1 & 2) pada PTN pilihan kedua.
    Siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya dua PTN dan dapat memilih sebanyak-banyaknya dua program studi pada masing-masing PTN.
    Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.

  • Fahmy Imaniar

    Prioritas pilihan (pilihan 1 dan pilihan 2) menentukan hasil akhir dan proses seleksi snmpn undangan atau tidak? Kalau iya, seberapa besar pengaruhnya dalam regional UM? Terimakasih.

  • @rony kapitan hayon
    UM tidak menyelenggarakan program S2 dan S3 Pendidikan Seni Rupa.

  • Roni Kapitan hayon

    halo…
    mohon info di UM ada ga Program Kelanjutan Studi untuk guru seni rupa..trims..

  • @luhur
    Kesempatan untuk mendapatkan Beasiswa Bidik Misi dibuka untuk semua program studi di UM melalui SNMPTN, baik melalui jalur undangan maupun ujian tulis.

  • luhur

    permisi, kalau untuk pend.seni rupa dan dkv apakah dibuka untuk bidikmisi snmptn tulis?

  • muhammad rahmatullah

    jika untuk penerimaan maha siswa baru yang memilih fakultas pendidikan jasmani dan kesehatan sejak kapan bisa mendaftar dan dana tempat pendaftarannya?
    mohon informasinya

  • @annafi’f
    Pendaftaran SPAJ semester gasal sekitar bulan Juni–Juli 2012, sedangkan semester genap sekitar bulan November–Desembar 2012.
    Prodi yang dibuka untuk menerima maba SPAJ thn 2012 Anda dapat melihat di web UM jelang pendaftaran.
    Syarat pendaftaran adalah lulusan non SMTA, jadi apabila Anda belum dapat menunjukkan ijasah dan transkrip maka Anda belum dapat mendaftarkan diri menjadi peserta seleksi maba UM melalui jalur SPAJ.

  • annafi' f

    assalamualaikum

    Mohon infonya,
    kapan dibuka jalur pendaftaran SPAJ 2012/2013 ?
    apakah jurusan S1 Kependidikan Teknik Informatika tetap dibuka pada SPAJ 2012/2013?
    (karena saya baca di web UM S1 Kependidikan Teknik Informatika buka pada SPAJ 2010/2011 namun tidak ada pada SPAJ 2011/2012)

    Untuk pendaftaran SPAJ apakah Ijasah dan Transkip nilai bisa menyusul seandainya belum keluar pada waktu pendaftaran?
    karena saya mahasiswa yang lagi menjalani perkuliahan semester VI DIII

    Terima Kasih untuk akan jawabannya
    walaikum salam

  • basry

    terimakasih atas infonya pak noor farochi

  • @nieth
    Informasi yang didapatkan oleh saudara Anda tidak benar, tidak ada satupun peserta SNMPTN jalur undangan yang mengajukan beasiswa bidik misi dikenakan biaya pendaftaran. Karena setiap anak yang sudah mendapat KAP dan PIN Bidik Misi pasti sudah dapat mendaftar online dengan menggunakan KAP dan PIN tersebut.
    Mohon informasi, saat ke UM saudara Anda tersebut mendapatkan informasi yang keliru tersebut dimana? Saya sangat mengharap bantuan Anda untuk dapat menginformasikan dengan tepat dimana dan kapan untuk memperbaiki layanan informasi di UM (Anda dapat menghubungi saya di 0341 552115). Atas informasi yang keliru tersebut kami mohon maaf dan terima kasih atas informasinya.

    Salam,
    Aminarti Siti wahyuni
    Sie Informasi Pendaftaran Maba UM
    Gedung A2 lantai 2 UM

  • well.. saya baca di halaman http://www.snmptn.ac.id/i_page.php?m_id=10&sm_id=21

    pada point no 13. jelas2 tertulis.. bahwa :

    3. Calon peserta Bidikmisi yang dinyatakan memenuhi persyaratan oleh Ditjen Dikti akan memperoleh KAP dan PIN untuk mendaftar SNMPTN Jalur Ujian Tertulis melalui laman http://ujian.snmptn.ac.id, tanpa harus membayar biaya ujian.
    4. Calon peserta Bidikmisi yang dinyatakan tidak memenuhi persyaratan seleksi Jalur Undangan atau dinyatakan tidak diterima melalui seleksi Jalur Undangan, maka KAP dan PIN dapat digunakan kembali untuk mendaftar SNMPTN Jalur Ujian Tertulis tanpa harus membayar biaya ujian.

    nah, kemarin saudara saya ke UM, dan katanya untuk pendaftar BM TETAP harus membayar biaya ujian sebesar yang ada di pengumuman.

    well.. demi anak bangsa yang benar2 tidak punya? bagaimana ini?
    kasihan yang sudah bersemangat mendaftar karena memang dia berharap tidak ada biaya yg dikeluarkan selama kuliah, karena memang tidak ada..

  • franz

    apakah lulusan D3 Teknologi Informasi bisa melanjutkan di UM pada SPAJ jurusan S1 Pendidikan Teknik Informatika ?

  • @dheniey,
    Lihat Biaya Pendidikan Mahasiswa Baru UM Tahun 2012 di http://berkarya.um.ac.id/?p=7514.

  • pak,saya ingin mengikuti snmptn jalur ujian. brosur informasi jurusan dan biaya seperti tahun lalu kapan bisa diunduh? terimakasih

  • @amiril
    Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN)2012 merupakan satu-satunya pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh PTN dalam satu sistem yang terpadu dan disenggarakan secara serentak melalui (1)Jalur Undangan berdasarkan penjaringan prestasi akademik, dan (2)Jalur Ujian Tertulis (khusus program studi seni dan olahraga melaksanakan uji keterampilan).
    Sedangkan Seleksi Mandiri merupakan pola seleksi yang diselenggarakan dengan waktu dan ketentuan yang ditetapkan oleh masing-masing PTN.
    Bagi calon yang dinyatakan diterima melalui masing-masing jalur seleksi dapat mengajukan permohonan memperoleh beasiswa Bidik Misi sehingga dapat mendukung keberhasilan studinya.

  • Amiril

    assalamu’alaikum admin yg trhormat,,
    sya mau tanya apa bedanya snmptn tulis dan seleksi mandiri,,
    kmudian BIDIK MISI jalur tulis dan seleksi mandiri?? trima kasih

  • Noor Farochi

    @basri
    Tidak perlu setor berkas sebelum lulus diterima sbg mhs. UM.
    Baca: “Program Studi SNMPTN Jalur Undangan dan Bidik Misi Pilihan UM” di http://berkarya.um.ac.id/?p=7233

    Pendaftaran Bidikmisi untuk SNMPTN Jalur Undangan : 20 Januari 2012 – 6 Maret 2012 Pukul 18.00 WIB

    Pendaftaran Bidikmisi untuk SNMPTN Jalur Ujian Tulis : 1 Mei 2012 – 29 Mei 2012

  • basry

    pak mau tanya…
    untuk penyetoran berkas SNMPTN jalur Undangan prog. bidik misi mulai tanggal berapa dan terakhir kapan.
    trimakasih…

  • adhi s

    apakah calon mahasiswa harus sehat jasmani/tidak cacat fisik. mohon penjelasannya . terima kasih

  • @indra kurniaawan
    Boleh,silahkan dipilih,muga sukses.
    @shiva af’idah
    jalur undangan SNMPTN adalah mekanisme seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik tanpa ujian tulis/keterampilan.
    Pemeringkatan dilakukan berdasarkan nilai mata pelajaran yang diujikan di UN tahun 2012.

  • assalamu’ailaikum….
    saya mau tanya, kalau ambil jurusan pendidikan tekhnik informatika yang dilihat nilai apa ya??? kan tekhnik informatika tidak di UNAS kan,, sedangkan seleksinya pakai nilai mapel yang di UNAS kan..
    sekian dan terimakasih..

  • indra kurniaawan

    saya pengen ambil jur pend bahasa inggris tapi saya dari jur ipa, bole apa tidak?

  • akmalia

    ka, saya sudah mendapat jalur undangan dari sekolah.
    tapi ketika ingin mendaftar masuk, layanannya problem terus .
    gimana ya ka?

  • @al-fian
    Tidak bisa
    @edo
    Pendaftaran online,sebelumnya daftar melalui kepala sekolah
    @nila mame
    Nilai pelajaran yang ikut uan
    @anti
    Tanya kepala sekolah, karena yang berhak mendaftarkan adalah kepala sekolah.

  • saya mau tanya, adik saya itu lolos seleksi di sekolah dan kemudian kepala sekolah mendaftarkan, kalaupun di rata-rata masuk ranking 10 besar, tetapi kenapa ditolak dan tidak mendapat surat rekomendasi untuk mendaftar?
    terimakasih sebelumnya….

  • NILA MAME

    untuk jalur undangan, nilai mata pelajaran apa saja yang dilihat? apakah yang dilihat, nilai tertinggi untuk setiap matapelajaran jurusan, ataukah untuk semua matapelajaran?

  • edo

    gmna caranya daftar snmptn bagi siswa pelamar di jalur undangan……? pa bisa dftarnya online…???

  • AL-FIAN

    assalamualaikum_
    untuk admind yg terhormat.

    saya mau tanya,
    kalau bagi siswa lulusan tahun 2011 jika ingin ikut seleksi jalur SNMPTN undangan apa masih bisa…?

    terimakasih.

  • @fajrin, rahmawan, auliya
    Ya betul, yang dimaksud adalah persyaratan untuk SNMPT jalur undangan
    @novia
    Silahkan Anda melihat daftar pilihan prodi di PTN yang akan dipilih
    @aulia
    Pendaftaran maba di UM baik SNMPTN maupun mandiri melalui online

  • aulia

    pendaftarannya melalui online saja?

  • novia

    bidang study apa saja yang harus tidak buta warna

  • fajrin rahmawan auliya

    kalau sekolah kita ber akreditasi A , maka sekolah berhak mengirimkan 50% dari siswa kelas 3 nya untuk ikut SNMPTN ya ?

  • @ailing dan @mirza : iya boleh, kecuali untuk Penerimaan Maba Seleksi Mandiri UM jalur undangan berdasarkan prestasi khusus program studi yang dipilih harus relevan dengan program /jurusan di SLTA.

  • mirza

    apakah boleh lintas program? misalnya prodi ipa ke ips atau sebaliknya?

  • ailing

    berarti siswa yang ketika di SMA program IPA , boleh memilih prodi IPS ?
    terimakasih atas jawabannya ..

  • @ailing
    Untuk SNMPTN jalur undangan yang memilih prodi di UM, program studi yang dipilih boleh tidak relevan dengan program/jurusan di SLTA, sedangkan untuk Penerimaan maba Seleksi Mandiri UM jalur undangan berdasarkan prestasi khusus program studi yang dipilih harus relevan dengan program /jurusan di SLTA.

  • ailing

    untuk jalur undangan , di UM ada kebijakan harus memilih prodi sesuai jurusan ketika di SMA / tidak ?

  • Linda

    iya terimakasih…..

  • Linda

    iya kalo SNMPTN undangan syaratnya apa aja ya?

  • @linda
    silahkan Anda melihat di laman snmptn.ac.id

  • @mfaisol
    @lailatul sofa

    Tidak dikoordinir sekolah, secara mandiri siswa mendaftar online pada tanggal pendaftaran setelah membayar di bank BRI dan mendapatkan pin.
    Anda siapkan sertifikat/piagam penghargaan asli dan fotocopy sebanyak 2 (lembar) yang disahkan Kepala Sekolah sebagai juara I/II minimal tingkat provinsi dalam bidang olahraga,seni,olimpiade bidang studi, atau prestasi extra kurikuler.
    Tata cara pendaftaran dan persyaratan tunggu penggumuman penerimaan maba UM tahun 2012 jalur undangan berdasarkan prestasi khusus.

  • lailatus sofa

    Bagaimana cara pendaftaran Jalur Seleksi Mandiri berdasarkan prestasi khusus dan apakah dikoordinir oleh sekolah?

  • mfaishol

    Bagaimana cara pendaftaran Jalur Seleksi Mandiri berdasarkan prestasi khusus dan apakah dikoordinir oleh sekolah?

  • aminarti siti wahyuni

    @randy
    Memang demikian, Anda harus melihat laman masing-masing PTN untuk melihat apakah ada persyaratan khusus untuk pilihan prodi Anda sebelum Anda menentukan pilihan.

  • Randy

    Salam sejahtera,
    saya mau bertanya,
    dalam SNMPTN undangan haruskah siswa memilih sesuai juruannya masing-masing.
    Maksudnya,siswa IPA apakah tidak diperbolehkan memilih jurusan IPS dalam undangan?
    Saya sudah bertanya di Website resmi SNMPTN undangan dan dijawab bahwa semua itu tergantung dari PTNmasing-masing.

  • @mfaisol
    Jadwal penerimaan maba UM tahun 2012, Jalur Seleksi Mandiri berdasarkan prestasi khusus pendaftarannya tanggal 22–31 Mei 2012,pengumuman tanggal 11 Juni 2012.

  • mfaishol

    mohon informasi apakah ada penerimaan mahasiswa baru lewat jalur prestasi non akademik (olah raga dll)

  • @ Rahayu Sulistya N
    Peserta SNMPTN yang mendaftar jalur undangan dan mendaftar untuk mendapatkan beasiswa bidik misi tetapi setelah divalidasi datanya tidak layak untuk mendapatkan beasiswa bidik misi, maka kalau peserta tersebut secara akademik dinyatakan lolos diterima dipilihan prodinya, maka peserta tersebut tetap diterima di jalur undangan tetapi tidak mendapatkan beasiswa bidik misi.

  • Rahayu Sulistya N

    Mohon kejelasannya ,kalau siswa yg terdaftar BM tdk diterima,apakah berarti undangannya tdk diterima juga? Terima Kasih

  • @ Mbak Wulan_EverLastingBlue,
    lihat persyaratan di http://www.snmptn.ac.id/i_page.php?m_id=10.

  • Wulan_EverLastingBlue

    SNMPTN Undangan syaratnya apa saja?

    Terimakasih

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.