DEMO SOFTWARE TIK DI HOTEL METROPOLE BATU

Pada 26 Mei 2012 diadakan demo software-software yang dikembangkan oleh TIK UM di hadapan Rektor, Pembantu Rektor, para Dekan, para Ketua Lembaga, pimpinan unit, dan peserta lokakarya sinkronisasi renstra UM di hotel Metropole Batu. Demo ini untuk menunjukkan hasil kerja The Dream Team TIK UM di bawah Pokja IT sejak April yang lalu.

Diawali dengan presentasi dari Pak Dawud tentang kemajuan-kemajuan yang telah dicapai oleh tim hardware, demo berlanjut pada tiga layar display besar yang terpampang di depan. Display mewakili software kepegawaian yang dikembangkan Bu Fitri,  Siakad Dosen  oleh Pak Wahed dan Beban Kinerja Dosen oleh Pak Rijal. Hal yang ditonjolkan di sini adalah sinkronisasi data antara tiga software tersebut.

Pak Dawud meminta kepada Bu Fitri untuk menampilkan data semua dosen, kemudian data beliau.  Saat ditampilkan ternyata nama yang muncul adalah Muhamad Dawud! Demikian juga pada software Siakad dan BKD; mereka mengambil data dari sumber yang sama. Tentu saja hal tersebut salah dan kesalahan pasti pada database kepegawaian, bukan software siakad maupun BKD.

Hal tersebut sangat mungkin terjadi dan karena semua software yang berhubungan dengan kepegawaian mengambil data dari database kepegawaian pusat, maka mereka juga akan menampilkan data yang sama, yang juga salah.

Bagaimana cara membetulkan kesalahan tersebut? Tentu saja kita harus menghubungi petugas/operator database kepegawaian untuk menginformasikan tentang kesalahan tersebut dan memberikan data yang benar.

Kenapa tidak langsung dibetulkan lewat software BKD saja sehingga tidak perlu repot-repot menghubungi operator database kepegawaian? Hal ini berdasarkan “sistem satu pintu”; input data primer kepegawaian hanya dapat dilakukan oleh operator data kepegawaian. Software yang berhubungan dengan data kepegawaian hanya dapat mengakses dan menampilkan data tanpa mengubahnya. Hal ini dimaksudkan agar terjadi keseragaman data di seluruh tingkatan di UM.

Dalam demo, setelah kesalahan dibetulkan dan perubahan data disimpan oleh Bu Fitri di software kepegawaian, tampak pada software Siakad dan BKD telah menampilkan nama yang benar secara realtime.

Meskipun bersifat demo, data-data yang dipakai adalah data-data valid yang ada di server kepegawaian UM dan diakses melalui jaringan internet dari hotel Metropole. Hal ini berarti software-software web-based tersebut dapat diakses dari manapun dengan jaringan internet.

Selain demo sinkronisasi, software-software tersebut juga ditampilkan secara individu dengan menitikberatkan kepada fitur-fiturnya. Contoh fitur di software BKD adalah form yang telah terisi dengan data-data yang telah masuk di database sehingga saat menerima blanko BKD, dosen tidak menerima blanko kosong yang harus diisi secara manual. Dengan demikian dosen hanya perlu menambahkan data yang kurang lengkap seperti penelitian mandiri yang tidak masuk dalam database Lemlit.

Selain tiga software di atas, didemokan juga software P2M oleh Bu Fitri, software PE oleh Pak Pur dan PDPT oleh Pak Umar Faisol. Secara umum software telah dapat digunakan meskipun fiturnya belum lengkap. Software P2M memerlukan entry data penelitian dari operator Lemlit.

 

Nugroho Adi (Anggota Pokja IT, Dosen FMIPA)

Komentar ditutup.

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.