Peningkatan Kecepatan Akses Internet UM #5

Mulai hari Kamis, 3 Mei 2012 anggota Dream Team IT yaitu Mas Fahmi, Mas Rizky, dan kawan-kawan mulai mengatur routing jaringan inti (core network)  dan mencoba untuk mengatur bandwidth. Setelah mencoba dan mengatur maka ditetapkan bahwa mulai Jumat 4 Mei 2012 diterapkan hal sebagai berikut:

1. Pengguna melalui wireless dan kabel tidak menggunakan proxy.

2. Pengguna melalui kabel harus mengisi Preferred DNS dengan 100.100.100.2.

Pada hari Jumat pagi memang sempat terjadi kepanikan karena unit kerja tidak dapat mengakses internet karena keputusan semalam belum sempat disosialisasikan. Setelah unit kerja dikabari maka kepanikan mereda.

Pembenahan setting segera dilakukan di Rektorat dan di A3. Mudah-mudahan bisa segera dinikmati agar Pak Rofi’uddin (PR II) tidak pernah berkata lagi “kalau di tempat saya saja tidak lancar apalagi di tempat lain.”

Saat ini akses internet  untuk server mulai dibedakan dengan akses internet untuk pengguna. Akses internet untuk server menggunakan 32 Mbps campuran (domestik/internasional) dan akses internet untuk pengguna adalah 18 Mbps campuran (domestik/internasional)  + 60 Mbps domestik. Belum juga dipisahkan sama sekali karena masih dimungkinkan penggunaan silang (load balancing). Sedang dicoba pengaturan yang lebih baik yaitu layanan dibalik, karena server lebih banyak diakses oleh domestik. Mudah-mudah bisa lebih baik lagi dan penyewaan bandwidth untuk tahun 2013 lebih terencana dan merupakan hasil perundingan bersama berdasarkan kebutuhan dan dana yang ada.

Setelah itu mulai muncul komentar yang memuji peningkatan kecepatan akses internet. Ada komentar dari FIP yaitu Mas Laksono Budiarto dan Mas Ronny. Pada hari Sabtu saya juga bertemu dengan 7 orang mahasiswa Fisika dan mereka juga berkomentar dengan semangat: “Wah, akses internetnya sangat cepat.”

Mudah-mudahan setting yang dilakukan sudah tepat, masih harus ditunggu perkembangannya setelah semua unit kerja sudah memakai itu. Jika memang lancar maka beberapa unit yang menyewa Speedy 3 Mbps tentu akan menghentikan langganannya sehingga ada efisiensi dana.

Pada hari Senin, 7 Mei 2012 Dream Team IT akan turun ke unit-unit kerja untuk memastikan bahwa setting sudah dilakukan dengan benar. Mari kita dukung dengan memberikan masukan dan ucapan selamat atas kerja keras mereka yang bisa menimbulkan perubahan pesat hanya dalam jangka waktu 2 minggu. Perubahan yang telah ditunggu sejak hampir 4 tahun yang lalu.

Mohon masukan tentang kecepatan akses internet di unit kerja Saudara sejak Jumat, 4 Mei 2012.

 

Malang, 6 Mei 2012

Johanis Rampisela (Anggota Pokja IT UM)

20 comments to Peningkatan Kecepatan Akses Internet UM #5

  • terima kasih.
    saya sudah merasakan manfaatnya, kecepatan meningkat dan akses cepat.
    semoga bisa bermanfaat lebih untuk mahasiswa maupun birokrat di UM.
    Untuk gedung G3 TEKNIK SIPIL sudah ada signal untuk akses internet, tapi Di D9 laboratorium teknik sipil tidak terjamah akses internet UM.
    jadi mahasiswa yang di D9 kalau ingin mengakses internet harus ke G3 dulu.

  • cak imam

    @ pak jo, terima kasih tanggapannya. Setahu saya di d9/lab sipil sudah ada alat wifinya, hanya mungkin belum teroptimalkan settingnya atau pengaturan alatnya belum pas. Mohon bisa dibantu. Untuk contact person bisa ke saya.

  • Hardi S. Kurniawan

    Akhirnya dapat jaringan yang nyaman buat pengguna Intranet. Aplikasi via intranet tidak perlu pusing-pusing bypass proxy yang kadang-kadang kurang optimal juga. Semoga pelimpahan beberapa kesalahan pada server tidak terjadi lagi.

    Hardi-BAUK

  • @cak imam, penambahan wireless pada setiap unit seharusnya dibeli oleh unit bersangkutan. Hanya saja diharapkan agar wireless yang akan dibeli dikonsultasikan dengan Dream Team IT agar alat yang dibeli sesuai dengan yang diharapkan.

  • cak imam

    Mohon untuk gedung D9/lab. sipil bisa disediakan fasilitas wifi sehingga mahasiswa/dosen tidak perlu lagi nunut di D8/FS.

  • @dsatyananda, ada pengaturan routing dan bandwidth yang tidak sesuai sehingga memperlambat distribusi data.
    DNS yang dipakai harap diganti dengan 100.100.100.2.

  • DNS 8.8.8.8 itu adalah DNS Server Publik Google.
    DNS Server ini yang berfungsi menerjemahkan alamat URL yang kita ketikan ke alamat IP.

    Sebagai referensi: http://blog.fastncheap.com/mengganti-dns-dengan-dns-publik-milik-google-dan-opendns/

    Saya menggunakan DNS Server ini pada koneksi Speedy di rumah, hasilnya akses ke web server luar negeri lebih cepat daripada menggunakan DNS bawaan Speedy dan bila saya mensetting web hosting untuk domain baru saya yang berserver di AS, propagasi DNS-nya juga lebih cepat.

    Saya kurang tahu apakah pada saat menggunakan wi-fi UM, DNS ini dapat digunakan user. Alangkah baiknya, bila Anda mencobanya.

  • dsatyananda

    Lha ya, kalau begitu masalahnya apa ya dulu, terlepas dari pengaturan bandwidth lokal/internasional? Ketika peak hour lambat sekali, baru lumayan ketika menjelang sore. Juga dulu sering tidak ‘ramah’ terhadap CSS sehingga tampilan suatu halaman hanya teks saja dan baru normal ketika direfresh beberapa kali.
    Pertanyaan saya, kemarin di awal-awal kalau tidak salah DNSnya diumumkan 8.8.8.8? Masih berlaku tidak?
    Salut untuk team, semoga ke depan semakin lebih baik lagi kualitas koneksi di kampus ini.

  • Inilah yang sejak dulu saya idam-idamkan ketika saya menulis tentang Sinergi antara Dunia Maya dan Dunia Nyata beberapa waktu yang lalu. Antara keMAUan dan FASILITAS. Sekarang sudah ada FASILITAS yang sangat mendukung… tinggal MAUnya yang ditingkatkan. Kalau bicara BISA banyak yang bisa tapi kalo bicara MAU belum tentu….

    Sekarang kita sudah bisa benar-benar On the GO via mobile devices tanpa harus pusing mikirin proxy karena tidak semua mobile device bisa disetting proxy nya di web browser.

    Semoga ke depan semakin lebih baik

    ekowahyu.s FSUM

  • @Cak Imam dan MS Arif
    Terima kasih info dan dukungan Cak Imam dan MS Arif. Jika ada keluhan, tolong segera sampaikan kepada kami.
    Dawud
    anggota Pokja IT

  • Semuanya berkat kerja Dream Team IT yang didukung oleh Pokja IT, Pak. Semoga semakin baik.

  • Trimaksih Pak Jo semoga dengan lancarnya internet dapat membantu semua kinerja dan para mahasiswa yang ada di UM. Maju terus UM Ku….

  • cak imam

    Assalamualaikum wr.wb.
    Matur suwun sanget untuk Mas Rizki dan seluruh kru Dream Team IT (PUSTIK) atas layanannya. Internetnya semakin wus..wus..wus. Kami dari Unit Layanan Pengadaan Secara Elektronik (U-LPSE) mengucapkan banyak terima kasih atas kerja kerasnya. Semoga tidak terjadi lagi gangguan layanan pada lelang-lelang selanjutnya.Bravo!!!!

  • @Mas Putut, tolong bantuannya untuk menginformasikan dan membantu teman-teman di FMIPA dan jurusan-jurusannya agar segera diterapkan kondisi (1) noproxy, (2) preferred DNS: 100.100.100.2.
    Terima kasih.

  • Beberapa mahasiswa di fisika merasakan perubahan atas tidak diberlakukannya proxy ini pak jo.

    Ada beberapa mahasiswa yg akhirnya bisa menggunakan ponselnya untuk mengakses wifi dari TIK. Dikarenakan beberapa merk dan type ponsel tertentu tidak mendukung pengaturan proxy.

    trim atas kerja keras Mas Fahmi, Mas Rizky serta rekan rekan yang lain 🙂

  • @Pak Bakir, terima kasih banyak atas informasinya. Semoga dana Speedynya FE bisa digunakan untuk hal yang lebih berguna lagi.

  • BAKIR

    Ada program-program di Lab. FE yang tidak support penggunaan PROXY (spt program Bursa Efek)sehingga pakai Speedy, sekarang bisa dihapus tuh speedy….

  • MATSUANI

    SOSIALISASIKAN PAK BIAR MANFAATNYA TIK UM LEBIH MERATA UNTUK WARGA UM…KARENA MASIH BANYAK WARGA UM BELUM TAU TUPOKSINYA…SMOGA KEDEPANNYA LEBIH MAJU…

  • @Nugroho Aji Prasetiyo, kelihatannya informasi ini adalah informasi sebelum Jumat, 3 Mei 2012. Diharapkan informasi yang disampaikan adalah informasi setelah diadakan perbaikan setting. Yang lalu biarlah berlalu.

  • Nugroho Aji Prasetiyo

    Semoga bermanfaat untuk kemajuan IT UM,
    di jurusan biologi wifi sering tidak bisa digunakan

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.