Standarisasi Database

Hari ini Dream Team TIK bagian software berkumpul untuk menindaklanjuti rencana standarisasi database yang ada di UM. Hingga siang ini telah tercapai standarisasi database kepegawaian. Simulasi telah menunjukkan bahwa dengan database yang seragam dari pusat hingga ke unit-unit, sinkronisasi dengan mudah dilakukan.

Simulasi dilakukan dengan tiga buah laptop yang berfungsi sebagai server kepegawaian, server TIK dan server fakultas. Sesuai dengan aturan yang telah disepakati, hanya admin server di kepegawaian yang dapat mengubah database kepegawaian. Selain itu server fakultas tidak memiliki hak untuk mengakses database di kepegawaian. Hanya TIK yang berhak mengambil data tertentu di server kepegawaian, selebihnya berbagai data yang lain tetap menjadi rahasia dan tersimpan aman di server kepegawaian.

Dengan model seperti itu, maka server di fakultas harus mengambil data di server TIK yang sama persis datanya dengan server kepegawaian.  Dalam simulasi ditunjukkan bahwa perubahan data di kepegawaian langsung berimbas pada database  di TIK dan  fakultas.

Bagaimana jika ada perubahan di fakultas?  Ada aplikasi chat untuk komunikasi antara admin fakultas dengan admin kepegawaian.

Bagaimana jika fakultas tidak mengelola server? Bagaimana aplikasi yang dikembangkan di fakultas mengakses data kepegawaian? Saat ini sedang dikembangkan sebuah service yang memungkinkan aplikasi dari fakultas mengakses data tanpa menyentuh database.

(berlanjut…)

Nugroho Adi Pramono (Anggota Pokja IT, Dosen FMIPA)

Komentar ditutup.

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.