PAK JOHANIS RAMPISELA DALAM KENANGAN

Kamis, 7 Juni 2012, jam 10.00 WIB Pembantu Rektor II UM, Bapak Prof. Dr. Ahmad Rofi’uddin, memberitahu via telepon bahwa Pak Johanis Rampisela dirawat di Kuala Lumpur, Malaysia. Melalui telepon itu, Pak Rofi’uddin meminta saya untuk menyelesaikan tugas-tugas kelembagaan UM yang selama ini ditangani Pak Johanis Rampisela.
Malam harinya, saya terima SMS dari Kepala Biro Umum dan Keuangan UM, Pak Andoyo:  “Berita Duka. Telah berpulang ke hadirat Tuhan YME, Bapak Johanis Rampisela pada hari Kamis, 7 Juni 2012 pukul 19.30 WIB di Kuala Lumpur, Malaysia. Blm ada info kepulangan jenazah ke Mlg. Terima kasih”. Berita itu langsung saya tulis di Suara Kita berjudul : BERITA DUKA: BAPAK JOHANIS RAMPISELA BERPULANG.
Usai menulis berita tersebut, terbayanglah kenangan kebersamaan saya dengan Pak Jo. Begitulah keseharian saya memanggil Beliau.
Interaksi intensif saya dengan Pak Jo berawal pada tahun 2000, saat saya baru mendapat tugas seagai Pembantu Dekan II FS. Ini terjadi karena software Sistem Informasi Akademik Fakultas Sastra dirancang oleh Pak Jo. Jika ada permasalahan, kami infokan, beliau langsung datang, langsung pula menyelesaikan. Interaksi intensif itu berlangsung sekitar 2 tahun. Setelah itu, tidak ada lagi interaksi intensif karena software Sistem Informasi Akademik Fakultas Sastra tidak dipakai lagi, diganti dengan Siakad TPSI UM.
Baru pada tahun 2009 terjadi interaksi intensif lagi saat Pak Jo mendapat tugas sebagai Kepala Divisi Perangkat Lunak Pusat TIK UM. Gayanya tetap sama, jika ada permasalahan, kami infokan, beliau langsung datang, langsung pula menyelesaikan. Tidak betele-tele. Tanpa birokrasi berbelit. Kolegial, tanpa sekat, dan  tanpa jarak.
Saya sangat mengagumi kesukaan Pak Jo membagi dan memberi ilmu secara langsung dan atau melalui tulisan tentang sistem informatika. Jika ada program aplikasi baru yang bermanfaat, dengan cepat Pak Jo sampaikan dan bagikan kepada saya, misalnya, MINJET MIND MANAGER. Sudah sangat banyak ilmu yang Pak Jo bagikan kepada publik via um.c.id ini, misalnya, tentang pengukuran peringkat, tentang bandwith, dan tentang software. Semua dikemas dengan bahasa yang lugas, mudah dipahami.
Dua kali acara gerak jalan sehat saat Dies Natalis UM saya dan Pak Jo selalu masuk 10 peserta awal tiba di finish. Saya dan Pak Jo hanya bisa di belakang Bapk dan Ibu Sugeng Rahayu. Saya ingat, Bu Yuyun selalu memberi hadiah bagi 10 besar peserta terawal tiba di finish. Gerak jalan sehat 2011 yang lalu saya tidak lagi menemui Pak Jo. Pun, beberapa waktu tidak saya baca tulisannya di um.ac.id. Memang, saya pun lama tidak menulis karena ada moderasi. Ternyata, ketidakmunculannya itu karena Pak Jo dirawat di rumah sakit di Singapura.
Dua bulan terakhir ini saya dan Pak Jo berinteraksi intensif lagi saat dalam Pokja TIK UM. Sabtu, 14 April 2012, saya jemput Pak Jo di rumahnya untuk bersama-sama lokakarya ke Batu. Sepanjang perjalanan banyak obrolan: tentang anak, tentang sakitnya, dan tentang tugas-tugasnya.
“Saya terlambat mengetahui kalau sakit yang saya derita adalah kanker tulang, Pak Dawud”, ujar Pak Jo. Semula dokter mendiagnosis karena salah urat. Demikian juga Sinshe yang saya temui. “Sekarang, saya baca tulisan tentang kanker, termasuk  dua tulisan Pak Dawud di um.ac.id tentang kanker yang diderita almarhumah Bu Dawud dan almarhumah Bu Menkes. Saya belajar banyak dari tulisan Bapak”.
Dalam perjalan panjang karena kemacetan di Dinoyo, saya pun bertanya tentang facebook Pak Jo. “Ternyata, Pak Jo menempel link QURAN HARI INI di facebook Bapak”, tanya saya. “Iya, Pak. Saya suka membacanya. Saya suka baca kutipan-kutipan ayatnya.“
Tadi malam, usai terima berita duka itu, saya buka facebook Pak Jo. Saya baca link QURAN HARI INI. Salah satu kutipan ayat itu adalah … firman-Nya, “Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu.” (al-Baqarah: 45).
Saat ini, saat revitalisasi teknologi informasi dan komunikasi UM dan saat penerimaan mahasiswa baru UM, kami membutuhkanmu, merindukanmu. Akan tetapi, Tuhan telah memberikan pilihan terbaik untukmu. Selamat  jalan Pak Jo. Semoga damai dalam istirahat panjangmu.
Malang, 8 Juni 2012
Dawud
FS UM

34 comments to PAK JOHANIS RAMPISELA DALAM KENANGAN

  • Hennie M T

    saya turut berdukacita atas meninggalnya Pak Jo…saya merasakan kebaikan beliau dalam memberikan ilmu. Upaya beliau membagi ilmu begitu baik terhadap sesama dosen. Selamat jalan Pak Jo..kiranya kel. diberi kekuatan oleh Tuhan.Hennie M T Fisika UNIMA

  • jeffry

    terimakasih atas segala pembangunan karakter yang tidak sengaja saya terima dari pak jo

  • Bambang Pudjo R

    Turut berduka cita sedalam-dalamnya atas meninggalnya sdr Johanis A Rampisela ………. saya alumni fisika IKIP malang angkatan tahun 1979 semogaamalnya diterima disisi Nya

  • FUAD um ac id

    selamat jalan pak jo, semoga amal ibadahnya di terima di sisi -Nya

  • Awal Hidayat

    Selamat Jalan Pak Jo….semoga diampuni segala dosa dan kesalahan serta diterima semua amal baik Bapak dalam pengabdiannya pada dunia Pendidikan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa….
    Aku Masih teringat slalu dengan Gaya Mengajar Pak Jo…..
    Terima kasih guruku…..Selamat Jalan…..

  • edy tri

    selamat jalan guru…

  • edy tri

    selamat jalan pak Jo….

  • Meski saya bukan alumni dan bukan pula keluarga besar UM, namun saya termasuk yang sangat kehilangan beliau. Bagaimana tidak, setiap mengunjungi website UM, saya selalu menyempatkan untuk membaca tulisan-tulisan beliau, khususnya tentang webometrics. Kali terakhir saya bertemu dan bertatap muka langsung dengan beliau ketika materi klinik e-journal pada Penloknas Jurnal Ilmiah di Batu. Saya turut merasakan kenangan indah mahasiswa, kolega, dan segenap civitas akademika UM terhadap Pak Jo seperti komentar-komentar di atas meski saya bukan bagian dari civitas akademika UM, saya mendapatkan kenangan manis, rasa kagum sekaligus bangga serta semangat yang menular dari Pak Jo. Terima kasih, Pak Jo. Semoga sakitnya menjadi penggugur dosa, inspirasi dan semangatnya yang menular bisa menjadi amal jariyah dan sumber pahala tak bertepi di akhirat sana. Semoga kerja tulus ikhlasnya bisa menjadi sumber pertolongan di akhirat sana, insya Allah. Aamiin.

  • 2003 adalah tahun pertama saya diajar beliau. Sosoknya yang kharismatik, membuat semua mahasiswanya sangat hormat kepada beliau. Tidak hanya materi kuliah yang diajarkan, namun beliau juga menyisipkan barbagai nasehat tentang kehidupan kepada kami. Beliau adalah pembimbing skripsi terbaik, “selalu ada” kapanpun mahasiswa membutuhkannya. Meski sedang di jalan, beliau tidak segan mengangkat telepon untuk melayani konsultasi kami.
    2006 adalah tahun pertama saya menjadi staf beliau. Sebagai atasan, beliau sangat perhatian terhadap kesejahteraan karyawannya. Beliau mengajarkan cara hidup sehat kepada kami, menyediakan makan siang buah, air ber-TDS rendah, menjauhi rokok, dan menjaga berat badan ideal. Meski kami mencari dimana pun, tak akan ada sosok pemimpin seperti beliau.
    2011 adalah tahun ketika beliau mulai sakit. Meski sakit, namun semangatnya dalam bekerja, tidak pernah berkurang. Selalu optimis saat bercerita tentang perkembangan UM, bagaimana Pokja TIK bekerja membenahi segala macam masalah IT di UM. Masih semangat untuk mengikuti Lokakarya TIK di Batu, meski saat itu kondisinya sudah sangat menurun.
    7 Juni 2012, Allah telah memanggil Bapak. Allah sangat menyayangi Bapak, sehingga tidak membiarkan Bapak terlalu lama merasakan sakit.
    RIP Pak Jo, salah satu nasehat Bapak “Bekerjalah dengan hati”….akan selalu saya ingat, dan senantiasa menjadi penyemangat saya dalam menjalankan semua pekerjaan.

  • Teringat kalimat seorang teman saat sebelum pak Jo mengundurkan diri dari mengelola blog, “Suara Berkarya isinya cuma mbak eny ama pak Jo doang.”

    Juga mengingat saat saya sibuk menceritakan ‘kecelakaan’ teknis memasukkan nilai yang membuat nilai mahasiswa bisa tidak muncul. Sesuatu yang bisa di perbaiki dari sistem di pusat. Pak Jo lah yang sibuk menelepon saya, mungkin sembari mencari metode memperkecil kesalahan manusia alias “human error” dari sistem inputnya. Usahanya cukup keras utk selalu mencari pemecahan masalah.

    Ingatan terakhir adalah saat beliau mengkritik cara saya menulis. And I really thankfull for that.

    Semoga Tuhan mencatat semua amal sebagai kebaikkan, dan memaafkan semua hal yang tidak tercatat sebagai kebaikkan. Amin

  • Handayani

    Turut berduka cita atas meninggalnya Pak Johanis. Semoga amal ibadahnya diterima di sisi Tuhan YME dan keluarga yang ditinggalkan selalu diberi kesabaran dan kelapangan dada.
    Tuhan sangat mencintai orang seperti Pak Johanis, sangat cintanya sehingga tidak rela jika Pak Johanis terlalu sakit dengan keadaannya.
    Semoga kehidupan Pak Johanis di civitas akademika ini bisa menjadi pelajaran untuk kita semua.

    Matur nuwun juga kepada Pak Dawud yang telah berbagi cerita tentang Pak Johanis. Saya jadi ingat Alm. Bu Wiwin (Bu Dawud) senyumnya yang kalem dan berbinar yang tidak menunjukkan kesedihan dalam perjuangannya melawan rasa sakit.

  • Selamat jalan Pak Jo.Saya turut berduka cita sedalam-dalamnya,atas meninggalnya Pak Jo, yang merupakan guru WEBOMETRIC saya selama ini.
    Bukan saja Webometrics. Saya banyak belajar banyak hal dari Pak Jo.

    Semoga Semangat Pak Jo yang luar biasa ,tertular kepada semua orang yang mengenalnya.

  • turut berduka dengan wafatnya Pak Johanis, semoga rahmat tuhan tercurah padanya. keikhlasan dan keseriusan beliau dalam mengajar tiada duanya bagi saya :)

  • Innalilahi wa’innalilahi roji’un,

    Saya turut beduka cita atas berpulangnya beliau, semoga beliau damai dalam istirahatnya. Saya juga mengucapkan terima kasih atas semua jasa-jasa beliau dalam pengabdian beliau di kampus tercinta UM. Selamat jalan Pak JOHANIS RAMPISELA….

  • Innalilahi wa’innalilahi roji’un, ikut berduka yang mendalam atas meninggalnya pak Jo, semoga amal baiknya diterima Allah SWT, ditempatkan yang mulia di sisiNya, kenangan yang tidak pernah terlupakan dalam hidupku adalah pada tahun 1994 sekitar bulan Mei, beliau masih manten baru bertempat tinggal di perumh. Joyo Grand, sepulang kerja dari IKIP, seperti biasa saya keliling mencari nasabah asuransi BP, dan berkunjung ke rumah beliau untuk memberikan informasi manfaat investasi asuransi dengan nilai dollar, setelah saya selesai menerangkan dia hanya menjawab kalimat singkat “ya bu saya ikut 2 dg isteri saya $20 ribuan” betapa senangnya hatiku saat itu, saya mendapat provisi besar, bisa untuk UMrumah dan renov, beliau satu-satunya orang UM yang saya tawari asuransi dg satu kali kunjungan langsung ikut, padahal beliau masih belum sukses seperti skrang, ini tidak terlepas dari kebaikan dan ketulusan hati beliau kepada siapapun, jiwa penolong, ramah dan sabar, selamat jalan pak Jo, keluarga yang ditinggalkan semoga tabah, esok kita semua juga akan menyusulmu.Wiwik.

  • Zainal Arifin

    Turut Berduka Cita atas meninggalnya Pak Jo.
    Beliau adalah Mahasiswa Tercerdas seangkatanya dan mau berbagi ilmu pada teman-temannya.
    Selamat Jalan Kawan, Semoga Selalu Bahagia di sisiNya.

    (zainal fis ’82)

  • Saya alumni S1 Pend. Teknik Informatika 2007, dan saya juga merasa sangat kehilangan sekali. Karena beliau yang pertama merespon dan menghargai aspirasi saya di forum UM sebelum rubrik Berkarya dibuat. Beliau bersedia memasang desain Header saya untuk situs UM, dan mengundang saya di acara peresmian gedung PTIK yang baru. Saya merasa sangat dihargai saat diundang dalam acara tersebut, karena waktu itu hanya saya mahasiswa yang ikut dalam acara tersebut. Masih ingat dibenak saya betapa nervousnya saya berada diantara para pejabat-pejabat UM. Dan saya ingat juga Pak Dawud yang mengajak berbicara saya untuk menghilangkan ketegangan saya karena merasa asing disana. Dan saya juga tidak menyangka waktu itu Pak Dawud adalah Dekan Fak. Sastra.

    Belum lagi ketika praktek di PTIK, saya diajak membantu Bu Mimin dan Staf pribadi Pak Jo menangani komplain Pendaftaran Mahasiswa Baru Online sampai lembur tengah malam berhari-hari di kantor Pak Jo yang di jalan Coklat. Setelah PMB online, diikutkan kembali di Registrasi Mahasiswa Baru, kemudian diikutkan lagi dalam peningkatan ranking situs UM versi Webometrics. Sungguh pengalaman2 yang diberikan Pak Jo sangat berarti bagi saya, karena melalui pengalaman ini saya yang semula cukup pendiam karena saya introvert bisa menjadi lebih percaya diri, terbuka, dan keluar dari zona aman saya. Demikian kenangan singkat saya bersama Pak Jo.

    Terima Kasih, Pak Jo.

  • Siti Dhomroh

    Saya alumni jurusan Fisika angkatan 1994, saya sangat mengagumi Pak Jo kala pertama kali beliau mengajar MK Komputer Pembelajaran Fisika sampai saya ikut kembali MK Media Pembelajaran “Turbo Pascal”. Saya sangat kagum karena sangat Brilian dari cara ngajarnya yang sangat disiplin (rencana pembelajaran dari awal semester sampai akhir semester mahasiswa sdh mengetahuinya). Begitu baiknya beliau, sempat saya ditawari kerja di wartelnya (saat itu). Pak Jo… selamat jalan…

  • Pudji Marjanto

    Saya Alumni UM dari FT angkatan 95 ikut berduka cita atas berpulangnya Pak JOHANIS RAMPISELA, selamat jalan pak, semoga amal & kebaikanmu di terima oleh Allah, segala dosa2mu dimaafkan, keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan untuk menerima cobaan ini. Selamat jalan pak……………!

  • “Semalem belajar berapa jam?” itulah petikan pembuka matakuliah Mekanika. Matkul pertama saya bersama dosen, pembimbing yang sangat saya banggakan.. dari 2003 – 2006 sya terus mengikuti bimbingan beliau hingga menyelesaikan program sarjana fisika. Begitu banyak ilmu yg diajarkan dari ilmu komputasi sampai dengan mendidik anak didiknya menjadi pribadi yang disiplin.. Rasa terima kasih saja pun tak cukup sebelum melihat wajah beliau untuk yang terakhir kalinya dan berdoa untuk beliau.. Selamat Jalan Pak Jo.. Semoga tenang di sisiNYA.. Amiiin

  • Pak Dawud Yth,

    Saya alumni Fisika UM angkatan 1994.
    Saya adalah mahasiswa pengagum beliau, karena beliau begitu luar biasa jadi Dosen Fisika saat itu. Jadi kami mahasiswa harus serius kalau mengikuti kuliah beliau.

    Yang hebat dari Beliau adalah:
    - beliau selalu memberikan lembar materi kuliah secara gratis setiap kali pertemuan,
    - saat UAS dulu bahkan Beliau pernah membagikan Roti dan Susu kepada 2 kelas saat itu (ada 80 orang).
    - Beliau membuat mahasiswa menjadi lebih sungguh2 belajar. sekalipun hujan deras, beliau selalu masuk ngajar.

    SATU YANG SAYA INGAT (baru saya ceritakan sekarang):

    - Saya pernah bermimpi saat kuliah dulu:
    “Pak Jo berdiri di mimbar masjid Al Hikmah IKIP MALANG”,
    dan saya bagun langsung kaget.

    ya, semoga saja, dalam niat beliau ini mungkin sedang mempelajari ISLAM. Wallohu ‘alam.

    Semoga Beliau mendapat karuania di Sisi-Nya. Hanya Alloh yang Maha Tahu.

  • aminarti siti wahyuni

    Begitu banyak kenangan yang ditinggalkan Bang Jo, begitu saya biasa memangilnya. Semuanya indah, kecuali saat saya terakhir menjenguknya bersama beberapa staf subag SI pada tanggal 30 Mei 2012 setelah mendapat kabar bahwa tanggal 2 Juni 2012 pagi beliau akan berobat ke Sime Darby Malaysia. Itu kenangan sedih…karena Bang Jo kondisinya menurun dan melemah. Kami sudah tidak bisa saling bercerita seperti biasanya karena Bang Jo sudah batuk-batuk kalau bicara. Hasil tes darah beberapa hari sebelumnya Bang Jo kabarkan melalui BB bahwa kanker sudah ada di paru-paru. Saat itu kami banyak diam.
    Kanker telah banyak mengubah fisik Bang Jo, tapi tidak mengubah sama sekali ketabahan dan semangatnya. Di status BB-nya dalam beberapa minggu tertulis, “menerima… bersabar… berjuang,” fotonya pantai… tempat yang paling Bang Jo sukai untuk dikunjungi.
    Berita duka saya terima hari Kamis pk 20.00, dan langsung saya sebarkan kebeberapa teman. Sedih..kaget..dan tak mengira Bang Jo telah pergi selamanya…. Rasanya seperti baru beberapa hari yang lalu Bang Jo tertawa lebar bersama Pak Dawud saat saya beri hadiah hiburan karena mencapai finish jalan sehat terdepan pada perayaan Dies Natalis UM.
    Hari-hari indah terakhir adalah saat Bang Jo mau menjadi fasilitator e-journal pada kegiatan Penloknas Penyuntingan dan pengelolaan jurnal di Batu di bulan April 2012. Tidak tampak lelah dan tetap bersemangat dua hari berturut-turut hadir di dua angkatan naik turun tangga dalam kondisi memakai alat bantu jalan. Rupanya itu kegiatan pertama dan terakhir Bang Jo bersama Tim Pengembang Jurnal dan Berkala UM.
    Padahal masih banyak yang ingin kami kerjakan bersama Bang Jo, tapi Allah SWT selalu mempunyai rencana terbaik bagi hamba-Nya.
    Saya akan selalu mengenang Bang Jo sebagai sahabat yang baik di kala senang dan duka … patner kerja yang handal dan ringan tangan. Begitu banyak hal-hal baik, saya tidak akan pernah lagi mendengar ide-idenya yang cemerlang dan nasihatnya kala saya lagi bete akan suatu hal.
    Selamat jalan Bang Jo, semoga keluarga yang ditinggalkan mendapat kekuatan, amien.

  • BERIKUT INFO DARI KERABAT PAK JO via SMS:
    DIRENCANAKAN, JENAZAH PAK JO TIBA DI RUMAH DUKA HARI SABTU, 9 JUNI 2012 PUKUL 19.00. PUKUL 20.00 DIADAKAN ACARA DO’A. MINGGU, 10 JUNI 2012 PUKUL 12.00 WIB DILAKSANAKAN MISA DI GEREJA DAN SETELAH ITU DIKREMASI.
    Malang, 8 Juni 2012
    Dawud

  • raden fahmi

    Saya termasuk salah satu orang yang merasakan kehilangan beliau. Beliaulah yang membawa saya ke lingkungan UM tercinta ini pada tahun 2008.
    Terakhir kali saya bertemu beliau 2 minggu kemarin,untuk membahas VPN server antarbank. Dalam keadaan sakit pun, beliau masih sempat-sempatnya mengurus hal itu. Pada hari itu, beliau pamit kepada kami untuk rehat dari segala kegiatan untuk memulihkan kondisi dulu. Beliau bercerita bahwa seluruh tugas sudah diselesaikan termasuk menguji skripsi bimbingan beliau. Beliau berpesan kepada kami, “Tolong selesaikan pekerjaan ini dengan ikhlas, tetaplah kalian bersatu dan kompak”. (Semoga kami bisa melanjutkan mimpi Bapak tentang UM di masa depan).
    Inilah salah satu kutipan favorit saya dari beliau “Bekerjalah kamu dengan niat untuk menolong seseorang, tanpa pamrih, tapi bertanggung jawab.”
    Inilah sedikit dari banyak kenangan saya tentang beliau.

    RIP Bapak Johanis Rampisela, semoga segala ilmu, semangat dan kebaikan Bapak mendapat tempat di sisi Allah SWT. Aminn.

  • Syamsul Irawan

    SELAMAT JALAN PAK JO…SELAMAT JALAN PAHLAWAN TIK UM.

    Kami dari Pengurus Keluarga Kerukunan Sulawesi Selatan Mengucapkan Turut Berduka Cita yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya beliau kealam Baqah.Semoga amal kebaikannya dan pengabdiannya selama masih hidup diterima disisinya amin…Terakhir ketemu waktu acara TIK di Hotel Philadelphia Batu..Beliau dalam keadaan pakai tongkat masih..melaksanakan Tugas dengan baik mengenai Workshop TIK. Senyum tawa dan candanya terakhir kali saya melihatnya..dan setelah itu tidak akan pernah lagi melihatnya.. Selamat Jalan Pak Jo..Semoga engkau Tenang disisinya amin… (atas nama Keluarga Kerukunan Sulawesi selatan).

  • djoko rahardjo

    Sulit rasanya bagi saya untuk menulis kebaikan hati Pak Johanes Rampisela. Saya mengenal beliau semenjak menjadi Dosen Fisika IKIP Malang/UM. Beliau penyabar, santun dalam berbicara, cerdas,low profile (tidak sombong) dan suka memberi masukan yang baik pada siapun. Selamat jalan Pak Jo kebaikan hatimu selalu kukenang.

  • Hamid

    Pak Jo yang saya kenal adalah salah satu dosen di FMIPA UM dan pejabat TIK, beliau bersama pejabat dan staf TIK lainnya selalu aktif dan memberikan ide2 untuk membesarkan Situs/laman um.ac.id, beliau selalu memberi masukan dan saran setiap saya tanya tentang kegiatan/pekerjaan yang berkaitan dengan IT.
    Saya sangat berkesan dengan moto beliau yang disampaikan di salah satu acara di Universitas Machung, “berikan ilmu kepada yang lain, biar bermanfaat”, dan P Jo mempraktekkan langsung di lapangan.
    Saya turut berduka cita, dan Selamat jalan Pak Jo, semoga ilmu yng P Jo berikan dan tularkan selalu bermanfaat.
    Sungguh kami merasa kehilangan sosok P Jo yang selalu energik dan ramah.

  • Noor Farochi

    Ikut berduka atas berpulangnya P. Jo, seorang teman yang baik yang dengan mudahnya menularkan ilmunya pada saya sejak saya di FMIPA s.d. saat ini di kantor pusat.
    Mudah-mudahan amal pebuatan baiknya selama ini mendapat tempat tersendiri dihadapan Allah swt. aaamiiin.

  • pah

    RIP,
    saya turut berduka cita sedalam-dalamnya,atas meninggalnya Pak Jo, salah satu guru WEBOMETRIC saya/kami selama ini.
    passion beliau tentang IT dll,yang beliau tularkan lewat tulisan,
    walau berjarak ruang dan waktu,dapat menembus kami yang baru belajar dari tulisan-tulisan beliau.
    padahal kami ada rencana untuk berkunjung ke Pak Jo,untuk sekedar menimba ilmu dari beliau.

    selamat jalan pak Jo,
    semoga tulisan-tulisan yang Pak Jo torehkan,masih tetap menularkan semangat kepada kami

  • anik

    Turut berduka cita atas meninggalnya pak Jo

  • Rest In Peace, Mas Jo, smoga amal bhaktimu diterima di sisi Tuhan YME,.kenangan kepeloporan dan contoh nyata kinerja, sikap dan tindakanmu sbg PNS UM pantas diteladani Generasi Muda PNS UM.

  • Kel Guru Fisika SMA 3 Lumajang

    Turut berduka atas meninggalnya guru – dosen kami Bpk Johanis Rampisela, yang telah memberikan ilmu tanpa takut kehilangan ilmunya, semoga beliau hidup dalam damai

  • Karkono

    Turut burduka cita sedalam-dalamnya atas meninggalnya Bapak Jo. Meskipun saya belum begitu intensif dalam mengenal beliau, tetapi saya (seperti juga Pak Dawud) begitu kagum dengan semangat Pak Jo dalam membagi ilmu atau upaya beliau untuk memberikan layanan terbaik terhadap mahasiswa atau sesama dosen. Dulu, ketika awal saya mulai menulis di rubrik berkarya, saya pernah dihubungi Pak Jo melalui telepon. Beliau memberitahu saya tentang teknis mengunggah tulisan agar tidak sekaligus beberapa tulisan dalam satu hari, tetapi bisa diangsur tiap hari saja agar urutan pemuatan bisa konsisten. Saya sangat apresiatif terhadap langkah beliau tersebut yang menguhubungi saya melalui telepon.Hal itu memberikan gambaran bahwa beliau sangat serius dalam mengelola rubrik Berkarya dan menghargai setiap penulis yang menyumbang tulisan ke Berkarya. Semoga semangat Pak Jo dalam memberikan hal terbaik untuk almamater dapat kita warisi.

  • tutik

    saya ikut berduka cita atas berpulangnya Pak Jo…semoga Beliau damai dalam istirahatnya…dan terimakasih atas semua ilmu dan bimbingan yang diberikan selama ini…

Aturan Rubrik

Sampaikan pendapat/ide/saran/layanan/kegiatan tentang UM yang sesuai dengan Aturan Rubrik

Komentar Terbaru

  • BAKAL CALON REKTOR (14)
    • Ngainun Naja: Memimpin merupakan tugas, amanat, dan tanggungjawab yang sangat berat untuk seorang pemimpin. Apalagi memimpin sebuah lembaga yang besar, dan sudah dikenal dikhalayak umum tentu...
    • Rakhmawati Indriani: Kualitas dari lembaga pendidikan sangat dipengaruhi oleh kepemimpinan Rektor di dalamnya. Untuk mewujudkan lembaga pendidikan yang unggul dan berkualitas, maka diharapkan...
    • Aisyah Amini: sebagai Mahasiswa, saya berharap untuk kedepannya. UM sebagai universitas yang saat ini unggul dalam mencetak tenaga pendidik profesional, dapat dipimpin oleh seorang rektor yang...
    • Lia Dwi Kristanti: Menjadi seorang pemimpin bukanlah suatu hal mudah, karena selain tanggung jawab yang berat, seorang pemimpin sejati harus memiliki tiga kompetensi dasar yang menjadikan seorang...
    • Fitria Anike WIdyawati: Calon Rektor UM ke depannya harus bisa menerapkan kepemimpinan visioner dengan kriteria yaitu: 1. Berwawasan ke masa depan Pemimpin yang mempunyai pandangan yang jelas...
    • FITRIANI HAVIVAH: Nilai keunggulan suatu lembaga pendidikan tinggi sangat bergantung pada kepemimpinan visioner yang harus ada pada jiwa seorang Rektor. Hal tersebut jika dikaitkan dengan visi UM...
    • Cerita Lucu: Saya sependapat seperti mas andrew “Siapapun itu semoga yang terbaik. Yang terpilih memang layak untuk memimpin bukan karena sebuah intrik politik. Rektor yang mengerti kebutuhan...
    • Andrey: Siapapun itu semoga yang terbaik. Yang terpilih memang layak untuk memimpin bukan karena sebuah intrik politik. Rektor yang mengerti kebutuhan kampus bukan karena nyari fulus. Rektor yang...
    • Achmad Supriyanto: Universitas Negeri Malang (UM) adalah lembaga penyelenggara pendidikan tinggi yang seharusnya bercirikan antara lain religius, ilmiah, edukatif, dan selalu menggunakan pendekatan...
    • Noor Farochi: Betul pak @ekowahyus… utamanya pada poin 2. semakna dengan maksud tulisan saya
    • budiarto: semua yang disampaikan diatas, saya sangat setuju sekali. Rektor seperti apa yang harus jadi Rektor ? adalah Rektor yang tidak lagi menjadi bagian dari golongan-golongan tertentu,...
    • ekowahyus: Menurut saya…. 1. Memang betul, prinsip tidak memberikan jabatan kepada yang meminta adalah pedoman karena boleh jadi MEMINTA karena mengharapkan sesuatu. 2. Konteks PILREK dengan...
    • mujahidin akbar: Rektor mendatang harus berorientasi melayani, meninggalkan kepentingan-kepentingan golongan dalam merumuskan kebijakan yang dapat menguntungkan bersama. Dalam mengemban tugas...
    • andriyan: Menurut saya bakal calon Rektor harus memenuhi kriteria: 1.Beriman dan Beramal Shaleh 2.Niat yang Lurus 3.Tidak Meminta Jabatan 4.Berpegang pada Hukum Allah 5.Memutuskan Perkara Dengan...
  • Mengapa wanita mudah kesurupan? (5)
    • satrio: klo ada yg blg bhw “siapa pun yg mengaku melihat arwah itu dusta”, mk ia telah mendustakan nabi saw yg melihat arwah d siksa dlm kubur lalu memberi pelepah kurma d atas kubur...
  • KHUTBAH JUM’AT: PEWARTA (1)
    • suhartono: Alhamdulillah tidak meleset apa yang disampaikan Pak Dawud,memang zaman sekarangpun tetap marak jangankan yang masih terhitung muda usianya bahkan yang tuapun bila berjalan tak cukup...
  • Dwi Cahyono: Masa Lalu Sebagai Pengalaman Baru (10)
    • Yudi Widodo: Mas Dwi, karena keterbatasan ilmuwan untuk memahami artefak masa lalu, sehingga muncul katagori prasejarah tatkala sandi & simbol tidak dapat difahami sebagai tulisan untuk...
  • Kekacauan Dunia Terjemahan (7)
    • Arul: Kalo untuk universitas Negeri Malang diterjemahkan The state University of Malang, karena Malang adalah nama dari sebuah kota dimana universitas tersebut berada,biasanya diterjemahkan seperti...
  • BAHASA AREMA YANG HAMPIR PUNAH (25)
    • tri wahyu: Salut buat ebes Djoko. menurut saya sekarang ini memang sudah sedikit kera ngalam yang memakai boso walikan. Memang perlu untuk segera dilestarikan, atau kalo perlu dibuatkan kamus boso...
  • Variabel pada Fotografi (1)
    • Lintas Fakta: informasi yang sangat berguna bagi kami yang photographer
  • LEMBUTKAN HATI DI USIA KRITIS (2)
    • kurniawan: ia benar kita harus permaaantap tiang agama,,,!
    • jasmine: usia kritis sebaiknya perbanyak ibadah , lebih baik kl dari usia muda, krn kita tak tahu umur kita :)
  • PERBEDAAN PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF (5)
    • Djarot: Puyeng ah… Gak ada bedanya tuh. Kadang-kadang dalam deskriptif juga memerlukan analisa data kualitatif. Ada yang lebih sederhana?
  • Hymne Universitas Negeri Malang (3)
    • Tiyayu Hanit: buat download mp3 mars dan hymne um dimana ya min? apa versi mp3nya belum ada ?
  • XANTHOSTEMON CHRYSANTHUS, POHON LINDUNG BERBUNGA (14) (1)
    • willy ginanjar: alangkah indahnya ciptaan tuhan ini ,, kita harus menjaganya jangan hanya bisa merusak
  • SEMOGA TIDAK ADA (LAGI) KEKERASAN DALAM PKPT (2)
    • Noor Farochi: Alhamdulillah…tks Pak, semoga berjalan dengan semestinya
    • dawud: PAK NOOR, INILAH BEBERAPA KETENTUAN PKPT UM 2013. DENGAN KETENTUAN INI, MESTINYA TIDAK ADA KEKERASAN DALAM PKPT UM 2013 INI. MARI KITA KAWAL BERSAMA-MASA • Seluruh kegiatan PKPT dilaksanakan...
  • UM JUARA UMUM MTQ MAHASISWA TINGKAT NASIONAL XIII TAHUN 2013 DI PADANG (5)
    • bona: Wooooow kalian keren banget! Selamat yaaa
    • Bona: Wow keren! Selamat buat semuanya!!
    • makanja: Selamat! Anda hebat! teruslah berprestasi, harumkan nama bangsa ini!!
    • Makanja: Selamat kepada para juara. Anda hebat! Teruslah berprestasi!!
    • Syamsi Riyadi: selamat buat UM, smoga bisa dipertahankan !!
  • Jurnal Terakreditasi (23)
    • dawud: Anda bisa hubungi Fakultas Sastra UM 0341567475
    • thresia: bagaimana cara berlangganan jurnal TEFLIN dan JIP bu?
  • CERMIN DIRI (4)
    • Noor Farochi: Hahahaha…. pak Kus, saya sudah mengusulkan untuk diberikan pasangan masing-masing shg nantinya bisa berkeluarga besar.
    • kusfian: Wah, Sebaiknya dua ayam jago yang dikurung di gedung A1 dan A2 di lepas saja pak noor, supaya jagonya juga memperoleh kebebasan dan berdoa yang baik.
    • suhartono: Memang ada yang berfikir seperti apa yang dikatakan Pak Noor, dan yang membuat orang salut adalah dia membuktikan ungkapan perasaannya dengan sering membeli burung murahan (setiap ada...
    • Noor Farochi: Wah… ini artinya mereka yang suka memlihara burung utk menikmati suara merdunya termasuk salah satu yang “membuat kerusakan di muka bumi”. Betapa tidak,…...
  • Putusan Mahkamah Konstitusi tentang Guru non LPTK (1)
    • Ferry Firridla: Berarti lulusan sarjana hukum bisa jd guru PKn gitu… Atau lulusan prodi Geologi bs jd guru geografi gitu… Atau juga lulusan kedokteran, keperawatan, kebidanan bisa jadi...
  • APRIL ISTIMEWA (6)
    • Noor Farochi: Penerapan sehari tanpa kendarangan bermotor yang digasas Ormawa UM sebenarnya dilaksanakan pada hari bumi 22 April, tetapi karena beberapa hal yang tidak bisa dihindari maka ditunda...
    • Eyang Subur: Kami mewakili jajaran Rumah Tangga UM mengucapkan SELAMAT dan Salut buat adik adik dari Ormawa yang telah membuat gebrakan satu hari tanpa asap kendaraan bermotor, meskipun dalam...
    • siti awaliyah: Rasanya hari ini beda sekali, suasana dalam kampus terasa nyaman dan sejuk. Semua orang yang masuk ruang jurusan membicarakan hal tersebut walaupun agak menggerutu karena harus...
    • suhartono: Kondisi peringatan ini cukup bagus namun masih bersifat mikro karena pelaksanaannya intern di UM saja, tapi kenapa mahasiswa dalam penyikapan atau merefleksikannya terhadap hari bumi...
    • ekowahyus: Bagaimana jika seminggu sekali atau paling tidak sebulan sekali diadakan kegiatan Car Free Day di UM … pasti damai sekali rasanya …. ekowahyu.s FIS-UM
    • kusfian: Ya pak Dawud, andaikan hari ini bisa berjalan terus di UM, betapa sehatnya kampus UM dan akan dicatat sebagai kampus pertama yang bebas polusi. UM sudah memprogram jalur lingkar arus...
  • POHON LINDUNG BERBUNGA SUMBANGAN ALUMNI (3) (1)
    • kusfian: Di jln merapi juga banyak pohon yang berbunga warna warni pak noor, di jln Ijen sebelah utara akper masih kecil bunganya bagus.
  • POHON LINDUNG BERBUNGA SUMBANGAN ALUMNI (2)
    • diding: Setahu saya, pemotongan pohon palem di mulai dari jalan Cakrawala (dahulu Gombong). Berlanjut di jalan kembar sebelah Selatan gedung Perpustakaan, dan yang terkini, di halaman gedung...
    • suhartono: Subhanallah, memang indah walau cuma melihat gambarnya, dan itupun masih salah satu dari ciptaan Yang Maha Indah, kalau yang mengakui fenomena langka itu adalah dari hati tentu kita akan...
  • Kurikulum 2013, Antara Fakta dan Opini (6)
    • haikalbiologi: Sedikit masukan untuk Sdr. Ferril, setelah anda menyajikan fakta dan opini macam di atas, lantas ini maunya apa? Tulisan ini arahnya ke mana? Kesimpulannya apa? Kalau ulasan anda...
    • Boniawan: Saya melihat kok tidak ada perubahan fundamental dalam hal filosofi-ideologinya, prinsip, dan konsep antara KTSP-2006 dengan Draft Kur 2013. Perbedaan signifikan justru pada...