Mengkritik sebuah karya fotografi – menjadi kritikus foto

Berteman dan berbagi pengetahuan adalah hal yang diwajibkan bagi setiap insan. Masing masing orang memilih dan menentukan cara mereka berteman dan berbagi pengetahuan, berkumpul dengan teman yang memiliki kesamaan kesukaan. Beberapa mahasiswa dari kampus UM memilih jalur fotografi sebagai ranah bertemannya. Adalah Fadli Rozy (Teknik) sebagai fotografer, Bony Rambatan (FS) sebagai talent, dan Eny Erawati (DKV 09) sebagai kritikus foto.

Dan seperti inilah cara penulis mengajak dengan sedikit ‘memaksa’ teman untuk terus menyempurnakan kemampuan. Memaksa, karena kemampuan fotografernya sudah diatas rata rata teman yang lainnya. Penulis menempatkan diri menjadi kurator sekaligus kritikus yang hanya memberikan penilaian dalam bahasa yang sesuai dengan kemampuan daya tangkap masing masing dari teman. Cara ‘bawah tanah’ karena penulis belum lagi entitled mengajar pada sebuah lembaga pendidikan.

Sebenarnya, banyak yang lebih suka dipuji, apalagi ditambah hadiah, dan aneka bentukan penghargaan.

Jika hati masih lebih suka pada pujian, maka carilah pujian. Jangan mencari kritik dan saran.

Nanti saja, jika hati sudah siap menerima kritikan, barulah mulai mencari kritikan.

Pujian tidak pernah membuat seseorang maju. Kritikan lah yang selalu bisa dijadikan pemicu.

Mengkritik Foto

blog eny erawati

Komentar ditutup.

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.