PAK JOHANIS RAMPISELA DALAM KENANGAN

Kamis, 7 Juni 2012, jam 10.00 WIB Pembantu Rektor II UM, Bapak Prof. Dr. Ahmad Rofi’uddin, memberitahu via telepon bahwa Pak Johanis Rampisela dirawat di Kuala Lumpur, Malaysia. Melalui telepon itu, Pak Rofi’uddin meminta saya untuk menyelesaikan tugas-tugas kelembagaan UM yang selama ini ditangani Pak Johanis Rampisela.
Malam harinya, saya terima SMS dari Kepala Biro Umum dan Keuangan UM, Pak Andoyo:  “Berita Duka. Telah berpulang ke hadirat Tuhan YME, Bapak Johanis Rampisela pada hari Kamis, 7 Juni 2012 pukul 19.30 WIB di Kuala Lumpur, Malaysia. Blm ada info kepulangan jenazah ke Mlg. Terima kasih”. Berita itu langsung saya tulis di Suara Kita berjudul : BERITA DUKA: BAPAK JOHANIS RAMPISELA BERPULANG.
Usai menulis berita tersebut, terbayanglah kenangan kebersamaan saya dengan Pak Jo. Begitulah keseharian saya memanggil Beliau.
Interaksi intensif saya dengan Pak Jo berawal pada tahun 2000, saat saya baru mendapat tugas seagai Pembantu Dekan II FS. Ini terjadi karena software Sistem Informasi Akademik Fakultas Sastra dirancang oleh Pak Jo. Jika ada permasalahan, kami infokan, beliau langsung datang, langsung pula menyelesaikan. Interaksi intensif itu berlangsung sekitar 2 tahun. Setelah itu, tidak ada lagi interaksi intensif karena software Sistem Informasi Akademik Fakultas Sastra tidak dipakai lagi, diganti dengan Siakad TPSI UM.
Baru pada tahun 2009 terjadi interaksi intensif lagi saat Pak Jo mendapat tugas sebagai Kepala Divisi Perangkat Lunak Pusat TIK UM. Gayanya tetap sama, jika ada permasalahan, kami infokan, beliau langsung datang, langsung pula menyelesaikan. Tidak betele-tele. Tanpa birokrasi berbelit. Kolegial, tanpa sekat, dan  tanpa jarak.
Saya sangat mengagumi kesukaan Pak Jo membagi dan memberi ilmu secara langsung dan atau melalui tulisan tentang sistem informatika. Jika ada program aplikasi baru yang bermanfaat, dengan cepat Pak Jo sampaikan dan bagikan kepada saya, misalnya, MINJET MIND MANAGER. Sudah sangat banyak ilmu yang Pak Jo bagikan kepada publik via um.c.id ini, misalnya, tentang pengukuran peringkat, tentang bandwith, dan tentang software. Semua dikemas dengan bahasa yang lugas, mudah dipahami.
Dua kali acara gerak jalan sehat saat Dies Natalis UM saya dan Pak Jo selalu masuk 10 peserta awal tiba di finish. Saya dan Pak Jo hanya bisa di belakang Bapk dan Ibu Sugeng Rahayu. Saya ingat, Bu Yuyun selalu memberi hadiah bagi 10 besar peserta terawal tiba di finish. Gerak jalan sehat 2011 yang lalu saya tidak lagi menemui Pak Jo. Pun, beberapa waktu tidak saya baca tulisannya di um.ac.id. Memang, saya pun lama tidak menulis karena ada moderasi. Ternyata, ketidakmunculannya itu karena Pak Jo dirawat di rumah sakit di Singapura.
Dua bulan terakhir ini saya dan Pak Jo berinteraksi intensif lagi saat dalam Pokja TIK UM. Sabtu, 14 April 2012, saya jemput Pak Jo di rumahnya untuk bersama-sama lokakarya ke Batu. Sepanjang perjalanan banyak obrolan: tentang anak, tentang sakitnya, dan tentang tugas-tugasnya.
“Saya terlambat mengetahui kalau sakit yang saya derita adalah kanker tulang, Pak Dawud”, ujar Pak Jo. Semula dokter mendiagnosis karena salah urat. Demikian juga Sinshe yang saya temui. “Sekarang, saya baca tulisan tentang kanker, termasuk  dua tulisan Pak Dawud di um.ac.id tentang kanker yang diderita almarhumah Bu Dawud dan almarhumah Bu Menkes. Saya belajar banyak dari tulisan Bapak”.
Dalam perjalan panjang karena kemacetan di Dinoyo, saya pun bertanya tentang facebook Pak Jo. “Ternyata, Pak Jo menempel link QURAN HARI INI di facebook Bapak”, tanya saya. “Iya, Pak. Saya suka membacanya. Saya suka baca kutipan-kutipan ayatnya.“
Tadi malam, usai terima berita duka itu, saya buka facebook Pak Jo. Saya baca link QURAN HARI INI. Salah satu kutipan ayat itu adalah … firman-Nya, “Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu.” (al-Baqarah: 45).
Saat ini, saat revitalisasi teknologi informasi dan komunikasi UM dan saat penerimaan mahasiswa baru UM, kami membutuhkanmu, merindukanmu. Akan tetapi, Tuhan telah memberikan pilihan terbaik untukmu. Selamat  jalan Pak Jo. Semoga damai dalam istirahat panjangmu.
Malang, 8 Juni 2012
Dawud
FS UM

Komentar ditutup.

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.