[SELESAI] UANG KULIAH TUNGGAL MAHASISWA BARU UM 2012

Selasa, 5 Juni 2012 kemarin, Rapat Pimpinan UM yang dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Ketua Lembaga, Wakil Dekan II, Wakil Direktur II Pascasarjana , dan Sekretaris Lembaga memutuskan UANG KULIAH TUNGGAL  mahasiswa baru UM tahun akademik 2012/2013 ini. Uang kuliah tunggal merupakan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Uang kuliah tunggal merupakan uang pembayaran biaya operasional penyelenggarakan pendidikan tinggi yang harus dibayarkan oleh masyarakat dengan cara membayar secara rata tiap semester. Semua komponen pembiayaan operasional penyelenggarakan pendidikan per mahasiswa selama masa studi dihitung semua, kemudian dirata-rata. Dengan demikian, tidak boleh lagi ada macam-macam jenis biaya, misalnya, sumbangan gedung, sumbangan himpunan orang tua, biaya PKPT, dan biaya-biaya tetek bengek lainnya. Yang boleh hanya UANG KULIAH TUNGGAL.
Pada rapat itu, Rektor UM, Bapak Prof. Dr. Suparno, menyampaikan tiga kebijakan. Pertama, menaati aturan pembiayaan penyelenggara pendidikan, di antaranya adalah tentag tiga jenis pembiayaan, yakni biaya investasi (misalnya, biaya modal untuk pembangunan gedung),  biaya personil (misalnya, gaji), dan biaya operasional (misalnya, daya-jasa, perawatan peralatan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, gaji dosen NONPNS, dll). Biaya investasi dan biaya personil ditanggung pemerintah. Biaya opersional sebagian ditanggung pemerintah sebagian ditanggung masyarakat. Kedua, memprioritaskan pendidikan yang ramah dan cerdas sosial untuk mewujudkan secara nyata paradigma “pendidikan untuk semua” dan “perluasan akses untuk memperoleh pendidikan yang layak”. Ketiga, penyelenggaraan UM dan pengelolaan keuangan UM harus dilakukan secara bermartabat:  sah sumbernya, benar caranya, dan tepat sasarannya.
Berdasarkan kondisi dan kebijakan itulah, UM menentukan UANG KULIAH TUNGGAL setiap semester untuk setiap mahasiswa terentang antara Rp1.500.000,00 (SATU JUTA LIMA RATUS RIBU RUPIAH) s.d. Rp.2.000.000 (DUA JUTA RUPIAH). UANG KULIAH TUNGGAL tiap program studi di UM dapat dibaca di halaman utama web um.ac.id di Registrasi Administrasi Calon Mahasiswa Baru Universitas Negeri Malang Jalur Undangan SNMPTN 2012/2013.
Mari kita wujudkan UM sebagai penyelenggara pendidikan tinggi yang bermartabat, mencerdaskan rakyat, memberdayakan ummat, dan mendapatkan rahmat  dari Allah Yang Maha Kasih. Amin.
Malang, 6 Juni 2012
Dawud
Dekan FS UM, Anggota Rapim UM

46 comments to [SELESAI] UANG KULIAH TUNGGAL MAHASISWA BARU UM 2012

  • @dewayanti
    (1) Berdasarkan jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru UM 2012,
    (a) UJIAN TULIS SNMPTN: (i) pengumuman hasil ujian tulis SNMPTN tanggal 9 Juli 2012; (ii)registrasi administrasi 12–13, 16 Juli 2012
    (b) SELEKSI MASUK (MANDIRI/INSTITUSI) SARJANA DAN DIPLOMA: (i) pendaftaran tanggal 9–18 Juli 2012; (ii) ujian tulis tanggal 23 Juli 2012; (iii)registrasi administrasi tanggal 31 Juli–3 Agustus 2012.
    (2) Dengan demikian, “kecurigaan” atau “keanehan” sebagaimana yang Anda rasakan, yakni strategi untuk mencari uang Rp300.000,00 per peserta jelas-jelas tidak benar karena waktu tes mandiri/institusi setelah pengumuman ujian tulis SNMPTN. Jadi, tidak ada yang diterima dobel.
    (3) Sejumlah pertimbangan digunakan untuk tetap melaksanakas seleksi sendiri, antara lain, memberi kesempatan (lagi) yang lebih adil dan luas kepada mereka yang tidak bisa ikut SNMPTN karena tahun ijazahnya lebih lama, atau mereka yang tidak lolos suatu prodi, tetapi memiliki potensi yang baik.
    (4) Terima kasih perhatian Anda. Walaupun data Anda kurang akurat dan minta untuk diabaikan, jawaban ini tetap perlu kami berikan agar prinsip cover both sides terjaga dengan baik.

  • @deny
    Sampai dengan saat jawaban ini kami tulis, kebijakan UKT (baru) untuk mahasiswa Diploma dan S1. Untuk mahasiswa S2 dan S3 kami belum dapat informasi terakhir.

  • Dewayanti

    Mohon maaf, barangkali saya salah informasi. pengumuman SNMPTN tulis yang benar tanggal 7 Juli atau 19 Juli ya? kalau benar tanggal 7 Juli, berarti komentar saya sebelum ini dianulir saja. sekali lagi mohon maaf.

  • Dewayanti

    Bapak Dawud yang bijaksana, saya salut atas kesediaan Bapak menjawab berbagai pertanyaan dari warga UM, termasuk mahasiswa. Saya sedikit ada ganjalan, mohon diberi penjelasan.
    Berkaitan dengan jalur mandiri UM.
    Kalau tidak ada perbedaan pembayaran antara jalur reguler dan mandiri, apa alasannya tetap ada jalur mandiri? Mengapa tidak semua kuota dipenuhi melalui jalur reguler (SNMPTN undangan, tulis, prestasi khusus, atau bidik misi)? Kesannya menajdi tidak efektif.
    Anehnya gini, pendaftaran jalur mandiri UM ditutup tanggal 18 Juli, sementara pengumuman SNMPTN tulis tanggal 19 juli. Ini seperti strategi mendapatkan uang pendaftaran yang per peserta mencapai Rp 300.000,-. Padahal, kalau mau jujur, yang hendak ikut jalur mandiri kan yang belum lolos SNMPTN tulis? Nah kalau ternyata sudah daftar jalur mandiri lalu kemudian SNMPTN tulis lolos, kan percuma sudah bayar yang Rp 300.000,- tadi. Ini sih logika saya saja. Apa tidak lebih bijak jika pendaftaran jalur mandirinya ditutup tanggal 19 atau 20 juli, saya pikir lebih adil. Mohon kebijaksanaan Bapak.

  • Kepada Yth Para Pimpinan UM,

    Kami yang sedang mencari jujukan pendidikan S2 juga sangat mempertimbangkan UM sebagai pilihan kami. Mendengar UM sudah menerapkan UKT sehingga pendidikan bisa jauh lebih murah, bagaikan angin segar bagi kami. Pertanyaan kami adalah apakah UKT juga diterapkan untuk seleksi penerimaan S2 dan bagaimana alur pendaftaran untuk camaba S2.

    Terima kasih banyak.

  • Nurhayati

    Amin, semoga saja yang di utarakan oleh bapak- bapak semua memang benar dari hati bapak, bukan karena nama baik saja, saya harap, UM ini bersih tidak seperti tahun2 sebelumnya…
    UM Bersih, dan begitu juga dosen dan pihak- pihak dari pejabat dalam tugasnya memberikan pelayanan yang terbaik bagi kami mahasiswa….

    Dan kedepannya, kami mahasiswa memegang teguh terhadap ucapoan bapak- bapak semua

    jangan hanya dalil, cuman dalil saja….
    Yang keluar dari lisan, tnapa disertai dengan hati…

    Maaf jika perkataan saya menyinggung bapak….

  • Noor Farochi

    Waah,…. ternyata UM satu-satunya PTN di Jawa Timur yang sudah menerapkan sesuai kebijakan UKT dari Mendikbud.
    Ini termasuk bagian dari ‘atiullaha wa atiurrosul waulil amriminkum’ ya pak ? … taat pada pemimpin diantara kamu.
    Mudah-mudahanlah PTN tetangga juga akan segera menyusul.

  • @nurhayati
    (1) Terima kasih atas pengertian, pemahaman,dan permakluman Anda meskipun kami tidak dapat memenuhi harapan Anda.
    (2) Malam tadi saya search di google, di antara PTN di Jawa Timur hanya UM yang sudah menerapkan UKT. PTN lain masih menggunakan tarif biaya kuliah model lama: jenis tarifnya banyak, biaya awal semester juga lumayan tinggi.
    (3) Kami, pimpinan UM, memiliki harapan sama dengan Anda agar kebijakan UKT dari Mendikbud ini langgeng sebagai realisasi dari prinsip pendidikan yang ramah sosial.
    Semoga bermanfaat. Semoga kesuksesan selalu menyertai Anda.
    Terima kasih.
    Malang, 13 Juni 2012
    Dawud
    Dekan FS, anggota Rapim

  • nurhayati

    Bapak Dawud : sebenarnya saya sangat kecewa mengalami hal itu, saya jadi berfikir kenapa keputusan ini tidak berjalan pada tahun- tahun sebelumnya, Apalagi untuk SPP Mahasiswa angkatan 2010 dan 2011 itu naiknya sangat besar, lebih dari 100% totalnya… Dari SPP yang jumlahnya 650 rb menjadi 1.550.000 satu juta lima ratus ribu rupiah, sangat fantastis kenaikannya, dan di luar kewajaran. Tapi bagaimana lagi, terpaksa kami harus membayar juga… Apalagi sekarang (terutama saya)SPP yang segitu besar harus segera dibayarkan agar bisa melanjutkan kuliah di semester 5 mendatang, Uang dari beasiswa saja pas- pasan dan kadang kurang untuk membayar SPP ditambah lagi pencairannya itu setiap 3 bulan sekali (Kadang juga mengalami keterlambatan).

    Kalaupun biaya awal masuk kami memang tidak bisa kembali, ya harus bagaimana lagi, mungkin ini sudah nasib dan kehendak dari Allah, mungkin saja di balik ini semua Allah menyimpan rencana Yang Maha Besar bagi kita semua.

    Semoga saja untuk adik saya, tahun depan bisa kuliah di UM ini, dan tidak mengalami keadaan seperti saya, semoga peraturan ini berlaku untuk seterusnya dan UM, kampus tercinta kita bersih dari segala bentuk penyimpangan.

    (Berharap SPP mahasiswa angkatan 2010 dan 2011 untuk pembayaran SPPnya turun dari 1.550.000.- menjadi kurang lebih sama dengan mahasiswa angkatan 2009 hal ini sebagai kompensasi dari biaya kuliah yang kami bayarkan yang mengalami kenaikan yang sangat besar di awal masuk Universitas) Semoga ada pertimbangan dan kebaikan dari pemerintah serta dari pihak Universitas.

    Dan mohon suara kami sebagai mahasiswa ini disampaikan pada pemerintah khusunya mendiknas… terima kasih bapak atas pengertiannya

  • @nurhayati & haneum
    (1) Kebijakan ini diberlakukan untuk mahasiswa baru UM 2012 dan (mudah-mudahan) untuk mahasiswa angkatan tahun seterusnya. Kebijakan ini tidak bisa berlaku surut untuk mahasiswa tahun angkatan sebelumnya (2011, 2010, 2009 dan sebelumnya), di antaranya, karena saat itu pemerintah belum meluncurukan bantuan biaya operasional pendidikan tinggi seperti tahun ini. Dengan demikian, biaya yang telah dibayarkan mahasiswa angkatan 2011 dan sebelumnya digunakan untuk biaya opersional tahun anggaran itu.
    (2) Kami terikat dengan ketentuan peraturan penggunaan keuangan negara. Semua dana yang telah Anda bayarkan telah masuk ke kas negara sebagai Penghasilan Negara Bukan Pajak (PNBP).
    (3) Kami paham perasaan Anda. Akan tetapi, kami percaya, yang telah Anda bayarkan di masa lalu dengan ikhlas itu membawa berkah bagi kehidupan Anda di masa kini maupun di masa yang akan datang. Semoga pula menjadi amal jariyah Anda dan keluarga, yakni amal yang tidak putus pahala, berkah, dan kasih dari-Nya. Saya yakin, itu semua nilainya lebih besar daripada jumlah nominal rupiahnya.
    Terima kasih.
    Malang, 12 Juni 2012
    Dawud
    Dekan FS, anggota Rapim UM

  • Nurhayati

    Saya setuju dengan Mas Haneum, Peninjauan Kebijakan Pembayaran UM untuk mahasiswa tahun Angkatan 2010 dan 2011… sangat perlu dilakukan, demi mewujudkan Kampus Universitas Negeri Malang yang bersih dan bermartabat…
    Saya tahu bapak- bapak yang di atas bersih dari segala macam tindakan yang merugikan apalagi sampai melanggar larangan agama…

  • Haneum

    Assalamualaikum wr. wb.

    Maaf pak, menanggapi komentar mb Nurhayati, saya setuju dengan permintaan kebijakan untuk menindak kembali pembayaran perkuliahan untuk mahasiswa 2010, 2011..
    karena saya merasa pembayaran mahasiswa 2011 melebihi batas 4 tahun perkuliahan dengan 8 semester,,
    mahasiswa 2011 (sesuai prodi) membayar +12jt sedangkan mahasiswa 2012 hanya 8juta untuk 4 tahun kuliah..

    mohon kebijakan dari bapak..
    terimakasih..

  • Nurhayati

    Maaf Pak, Kalau biaya Mahasiswa Baru Angkatan 2012 itu seperti itu…
    Bukannkah sebaiknya biaya kuliah Mahasiswa angkatan 2010 dan 2011 seharusnya tidak lagi mebayar SPP lagi sampai lulus kurang lebih 8 semester(Karena uang yang kami bayarkan di awal perkuliahan itu sudah lebih dari cukup untuk membayar SPP kami yang masih menyisakan sekitar 4 semester lagi), karena dulu kami membayar Biaya masuknya sangat Mahal lebih dari 6, tepatnya saya membayar 8,38 juta sesuai prodi saya…
    Seharusnya untuk Mahasiswa lama dibebaskan pembayaran SPPnya…
    Untuk meringan biaya kuliah kami, dan kami dapat kuliah dengan nyaman tanpa harus bingung mencari uang untuk membayar biaya semester (SPP)…
    Mohon kebijakannya Bapak…
    Karena saya Tahu pejabat UM itu bersih dari perbuatan penyimpangan dana… (semoga saja AAmiinn)

  • Nurhayati

    Maaf Pak, Kalau biaya Mahasiswa Baru Angkatan 2012 itu seperti itu…
    Bukannkah sebaiknya biaya untuk Mahasiswa angkatan 2010 dan 2011 seharusnya kan untuk kedepannya tidak lagi mebayar SPP lagi, karena dulu kami membayar Biaya masuknya sangat Mahal lebih dari 8 juta…
    Seharusnya untuk Mahasiswa lama juga di berlakukan seperti itu…
    Untuk memperingan biaya kuliah kami bapak/ ibu…

  • Dahniar Rizka

    maaf, nama-nama yang disebutkan itu diterima semua ya?
    dan, berkas-berkas kalau belum bisa melengkapi bagaimana? terutama legalisir rapot.

  • eka noviana

    maaf pak mau tnya, untuk pengumuman jalur prestasi khusus dpt dlihat dimana? sampe skrng kok blm ada di web nya um.
    mhon informasinya, krna kalau mepet waktunya takut tidak nutut mengurus kelengkapan administrasiya. mengingat tempat kami diluar kota malang. trmksh

  • zeina

    Maaf pak
    Saya ingin bertanya
    kapan pengumuman mandiri khusus akan diumukan?
    karena jika menurut jadwal akan diumukan hari ini
    tetapi sampai sekarang masih belum ada pengumuman
    mohon untuk segera dikonfirmasi mengingat besok harus daftar ulang dan kami harus menyiapkan berkas
    mohon untuk segera diumumkan kepada semua calon mahasiswa yang diterima melalui jalur mandiri khusus
    terimakasih atas perhatiannya>>
    wassalamualaikum wr.wb

  • Dahniar Rizka

    pengumuman jalur prestasi khusus dapat dilihat dimana? di bagian pengumuman atau dimana?

  • Noor Farochi

    @gita ratna puspitasri

    lihat jawaban utk @anto, dan @Alfiyan di sini.

  • Noor Farochi

    @Leny Agustina
    Pengumuman sedang diproses.
    Persyaratan calon mhs baru tidak jauh beda dengan calon (silahkan di KLIK) jalur lainnya.

  • Ass wr wb Bpk……………
    Kami mhn informasi, sesuai dengan rencana bahwa pada hari ini, 11 Juni 2012 akan diumumkan hasil seleksi mandiri berdasarkan prestasi khusus di Universitas Negeri Malang.
    Untuk pengumumannya bisa kami dapatkan dimana ya Bpk? karena s.d saat ini kami akses belum muncul / ada. Sementara besok tgl 12-13 Juni bagi yang diterima harus daftar ulang….Yang kami khawatirkan adalah jika ada persyaratan daftar ulang yang harus kami lengkapi sedangkan waktunya sangat mepet. Kami takut tidak cukup waktunya karena ada persyaratan yang harus diurus disekolah karena kami bertempat tinggal jauh dari Malang.
    Terima kasih .

  • Dahniar Rizka

    maaf, maksud saya prestasi khusus

  • Dahniar Rizka

    mohon maaf, saya mau bertanya, pengumuman jalur mandiri berdasarkan prestasi akademik bisa diakses tepatnya jam berapa ya?
    terima kasih

  • bu…mohon penjelasannya dengan segera…karena teman saya butuh informasi itu…
    apakh bisa diurus disana? atau boleh pkai surat keterangan bhwa sebenarnya atas nama anak ini dengan bukti memiliki kartu peserta Bidikmisi dan SNMPTN???

  • kebijakan itu berlaku untuk mahasiswa yang diterima melalui jalur mandiri apa tidak???
    terima kasih

  • gita ratna puspitasri

    maaf bu , kalo misalnya skhu nya yg smentara itu sudah d sahkan sama kpla skolah tp sudah terlanjur nggak ada foto gimana ?

  • BU… saya mau tanya…
    tadi waktu teman saya daftar online ketika sudah memasukkan nomor SNMPTN muncul namanya juga sudah benar… tpi ketika tinggal ngeprint lampunya mati. setelah di coba lagi…ketika memasukkan nomor SNMPTN nya…lho namanya kok malah jd nama orang lain…padahal jurusannya itu juga sudah benar…hanya namanya saja…yang tiba2 berubah… itu gimana bu..mohon penjelesannya????

  • aminarti siti wahyuni

    @uslarika
    Bisa membawa SKHUN sementara yang dilengkapi foto dan disahkan kepala sekolah.

  • uslarika

    maaf saya mau tanya, bagaimana kalau ijazahnya blum keluar?
    apakah diserahkan menyusul bisa? terima kasih :)

  • tiecka

    Alhamdulillah… semoga kebijakn ini benar beralaku..
    dan yang terpenting semoga bisa lolos ujian tulis untuk 12-13 Juni mendatang, amiin…

    terima kasih atas info dan penjelasannya bapak :)

  • aminarti siti wahyuni

    @marvel sihombing
    Anda cukup membayar UKT sesuai pengumuman, tidak ada biaya yang lain.
    Ketentuan tahun ini untuk maba UM memang berbeda dengan tahun2 sebelumnya. Biaya pendidikan jauh lebih ringan.

  • marvel sihombing

    permisi saya mau bertanya,,
    saya bingung dengan kata-kata “Mahasiswa tidak dipungut biaya tambahan selain biaya pendidikan/UKT” di website registrasi.um.ac.id
    apakah siswa tidak dipungut biaya lain seperti uang gedung, dsb??
    terima kasih banyak

  • cintya rizki

    terimakasih pak ,
    biaya jadi lebih ringan :)

  • @cyntia rizki
    Iya, benar. Tidak ada lagi biaya pendidikan yang lain selain UKT per semester, flat.

  • cintya rizki

    maksud saya tidak ada lagi biaya setekah masuk selain biaya per semester itu ya pak ?

  • cintya rizki

    permisi mau tanya .
    ketika nanti kita sudah menjadi mahasiswa UM juga tidak ada lagi biasa ya pak ?
    terimakasi .

  • Karkono

    Saya memberikan apreasi positif atas kebijakan ini. Terlapas nanti jika ditotal (misalnya) jumlahnya tidak berbeda jauh dari sebelumnya, setidaknya mahasiswa tidak terlalu berat harus membayar di awal masuk yang cukup besar.

  • @gita
    Untuk mahasiswa baru UM 2012 jenjang S1 dan Diploma, baik SELEKSI NASIONAL PERGURUAN TINGGI NEGERI (undangan, tulis, prestasi khusus) maupun SELEKSI INSTITUSI/MANDIRI (seleksi masuk pendidikan diploma dan sarjana (SMPDS)).

  • gita ratna puspitasri

    ini untuk snmptn undangan saja apa yang snmptn tulis juga ?

  • @ervando & gita
    Biaya UKT itu per semester per mahasiswa. Anda tidak perlu membayar biaya yang lainnya: uang gedung, misalnya, juga tidak ada. Artinya, semester 1 (saat masuk ini) membayar sebesar 1.500.000,00–2.000,000,00 (sesuai dengan program studinya), semester 2 juga sebesar itu, semester 3 juga sebesar itu, semester 4 juga sebesar itu, dst tiap semester sampai Anda lulus.

  • @feri
    Untuk tarif/uang kuliah tunggal SPAJ belum ada kebijakan. Akan tetapi, prinsipnya kurang lebih sama. Tunggu info lebih lanjut saat pengumuman registrasinya.

  • gita ratna puspitasri

    malam pak , berarti ini yang uang gedung dll tidak d pungut biaya ? brarti hanya UKT saja ?
    terimakasih :)

  • ervando

    Selamat malam
    Pak, biaya 2 juta itu biaya per semester atau biaya sumbangan yang 12 juta itu pak?

  • feri

    Dear Dawud
    Bagaimana untuk program Seleksi Penerimaan Alih Jenjang (SPAJ), apakah biayanya sama pak dawud…??

  • @Djoko Rahardjo
    (1) Skema UKT tersebut berlaku untuk mahasiswa UM angkatan 2012. Logikanya, wisuda sesuai dengan skema tersebut baru berlaku saat mahasiswa S1 angkatan 2012 lulus tahun 2016 dan selanjutnya. Logikanya, wisuda angkatan 2011 dan sebelumnya belum terkena skema tersebut, misalnya, mahasiswa yang wisuda tahun 2012 ini.
    (2) Logika tersebut, tidak berlaku jika dalam perkembangannya ada kebijakan lain.

    Terima kasih.
    Malang, 6 Juni 2012
    Dawud
    Dekan FS, anggota Rapim UM.

  • djoko rahardjo

    Assalamu’alaikum Pak Dawud, bagaimana dengan biaya wisuda? Apakah sudah masuk ke dalam Uang Kuliah Tunggal Mahasiswa Baru UM 2012? Terima kasih.

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.