[SELESAI] PENERAPAN FITUR SINGLE SIGN ON PADA APLIKASI ONLINE UM

Sejak tanggal 25 Juni 2012, diberlakukan proses Single Sign On (SSO) untuk mengakses aplikasi online UM. Single Sign On merupakan proses satu pintu untuk mengakses berbagai macam aplikasi online UM, yakni pengguna hanya perlu 1 kali login dan pengguna bisa langsung mengakses aplikasi-aplikasi sesuai dengan pengaturan hak aksesnya. Pada tahap awal, SSO diterapkan pada aplikasi SIAKAD, BKD, dan E-Office. Pada tahap berikutnya, SSO diberlakukan pada semua aplikasi online UM.

Tata cara masuk SIAKAD menggunakan SSO

  1.  Akses alamat di  http://siakad.um.ac.id. Jika Anda belum login akan di arahkan ke alamat http://akun.um.ac.id, sebagaimana diperlihatkan pada gambar di bawah ini.
  2. Masukkan User ID dan Password sesuai dengan akun yang Anda miliki sebelumnya untuk masuk ke SIAKA,  kemudian tekan tombol MASUK
  3. Jika berhasil login, akan diarahkan kembali ke http://siakad.um.ac.idyang menampilkan halaman status registrasi Anda pada semester yang berlaku saat ini, sebagaimana  diperlihatkan pada gambar-gambar di bawah ini.Halaman awal SIAKAD untuk mahasiswa angkatan 2010 ke atas
    Halaman awal SIAKAD untuk mahasiswa 2009 ke bawah
  4. Pada bagian atas terdapat link ke aplikasi-aplikasi sesuai dengan hak akses Anda. Selain itu, juga terdapat link untuk logout dari semua aplikasi sebagaimana diperlihatkan pada gambar di bawah ini.Keterangan:
    Profil: Link ke aplikasi profil dari setiap pengguna. Di aplikasi ini terdapat fasilitas untuk mengganti password dan e-mail untuk lupa password.
    Siakad: Link ke aplikasi akademik online.
    Logout: Link untuk keluar dari sistem.

FAQ

  • Tanya: Kenapa User ID atau Password salah?
    Jawab: Pastikan Anda memasukkan User ID dan password dengan benar. Cek juga tombol Caps Lock aktif/tidak aktif.
  • Tanya: Kenapa fasilitas lupa password tidak bisa digunakan?
    Jawab: Untuk fasilitas lupa password masih dalam tahap peralihan ke sistem yang baru. Diharapkan selambat-lambatnya, Jumat, 6 Juli 2012 fasilitas lupa password dapat digunakan lagi.
  • Tanya: Apa yang dilakukan jika sudah berhasil login tetapi muncul tampilan JOSSO?
    Jawab: Ketikkan kembali alamat aplikasi yang dituju di browser Anda.

UPDATE 02-07-2012 Pukul 15.10

Fasilitas lupa password sudah dapat digunakan kembali.

Jika masih mengalami masalah untuk masuk ke aplikasi, anda bisa kirim email ke aplikasi.helpdesk@um.ac.id, tuliskan User ID, nama aplikasi dan masalahnya.

Malang, 2 Juli 2012

Pokja IT

Komentar ditutup.

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.