TIGA JIWA DALAM “SEPARUH AKU” NOAH BAND

FERRIL IRHAM MUZAKI

Ada yang berbeda dari video klip Noah Band “Separuh Aku”. Merujuk pada video klip band Peterpan, cikal bakal Noah, seolah tidak ada perbedaan berarti. Dengan penelaahan lebih jauh, video klip “Separuh Aku” menampilkan kejeniusan tim kreatifnya. Untuk pertama kalinya, sepanjang pengetahuan penulis, ada video klip band Indonesia menggunakan sudut pandang psikoanalisa karya agung Sigmund Freud yang menggunakan tiga unsur jiwa Id, Ego dan Superego.

Id merupakan representasi dari hawa nafsu yang berusaha mencari-cari kesenangan.  Ego merupakan jiwa malaikat yang dimiliki setiap manusia yang selalu bersifat realistis. Super-ego adalah kepribadian ideal yang merupakan cerminan dari harapan orang tua, guru di sekolah dan lingkungan. Ketiganya berinteraksi layaknya diagram. Masalah mulai muncul ketika ketiganya saling bertabrakan. Hasilnya terjadilah gangguan psikotik atau tekanan mental. Di sinilah letak kejeniusan tim kreatif video klip tersebut.

Kasus dimulai dengan nyanyian seorang laki-laki yang diperankan Nazril “Ariel” Irham. Lirik lagu “Separuh Aku” dibuat menjadi Super Ego atau harapan ideal tentang cinta sejati. Kemudian lagu itu dinyanyikan ketika si Ariel mengalami konflik antara id dan ego.

Ego dicitrakan sebagai keinginan Ariel tidak memukul dengan kursi pasangan perempuanya yang lemah. Id yang dimiliki oleh Ariel ada di cermin. Dia ingin menghabisi nyawa perempuan itu dengan memukulkan kursi kayu.

Benar-benar sebuah strategi pembuatan video klip yang cerdas. Terlepas dari kontroversi tentang psikoanalisa freud dan penggunaannya dalam penciptaan dan apresiasi sastra, tim kreatif Noah Band benar-benar berusaha menampilkan sesuatu yang baru dalam dunia musik Indonesia. Tidak heran jika Peterpan hingga Noah Band menjadi panutan band-band lainnya termasuk para boyband dan girlband. Karena penulis menduga sebentar lagi akan bermunculan video klip yang mirip. Namun meniru tidak akan sesukses aslinya karena masyarakat sudah tahu jalan kisahnya.

Benar-benar fantastis. Diakhiri dengan kemenangan Ego yang ternyata mendengarkan suara Super-ego yang diterjemahkan menjadi “suara hati ini yang memanggil namamu”. Ego yang merupakan perlambang hati nurani dengan bantuan super-ego memecahkan kaca yang menjadi perlambang Id dan segala ketamakannya. Benar-benar luar biasa.

Saya salut pada kreatifitas Noah Band. Mereka benar-benar memuaskan para penggemar Peterpan. Video klip dipadu dengan lirik benar-benar memancarkan aura elegan. Sebabnya jelas, ada sains psikologi yang bekerja dan bermain dalam proses kreatif. Salut dan keren, hanya itu yang bisa saya ucapkan.

 

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Alumnus Fakultas Sastra UM

Komentar ditutup.

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.