REMBULAN TERSENYUM… Bagian Ke-1

REMBULAN TERSENYUM DI LANGIT MELONGOANE

(Bagian Ke-1)

Oleh: Djoko Rahardjo*

Burung besi bersayap panjang, bersuara menggelegar bagai halilintar, bermanuver kearah kiri, berangsur-angsur menurun, menukik dan menapaki tanah hitam nan keras di Bandar Udara Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara. Siang itu, Jum’at tanggal 28 September 2012, pukul 11.45 wita, pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 0748 mendarat dengan mulus. Sekelompok “pasukan” yang tergabung dalam “operasi mencerdaskan anak bangsa” telah tiba. Mereka ditugaskan di daerah perbatasan antara Negara Republik Indonesia dengan Negara Filipina. Tepatnya di Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara yang berbatasan dengan Provinsi Filipina Selatan.

Langit mendung menyelimuti cakrawala Kota Manado. Siang itu udara terasa gerah. pertanda hujan akan segera turun. Satu persatu anggota pasukan yang terdiri dari enam orang mulai menuruni anak tangga pesawat. Pasukan tersebut dipimpin/dikomandani oleh Comodere (merk rokok) Amin Sidiq. Yang beranggotakan Mayar (bukan Mayor): Erry Hidayanto, Dwi Haryoto, Heri Suwignyo dan Sersan (singkatan dari “serius tapi santai”) Djoko Rahardjo serta Koprol (bukan kopral) Ali Rochmad.

Penerbangan antara Bandara Juanda ke Bandara Sam Ratulangi memakan waktu kurang lebih dua setengah jam. Cukup penat kami duduk di kursi pesawat. Oleh karena itu, kami berenam berdiri dan berfoto membelakangi bandara. Sersan Djoko Rahardjo membentangkan SAL SUPORTER SEPAKBOLA AREMA ONGIS NADE. Tiba-tiba dari arah tangga pesawat—ada  sosok hitam, tinggi besar yang berjalan di depan kami—yang  sedang berpose di depan kamera—lelaki yang berwajah maskuline—yang telah dikenal oleh masyarakat Kota Malang, khususnya Suporter Arema.

Seketika itu, kami memanggilnya: “Pak Beni-Pak Beni, mari kita foto bersama!”

 

“Ternyata…, ada gunanya Pak Djoko membawa Sal Arema sehingga Bapak Benny Dollo, mantan pelatih Arema bersedia foto bersama kita”, kata salah satu anggota.
“Pak Benny akan pergi kemana?” Tanya Sersan Djoko.
“Pulang!”. Jawab Pak Benny.
“Pulang kemana?”.

BERSAMBUNG …

Melongoane Talaud Sulut,  30 September 2012

*) Djoko Rahardjo, Staf Subbag Sarana Pendidikan  BAAKPSI UM

 

Komentar ditutup.

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.