REMBULAN TERSENYUM… Bagian Ke-4

REMBULAN TERSENYUM DI LANGIT MELONGOANE

(Bagian Ke-4

Oleh: Djoko Rahardjo*

Kapal Venecian yang telah kami naiki, perlahan-lahan meninggalkan Pelabuhan Manado. Kami berdua sangat tegang. Betapa tidak! Tas yang berisi uang seratus enam puluh juta rupiah tertinggal di warung nasi. Bagaimana ini? Lari dan terjun ke laut? Berenang? Mengambil tas ke warung nasi? Tidak mungkin! Di tengah kebingungan itu, kami berdua mencoba menenangkan hati, sambil membaca istighfar: “Astaghfirllah hal adhim”. Seketika itu suasana menjadi hening. Di dalam keheningan yang penuh dengan harap-harap cemas, ada kekuatan magis yang menyeruak, dan masuk ke bathin kami. Rupanya Allah swt. telah memberikan hidayahNya kepada kami berdua. Tiba-tiba mata Sersan Djoko memandamg ke arah sudut kamar yang gelap.
“ Benda apa itu Bang? Haaaah…, itu kan tas yang tadi kamu bawa! Kok bisa berada di sini?
“Alhamdulillah tas kita tidak hilang! Aku lupa. Sebelum ke warung, tas ini saya letakkan di sini”, Bang Ali berucap dengan mata yang berbinar-binar.
“Seandai tas ini hilang, apa yang  akan terjadi pada kita? Bagaimana pula dengan nasib para guru peserta diseminasi?  Mereka telah menanti kita di ujung negeri. Di Kota Melongoane yang sangat jauh dari Provinsi Sulawesi Utara”, begitu kata-kata yang keluar dari mulutku.

Senja tlah pergi…, malam pun mulai menjelang. Deru ombak semakin keras menghantam lambung kapal. Suasana di perairan  Laut Manado mulai gelap. Hanya titik-titik  kecil yang bercahaya, mulai muncul di kaki langit. Engkaukah Sang Bintang Malam?
Kulihat Koprol Ali sudah tertidur pulas. Pintu kututup pelan-pelan, sambil melihat kearah luar jendela kaca kamar, tiba-tiba kulihat ada bayangan hitam yang datang ke arahku. Siapakah dia?

BERSAMBUNG …

Melongoane-Talaud-Sulut,  2 Oktober 2012

*) Djoko Rahardjo, Staf Subbag Sarana Pendidikan  BAAKPSI UM

 

Komentar ditutup.

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.