POHON LINDUNG BERBUNGA SUMBANGAN ALUMNI (3)

Kiriman pohon alumni Jurusan Bahasa Inggris Angkatan 1971/70++ IKIP Malang berikutnya yaitu:

3.  Schizolobium Parahybum

Schizolobium Parahybum adalah pohon spesies dari daerah tropis Amerika Tengah ke selatan Brasil, disebut juga dengan nama pohon Pakis Brasil, pohon Menara, pohon Guapuruvu , juga dikenal sebagai pohon Api Brasil (Brasil Firetree) anggota keluarga kacang polong, fabaceae.

Brasil Firetree adalah tanaman yang spektakuler, terkenal karena pertumbuhan yang cepat (hingga 3 meter per tahun).  Pohon pakis Brasil (Schizolobium parahyba) adalah pohon tropis yang menjulang mencapai ketinggian.  Pohon dewasa biasanya memiliki batang lurus, hingga 40 meter dan lebar 80 cm, cabang-cabannya keluar hanya dekat bagian atas.  Kulit batang pohon halus dan abu-abu hijau.

Sebagai pohon hias dengan pertumbuhan yang cepat dan besar, mungkin diperlukan penyangga untuk menjaga dari terguling/roboh, terutama jika berada di lokasi yang rawan angin kencang.  Budidayanya telah dikenal ke beberapa bagian dunia, berkembang dengan baik di tanah kering, daunnya berbulu dengan kelompok bunga kuning terang yang spektakuler dengan daun yang menyerupai daun pakis atau pohon palem.

Daunnya rontok di musim kemarau, pembungaan terjadi ketika pohon tak berdaun, bunganya terlihat sangat mencolok ketika berbunga, mekar kuning spektakuler.  Bunga-bunga dari pohon Guapuruvu adalah hermafrodit , artinya setiap bunga berisi bagian reproduksi pria dan wanita.  Masing-masing bunga terdiri dari lima kelopak dan memiliki aroma yang menyenangkan

Pohon ini mencintai matahari, dapat bertahan dalam cuaca sangat cerah, menyukai daerah terbuka dan semi terbuka, lebih suka dengan tanah lembab yang dikeringkan, dan bisa menerima cuaca dingin di musim dingin.

Kebanyakan dapat ditemukan di banyak perumahan yang memiliki lahan luas untuk ruang terbuka hijau, banyak menggunakan pohon ini karena karekternya yang unik, memiliki nilai aesthetic tersendiri dan senang tumbuh dg iklim khatulistiwa.

Karekternya sebagai pohon menara dengan batang lurus yang kurus dan tinggi serta daunnya yang seperti pakis menyebabkan ia populer karena ketika ditanam bisa memberikan keindahan bagi sebuah taman/ruang.

Ini merupakan tanaman yang di awalnya tumbuhnya membuat banyak orang bingung, ketika muda terlihat memiliki penampilan sangat mirip dengan sebuah pohon pakis yang besar  atau pohon kelapa.  Sejalan dengan usia, batang mulai cabang dan tanaman akhirnya tumbuh menjadi pohon besar, ditutupi dengan bunga kuning setiap musim semi.  Satu spesies yang menarik digunakan untuk reboisasi tetapi memiliki kayu yang lembut dan dapat digunakan untuk pulp (bubur kertas), kotak, atau palet.

Berikut adalah foto pohon Schizolobium Parahybum yang tumbuh besar:

4.  Maniltoa Gemmipara

…….bersambung …..

Noor Farochi – Kabag UHTBMN

Komentar ditutup.

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.