POHON LINDUNG BERBUNGA SUMBANGAN ALUMNI (5)

5.  Pelthophorum Pterocarpum

Peltophorum pterocarpum merupakan spesies asli dari pulau-pulau lepas pantai wilayah utara, Asia Tenggara, di daerah pesisir dari Sri Lanka melalui kepulauan Melayu dan Indonesia ke Australia utara.  Pohon ini juga disebut pohon flamboyan kuning, pohon api kuning karena kemiripan daun pakis, di India disebut Radhachura.
Pohon yang banyak ditanam di daerah tropis sebagai pohon hias ini dapat tumbuh mencapai ketinggian sekitar 15 m sampai dengan 25 m dan memiliki buah berbentuk polong panjang 5-10 cm dan 2,5 cm lebar mengandung 1-4 biji.  Pohon Pelthophorum pterocarpum menghasilkan tandan bunga kuning yang menakjubkan diikuti oleh datar polong tembaga tidak merekah atau pecah.
Bunga-bunganya harum yang berkerumun berwarna kuning memberikan kelimpahan mekar efek kuning cerah yang mencolok di musim panas, diameter 2,5-4 cm dengan panjang sampai 20 cm.  Cabang dahan dan ranting melebar menyebarkan banyak cabang yang membentuk mahkota mirip payung.  Karena keindahan bunganya yang mempesona umumnya ditanam untuk naungan di taman sebagai pohon peneduh.
Batang kayu berbutir halus dengan diameter batang bisa hingga 1 m yang berharga dapat digunakan untuk pertukangan, konstruksi, pembuatan mebel dan pekerjaan bak truk.  Dari kulit kayu dapat diekstraksi sebagai pewarna (warna coklat)  yang baik untuk digunakan dalam mewarna kain batik.
  

bersambung…….

Noor Farochi – Kabag UHTBMN

Komentar ditutup.

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.