POHON LINDUNG SUMBANGAN ALUMNI (2)

Kiriman pohon dari alumni Jurusan Bahasa Inggris Angkatan 1971/70++ IKIP Malang (dulu) berikutnya adalah:

2. Kigelia Pinnata
Nama Ilmiahnya Kigelia pinnata, nama-nama umum antara lain Sausage Tree, Kigelia Africana, Pohon Ketimun. Pohon ini asli berasal dari Afrika Timur dan Selatan, namanya Worsboom juga berarti Sausage Tree, mungkin dari bentuknya yang panjang seperti buah sosis.
Nama Bahasa Daerah
Swahili:. Mbungati, mwegea, mnyegea, mvongonya (Standar Swahili Kamus Oxford University Press, tanggal tidak diketahui) dalam bahasa Hindi Balam Kheera “Hathi Bailan.
Pohon ini keluarga bignonia (Bignoniaceae) termasuk tanaman seperti Jacaranda (Jacaranda mimosifolia), Cape Honeysuckle (Tecomeria capensis), Catalpa (Catalpa bignonioides), pohon tulip Afrika (Spathodea campanulata), Pohon Trumpet (Tabebuia).
Tidak Baik di Area Parkir
Lokasi penanaman harus dipilih dengan hati-hati, sebab buahnya jika jatuh dapat menyebabkan cedera serius pada manusia, dan merusak kendaraan yang diparkir di bawah pohon, artinya pohon ini sebaiknya tidak  di seputar tempat parkir kendaraan. Tidak baik karena buahnya yang mirip kayu dengan panjang 30-100 cm dan diameter sampai 18 cm, dengan berat antara 5-10 kg.
Di awal buahnya kecil dan beberapa bulan kemudian  tumbuh dan matang,  tetapi ketika mereka siap besar, anda harus hati-hati (atau selalu melihat ke atas).  Yang membuat pohon menarik ketika melihat buah itu seperti sosis yang menggantung bebas dari tangkai panjang pohon tropis ini, mirip sosis raksasa.     Daging buah berserat dan lembek, dan berisi banyak biji.
Pertumbuhan
Kigelia Pinnata banyak ditanam sebagai pohon hias di daerah tropis untuk bunga hias dan buah yang tidak biasa,  pohon ini dapat tumbuh hingga 20 m.  Pada awalnya kulit pohon berwarna abu-abu dan halus, kayunya coklat muda atau kekuning-kuningan.  Pohon ini nampak hijau di saat curah hujan terjadi, namun daun-daun itu akan gugur di musim kemarau panjang.  Setiap bunga (dan kemudian buah) menggantung dari cabang-cabang pada batang fleksibel panjang (panjang 2-6 meter). Bunga diproduksi dalam malai yang berbentuk lonceng (orang-orang mengatakan mirip dengan dari Pohon Tulip Afrika tapi lebih gelap dan lebih lilin), oranye kemerahan atau hijau keunguan, dan lebar sekitar 10 cm. Bunga berbentuk tulip berwarna merah darah dari sosis pohon terbuka satu per satu pada malam hari.
Kayu dari Sausage Tree sangat lembut sehingga tidak dihargai oleh konstruktor dan pengrajin. tetapi  mempunyai daya bakar yang sangat baik.  Kayu ini penggunaannya juga bagus dipakai dalam alat musik, misal gambang atau kulintang.
 
 

3.  Schizolobium Parahyba

 …..bersambung……..

 Noor Farochi – Kabag UHTBMN

 

Komentar ditutup.

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.