POHON BERBUNGA SUMBANGAN ALUMNI (8)

selanjutnya….

8.  Dillenia philippinensis

Nama Ilmiah: Dillenia philippinensis, [Melayu – Simpoh Filipina], Filipina Catmon, Katman, Palali.
Ini adalah spesies pohon kecil yang memiliki bunga putih dan buahnya berdaging ditanam sebagai pohon hias di taman-taman dan tepi jalan, berbunga pada ketinggian 3 m, dengan tinggi maksimum sekitar 15 m dan diameter yang jarang melebihi 20 cm.
Dalam perdagangan internasional kayunya dikenal dengan nama simpoh, sedangkan menurut daftar kayu komersial di Indonesia tercatat sebagai simpur. Kayu simpoh tergolong kayu menengah hingga berat, dengan kerapatan kayu (pada kadar air 15%) antara 560 – 930 kg/m3.
Serat-seratnya lurus atau berpadu; teksturnya kasar dan merata. Kayu simpoh agak sukar dikeringkan karena mudah melenting, melintir, melengkung, serta pecah-pecah di ujung dan di permukaan kayu apabila pengeringannya dilakukan secara kurang hati-hati.
Kayu simpoh biasa dipakai untuk utilitas umum, cocok digunakan untuk konstruksi, tiang-tiang, pekerjaan interior, furniture, papan, pintu-jendela serta kusennya, panil-panil dekoratif, lantai, furnitur, rangka dan lantai perahu, venir serta kayu lapis, dan kayu artikel.  Banyak jenis sempur yang menghasilkan kayu pertukangan yang baik, beberapa jenis kayu sempur juga baik untuk dijadikan arang.  Dari kulit kayu bisa diperoleh pewarna merah.
Meskipun keawetan kayu ini tergolong rendah hingga sedang, kayu simpoh mudah diawetkan dengan kreosot atau bahan pengawet lain. Simpoh juga rentan terhadap serangan rayap kayu-kering, dan jamur perusak kayu.
Buah dari beberapa jenis dapat dimakan, baik dalam keadaan segar ataupun setelah diproses, dijadikan asinan atau dimasukkan dalam masakan. Buah jenis sempur tertentu juga baik dipakai untuk pecuci rambut (keramas), untuk membasmi kutu kepala, atau untuk mencuci pakaian.  Sebagai bahan obat tradisional, pernah dianjurkan untuk mengatasi sariawan, sariawan usus, dan peradangan pada gusi.
 

… bersambung….

 Noor Farochi – Kabag UHTBMN

 

Komentar ditutup.

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.