POHON LINDUNG BERBUNGA SUMBANGAN ALUMNI (6)

Berikut ini satu lagi pohon lindung berbunga sumbangan alumni Jurusan Bahasa Inggris angkatan ’70 dan ’71 Fakultas Sastra, semoga kita bisa menikmati indahnya di saat berbunga kelak, aamiin:

6.  Tabebuia argentea

Pohon Tabebuia argentea adalah tanaman penghijauan spesies asli dari Amerika Selatan (Paraguay), memiliki beberapa nama-nama umum antara lain  Tabebuia aurea, Pohon terompet kuning, Pohon Emas, pohon terompet perak Paraguay.
Berbunga Indah
Tabebuia merupakan pohon lindung yang mampu berbunga dan memiliki bentuk bunga yang bagus. Selain memiliki beberapa pilihan warna, Tabebuia pada musim berbunganya mampu menghasilkan jumlah bunga yang sangat banyak dan tidak putus sejak awal musim kemarau hingga menjelang musim hujan.  Bahkan sekarang ini musim pembungaan dapat diatur dengan manipulasi pola pemupukan.
Ketika pohon bunga mekar, musim berbunga di bulan Januari – Maret, mereka menghiasi cakrawala dengan bunga-bunga yang indah mengagumkan, siapa yang melihat tampilan bunga akan menyukai pohon megah ini.  Kulit pohon memiliki warna abu-abu terang dengan alur-alur lapisan, bentuk dedaunan adalah oval hijau keperakan, sehingga dia mendapat julukan pohon terompet perak.
Beberapa pohon kehilangan sebagian besar daun gugur sebelum bunga mekar, sementara yang lain dapat memegang beberapa daun tua mereka saat berbunga.  Di saat mekar memiliki bunga kuning spektakuler yang menonjol dalam kelompok besar menyajikan bunga kuning terang sangat mencolok berbentuk terompet.  Bunga pohon Tabebuia memiliki panjang 3 -11 cm, setiap spesies pohon Tabebuia memiliki warna yang berbeda-beda, saat ini warna yang banyak dikenal adalah putih, pink muda, kuning, kuning ke-orange-an, magenta, pink tua, dan ada yang merah.
Mampu bertahan hidup dalam kondisi kering
Habitat asli Tabebuia berasal dari daerah dengan iklim kering, sehingga memiliki ketahanan hidup yang tinggi dalam kondisi kekeringan.  Hal ini sangat sesuai karena  tanaman penghijauan umumnya dihadapkan pada kurangnya penyiraman disaat musim kemarau.
Pohon ini adalah pohon hias populer dapat tumbuh di berbagai jenis tanah di daerah subtropis dan tropis.  Tabebuia argentea adalah pohon rendah pemeliharaan, membutuhkan pemangkasan hanya untuk memangkas tangkai mati atau rusak. Hama atau penyakit jarang mengganggu pohon tropis.
Pohon yang baru ditanam, tumbuh pohon memakan waktu beberapa tahun untuk menstabilkan kekuatan akar.  Tabebuia argentea termasuk jenis pohon lindung berbunga yang setiap jenisnya memiliki tinggi yang berbeda-beda dapat tumbuh 5 meter hingga 25 meter, pohon ini memiliki kebiasaan tegak dan gugur.  Sementara di saat pohon masih berdaun, kanopi pohon yang asimetris terdiri dari dua sampai tiga anggota cabang yang besar mengisi dengan banyak bunga kuning cerah.
Di habitat aslinya kayu Tabebuia sering digunakan sebagai kayu pertukangan dan sudah dikembangkan sebagai pohon hutan tanaman industri.
Tidak memiliki tajuk dan naungan yang terlalu lebar
Tajuk tanaman Tabebuia tidak terlalu lebar seperti jenis pohon pada umumnya. Sehingga tidak mengganggu pemandangan dan menghalangi penglihatan. Selain itu, naungan yang yang terbentuk masih memberikan efek tembus sinar matahari yang dibutuhkan oleh kehidupan yang ada dibawahnya.
Jenis cepat tumbuh
Termasuk jenis pohon yang mampu tumbuh dengan cepat.  Pada usia tanam 8 bulan saja sudah ada Tabebuia yang bisa menghasilkan bunga.
Akar pohon aman bagi kontruksi bangunan.
Pohon Tabebuia memiliki jenis akar tunggang ( tunggal) yang aman, tidak merusak kontruksi atau bangunan yang berada disekitarnya sehingga sesuai ditanam di halaman manapun.
 

bersambung……

Noor Farochi – Kabag UHTBMN

Komentar ditutup.

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.