DHARMA BAKTI KAMPUS ALUMNI (11)

11. Callistemon viminalis

Pohon ini adalah asli dari negara bagian New South Wales dan Queensland di Australia, banyak terdapat di sepanjang sungai.  Didataran pesisir membentuk pohon semak dengan ketinggian sampai dengan 8 m, juga ditemukan spesimen yang lebih besar hingga 18 m.  Callistemon viminalis akan tumbuh dan dapat beradaptasi dengan berbagai jenis tanah berupa pasir sampai tanah liat berat dan toleran sekali dengan kekeringan.
Callistemon viminalis memiliki sistem akar yang kuat, dapat tumbuh berkembang dalam bermacam kondisi tanah dan sangat toleran terhadap kekeringan serta memiliki dedaunan lebat berwarna hijau gelap.  Callistemon Viminalis akan tumbuh dengan cepat dan hidup berpotensi sampai 50 tahun.
Callistemon adalah spesies yang baik untuk lansekap dan berguna sebagai tanaman layar penahan angin keras, mengendalikan erosi atau sebagai pohon spesimen atau jalan/pagar, di mana ia menunjukkan toleransi yang bagus terhadap asap.   Bisa anda bayangkan bagaimana fantastisnya jika sepanjang pagar ada pohon setinggi  5m sampai dengan 18m panjang, terlihat ditutupi dengan bunga berwarna merah cerah.
Bunganya yang berwarna merah, seperti namanya, runcing memanjang, mirip dalam penampilan dengan sikat botol.  Bunganya bervariasi dalam warna, selain berwarna merah, ada juga yang kuning, hijau, oranye atau putih tergantung pada spesies.
Bottlebrushes cenderung berbunga di musim semi dan awal musim panas, namun pada kondisi tertentu dapat menyebabkan berbunga pada waktu lain.
Callistemon viminalis menyediakan sumber makanan bagi burung untuk makan nektar, mampu menarik burung di musim semi dengan  tampilan megah bunga sikat botol merah yang besar.
Pemangkasan pohon ini biasanya dipangkas setahun sekali dianjurkan setelah berbunga untuk mengurangi sebagian besar bunga dan memacu pertumbuhan yang menarik.Berikut adalah saat pohon tumbuh besar. (‘KLIK-KLIK untuk memperbesar)
 
 
 

 

Komentar ditutup.

Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.